Blog Tausiyah275

Mei 7, 2007

Lowongan Beasiswa Ke Timur Tengah

Filed under: Dari Inboxku — Tausiyah 275 @ 9:27 am

Sumber

http://www.ditpertais.net/06/read.asp?newsID=73

Seleksi Nasional Calon Penerima Beasiswa dan Non Beasiswa ke Timur Tengah
Tanggal : 17/04/2007 13:19:00 Sumber : Diktis Depag RI

DEPARTEMEN AGAMA R I DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM

Jln. Lapangan Banteng Barat No. 3 – 4
Telpon : (021) 3812344, 3812642, 3811654 JAKARTA
Website : http://www.ditpertais.net

Nomor : Dj.I/Dt.I.IV/4/PP.04/ 343/07 Jakarta,
16 April 2007
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Seleksi Nasional Calon Penerima Program Beasiswa dan non Beasiswa Studi Ke Timur Tengah

Kepada Yth.
1. Rektor UIN/IAIN se- Indonesia
2. Ketua STAIN se-Indonesia
3. Kepala Kanwil Depag se-Indonesia
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Sehubungan dengan pelaksanaan seleksi nasional program beasiswa ke Mesir, Maroko, Sudan dan Aljazair serta non beasiswa ke Mesir, dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

Pelaksanaan seleksi ini akan diadakan secara serentak di beberapa UIN/IAIN/STAIN, dan KBRI di Kairo dan Rabat pada tanggal 14-15 Juni 2007. Terlampir kami sampaikan edaran pelaksanaan seleksi dan kami mengharapkan bantuan Saudara untuk dapat menyebarluaskan dan sekaligus mendukung pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

A.n. Direktur Jenderal
Direktur Pendidikan Tinggi Islam

ttd

Prof. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D.
NIP. 150240107

Tembusan Yth:
1. Duta Besar Republik Mesir di Jakarta;
2. Duta Besar Republik Sudan di Jakarta;
3. Duta Besar Kerajaan Maroko di Jakarta;
4. Duta Besar Aljazair di Jakarta;
5. Duta Besar RI di Kairo;
6. Duta Besar RI RI di Rabat;
7.Duta Besar RI di Aljazair;
8. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag RI ;
9. Direktur Pendidikan Madrasah Depag RI;
10. Direktur Pendidikan Pondok Pwsantren dan Madrasah Diniyah Depag RI;
11. Kepala Biro Humas dan Informasi Depag RI;
12. Direktur Timur Tengah Deplu RI;

———————————————————-

SELEKSI NASIONAL CALON PENERIMA BEASISWA DAN NON BEASISWA S1, S2 & S3 KE MESIR, MAROKO, SUDAN DAN AlJAZAIR TAHUN 2007

A. Pendahuluan
1. Sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan Departemen Agama, beberapa lembaga dan universitas di Mesir, Sudan, Maroko, dan Aljazair memberikan beasiswa kepada putera-puteri Indonesia dengan formasi sebagai berikut :

a. Al Azhar Al Syarif Mesir menawarkan 90 (sembilan puluh) beasiswa S1 dan 20 (duapuluh) beasiswa S2 untuk tahun akademik 2008-2009

b. Kementerian Pendidikan Tinggi Mesir menawarkan 5 (lima) beasiswa S1 untuk tahun akademik 2008-2009 bagi pemegang ijazah SLTA.

c. Pemerintah Sudan menawarkan 30 (tigapuluh) beasiswa S1 pada Universitas Internasional Afrika, Khartoum untuk tahun akademik 2007-2008.

d. Pemerintah Kerajaan Maroko menawarkan beasiswa S1, S2, S3 sebanyak 15 (lima belas) orang untuk tahun akademik 2007-2008.

e. Pemerintah Aljazair melalui KBRI Alger menawarkan 50 beasiswa S1 untuk tahun akademik 2007-2008

2. Dalam rangka mendapatkan calon mahasiswa terbaik untuk mengisi formasi tersebut, Departemen Agama akan menyelenggarakan seleksi secara nasional bagi peminat beasiswa ke Al-Azhar, Kementrian Pendidikan Tinggi Mesir, Maroko dan Aljazair. Bagi peminat beasiswa ke Sudan, seleksi akan diadakan langsung oleh Kedutaan Sudan di Jakarta bekerjasama dengan Departemen Agama pada waktu yang akan ditentukan kemudian.

3. Untuk mengantisipasi meningkatnya minat calon mahasiswa Indonesia ke Mesir yang tidak dibarengi dengan kualitas memadai, Departemen Agama akan melakukan penyeleksian calon MAHASISWA NON BEASISWA dengan menguji kemampuan akademik, hafalan/bacaan Al Qur’an dan bahasa Arab, dengan standar materi ujian yang sama dengan seleksi calon program beasiswa.

B. Tujuan
1. Menyaring para lulusan Madrasah Aliyah/sederajat yang potensial dan mempunyai bakat dan minat yang kuat dalam pengembangan keilmuan dan penguasaan bahasa Arab.

2. Mempersiapkan calon ilmuwan terbaik dalam bidang ilmu ke-Islaman dan bahasa Arab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

C. Persyaratan Mengikuti Seleksi
1. Warga Negara RI yang beragama Islam.
2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh Panitia
3. Pas photo berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
4. Melampirkan salinan ijazah dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Untuk ke Universitas Al-Azhar Mesir berijazah :
1). Program S1
Berijazah Madrasah Aliyah Negeri atau swasta yang mengikuti ujian Negara dengan ketentuan sebagai berikut :
a). Usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun.
b). Berijazah Pondok Pesantren yang mu’adalah (akreditasi) ijazahnya dengan tsanawiyah (SLTA) Al-Azhar masih berlaku sampai sekarang.

2). Program S2
Berijazah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri atau Swasta dengan usia ijazah tidak lebih dari 5 (lima) tahun.

b. Untuk beasiswa Kementrian Pendidikan Tinggi Mesir menggunakan ijazah SLTA Negeri.

c. Untuk ke Sudan, Maroko dan Al-Jazair berijazah Madrasah Aliyah negeri atau swasta, Pondok Pesantren, SLTA, ijazah S1 dan S2 dengan usia ijazah tidak lebih dari 2 (dua) tahun.

5. Bagi yang belum memiliki ijazah (STTB), sementara cukup menggunakan foto copy nilai rapor cawu I dan II atau semester I kelas terakhir dan dilegalisir oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

D. Mata Ujian
1. Ujian Lisan (menggunakan bahasa Arab) meliputi : Bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur’an.

2. Ujian Tulis (menggunakan bahasa Arab) meliputi : Bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa dan insya’) dan Pengetahuan Agama Islam.

E. Waktu Pendaftaran dan Pelaksanaan
1. Pendaftaran : tanggal 1 Mei s.d. 30 Mei 2007 setiap jam kerja.

2. Pelaksanaan seleksi diatur sebagai berikut :

No
Ujian
Tanggal
WIB
WITA
WIT

1
Ujian Tulis
14 Juni 2007
08.00 – 10.00
09.00 – 11.00
10.00 – 12.00

2
Ujian Lisan
14-15 Juni 2007
Menyesuaikan dengan waktu setempat

F. Tempat Pendaftaran dan Seleksi
1. Dalam Negeri

No.
Lokasi Ujian
Tempat Pendaftaran

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Serang, STAIN Pontianak, STAIN Metro dan IAIN Raden Intan Lampung

IAIN Sunan Gunung Djati Bandung
IAIN Sunan Gunung Jati Bandung dan STAIN Cirebon

IAIN Walisongo Semarang
IAIN Walisongo Semarang, STAIN Kudus, STAIN Purwokerto, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, STAIN Salatiga dan STAIN Surakarta.

UIN Malang
UIN Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Mataram, STAIN Kediri, STAIN Tulung Agung, STAIN Ponorogo, STAIN Pamekasan dan STAIN Jember.

IAIN Ar-Raniry Banda Aceh
IAIN Ar Raniry Aceh NAD, STAIN Lhoukseumawe dan STAIN Cok Kala Langsa

IAIN Sumatera Utara Medan
IAIN Sumatera Utara Medan dan STAIN Padang Sidempuan

IAIN Imam Bonjol Padang
IAIN Imam Bonjol Padang, STAIN Bukittinggi, STAIN Batusangkar dan STAIN Kerinci.

IAIN Raden Fatah Palembang
IAIN Raden Fatah Palembang, IAIN Sulthan Thoha Jambi, STAIN Bangka Belitung dan STAIN Bengkulu

UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru
UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

UIN Ala’uddin Makasssar
IAIN Ala’uddin Makasar, STAIN Pare-Pare, STAIN Watampone, STAIN Palopo, STAIN Kendari dan STAIN Jayapura.

STAIN Palu
STAIN Palu

IAIN Gorontalo
IAIN Gorontalo, STAIN Menado, STAIN Ambon dan STAIN Ternate

IAIN Antasari Banjarmasin
IAIN Antasari Banjarmasin dan STAIN Palangkaraya

STAIN Samarinda
STAIN Samarinda

2. Luar Negeri

1.
KBRI Cairo
KBRI Cairo, KBRI Beirut, KBRI Riyadh, KBRI Amman, KBRI Damascus,
KBRI Sanaa, KBRI Khartoum

2.
KBRI Rabat
KBRI Rabat, KBRI Algier, KBRI Tunis

G. Hasil Ujian Seleksi
1. Hasil seleksi akan diumumkan oleh Departemen Agama tanggal 9 Juli 2007 di tempat penyelenggaraan seleksi/pendaftaran atau melalui website : http://www.ditpertais.net

2. Peserta yang lulus sebagai calon penerima beasiswa S1 Al-Azhar akan mengikuti seleksi lanjutan (muqabalah) pada waktu yang akan ditetapkan kemudian.

3. Peserta seleksi non beasiswa ke Al-Azhar yang dinyatakan lulus dapat memproses berkas pendaftarannya melalui KBRI Kairo.

H. Tim Pelaksana Seleksi
1. Tim pelaksana Pusat dibentuk dan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam

2. Tim pelaksana Daerah dibentuk dan ditunjuk oleh Rektor UIN/IAIN/Ketua STAIN bersangkutan.

3. Tim Penguji baik tulis maupun lisan ditunjuk oleh Dirjen Pendidikan Islam.

I. Lain-Lain
1. Informasi lebih lanjut diharapkan menghubungi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam melalui nomor telpon/faksimil nomor (021) 3519734 atau 3812344 ext. 326

2. Hal-hal yang belum diatur dalam petunjuk pelaksanaan ini akan ditentukan kemudian

Jakarta, April 2007

Direktur Pendidikan Tinggi Islam

Prof. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D

NIP. 150240107

———————————————————-

Formulir Pendaftaran Seleksi Nasional
Calon Penerima Beasiswa dan Non Beasiswa S1, S2 & S3
Ke Mesir, Maroko, Sudan dan Aljazair
Tahun 2007

Lokasi Pendaftaran : No.
Ujian :

Nama Lengkap : _________________________________________

Tempat/ Tgl Lahir : __________________________________________

Alamat Lengkap : __________________________________________

__________________________________________

Telp/HP : ______________________________________

E-mail : _______________________________________

Asal Sekolah/ Perguruan : _________________________________________

Tinggi dan tahun Ijazah _____________________________________

Nama Bapak : ______________________________________

Pekerjaan : _____________________________________

Nama Ibu : ________________________________

Pekerjaan : ____________________________________

Alamat Orang Tua : ____________________________________________________________

Telp/HP
_______________________________

Perguruan tinggi yang Dituju :
1. Univ. Al-Azhar S1 ( ) S2 ( ) Dikti Mesir ( )

a. Beasiswa ( ) b. Non Beasiswa ( )

2. Maroko S1 ( ) S2 ( ) S3 ( )

3. Aljazair S1 ( )

4. Sudan S1 ( )

______________, ___________________2007

Yang Mendaftar,

(__________________________)

foto 3×4

About these ads

70 Komentar »

  1. saya ingin sekali bisa melanjutkan study sampai ketimur tengah.sebab saya adalah sarjana PSKTTI UI,dalam komentar majalah Hidayatullah, para sarjana Islam masih kurang keprofesionalan dan kesungguhan oleh karena itu harus terus diasah dan diterapkan ilmunya khususnya untuk dakwah dalam segala bidang. karena Islam itu adalah kaffah. itu itu bagi yang mau bersungguh-sungguh hendaklah janagn di persulkit. dan beri ruang untuk dapat diserap tenaga dan pemikiran kami.
    terimakasi.

    Komentar oleh amatul Jadidah — Mei 8, 2007 @ 1:24 pm | Balas

  2. sya ingan sekali melanjutkan study ke al azhar kairo dngan beasiswa karna kemampuan dana saya tdk ada sukron.

    Komentar oleh abdullah ibn al-kifti — Mei 14, 2007 @ 11:26 am | Balas

  3. Saya ingin sekali melanjutkan ke Universitas Al Azhar dengan beasiswa karena keterbatasan dana yang saya miliki.Mengenai persyaratan ke universitas tersebut,insyaAllah saya akan berusaha sebaik mungkin

    Komentar oleh Aziz Mukholiq — Mei 17, 2007 @ 9:50 am | Balas

  4. terimakasih atas informasinya, dan kami mau nanya tentang batasan dalam mengahfal al_quran itu barapa zuz

    Komentar oleh andi rustaman — Mei 18, 2007 @ 9:30 am | Balas

  5. terima kasih atas informasinya.semoga dengan adanya penyeleksian ini betul-betul murni tanpa adanya tendensi dari pihak manapun baik luar maupun dalam.ingatlah wahai saudaraku innallaha sami’un bashi….r

    Komentar oleh anres_cah muin — Mei 21, 2007 @ 4:08 pm | Balas

  6. terima kasih atas informasi yang telah diberikan.
    syarat-syarat mutlak untuk mengikuti seleksi/tahapan tersebut.

    Komentar oleh SITI NUR UMMI — Mei 22, 2007 @ 12:23 am | Balas

  7. Terima kasih atas informasi yang telah diberikan.
    Syarat-syarat mengikuti seleksi tersebut dan adakah syarat husus mengenai IP rata-rata

    Komentar oleh SITI NUR UMMI — Mei 22, 2007 @ 12:30 am | Balas

  8. Assalamu’alaikum, Wr Wb.
    Terimakasih atas informasi yang telah diberikan.
    pa yang boleh mengikuti seleksi hanya dari UIN/STAIN/IAIN?
    pa syarat yang harus ditempuh bila ada yang mendafatar dari luar PTN tersebut.
    terimakasih.
    wassalam,Wr Wb

    Komentar oleh M. Zaiyinul Fata — Mei 22, 2007 @ 12:38 am | Balas

  9. assalamu’alaikum ikhwati tolong saya dong saya sudah terlambat daftar,beasiswa masih bisa ga sekarang?

    Komentar oleh afandi — Juni 7, 2007 @ 11:30 am | Balas

  10. bismillaah.
    semoga Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar di luar negeri. Allah Maha Tahu yang terbaik buat kita.

    Komentar oleh yusuf — Juni 10, 2007 @ 4:18 pm | Balas

  11. TERIMA KASIH ATAS INFORMASINYA,TAPI ADA SATU PERTANYAAN DARI SAYA,KENAPA YANG LULUS BEASISWA AZHAR DEPAG BERANGKATNYA TAHUN DEPANNYA?wass

    Komentar oleh anwar aziz — Juni 11, 2007 @ 11:55 am | Balas

  12. ASSALAM
    KOK BERITA TENTANG ALJAZAIR SEDIKIT?
    NAMA JAMIAH YANG AKAN BERIKAN KITA BEASISWA DISANA APA?
    MOHON INFO KE EMAIL ANA, JAZAKUMULLAHU KHAIRAN

    Komentar oleh rifa yanas — Juni 12, 2007 @ 11:18 am | Balas

  13. HARAP KIRIM INFO LENGKAP BEASISWA DAN SISTEM KULIAH DI ALJAZAIR , JAZAKUMULLAHU KHAIRAN

    Komentar oleh rifa yanas — Juni 12, 2007 @ 11:22 am | Balas

  14. assalamu’alaikum.
    saya pernah menanyakan tentang beasiswa dsb dengan uin sunan kalijaga jogja, tapi saya kecewa sekali karena pihak uin tidak tau menahu tentang informasi tsb. malahan saya di minta agar ke uin semarang. bukankah seharusnya bisa daftar di uin mana saja di indonesia?
    mohon penjelasannya, terimakasih.
    wassalam.

    Komentar oleh umi — Juni 14, 2007 @ 1:31 pm | Balas

  15. SELEKSINYA TRANSPARANT GA? SAYA KHAWATIR BANYAK JOKI …

    Komentar oleh HIFNI — Juni 25, 2007 @ 10:08 am | Balas

  16. askum wr. wb. kami mau mengucapkan terima kasih atas informasi yang telah diberikan. dan kami mau menanyakan tentang biaya pendaftaran, kenapa pada sebagian PT(perguruan tinggi) yang menyediakan tempat seleksi ada yang memungut biaya? WHY……..? tanya KeNapA, kenapa lagi ??????

    Komentar oleh zikri & nash — Juni 25, 2007 @ 12:00 pm | Balas

  17. ko’lama banget pengumumannya? gimana sih?

    Komentar oleh mustofa — Juli 11, 2007 @ 10:41 am | Balas

  18. untuk smua teman2 harap bersabar aja trutama bwt latiP. smakin lama pgmumannya kan smakin banyak waktu bwt berdoa kpda allah spya lulus sleksi. khususuon bwt kita anak2 muin smoga lolos sleksi smua.

    Komentar oleh zidex — Juli 12, 2007 @ 11:28 am | Balas

  19. saya senang

    Komentar oleh abd.karim amrullah — Juli 12, 2007 @ 2:40 pm | Balas

  20. bagi anda yg berminat studi ke mesir klik link ini:www.iqraegypt.multiply.com

    Komentar oleh iqra group — Juli 12, 2007 @ 2:57 pm | Balas

  21. pengumuman peringkat satu sampai seratus sepuluh yang berhak ikut muqobalah kapan ? lebih cepatkan persiapannya juga lebih matang.

    Komentar oleh danil — Juli 12, 2007 @ 7:52 pm | Balas

  22. terima ksaih saya blm daftar

    Komentar oleh ahmad — Juli 18, 2007 @ 9:06 pm | Balas

  23. tolonglampirkanuntukpengumumansusulantentangpenjurusan program beasiswayangdijanjikanpadatnggal20juli2007daninformasi pendaftaranbeasiswauntuktahundepan,syukronalakulli mua’wanatikum.

    Komentar oleh hilman — Juli 20, 2007 @ 11:07 am | Balas

  24. untuk kesempatan tahun depan apa pendaftarannya tahun ini? pendaftarannya ada tiap tahun kan? kaya`nya keinginanku telat deh, aku udah hampir 4 tahun lulus dari aliyah, tapi kepengen nglanjutin ke timur tengah baru sekarang, kira-kira masih ada kesempatan kesana ga ya? lewat apa? siapapun yg menjawab, terimakasih banyak.

    Komentar oleh ai — Juli 29, 2007 @ 9:19 am | Balas

  25. ana ingin sekali kuliah di universitas di kairo itulah cita-cita yang sangat ana impikan. tapi keterbatasan dana yang ana miliki mungkin akhwaty mau membantu ana agar bisa mendapatkan beasiswa. amin JAZAAKUMULLAH KHOIRON KATSIIRON

    Komentar oleh fatma — Agustus 9, 2007 @ 8:36 am | Balas

  26. Emm…kalo program ektensi di univ al-azhar ada ngga?saya kan skrang kul di D3 akt di UGM,trus insyaAllah mau melanjutkan,skrang Smstr 3, tlng dikasih info,kirim aja ke alamt email saya kurni.cahya@gmail.com

    Komentar oleh Kurnifan — Agustus 17, 2007 @ 4:26 pm | Balas

  27. asslamualaikum….
    ust kenapa seleksi s2 timurtengah beasiswa/non cuman untuk maroko dan mesir saja……..?kenpa yang lainm tidak…..syukron ditunggu blasnnya..

    Komentar oleh deni — September 18, 2007 @ 10:06 pm | Balas

  28. Assalamu’alaikum….Saya sangat menginginkan melanjutkan stugy (S1) di Timur Tengah, tetapi karena biaya yang kurang mendukung maka saya ingin sekali mendapatkan beasiswa untuk study di sana! Informasi tes secara lengkap untuk ke Maroko tolong di kirim ke Email saya!Apakah tes ke Maroko, Sudan juga menghafalkan Al-Qur’an tolong info selengkapnya dikirimkan!Syukron Katsiro!

    Komentar oleh M. Rochman — September 21, 2007 @ 10:12 am | Balas

  29. kalo dari jurusan bahasa Arab dari PTN umum bisa ga dapet beasiswa S2 ke Mesir. kalo berangkat pake biaya sendiri biaya pendidikannya dan biaya hidup di sana mahal g?
    mohon informasinya, saya butuh sekali karena sebentar lagi insya Allah saya akan segera lulus S1.

    Komentar oleh unah — Oktober 7, 2007 @ 11:50 am | Balas

  30. assalamu alaik …….
    1.Usahakan pengujinya jangan hanya satu orang yg dia menguji s1,s2 sekaligus s3.
    2.Al-jazair ,Maroko dan Sudannya tolong disertakan nama universitasnya>

    Komentar oleh fakhrul w — Oktober 15, 2007 @ 7:36 pm | Balas

  31. salam
    tolong kirimkan informasi kepada saya
    di elkhalil_bunda@yahoo.com
    thanks

    Komentar oleh ma'sum — November 29, 2007 @ 3:59 pm | Balas

  32. assalamu ‘alaikum…saya salah satu peserta dari aceh dan sudah lulus glmbang pertama, tapi samapi sekarang belum ada informasi dari panitia pengada ujian di IAIN banda aceh. mohon jelaskan prosudur pengurusan selanjutnya tuk mengurusi beasiswa ke mesir? trims

    Komentar oleh zamzami umar — Desember 13, 2007 @ 10:46 am | Balas

  33. APAKAH BISA MENEMPUH PENDIDIKAN KE AL AZHAR DENGAN USIA IJAZA LEBIH DARI 2 TAHUN

    Komentar oleh PARWIS — Januari 5, 2008 @ 10:27 pm | Balas

  34. minimal berapa juz hafalan Qur’an yang dihafal dalam tes tulis?

    Komentar oleh Lie — Januari 14, 2008 @ 3:48 pm | Balas

  35. Assalamu’alaikum….Ana sangat menginginkan melanjutkan study (S1) di Timur Tengah, tetapi karena biaya yang kurang mendukung maka ana ingin sekali mendapatkan beasiswa untuk study di sana! Informasi tes secara lengkap untuk ke unv islam madinah tolong di kirim ke Email ana!Apakah tes ke kesana,juga menghafalkan Al-Qur’an dan ijazah lbh 5 thn diterima g?tolong info selengkapnya dikirimkan!Syukron Katsiro!

    Komentar oleh Eva Puspitasari — Januari 31, 2008 @ 2:36 pm | Balas

  36. ada ga untuk tahun ni beasiswa ke Unv Islam Madinah, soalnya ana meninginkan study disana, ana dah lama nunggu 7 tahun untuk ngumpulin dana utk kuliah Alhamdulillah ana sekarang diterima di UIN SGD BDG jrs. Tfsr-hdts, tp sbnrnya ana kpengen banget studi di tmur tngah, bleh g llsn 2001 SMU.

    Komentar oleh Eva Puspitasari — Januari 31, 2008 @ 2:45 pm | Balas

  37. kapan pendaftaran tahun 2008 dibuka?no.hp saya 085260629345

    Komentar oleh reza fahlevi — Februari 10, 2008 @ 2:47 am | Balas

  38. Saya sangat berharap semoga Allah mentaqdirkan saya mengenyam pendidikan di AlAzhar Mesir.

    Komentar oleh Khaitami — Februari 14, 2008 @ 12:23 pm | Balas

  39. Assalamualaikum.wr.wb
    Saya ingin sekali mendapatkan beasiswa ke univ. Al-Azhar…. masalahnya saya tidak sekolah di MA tapi di SMA, apa saya bisa mengikuti program beasiswa ini???? Karena saya sangat berminat sekali….
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Komentar oleh Resty — Februari 16, 2008 @ 2:25 pm | Balas

  40. ass.kepada yang terhormat bapak/ibu kepala bidang informasi.kapan ya kira-kira pembukaan tes beasiswa tahun 2008.saya pengen sekali ikut seleksi penerimaan beasiswa iain jambi.kira-kira boleh tidak saya daftar sekarang atau tes sekarang sedangkan saya masuknya s2 tahun 2010.makasih

    Komentar oleh marfuah — Maret 3, 2008 @ 10:52 am | Balas

  41. sy khan lulusan smk neh,bs g kl sy nerusin ke mesir gt?kl g bs ada cara lain g?soalnye pgen bget..bantuin ya

    Komentar oleh rowman — Maret 3, 2008 @ 5:33 pm | Balas

  42. saya lulusan SMK, bisa ga dapetin beasiswa ke tim-teng? trims atas info. info ini amat berharga buat sy, jazakumulloh….

    Komentar oleh Aceng — Maret 17, 2008 @ 8:10 pm | Balas

  43. terimakasih banyak

    Komentar oleh Aceng — Maret 17, 2008 @ 8:11 pm | Balas

  44. terimakasih atas informasinya, saya berharap sekali untuk lulus test tersebut,

    Komentar oleh sahal — Maret 21, 2008 @ 3:48 pm | Balas

  45. Ane lulusan MAN 2 SERANG,pngen sekali nerusi ke AL-AZHAR CAIRO,tp biaya yang ane miliki tidak mencukupi.
    ane pengen daftar tes beassiswa tapi ga tau tempatnya.
    mohon kasih tau.
    ane ada di banten,tolong di bales, syukron qobla wa ba’du.

    Komentar oleh MUHAIMIN — Maret 25, 2008 @ 9:45 am | Balas

  46. Ass.
    saya kelas 3 salah satu MAdi Kudus.
    tolong kalo da informasi beasiswa semua MA di Kudus di kasih tahu yah!!!!!
    pgn banget ane ke Mesir.
    buat Bpk. Prof. Abdurrahman Ma’ud Ph.D. tolong sering2 plg Kudus yah!!!!!
    syukron.
    Wass.

    Komentar oleh ibnu_fiel — April 9, 2008 @ 2:31 pm | Balas

  47. thanks atas infonya, namun ane perlu info lebih khususnya tentang beasiswa S3 ke Maroko, apa saja persyaratannya, khususnya tentang hafalan Alquran. mohon info lebih lengkap dan kirim ke email ane. syukran jazilan

    Komentar oleh Ahmad Muradi — April 12, 2008 @ 4:08 pm | Balas

  48. slm. wahai azhar ! engkau adalah cinta pertamaku, mengapa kau tega membuatku semakin penasaran akan dirimu dg cara memperlambatku sampai padamu ? benarkah kau sedang menguji kesabaranku tuk meluluhkan hatimu ?

    Komentar oleh asyhar — April 22, 2008 @ 3:45 pm | Balas

  49. ass…saya adalah salah satu dari beribu peminat study d azhar cairo,saya penah lulus ujian tpi bsakah saya berangkat dg membawa ijazah smk??sdgkan ijazah pndk lum mu’adalah??

    Komentar oleh al maula — April 26, 2008 @ 1:02 pm | Balas

  50. TES BEASISWA AL AZHAR KAPAN YA?

    Komentar oleh QOWIM — Mei 4, 2008 @ 9:56 am | Balas

  51. GUE SIH PINGIN TAPI GUA MINIM BANGET INFORMASI KALO TES BEA SISWA 2008 KAPAN YA?

    Komentar oleh QOWIM — Mei 4, 2008 @ 9:58 am | Balas

  52. tolong informasikan tentang beasiswa,

    Komentar oleh adi — Mei 19, 2008 @ 1:32 am | Balas

  53. assalamualaikum wr wb .
    kalau kita yang sekolah di sma negeri apakah bisa masuk di universitas yang telah disebutkan?
    wassalamualaikum wr wb

    Komentar oleh fajri — Juni 5, 2008 @ 8:02 pm | Balas

  54. Asssalamu’alaikum Wr. Wb
    Saya Santri Ruhul Islam Anak Bangsa
    Saya ingin sekali untuk melanjutkan study saya ke timur tengah khususnya Mesir, stelah saya mendengar dari kakak-kakak leting saya yang sekarang berada di Kairo.
    Apa saya bisa melanjutkan program study ke MEsir.
    Syukran
    Wassalam

    Komentar oleh Dhiaush — Juni 29, 2008 @ 9:02 pm | Balas

  55. asw.ana ingin bertanya,waktu mendaftar, informasi awal menyatakan bahwa jika nilai kita bisa mencapai target bea siswa,maka bisa dialih meskipun diawal pendaftaran kita mengambil non bea siswa.tapi,di pengumuman terakhir menyatakan tidak boleh beralih ke bea siswa walaupun nilainya mencukupi.Mohon penjelasannya?.dan adakah solusi bagi kami yang tidak mampu, tapi ingin menuntut ilmu ke timur tengah?.apakah teman yang lulus dalam bea siswa tidak bisa mengikuti perkuliahan disana dapat digantikan dengan yang lulus non bea siswa?atas perhatiannya terima kasih

    Komentar oleh nurhafizah — Juli 13, 2008 @ 9:46 am | Balas

  56. assalamualaikum
    ana tolib min al basyarinyah
    akhbirni an kayfiyati ila al azhar lianna uridu an adhulahu
    syukron kasiron
    wassalamualaikum

    Komentar oleh jajang ahmad s — Agustus 12, 2008 @ 10:07 pm | Balas

  57. ASSALAMUALAIKUM

    “ana” ingin sekali meneruskan S1 ke timurtengah setelah lulus SMA, “lakin” saya tak punya dana untuk itu.
    tolong bantu “ana” untuk mewujudkan impian ini dengan membantu “mencarikan” beasiswa.
    bagaimana caranya?

    Komentar oleh husna iman — September 4, 2008 @ 4:28 pm | Balas

  58. saya ingin sekali mendaftarkan beasiswa s2 ke al-jazair kapan ya mulainya?trus syaratnya apa?

    Komentar oleh marfu'ah — November 19, 2008 @ 10:04 am | Balas

  59. persyaratan kuliah di al ahqaf yaman apa saja?trus berangkat kesana beasiswa penuh apa nggak?

    Komentar oleh sukron ma'mun — Desember 2, 2008 @ 2:37 pm | Balas

  60. saya pengen banget bisa kuliah di timur tengah tapi mungkin sekarang hafalan alquran nya belum cukup…..apakah mungkin ntar saya bisa ngafalin alquran dulu sambil kuliah s1 trus ntar kira2 hafalan alqurane udah cukup n s1 nya udah selesai n ngambil s2 di timur tengah kira2 bisa g” y…..t” tunggu solusinya…………

    Komentar oleh mukhibullah — Januari 14, 2009 @ 10:55 pm | Balas

  61. assalamualaikum….!!!!!!
    Kapan ya pembukaan tesnya?
    ana pengn kuliah ke sudan.
    apa ajh persyaratannya?
    tesnya apa aj?
    tol0ng ya kirimkan ke emailku/fsq.
    min fadhlik..
    assalamualaikum…………!!!!!!!!!!

    Komentar oleh Noval — Maret 14, 2009 @ 11:33 pm | Balas

  62. assalamualaikum
    ismii Bibin subian. saya mau nanyakan kapan testing beasiswa ke timur tengah di buka lagi?

    Komentar oleh Bibin Subian — April 22, 2009 @ 7:57 pm | Balas

  63. apa tes nya harus pake bhs arab? kasian temen2 yg minim bhs nya, tp otaknya cemerlang. gmn klo yg di utamain otaknya aja, masalah bhs sambil jalan

    Komentar oleh raudloh — April 30, 2009 @ 10:27 am | Balas

  64. bismillah,afwan ana mwu tanya info beasiswa t’baru k’madinah almunawwarah, ad gx,.? kalo ada tolong ditampilkan,tolong dikirimin ya. jazakumullah,

    Komentar oleh ihsan — Mei 9, 2009 @ 10:42 am | Balas

  65. Assalamualaikum, numpang bagi2 info, setahu ana kalau beasiswa timteng hampir semua infonya pasti lewat depag. Silakan buka http://dipertais.net (Mesir, Sudan, Yaman dll)Yang berdomisili di Jakarta bisa langsung tanyakan ke gedung Departemen Agama lt.5 kalau gak salah ruangan Subdit Kerjasama Timteng. Bisa tanya CS di lantai bawah. Jangan lupa bawa KTP, soalnya kalau mau masuk harus menitipkan KTP.
    Yang terbaru Mesir buka pendaftaran sampai tgl 8 Mei 2009, pendaftaran via fax ke 0213145073.
    Ujiannya antara lain yang pernah ana ikuti (1.) standar tahfidz 3 juz mutlak harus, jangab mepet2, siapkan sampai 5-10, soalnya saingan yang hapal 30 juz banyak. (2.) Insya’, biasanya diberi pilihan tema, usahakan pilih tema yang berat, nilainya akan lebih banyak. contohnya : Hubungan Kerjasam Bilateral Indonesia-Mesir (pakai bahasa Arab). (3.) Interview, Face to face langsung dengan penguji rata2 lulusan Timteng, jangan main2 yang ini, ana yang udah merasa fasih aja, digojlok habis2an, katanya arab jawalah, gramatiknya amburadullah, padahal perasaan udah wes ewes bablas angine… Disuruh baca kitab, ini udah pasti nahwunya harus main, habis gitu suruh nerjemahin, semua interaksi berbahasa Arab, Jangan keliatan muka nge-blank, ntar langsung dicoret, soalnya yang ngantri ribuan, jadi kalau gaya ngomong kita ga menarik, apalagi grutal gratul, langsung di komen : Syukran, laka an tastaidda ittiba al-imtihan taratan ukhra (Thank, kamu boleh persiapkan ujian di waktu lain).Tapi jangan takut, ana juga pernah digituin tapi alhamdulilah lolos juga.

    Kalau beasiswa Saudi (Madinah/Mekah) setahu ane semuanya dilaksanakan di tempat aslinya. Ana dah tanya kesana kemari. Tapi kalau antum-antum berminat, silakan hubungi para mahsiswa indonesia yang sedang libur ke indonesia, ana ga bisa kasih tau nomer-nomernya, antum usahalah dengan do’a pasti ada jalan. Standar ujian sama saja, tapi yang penting antum ada yang merekomendasikan (tazkiyah) bisa dari ulama/pelajar yang pernah/sedang belajar disana. Tanpa itu semua, anda tidak akan dilirik, apalagi muka anda culun, celana jins, muka klimis tanpa jenggot, rambut gondrong (hehe bcanda tapi ini beneran). Yang terakhir yang paling jadi kendala bagi semua calon pelajar adalah untuk mendaftar ke sana kita harus beli tiket sendiri, biasanya bareng2 umrah, biayanya sktr 13jt (pulang/pergi). setelah ikut tes disana sekitar 2 hari, anda bisa pulang lagi ke tanah air, sambil banyak2 do’a, ibadah sholat malam, ingat kuliah ke madinah bukan seperti kuliah di Indonesia, asal ada uang semua bisa jalan, Mereka ga butuh uang kita, malah tiap bulan kita dikasih mukafaah sekitar 3jt, enakkan? Tapi kalau niat anda cuma untuk itu, alhamdulilah sampai disitu saja niat antum, yang penting banyak2 do’a, dan jangan ada niat sedikitpun untuk cari pamor atau gelar, perjuangan yang akan dihadapi tidak akan setimpal dengan kepuasan dunia sesaat, Bila kita diterima, akan ada pemberitahuan dari sana langsung ke alamat kita, rata2 setelah 1 tahun dari kita ikut ujian, lumayan lama kan? Terakhir tinggal ngurusin berkas-berkas yang diperlukan untuk diterjemahkan ke b.arab. Itu juga harus pakai lembaga resmi yang telah mereka tunjuk. di Jakarta kalau ga salah deket PLN Kramat Jati. Udah deh tinggal tunggu visa dll dan anda terbang. Kalau ga dikasih tiket anda berarti harus beli sendiri, tapi tenang aja sampai disana pasti di ganti. Selamat berjuang…

    Komentar oleh abidallah — Mei 11, 2009 @ 7:47 am | Balas

  66. terima kasih ats infox… mohon info selanjutnya y

    insya ALLAH saya bisa mengambil beasiswa itu

    Komentar oleh azhar — Mei 11, 2009 @ 4:10 pm | Balas

  67. saya mau tanya pendaftaran ke al azhar itu kapan ya untuk tahun 2010?tahnks

    Komentar oleh shofi — Juni 3, 2010 @ 3:39 pm | Balas

  68. mohon do’a y ja mudah2an bisa menyusul kalian yg sudah berangkat terlbh dahulu di bndingkn saya.terutama tman2 saya good luck ja

    Komentar oleh muhamad arif — Oktober 22, 2011 @ 9:57 am | Balas

  69. assalamu’alaikum……….
    saya mau tanya pendaftaran ke al azhar untuk tahun 2015 kapan ya?

    Komentar oleh JUMAIDAH SIREGAR — April 2, 2014 @ 3:26 pm | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: