Blog Tausiyah275

Desember 25, 2006

Memberi Nama Anak Mesti Nama Yang Baik

Filed under: Fiqh,HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 9:09 am

Sebagaimana pernah aku tulis dalam artikel khutbah Jum’at, salah satu kewajiban orang tua adalah memberikan nama yg baik pada anaknya. Hal ini dikarenakan:
1. Nama yg baik merupakan HAK dari anak.
Rasululloh SAW bersabda,“Seseorang datang kepada Nabi(SAW) dan bertanya,”Ya Rasululloh, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab,”Memberinya nama yg baik, mendidik adab yg baik, dan memberinya kedudukan yg baik (dalam hatimu)”.” (HR Aththusi)
2. Rasululloh SAW sendiri menyatakan bahwa nama yg diberikan kepada anaknya itu adalah DOA (orang tua kepada anaknya).

Terkait dengan pemberian nama ini, sudah banyak situs dan buku yg menyediakan nama (anak yang) baik, berasal dari berbagai negara dan bahasa. Ada yg menyediakan nama anak dalam bahasa Indonesia, Arab, Inggris, Jawa, bahkan Yunani. ***maaf, aku tidak menyediakan linknya…silakan anda googling sendiri ya…***

Tiap orang tua akan selalu ‘kelabakan’ menyediakan nama bagi anaknya, karena sudah fitrah orang tua (sebagaimana hadits Rasululloh SAW di atas) untuk memberikan nama yg terbaik bagi anaknya. Terkadang orang tua menyiapkan lebih dari 1 nama bagi anaknya (yg akan lahir). Biasanya 1 nama laki-laki, dan 1 nama perempuan, tujuannya yaaa jelas…agar mereka tidak kelabakan (lagi) memberikan nama yg sesuai dengan jenis kelamin anaknya.

Namun, 1 nama pun terkadang masih belum cukup. Pengalaman yg pernah aku baca, saat anak laki-laki si Fulan lahir, sebenarnya dia sudah mempunyai 1 nama untuk diberikan. Namun, mendadak ada ‘request’ dari istrinya…karena ternyata istrinya tidak sreg dg nama yg telah disiapkan. Walhasil, mereka berdua rembukan lagi untuk mencarikan nama bagi anaknya. Setelah sekian lama, akhirnya dapat juga…dan akhirnya nama yg kedua ini yg diberikan ke anaknya saat akikahan.

Oke…kembali ke masalah pemberian nama….

Seorang anak kenalan ibuku, mempunyai nama yg cukup panjang, yakni terdiri dari 6 (ENAM) SUKU KATA. Bisa anda bayangkan…?? Ini tidak lain karena orang tua sang anak, kenalan ibuku, meminta kepada orang tua masing2 untuk ‘menyumbang’ nama bagi anak mereka. Walhasil, nama yg ‘disandang’ si anak menjadi cukup panjang. ***aku sedikit geli, jika saat SPMB, si anak mesti menuliskan nama lengkapnya, apakah formulirnya cukup?? hihihi..***

Meski tidak ada larangan dalam meminta kepada orang tua untuk memberi nama bagi anaknya, namun, aku berpedoman pada hadits Rasululloh SAW di atas, hendaknya ORANG TUA yg memberi nama. Adapun sang kakek-nenek, cukup sumbang saran…namun jangan dijadikan patokan. Namun, itu berserah kepada diri masing2 orang tua.

Baik…kita lanjutkan topiknya…

Bagaimana kriteria nama yg baik?
Hmmm….aku sempat diskusi dengan bapakku + ustadzku mengenai definisi+pemberian nama yg baik. Beliau berdua menyarankan hal yg sama, yakni sebaiknya nama anak diambil dari Al Qur’an, namun tetap MEMPERHATIKAN MAKNANYA, karena tidak semua hal dari Al Qur’an sifatnya/berarti baik.

Sebagai contoh, JAHANAM. Meski kata ini berasal dari Al Qur’an, jelas kata jahanam tidak berkonotasi baik, karena dia merujuk pada JENIS NERAKA. Kemudian, ada juga kata THAGUUT. Sekilas kata ini nampak ‘keren’, namun jika kita tahu artinya adalah SETAN, maka orang tua yg ‘normal’ tidak akan mau memberikan kata ini menjadi nama anak mereka. Lalu ada juga kata FARJI, yg berarti KEMALUAN.

Well…dari sekian contoh kata yg diambil dari Al Qur’an, jelas ada kata2 yg tidak layak dijadikan nama anak. Lalu, apa kata2 dari Al Qur’an yg cocok dan tepat dijadikan nama anak?

Jika kita ingin punya anak yg pengasih, maka kata RAHMAN cocok untuk dijadikan nama. NAMUN, mesti diperhatikan bahwa kata Rahman tersebut HARUS digabung (ditambahkan) kata lain, karena (AR) RAHMAN merupakan NAMA ALLOH SWT. Sehingga sebagai makhluk-Nya, yg ‘tidak layak’ menyandang kata Rahiim (saja), kita tambahkan kata Abdul atau kata lain. Misalnya diberikan nama Abdul Rahman, berarti seorang hamba yg (bersifat) pengasih. Atau Muhammad Andi Rahman, atau contoh lainnya (Muhammad Fahmi Aulia bisa juga menjadi contoh lho…hihihi…).

Yang jelas sepemahaman saya, JIKA KITA HENDAK MENGGUNAKAN NAMA ALLOH SWT (ASMAUL HUSNA) SEBAGAI NAMA ANAK, MAKA (SEPERTI AKU TULIS DI ATAS) HENDAKNYA DITAMBAHKAN NAMA/KATA TAMBAHAN.

Di beberapa contoh nama anak, nama nabi juga bisa dijadikan acuan untuk menjadi nama. Ibrahim, Isa, Muhammad, Ismail, merupakan nama nabi yg bisa dijadikan nama anak.

Terkadang, nama seseorang sedikit identik dengan marga/suku bangsa. Nasution, Siregar, Harahap merupakan contoh nama dari suku Batak. Dadang, Asep, Ujang, biasanya identik dengan suku Sunda. Joko, Darojatun, Basuki, identik dengan suku Jawa. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Bahkan, seringkali hubungan nama dan suku bisa kita lihat dari susunan nama. Kinkin Sodikin, Maman Budiman, Jaja Subagja menunjukkan mereka berasal dari Sunda. Joko Supriyanto, Eko Susanto, Nurcahyo (halo mas Cahyo, hehehe..) pokoknya yg banyak huruf ‘O’ identik dg suku Jawa. Dan masih banyak lagi.

So, dengan pedoman di atas, hendaknya kita bisa mulai berpikir untuk menyiapkan nama yg baik bagi (calon) anak kita nanti agar anak kita bisa menjadi seperti yg diharapkan (sesuai dg doa kita), menjadi orang yg baik, berguna bagi manusia lain. Ujung-ujungnya, akan berimbas juga kepada kita, orang tuanya.

Berikut adalah 6 kasus unik, terkait dengan pemberian nama:
1. Tidak ada orang (perempuan) Sunda yg bernama Ice Juice, karena jika dibaca bukan i-ce ju-ice, tapi akan dibaca es jus…hihihi…

2. Cerita temanku, kenalannya mempunyai anak yg diberi nama AMAL FIRAT. Sekilas namanya ‘berbau’ Arab dan menarik. Tapi, jika kita baca dari kanan, maka kita akan melihat TARIF LAMA sebagai nama anak tersebut. Usut punya usut, ternyata anak mereka lahir di taxi yg mengenakan tarif lama. Hehehe…

3. Seorang teman bernama Yosep. Namun ternyata dia beragama Islam. Ternyata Yosep = Yusuf, nama seorang nabi. Hanya saja nama Yosep merupakan ‘lafadz’ Yusuf dalam bahasa Inggris. Jadi, mesti diperhatikan juga padanan kata dalam bahasa lain, di luar bahasa Indonesia.

4. Nama Anang, ternyata mempunyai arti yg menggelikan bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama di daerah Kalimantan. Karena Anang artinya DAHI, dalam bahasa setempat. Jadi, jika memungkinkan, dilakukan survei terhadap arti dari nama seseorang di daerah lain.

5. Usul ‘gila’ (tapi masuk akal) dari ustadzku. Beliau menyarankan nama tiap anak = ayat Al Qur’an. Jadi, misalkan punya anak 7 orang, maka anak pertama = ayat pertama, anak kedua = ayat kedua, dst. Nah, jika hendak memanggil semua anaknya, sang ortu cukup teriak,”AL FATIHAH…KUMPUUULL…”. Aku terkekeh-kekeh mendengar usulan ustadzku ini. Ada-ada saja beliau…heheh..

6. Seorang teman memberi nama anaknya ALDINO, singkatan dari “ALhamdulillah DIa NOngol” setelah sekian lama tidak dikaruniai momongan. :-)

So, mudah2an artikel ini berguna bagi calon orang tua yg hendak mencari nama bagi anak mereka.

artikel-artikel terkait:
- Hati-hati Memberi Nama Anak
- Nama Yang Baik

file-file berisi nama-nama:
- nama anak laki-laki (pdf)
- nama anak perempuan (doc)
- nama anak islami (xls)

About these ads

100 Komentar »

  1. ya..saya kang pahmi atau kang priyadi iman (nurcahyo)?

    heheheheh…thanks dah nambahi wawasan saya dalam mencari nama anak. kata kang harry sufehmi, ditambahi, harus cari yang unik dan digoogling harus spesifik. halah…makin susah ajah nih..:-D

    http://nurulwibawacahya.blogspot.com/2006/12/susahnya-mencari-nama-anak-laki-laki.html

    Komentar oleh cahyo — Desember 26, 2006 @ 11:24 am | Balas

  2. hhyahahaha..

    kok lama2 bagian A ini jadi mirip bagian B ya? ;))

    Komentar oleh aRdho — Desember 26, 2006 @ 5:32 pm | Balas

  3. ini side C kayaknya, C(ampuran) antara side A(lim) dan Side B(adung)

    Komentar oleh Luthfi — Desember 27, 2006 @ 10:07 am | Balas

  4. Engkoh belum praktek udah berteori dulu. *halah*
    *ngelirik list nama anak*

    Komentar oleh calupict — Januari 3, 2007 @ 11:54 am | Balas

  5. saya ingin memberi nama anak pertama saya yang akan lahir
    tolong diberi contoh-contoh nama yang baik dan memiliki arti yang baik.
    terima kasih

    Komentar oleh haraha — Maret 29, 2007 @ 10:21 pm | Balas

  6. tolong dong kirimin nama-nama bayi yang baik dan maknanya…
    thx, jangan lupa ya… urgent! udah mau lahir nih..

    Komentar oleh budi R — April 5, 2007 @ 12:24 pm | Balas

  7. sangat berguna bagi pasangan yg akan mempunyai momongan

    Komentar oleh HERY — April 10, 2007 @ 7:34 pm | Balas

  8. tooooloooooong kirim nama anak dari hurup b sama maknanya.
    maakaaaaaasiiiiiih

    Komentar oleh dadi — April 21, 2007 @ 10:12 am | Balas

  9. Seorang anak kenalan ibuku, mempunyai nama yg cukup panjang, yakni terdiri dari 6 (ENAM) SUKU KATA. Bisa anda bayangkan…??

    Barangkali maksudnya ENAM KATA, sebab kalau cuma enam SUKU KATA mah teu aneh atuh… Contoh: Cecep Simanungkalit –> 7 suku kata.

    Di masyarakat kita ada kecenderungan untuk menganggap bahwa ‘nama yang islami’ atau nama yang baik sebagai nama yg kearab-araban.

    Komentar oleh kumincir — April 30, 2007 @ 6:48 pm | Balas

  10. nama baik

    Komentar oleh mirda — Mei 2, 2007 @ 9:35 am | Balas

  11. ah, masa sih, nama pengaruh banget?
    mungin juga sih, pemberian nama bisa mempengaruhi keadaan psikologi anak, kalau ortunya kasih nama asal-asalan, mungkin perkembangan anak juga bisa menyesuaikan dengan harapan orang tua yang dia tangkep =>

    Komentar oleh misty — Mei 28, 2007 @ 6:43 pm | Balas

  12. Nama anakku Aisyah Humairo Aulya Ash Sholihah. Semoga nama ini adalah nama yang baik.

    Aamiin… :-)

    Komentar oleh romadhoni — Juni 9, 2007 @ 6:24 pm | Balas

  13. tolong berikan beberapa nama yang cocok untuk anak laki2 atau perempuan yg akan lahir bulan desember thanks

    Komentar oleh endah — Juli 6, 2007 @ 3:04 pm | Balas

  14. tolong berikan beberapa nama anak perempuan.lahir dibulan september,yang baik dan bagus.secepatnya

    Komentar oleh wihartono — September 10, 2007 @ 6:02 pm | Balas

  15. Terima kasih info dan filenya. Sangat membantu saya dalam mempersiapkan kelahiran anak pertama. Mohon doanya. Jakakumullah

    Komentar oleh Riza — Oktober 9, 2007 @ 11:04 am | Balas

  16. saya butuh nama yang baik untuk anak perempuan

    Komentar oleh bunga — Desember 4, 2007 @ 5:53 pm | Balas

  17. Kata saudara saya, ia ingin memberi nama anaknya kelak, Izra’il. Gimana tuh?

    Komentar oleh bocah edhan — Desember 6, 2007 @ 10:35 pm | Balas

  18. Assalamualaikum
    Isi tausyiahnya lucu banget, tapi PENTING SEKALI
    Ustad, saya mau tanya. Insya Allah april 2008 anak pertama saya lahir. Saya sudah mempunyai rencana menamai MUHAMMAD APRILIO, ternyata istri saya pingin ada nama RASKA. Jadi diputuskan untuk digabung MUHAMMAD RASKA APRILIO. Menurut ustad gimana nama itu?
    Wassalam

    Komentar oleh istyawan — Desember 19, 2007 @ 9:46 am | Balas

  19. Saya masih bingung mecari nama anak, tolong dong kasih nama yang baik. Lahir tgl 14 desember 2007, saya sudah dpt namanya ” M.Fauzan Difi….. ” saya minta untuk dicarikan belakangnya biar nyambung

    Thank’s

    Komentar oleh Supandi — Desember 27, 2007 @ 10:44 am | Balas

  20. Ass.wr.wb.
    Saya ingin memberi nama anak saya yang Insya Allah akan lahir di bulan Januari ini, dengan nama “FADHIARRAHMAN AZRI”, bagaimana menurut ustad ? tolong kirimkan jawabannya juga ke mailboxku, trima kasih banyak, wass.

    Komentar oleh Firman — Januari 12, 2008 @ 8:45 pm | Balas

  21. masak sih kok ngak

    Komentar oleh enok — Juni 15, 2008 @ 12:22 pm | Balas

  22. Ass.wr.wb.
    Saya ingin memberi nama anak saya yang Insya Allah akan lahir di akhir bulan Ramadhan atau di awal Syawal ini. Saya minta 2 (dua) nama untuk anak laki-laki dan perempuan. Tolong kirimkan jawabannya ke E_mail saya ya ustadz. Sukron. Ass.wr.wb.

    Komentar oleh Ahmad Ramadhani — Agustus 25, 2008 @ 6:16 pm | Balas

  23. saya bgg mau ksh nama siapa bwt sepupu saya….??
    kirim kan nama” nya y??

    Komentar oleh ivan — Agustus 26, 2008 @ 2:26 pm | Balas

  24. Saya ingin minta saran untuk nama anak saya yang lahir di tgl 5 bulan Ramadhan ini. Saya minta nama yang cocok untuk anak laki-laki dengan nama depannya Akbar atau yang penting ada nama Akbar nya. soalnya sudah terbiasa panggil Akbar sejak dalm kandungan. Tolong kirimkan jawabannya ke E_mail saya ya ustadz. terima kasih. Ass.wr.wb. gunata

    Komentar oleh I'ir Gunata — Oktober 4, 2008 @ 3:28 pm | Balas

  25. tolong donk minta pendapat nama yang tepat buat anak yang mau lahir awal desember tapi yang islami

    Komentar oleh a.makdawi — November 15, 2008 @ 2:02 pm | Balas

  26. SAYA MAU KASIH NAMA ANAK SAYA “SABRINA PUTRI MADINA
    KARENA DIAMBIL DARI HARI LAHIRNYA SABTU
    TOLING BERIKAN MAKNANYA

    Komentar oleh YULI — November 21, 2008 @ 12:16 pm | Balas

  27. apakah nama RASYID GHANIY AR’RAUF baik buat putra saya?

    Komentar oleh DIAN — November 21, 2008 @ 11:28 pm | Balas

  28. Mohon dikirim balasan secepatnya ke e-mail saya

    Komentar oleh DIAN — November 21, 2008 @ 11:33 pm | Balas

  29. saya mau tanya tentang nama anak yang baik

    Komentar oleh supriadi — Desember 24, 2008 @ 5:59 pm | Balas

  30. saya mau kasi nama anak laki2 saya muhammad fazli pakai nama saya dibelakang aswin aku minta tolong nama lengkapnya bagusnya apayah

    Komentar oleh aswin — Desember 26, 2008 @ 8:40 pm | Balas

  31. Assalaam..bunga penghias surga.kalau diterjemahkan ke dalam bahasa arab seperti apa? tolong bantu saya di fatih.ns99@yahoo.com. Jazakalloh..

    Komentar oleh Fatih — Januari 7, 2009 @ 3:53 pm | Balas

  32. Menurut sy, nama yg islami tidak harus berbahasa-ARAB. Yg penting kita tahu artinya baik, berisi doa yg baik, itu sudah ISLAMI BUANGET, ga peduli bahasa mana.
    Ada alasannya pendapat saya itu. Coba aja nama Abdullah, ayahanda Nabi Muhammad S.A.W, Nama itu jelas sudah ada sebelum nabi Muhammad lahir, sebelum Al’Quran turun. Jadi istilah Allah otomatis juga bukan khas Islam, melainkan istilah khas Arab, tul gak? Ada yg mau pake nama Abu Jahal, Abu Lahab? Eh, bahkan nama Muhammad pun udah ada sebelum Alquran turun. Artinya, nama “Muhammad” jelas nama khas “Arab”. Gmn, coba? (Yuk berpikir… sedikit lebih “canggih” drpd biasanya). Salam.

    memang benar pendapat anda, bahwa nama yang baik TIDAK MESTI berasal dari bahasa Arab. Demikian pula halnya, tidak semua nama dari ‘Barat’ berkonotasi buruk. :-)

    Komentar oleh allie — Januari 8, 2009 @ 8:20 pm | Balas

  33. hidup di tengah-tengah masyarakat, menumbuhkan kepribadiannya, dan menumbuhkan rasa ingin meneladani semangat dan kepribadian orang-orang besar yang namanya mereka sandang. source : http://www.namaislami.com

    Komentar oleh farid — Februari 21, 2009 @ 10:25 pm | Balas

  34. nama “Akmal Athallah maeji” bagus ga ya?? nama maeji adalah nama kakeknya. minta tolong bls ke email saya. makasih

    Komentar oleh suherlan — Februari 28, 2009 @ 9:14 pm | Balas

  35. Assalamu’alaikum Wr Wb,-Saya menunggu kelahiran anak ke 3 yang insyaAllah akan lahir di bulan Mei 2009, sudah di USG insyaAllah yg akan lahir anak laki-laki yang akan saya beri nama NAUFAL AUFAR YUSUF mohon diberikan arti makna nama tersebut, wassalam

    Komentar oleh H. Eddy Yusuf Assainar — Maret 21, 2009 @ 11:53 pm | Balas

  36. Ass…Sya mau tau nama anak islam,klu bsa tlong ksh tau kpada syg apa nama islam yg baik.

    Komentar oleh Doni — April 14, 2009 @ 8:34 pm | Balas

  37. nama yang baik menurut gw Eldasyah fateha imama

    Komentar oleh oki — April 15, 2009 @ 3:36 pm | Balas

  38. Terimakasih, saya telah download nama-nama anak, semoga mendapat ridho Allah swt Amin

    Komentar oleh Yazid — Mei 16, 2009 @ 11:51 am | Balas

  39. mohon kirim email nama-nama yang baik menurut islam , beserta maknanya. trimakasih

    Komentar oleh Jamhari — Juni 17, 2009 @ 8:11 pm | Balas

  40. saya akan memberikan nama keponakan yaitu:KHAIRUNNISA ROFILAH AL SYARIFAH yg lahir bulan juni tanggal 18 tahun 2009 hari kamis,bagaimana menurut anda dengan nama itu?????????

    Komentar oleh ndah — Juni 18, 2009 @ 7:23 pm | Balas

  41. aslm, saya akan memberikan nama untuk anak teman saya.. klw boleh saya diberiakn nama yang bagus untuk anak teman saya yang akan lahir pada awwal agustus ini.. diperkirakan laki-laki.. tapi kl bisa nama cewek n cwok dalam islam makasih sebelumnya…

    Komentar oleh yunita erni — Juli 31, 2009 @ 2:06 pm | Balas

  42. Saya akan memberi nama anak saya “SHALINDRI NURISLAMI” yang akan lahir bulan agustus sekarang !!! gimana menurut komentar anda ??? BAGUS GA……

    Komentar oleh Daten Fachmi Islami — Agustus 11, 2009 @ 3:07 pm | Balas

  43. tlng apa arti nama aqilla syahquitta

    Komentar oleh Winne — Agustus 21, 2009 @ 3:28 pm | Balas

  44. terima kasih sebelumnya, istri saya sekarang sedang hamil 8 bulan dan diperkirakan lahir tgl 18 oktober 2009. saya ingin memberi nama yang baik sesuai dengan dengan menggabungkan nama saya (arif widi purwoko) dan nama istri saya (Tri winugrah yuliartiningtyas) dan semoga menjadi harpan keluarga. kira-kira nama apa yang baik?

    Komentar oleh arif wp — September 14, 2009 @ 9:42 am | Balas

  45. tolong kirim dong, nama terbaik yang islami untuk anak laki-laki dari A s/d Z beserta maknanya. tks

    Komentar oleh erman — Oktober 4, 2009 @ 9:06 pm | Balas

  46. Postingan yang keren…!! Thanks dah nambah pengetahuan.
    Zoke nya juga lucu2… hehe

    Komentar oleh Engkus — Oktober 13, 2009 @ 5:29 am | Balas

  47. ass,,,
    komentar akk,,
    lo ngsh nma ke ank ktahrus ssuay dengan karakter si ank klo nma yng di berikan kepada anak tersebut tidak sesuay kasiha pada ank kita…
    .
    . huhhhh,,,
    mungkn aa\jh komenar akk gug baikV gug cocok,,,
    maklum ajah, akk mch kls2 smp,,
    yg mu iktn kaya gniii….

    Komentar oleh damiabdi — Oktober 17, 2009 @ 5:08 pm | Balas

  48. aasssss,,,,,,, ^_^

    mnut sya yg nmax memberi nma pda si an hru sesuay hati kita dan sesuai kebaikan untk ank itaiakh gug??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    Komentar oleh damiabdi — Oktober 17, 2009 @ 5:12 pm | Balas

  49. sekarang yg paling banyak adlah CINTA; ZIDANE…..

    kalau mau kebarat2an sedikit bisa Diana Ros versi baru dari Rosdiana.. lol

    Komentar oleh yosi.nirmolo — Oktober 30, 2009 @ 5:12 pm | Balas

  50. plizz bantu aku ya,,,aku tuh mau beri nama bayi saya yang lahir bulan november,kira-kira yang bagus dan keren kasih nama apa ya……?tolong deh bantuin aku dan kirim ke email aku ya,,,,neh alamatnya “ngahadytato@yahoo.co.id”

    Komentar oleh ngahadi — November 10, 2009 @ 9:33 pm | Balas

  51. mau tanya ni
    nama anak saya yumanyos rendra gomiko
    apa kira2 artinya

    Komentar oleh andri gomiko — Desember 9, 2009 @ 4:13 pm | Balas

  52. tolong dong kasih tau nama anak laki-laki lahir 09 december 2009 pukul 14:30 yang bagus dan bermakna…./

    Komentar oleh mujianto — Desember 12, 2009 @ 5:47 pm | Balas

  53. Thank’s Berat

    Komentar oleh Herry P. — Desember 20, 2009 @ 11:15 pm | Balas

  54. aku msh blm dpt nama bwt anak ke-2 ku, ada usul?????

    Komentar oleh wachyu — Januari 27, 2010 @ 4:41 pm | Balas

  55. Tolong kira2 nama yg cocok utk anak kami yg pertaama yg Insya Allah lahir bulan Juni 2010…?

    Komentar oleh wahid fitriyan — Februari 3, 2010 @ 2:40 pm | Balas

  56. Anak kanmi perempuan lahir di bulan maret ini yang cocok apa ya namanya??? mohon bantuanya di tungguya
    kirim ke email saya ya rumi.astuti@yahoo.co.id

    Komentar oleh rumi astutik — Maret 11, 2010 @ 10:12 am | Balas

  57. tolong dok carikan nama buat anak saya nama ibunya maya nazma dan nama bapak nya agus ari ika merdeka
    namanya yang islami aja kalau bisa di buat nama ayah

    Komentar oleh suci — Maret 11, 2010 @ 4:53 pm | Balas

  58. saya mau cari nama buat anak pertama saya nih !!! yang ada nama darmawannya,tolong bantuannya yah? eh bwt anak cowo yh

    Komentar oleh endar — April 27, 2010 @ 6:38 am | Balas

  59. jadilah anak yg soleh

    Komentar oleh armin — Mei 6, 2010 @ 9:38 am | Balas

  60. bantu saya buatkan nama anak pertama kami, insya Allah akhir bln juni lahir. yang ada unsur islami dan ada unsur nama ortunya (Mariatul Kibtiah & Masri Patera)
    buat anak cewek ya…

    Komentar oleh Mariatul kibtiah — Mei 18, 2010 @ 12:11 pm | Balas

  61. inssha alloh anak saya lahir di bulan juni 2010 tolong bantu saya cari nama yang baik laki laki /perepuan terima kasih

    Komentar oleh tarosi — Mei 20, 2010 @ 9:50 pm | Balas

  62. he he… jadi geli baca artikel…, calon ibunya anak ja belom ada gimana mau nyari nama anak :P.
    Btw on the way…it’s oke kok, ke tkp siapa tau da yang membutuhkan.
    matur nuwun mas….

    Komentar oleh amyoies — Juni 7, 2010 @ 4:06 pm | Balas

  63. Ass..Ustadz tolong minta carikan nama anak laki2 yang akan lahir bulan agustus (ramadhan) tahun ini….

    Komentar oleh Resvian Rachim — Juli 10, 2010 @ 9:39 pm | Balas

  64. Ass..ustadz tolong minta carikan nama anak laki2 yang insyaallah akan lahir bulan agustus tepatnya bulan ramadhan tahun ini…nama ortu Ayah Resvian Rachim dan Ibux Susi Fitriani…mksh…

    Komentar oleh Resvian Rachim — Juli 10, 2010 @ 9:43 pm | Balas

  65. Tolong beri tahu nama yang baik untuk anak kami…yang InsyaAllah akan lahir bulan agustus…yang bertepatan dengan jatuhnya bulan ramadhan…terimakasih

    Komentar oleh bagus — Juli 26, 2010 @ 5:33 pm | Balas

  66. Assalamualaikum.

    Following is my daughter’s name:
    Miranda Nandita Saraswati,
    Miranda : is of Latin origin, and its meaning is “the one to be admired at”
    Nandita : is of Bengali origin, and its meaning is “happy / the one who make other comfortable”
    Saraswati : is of Indian/Hindu origin, saras means fluid/water/lake/flow (depiction of knowledge), while vati means possessing / essential knowledge of our own.

    Basically the whole name means : a pretty girl to be admired at, whose presence always brings joy and happiness to the people around her, and also clever (full of knowledge) but in the same time humble as well. Insya Allah, ameen.

    May Allah SWT bless her throughout the journey of her life.

    Greetings from Cambridge, UK.

    Wassalamualaikum.

    Komentar oleh helmi — Agustus 6, 2010 @ 3:33 am | Balas

  67. tolong bntu saya. mnta di cariin nma ank pertama saya !!!!!!!!!!!
    .plisss . . .

    Komentar oleh vian — Agustus 7, 2010 @ 9:07 pm | Balas

  68. minta usulan dong… kehamilanku skrg dah 8 bln..dah berapa hari bingung cari nama yang pas..pgnnya sih islami dan modern…ada usul gak apa? (co/ce)

    Komentar oleh astrivi — Agustus 12, 2010 @ 8:24 pm | Balas

  69. KLO NamA SAya TAMRIN, NAma LEngKApnYA RUStamriN

    ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID

    Komentar oleh tamrin GANteNK — Oktober 1, 2010 @ 5:10 pm | Balas

  70. tolong cari kan nama anak laki-laki,lahir di bulan desember & di gabungkan juga dengan burhannudin(ayah)& herniati(ibu)
    tank’s ………..
    saya tunggu,,,??

    Komentar oleh burhannudin — Oktober 6, 2010 @ 1:53 pm | Balas

  71. tolong carikan nama yg islami calon bayi laki2 kami yang memiliki arti yng baek,, nama bapak sudirman nama ibu ika arwany pusvita… kirim ke emailku yah….!

    Komentar oleh Sudirman — Oktober 15, 2010 @ 5:33 am | Balas

  72. ass..
    Aqu minta tlg dkrmkan nama2 u cln anak laki2 n perempuan, dperkirakan bulan desember lahir. Dtggu thx

    Komentar oleh nurhayani — November 13, 2010 @ 11:21 am | Balas

  73. Nama sebaiknya berasal dari bahasa Arab, karena Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab, berarti ini bahasa yang terpilih oleh Tuhan sebagai bahasa untuk ummat manusia.
    mengutip dari seseorang, misalnya orang diberi nama Tai, di cina artinya kuat, lha kalau di Jawa artinya kan kotoran.
    Buat anak memberi nama yang baik adalah kewajiban, dan kalau saya akan saya pilih dari bahasa yang terbaik

    Komentar oleh Ariful Ulum — Februari 1, 2011 @ 10:20 am | Balas

  74. sebelum anda berkomentar makanya cari ilmu agama pake guru jangan dari produk buku gramedia aja… jadinya pinter keblinger…. hehehehe..memberi nama itu punya tata cara ga sembarangan ada yang boleh dan tidak .. tapi kalo ente mo pake nama abu jahal dan abu lahab..ya silahkan aja.. biar jadi buat ente..heeeee pisss..

    ini komentar ditujukan kepada siapa?
    anda sendiri tidak mencantumkan nama. tanya kenapa?
    mengomentari artikel ttg nama, tapi anda sendiri takut(?) mencantumkan nama. lucu sekali :-)

    Komentar oleh kkkk — Februari 2, 2011 @ 2:14 pm | Balas

  75. ya benar mas,,memilih nama haruslah dilakukan dengan sungguh,jangan memberikan nama yang sembarangan..

    Komentar oleh Antoni wijaya — Maret 21, 2011 @ 10:46 am | Balas

  76. Assalamualaikum, tolng berikan saran,contoh nama yg baik(Islami)utk anak ke3 kami yg terlahir dibulan maret 29,2011, berharap terdiri dua Kata

    Komentar oleh caras — Maret 30, 2011 @ 10:52 am | Balas

  77. tolong aku minta contoh nama yang baik menurut islami ..kira2 lahir insyaallah bulan mei 2011

    Komentar oleh IMAM — Maret 30, 2011 @ 7:35 pm | Balas

  78. ASSSLAMUALAIKUM, TOLONG BERIKAN NAMA(ISLAM)UNTUK ANAK LAKI YANG SUDAH BERLAHIR PADA HARI 09/04/2011(05 JUMAADA)PADA WAKTU 6.54PAGI…..

    Komentar oleh RAHMAT BEBE — April 14, 2011 @ 8:55 am | Balas

  79. mhn berikan saran nama anak laki2,insya Allah lahir bulan Ramadhan.
    trimakasih.

    Komentar oleh Ahmad sodikin — Juli 10, 2011 @ 2:34 pm | Balas

  80. mhn berikan saya nama bayi yg bagus dan artinya yaa,, untuk wanita dan pria,, perkiraan lahir bulan oktober/10/2011.. trimakasih

    Komentar oleh sudrajat — Agustus 24, 2011 @ 3:00 pm | Balas

  81. [...] sudah mengajarkan dan menganjurkan kepada para orang tua agar memberikan nama yg baik kepada anaknya. Hal ini dikarenakan nama merupakan sebuah doa. Jika seseorang diberi nama jelek, maka hal ini akan [...]

    Ping balik oleh Masuk Islam, Perlukah Mengganti Nama? « Blog Tausyiah275 — Desember 28, 2011 @ 10:58 am | Balas

  82. [...] orang tua terhadap anaknya sudah pernah aku bahas (termasuk memberi anak nama yang baik). Silakan baca tayangan tivi yg tidak mendidik (untuk mencegah dampak negatif tv kepada anak), [...]

    Ping balik oleh Hari Anak dan Anak Yatim « Blog Tausyiah275 — Januari 6, 2012 @ 5:07 am | Balas

  83. [...] anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, [...]

    Ping balik oleh Tata Cara Pelaksanaan Akikah (Aqiqah) « Blog Tausiyah275 — November 17, 2012 @ 10:39 am | Balas

  84. Tlong Pak Ustadz Berikan Nama Islam (Bahasa Arab Yang Di Dalam Al Qur’an) Anak ku Perempuan lahir pada Malam Jum’at, 30 September 2011, Aku Mohon Bantuannya kirim SMS di No. 08529908xxxx

    Komentar oleh kadirman — November 27, 2012 @ 7:53 am | Balas

    • Pak Kadirman,

      Berikut beberapa nama anak yg saya usulkan:
      - Annisa Hasanah = Perempuan yg baik
      - Atikah Luthfiyah = Pemurah dan lemah lembut
      - Balqis Muqsithoh = Perempuan yg adil seperti istri Nabi Sulaiman AS
      - Fairuz Qurratu’ain = Seperti permata yg elok dipandang mata

      Saya kirim juga via sms

      Semoga berguna

      Komentar oleh Tausyiah275 — November 27, 2012 @ 10:58 am | Balas

  85. [...] orang2 yg sedemikian akrab adalah nama panggilan. Saya yakin orang tua kita telah memberikan nama yg baik, karena nama itu merupakan doa. Namun, pada saat bergaul, tidak jarang terlontar nama panggilan yg [...]

    Ping balik oleh Gunakan (Nama) Panggilan Yang Baik! « Blog Tausiyah275 — November 30, 2012 @ 5:35 pm | Balas

  86. apa arti nama calula azalia qotrunada

    Komentar oleh sri wahyuningsih — Januari 7, 2013 @ 11:25 am | Balas

    • Calula = nama sebuah daerah di Afrika

      Azalia = nama latin dari bunga. atau pemberian dari Tuhan

      Qotrunada = nada keempat

      demikian yg saya ketahui & pahami :-)

      Komentar oleh Tausyiah275 — Januari 8, 2013 @ 8:47 am | Balas

  87. Memberi nama anak memang tidak boleh sambarangan

    Komentar oleh Parwis Lubis — Februari 7, 2013 @ 11:28 am | Balas

  88. Memberi nama anak memang tidak boleh sembarangan

    Komentar oleh Parwis Lubis — Februari 7, 2013 @ 11:28 am | Balas

  89. berkan nama yang cocok dan baik utk bayi laki laki saya yang lahir dlm bulan suci ramadhan ini,
    terima ksih..

    Komentar oleh khairizal — Juli 14, 2013 @ 6:07 pm | Balas

    • mas Khairizal,
      beberapa saran:
      - Agus Ramadhan Khairizal
      - Romadhoni Khairizal

      semoga bermanfaat

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Juli 27, 2013 @ 3:17 am | Balas

  90. saya punya anak laki yang lahir pada malam ke 23 ramadhan…… nama yang baik untuknya …..

    Komentar oleh muje — Agustus 20, 2013 @ 9:12 am | Balas

    • mas Muje,

      23 Ramadhan jatuh pada bulan Agustus.
      Beberapa saran nama:
      - Ahmad Ramdan
      - Anshar/Arif/Burhan Ramdhani
      - Rusydi Qadr (Rusydi = penunjuk jalan lurus, Qadr = kekuatan/nasib)

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Agustus 20, 2013 @ 9:24 am | Balas

      • Assalammualaikum..
        sepertinya ada kekuatan atau semacam jalan tuk ke blog ini. moga2 ini jawaban dari doa..
        gini ustadz.. sy mencoba minta bantuan kpd ustadz dngn pertolongan Allah tentunya. sy sedang galau untuk memberi nama yg baik kpd calon bayi perempuan sy yg skrg msh dlm kandungan ibunya yg telah berumur 8 bln. ada saran ustadz nama yg baik? sy ingin pakai Kanna di akhir nama yg merupakan gabungan nama sy dan istri. yg sering terlintas di fikiran adalah nama Rania Azalea Kanna. artinya apa ustadz? cocok kah? dan sy juga sngt mengharapkan saran dari ustadz juga.
        terima kasih sebelumnya. smspun bisa jika ustadz berkenan. 081269784707
        wassalammualaikum.

        Komentar oleh ekka — Oktober 21, 2013 @ 9:15 pm

  91. saya punya anak laki yang lahir pada malam ke 23 ramadhan bulan juli 2013…… nama yang baik untuknya …

    Komentar oleh muje — Agustus 20, 2013 @ 9:44 am | Balas

  92. Assalammualaikum..
    sepertinya ada kekuatan atau semacam jalan tuk ke blog ini. moga2 ini jawaban dari doa..
    gini ustadz.. sy mencoba minta bantuan kpd ustadz dngn pertolongan Allah tentunya. sy sedang galau untuk memberi nama yg baik kpd calon bayi perempuan sy yg skrg msh dlm kandungan ibunya yg telah berumur 8 bln. ada saran ustadz nama yg baik? sy ingin pakai Kanna di akhir nama yg merupakan gabungan nama sy dan istri. yg sering terlintas di fikiran adalah nama Rania Azalea Kanna. artinya apa ustadz? cocok kah? dan sy juga sngt mengharapkan saran dari ustadz juga.
    terima kasih sebelumnya. smspun bisa jika ustadz berkenan. 081269784707
    wassalammualaikum.

    Komentar oleh ekka — Oktober 21, 2013 @ 9:24 pm | Balas

    • wa’alaykumsalam wr wb,

      mas Ekka, saran kami: Raniah Azalea Kanna. artinya lebih kurang bunga Kanna yg mempesona.

      semoga berkenan.

      Komentar oleh Tausiyah 275 — November 17, 2013 @ 7:44 pm | Balas

  93. maaf dobel :D

    Komentar oleh ekka — Oktober 21, 2013 @ 9:26 pm | Balas

  94. […] Memberi nama anak mesti nama yang baik | blog tausiyah275 […]

    Ping balik oleh Anak Anak Zidane — Maret 22, 2014 @ 2:04 am | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Buat website atau blog gratis di WordPress,com.

%d bloggers like this: