Blog Tausiyah275

Februari 17, 2008

Sholat Dhuha Dahulu, Baru Beraktivitas

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Sholat — Tausiyah 275 @ 12:33 pm

Salah satu sholat sunnah yg dicontohkan Rasululloh SAW adalah sholat sunnah Dhuha. Bahkan beliau menjadikan sholat dhuha ini sebagai salah satu wasiat beliau, sebagaimana hadits berikut:
Abu Hurairah r.a. meriwayatkan: ” Kekasihku, Rasulullah SAW berwasiat kepadaku mengenai tiga hal :
a) agar aku berpuasa sebanyak tiga hari pada setiap bulan,
b) melakukan sholat dhuha dua raka’at dan
c) melakukan sholat witir sebelum tidur.”
( H.R. Bukhari & Muslim ).

Aku sendiri melakukan sholat dhuha, salah satunya untuk meluruskan niatku kuliah&bekerja, yakni menjadikan kuliah&kerja sebagai ibadah. Karena seringkali orang bekerja dg tujuan hanya mencari uang (duniawi) semata, sehingga melupakan aspek ibadah (akhirat).

Sementara itu, manfaat sholat dhuha sendiri, dari beberapa ustad, antara lain:
1. Agar dilapangkan dada dalam segala hal, terutama rejeki.
2. Ungkapan terimakasih kita kepada ALLOH SWT, atas nikmat sehat tubuh kita.
3. Pelindung kita untuk menangkal siksa api neraka di Hari Pembalasan (Kiamat) nanti.
4. Mendapat ganjaran surga, sesuai dengan hadits Rasululloh SAW,“Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-dhuha ( pintu dhuha ) dan pada hari kiamat nanti ada orang yang memanggil,” Dimana orang yang senantiasa mengerjakan sholat dhuha ? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.” ( H.R. at-Tabrani).

Waktu sholat dhuha sendiri, berdasarkan contoh Rasululloh SAW, berkisar sekitar pukul 7 pagi – 10 pagi. Dengan demikian, bisa dikatakan, sholat dhuha = sholat untuk ‘memulai’ aktivitas (sebelum berangkat bekerja).

Sementara jumlah raka’atnya, minimal 2 raka’at dan maksimal 12 raka’at. Sholat dhuha bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor, atau segera setelah tiba di kantor. Anda bisa pilih, mana kondisi yang cocok untuk anda.

Sedangkan untuk surat yg dibaca, aku senantiasa membaca Adh Dhuha(93) di raka’at pertama dan Al Ikhlas(112) di raka’at kedua, dengan alasan sebagai berikut:
1. Adh Dhuha = sesuai dengan sholat sunnah yg aku lakukan. Di samping itu, isi dari surat 93 ini ALLOH SWT akan memberi kecukupan kepada hamba2-Nya. Selain itu, surat ini juga mengingatakan kita agar tidak sewenang-wenang terhadap anak yatim, juga tidak menghardik orang yang meminta-minta (pengemis) kepada kita.

Justru pada surat ini, ALLOH SWT menyuruh kita agar berbagi rejeki yg telah diberikan-Nya, kepada orang lain yang membutuhkan.

2. Al Ikhlas = untuk memperkuat iman (tauhid), bahwa hanya ALLOH SWT yg berhak disembah. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan membaca Al Ikhlas, aku berharap agar jika maut menjemputku, maka iman tidak lepas dari qalbuku.

Jadi, jangan tunggu lagi…segera dirikan sholat dhuha! :-)

tambahan:
– salah satu doa yg bisa dipanjatkan usai sholat dhuha:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

- sholat dhuha dilakukan jam berapa?

About these ads

112 Komentar »

  1. gw baca tulisan ini menjelang maghrib
    jd kagak mungkin solat dhuha sekarang :D

    Komentar oleh Luthfi — Februari 17, 2008 @ 5:33 pm | Balas

  2. Aku buka toko jam 5.30 Kapan Sholat Dhuha ku yaa…? Minta do’a nya aja deh,moga cepet tertular bisa Sholat Dhuha….THX !

    Sempatkan saja barang 5-10 menit untuk sholat Dhuha. Tidak berat kok, malah bisa jadi akan menjadi jalan dimudahkan rejekinya dan tokonya makin laris :-)
    Insya ALLOH akan dibantu doa

    Komentar oleh Mc. Ichsan — Februari 19, 2008 @ 8:22 pm | Balas

  3. subhanallah
    sholat dhuha ah…. mumpung lagi sehat

    Komentar oleh rayyan — Februari 22, 2008 @ 10:33 am | Balas

  4. Berangkat kerja jam 6.45 sampai kantor jam 7.15 kalau mau dhuha gak enak sama bos gimana kalau sholatnya jam 6.30 …?

    Mulai bekerja jam berapa? Jika mulai bekerja jam 8, masih ada waktu 45 menit kan? Sebenarnya tidak apa2 sholat dhuha jam 6.30, asalkan matahari sudah benar-benar ‘naik’

    Komentar oleh bendoro — Maret 4, 2008 @ 10:35 am | Balas

  5. sangat berguna banget yach bagiku apalagi untuk orang yang kurang dalam ilmu agama

    Komentar oleh rani — Maret 5, 2008 @ 11:20 am | Balas

  6. banyak yang sudah tau,sering diucapkan saatnya kita mulai dilaksanakan itu lebih baik

    Komentar oleh andre — Maret 6, 2008 @ 11:44 am | Balas

  7. kapan lagi kita berterima kasih kepada sang Pencipta? luangkanlah waktumu sedikit saja untuk menghadap Allah SWT, sholat dhuha itu tidak memakan waktu lama, OK. Semoga kita selalu dalam rahmat Allah SWT. Amin.

    Komentar oleh masni — Maret 11, 2008 @ 10:03 am | Balas

  8. Kalau shalat Duha alhamdulillah rutin dilakukan,tapi saya merasa hikmah shalat Duha belum saya rasakan

    Coba lebih diyakini dan diresapi. Insya ALLOH hikmahnya akan terasa

    Komentar oleh engkun — Maret 31, 2008 @ 11:48 am | Balas

  9. lakukanlah shalat dhuha, meluangkan waktu untuk shalat. aq brangkat kuliah jam 7 tapi sampai dikampus aq berusaha untuk melaksanakan shalat dhuha karena aq merasakan nikmat tersendiri yang diberikan kepadaku……!!!!

    Komentar oleh ismi — April 7, 2008 @ 1:39 pm | Balas

  10. Aku sedang memulai untuk rutin melakukan sholat dua, minimal 2 rakaat… Insya Allah ketidak tenangan hati yang aku alami 1 tahun belakangan dalam bekerja karena kondisi lingkungan kerja yang banyak godaan bisa teratasi…

    Komentar oleh Endro — April 9, 2008 @ 7:50 am | Balas

  11. alhamdulliah aku bekerja di lingkungan yang mendukung untuk beribadah apapun, sehinggal sholat dhuha bisa aku kerjakan setiap hari,syukur alhamdulillah dengan sholat dhuha nikmat yang Allah berikan semakin bertambah dari kesehatan, materi dan lainnya.Kejakanlah sholat atau ibadah apapun hanya karena kecintaan kita kepada Rabb, bukan karena alasan lain yang kita inginkan insya allah kalau kita beribadah karena kita cinta kepada NYA maka pemilik dan pencpta langit dan bumi ini akan memberikan appaun yang mahluknya inginkan tanpa terkecuali asal kita bersabar.

    Komentar oleh ANTY — April 15, 2008 @ 8:58 am | Balas

  12. Semoga saya dan istri saya termasuk orang yang langgeng dan istiqomah dalam shalat Dluha
    sebetulnya kalau kita niat semuanya menjadi ringan

    Komentar oleh Mahrizal — April 23, 2008 @ 5:19 pm | Balas

  13. bener bgt!! duha emang penting buat q-ta slalu mengawali aktivitas denagn do’a

    Komentar oleh ami — April 27, 2008 @ 12:49 pm | Balas

  14. Aminnnn.
    Setelah membaca tulisan di atas….
    Aq jadi pengen banget ngejalanin shalat dhuha..

    Amin mogah-mogahan kelaksana…

    thank u

    Komentar oleh agus — Mei 12, 2008 @ 9:41 am | Balas

  15. memang janji Allah tidak pernah ingkar. setelah saya melaksanakan sholat dhuha dan sholat tahajud Allah memberi banyak kemudahan dan jalan keluar untuk setiap saya terutama masalah keuangan. disini saya juga ingin bertanya kepada semua hamba Allah yang mengetahui apa faedah yang kita dapat jika kita melaksanakan sholat dhuha 2 raka’at,4raka’at,6 raka’at,8 raka’at, dan 12 raka’at. Karena saya pernah mendengar dalam kultum ustad Yusuf mansyur menjelaskan tapi yang saya ingat cuma 6 raka’at saja.

    Tidak ada batasan dalam raka’at. Insya ALLOH semuanya akan bermanfaat.

    Komentar oleh DIAN — Mei 19, 2008 @ 11:48 am | Balas

  16. Setuju…!!!!
    Stlah bca tlisan di ats, jd lgsung pngen shalat dhuha.., tp skrg pkul brp yach??? he he he . . .

    Komentar oleh evayana — Mei 19, 2008 @ 1:43 pm | Balas

  17. spertinya saya tertarik untuk melaksanakan sholat dhuha…insya allah akan segera saya laksanakan tp jujur saya baru mw belajar.mudah2an saya diberi kemudahan…amien…

    tidak saja niat, tapi harus mulai dilakukan :-)

    Komentar oleh irma — Agustus 31, 2008 @ 11:07 am | Balas

  18. InsyaALLAH, ngga mau putus mengawali hari dengan sholat Dhuha dan mengakhiri dengan sholat Witir selama bulan Ramadhan, amien…

    Komentar oleh iLma — September 9, 2008 @ 7:28 am | Balas

  19. Hadits di atas shoheh kah? Menurut teman saya sholat dhuha pada waktu itu cuma dijalankan oleh Aisyah, salah satu istri dari Rasulullah. Jadi katanya bid’ah kl laki2 yg menjalankan. Mohon bantuan ilmunya! tks

    insya ALLOH shahih. saya sendiri baru tahu kalo laki2 yg sholat dhuha = bid’ah. bisa minta referensinya? trims

    Komentar oleh angger — September 17, 2008 @ 9:58 am | Balas

  20. Manfaat solat dhuha itu banyak sekali, Saya sudah merasakannya. Jadi, jangan ragu-ragu. Langkahkan kaki, segera mulai… InsyaAllah banyak manfaatnya. Kadang rizki itu datang tanpa diduga, semuanya menjadi mudah dan barokah. Jadi, ayo kita biasakan solat dhuha!…

    Komentar oleh idah — September 24, 2008 @ 8:49 am | Balas

  21. Alhamdulillah… saya dapat banyak pencerahan dan belajar dari teman2 sekalian khusus’y tulisan di blog ini..saya sangat ingin sekali melaksanakan sholat dhuha tapi blm bisa..tapi u sholat alhamdulillah rutin aku laksanakan dan benar kalo kita benar2 melaksanakan ibadah ikhlas karena Allah akan memberikan ketenangan dalam hidup kita semua..dan itu sudah aku buktikan…karena selama ini aku telah sering dzalim terhadap diri sendiri

    Komentar oleh imam — November 29, 2008 @ 4:15 am | Balas

  22. Saya berakat kerja jm 7 kurang 15 menit..saya mencoba sholat dhuha jm setengah 7 saat masih dirumah karena lebih tenang..
    apa itu boleh…???????

    asalkan sudah masuk waktu dhuha, tidak apa2.
    apa sulit untuk dhuha di kantor, mas?

    Komentar oleh Lies — Desember 11, 2008 @ 9:59 am | Balas

  23. Klo menurut ku sholat apapun ga terpaku dengan bacaan harus surrah ini or itu, klo begitu nanti semua orang cuma bisa satu or dua surrah aja donk…..
    tapi klo soal sholat dhuha aku setuju banget en udah ngerasain manfaatnya, tp agak susah nih u sholat tahajud hehehe doa’in ya………

    Komentar oleh Dahlia — Desember 14, 2008 @ 3:42 pm | Balas

  24. alhamudlillah aku mulai mengerjakan sholat dhuha, insya allah anda manfaatnnya, bagi anda yang muslim sebaiknya dikerjakan, kalau anda kepingin seluruh usaha dan kerja anda berhasil fiddunya wal akhiraat

    Komentar oleh guntur — Desember 17, 2008 @ 1:01 pm | Balas

  25. Alhamdulillah sholat Dhuha memang bisa membawa kita dalam ketenangan jiwa dan ketentraman bathin yang kadang suka resah dan gelisah tak menentu seperti yang dulu pernah aku rasakan, beribadah dengan ikhlas karena Nya dan tetap mengerjakan yang sunnah membawa kenikmatan tersendiri bagiku. Mudah2an kita tetap stiqomah ya…. Amin…

    Komentar oleh Wira — Desember 24, 2008 @ 8:08 am | Balas

  26. Karena keterbatasan waktu bilamana do’a ba’da solat dhuha tidak sempat di baca apa akan mengurangi nilai ibadahnya ??

    insya ALLOH tidak mengurangi nilai ibadahnya, insya ALLOH

    Komentar oleh T.Hartini — Januari 7, 2009 @ 12:48 pm | Balas

  27. subhanallah mudah2an do’aku terkabul… saat ini ak lgi rajin sholat.karena selain dpt rezeki ak pngen cpt dpet jodoh… Amin…

    Komentar oleh cute — Januari 22, 2009 @ 1:25 pm | Balas

  28. mari kerjakan sholat dhuha moga dapat ridho dari allah SWT. Amin ya Rabbal alamin

    Komentar oleh ian — Januari 26, 2009 @ 5:25 am | Balas

  29. Bismilahirokhmannirrokhim, alhamdulillahirobil alamin sungguh saya memperoleh maanfaat dari sholat dhuha, sekalipun sekarang aku jarang melaksanakan sholat tersebut dengan sholat dhuha semua pintu pintu rezeki itu akan terbuka dengan sendirinya atas ridhlo Ilahi, maka dari itu kepada seluruh saudara-saudaraku se iman laksanakanlah sholat dhuha dan mudah mudahan aku sendiri segera melaksanakan sholat dhuha tersebut amin.

    Komentar oleh Agus purwanto — Januari 27, 2009 @ 3:27 pm | Balas

  30. Alhamdulillah
    Solat duha itu luaaaar biasa ampuhnya

    Komentar oleh Imin Rasimin — Februari 5, 2009 @ 2:33 am | Balas

  31. mudah-mudahan bisa istqomah buat ngejalanin shalat dhuha-nya.. tapi gimana ya caranya biar sahabat dekat kita bisa ngelakuin hal yang sama..?

    nasihati dan beri contoh, mudah2an ALLOH SWT memberikan hidayah padanya, aamiin

    Komentar oleh ucii — Februari 5, 2009 @ 8:52 am | Balas

  32. Makasih atas artikelnya mudah-mudahan jadi penggugah dan motivasi kita amin

    Komentar oleh Ahmadan — Februari 7, 2009 @ 7:14 pm | Balas

  33. Oh ya kalau ada yg bisa kasih referensi rujukan petunjuk dari rosul lewat Haditsnya , tentunya yg sohih, kami bersyukur , mudah mudahan tambah mantep untuk njalaninya.

    Komentar oleh Ahmadan — Februari 7, 2009 @ 7:19 pm | Balas

  34. SubhaanaLLah AlhamduLillah luar biasa..terima kasih atas semua sharingnya para sahabat seiman dimanapun berada..semoga Allah senantiasa menjaga kita semua lahir maupun batin.

    Komentar oleh Khairuddin — Februari 23, 2009 @ 11:05 am | Balas

  35. simple sih yang di buat.. tapi banyak manfaat tau kalo diamalkan. SO, tunggu apa lagi… ayo buka pintu rizki dengan perbanyak sholat duha….

    tapi bukan sekarang yach.. cause sekarang jam 23.14. yang ada,sekarang mah qiyamul lail…. :P

    Komentar oleh ara234 — Maret 1, 2009 @ 11:17 pm | Balas

  36. Insyaallah akan saya biasakan untu dilaksanakan, semoga Allah melimpahkan hidayah taufik kepada kita

    Komentar oleh Zubaidi A Kailani — Maret 3, 2009 @ 4:18 pm | Balas

  37. buat lo-lo yang ingin rjekinya lancar!!!bagus thu…….Amiiin……………………………..

    Komentar oleh kurniawan — Maret 6, 2009 @ 10:27 am | Balas

  38. saya sangat berrterima kasih dengan adanya tausiah diatas karna saya jai tersadar betapa besar manfaat sholat dhuha

    Komentar oleh Herman — Maret 10, 2009 @ 3:37 pm | Balas

  39. Wahai, saudara-saudarku yang seiman. kalau lah kita mampu beribadah karena kecintaan kita kepada allah dan rassulnya kenapa kita harus memikirkan timbal balik dari ibadah tersebut. jika kita beribadah karena mencintai allah, tentu Allah akan lebih mencitai kita. Terima kasih

    Komentar oleh Anjun — Maret 14, 2009 @ 10:18 am | Balas

  40. Ass , maaf saya mau tanya untuk shalat dhuha jam 06.30 boleh ya asalkan matahari sudah naik? Untuk kira2 matahari sudah naek jam berapa ? soalnya saya klo shalat dhuha jam 06.30 masalae krja masuk jam 07.45 . Trims . .

    naiknya matahari tergantung juga dari lokasi. di jawa timur, jam 6 sudah bisa dikatakan masuk dhuha, sementara jam 6 di aceh, belum bisa karena matahari baru hendak naik. jika mbak nurul tinggal di jawa tengah atau jawa timur, insya ALLOH jam 6.30 sudah masuk dhuha, jadi bisa langsung sholat dhuha.

    Komentar oleh nurul aini — Maret 18, 2009 @ 8:27 pm | Balas

  41. c) melakukan sholat witir sebelum tidur.” ( H.R. Bukhari & Muslim ).

    untuk yang bagian ini apakah ada keterangan nya seperti sholat dhuha ? tolong berikan penjelasan duong buat yang sholat witir.

    Komentar oleh Pembangunan Gultom — Maret 19, 2009 @ 10:00 am | Balas

  42. alhamdulillah segala puji hanya untuk allah, dg dhuha hati terasa terlindung saat mulai aktifitas

    Komentar oleh wargito — April 27, 2009 @ 9:21 am | Balas

  43. Boleh nggak ayat yang di baca dalam Sholat Duha, bukan Surat Dhuha (saya nggak hafal soalnya…), boleh nggak ayatnya diganti ma ayat yg kita hafal??????

    boleh saja, mbak Leni :-)

    Komentar oleh Leni — April 28, 2009 @ 11:12 am | Balas

  44. alhamdulillah hati saya juga sudah tergerak untuk sholat dhuha. tapi bukannya kalo sholat dhuha itu ada surat wajibnya yaitu surat adh dhuha dan asy syams?
    mohon dibantu tanks

    Komentar oleh erwina — Mei 7, 2009 @ 12:09 pm | Balas

  45. kalau qta tdk hapal s.ad dhuha & asy syams,blh gak di ganti surat lain?apakah akan mengurangi nilai ibadahnya?

    Komentar oleh fitri — Mei 11, 2009 @ 8:19 pm | Balas

  46. Alahamdilillia,sampai detik Ini aku masih diberi kesehatan oleh Allah,dan bisa melaksanakan Sholat Dhuha.
    sholat dhuha yukz.!

    Komentar oleh sisilia — Mei 25, 2009 @ 7:22 pm | Balas

  47. Alhamdulillah n insyaAllah ane selalu sholat dhuha sebelum berangkat kerja..kalau dhuhanya tinggal seperti kehilangan barang yang sangay berharga rasanya…

    Komentar oleh nina nadra — Mei 28, 2009 @ 10:28 am | Balas

  48. kalau kita gak hafal surat dhuha boleh kok pake surat lain…tapi kalau bisa di hafal surat dhuhanya..gak sulit kok fitri biar lebih afdhol ja…:-)

    Komentar oleh nina nadra — Mei 28, 2009 @ 10:31 am | Balas

  49. Sunnahnya kalo sholat dhuha membaca surat asy-syamsi di rakaat pertama dan surat ad-dhuha di rakaat kedua

    Komentar oleh manthovani — Juni 1, 2009 @ 1:14 pm | Balas

  50. terus terang saya jarang bgt sholat dhuha. dan istri selalu ngingetin sholat dhuha tp ga tau, rasanya malesssss bgt jalaninya. mudah2 han setelah bc tulisan ini ada semangat n niat untuk sholat dhuha….

    Komentar oleh tri apri — Juni 3, 2009 @ 9:54 am | Balas

  51. alhamdulillah kita diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan ini…. maka perbanyaklah amal ibadah, sebelum kematian menjemput kita….

    Komentar oleh na2 — Juni 4, 2009 @ 11:07 am | Balas

  52. shalat dhuha baik, alangkah lebih baik bila malamnya melaksanakan shalat malam………

    Komentar oleh andri — Juni 17, 2009 @ 11:51 am | Balas

  53. sy bru belajar 1 bulan ini jalanin di kantor… alhamdulillah bisa meski masih sering bolong2, doakan ya bisa rutin. Mohon saran kalau 4 rakaat surat yang dibaca apa saja ya…

    Komentar oleh komar — Juni 25, 2009 @ 9:47 am | Balas

  54. Mulailah aktivitas harianmu dengan Dhuha dan tunggulah hasilnya, sungguh menakjubkan!

    Komentar oleh woro soleha — Juli 2, 2009 @ 2:25 pm | Balas

  55. subhannallah keren nie blog…yang tadi nya saya ingin sesuatu yang saya inginkan tercapai..dan sesuatu itu saya ingin dapatkan dengan saya sholat dhuha..tapi alangkah piciknya saya menginginkan sesuatu karna ada maunya saja..tapi setelah membaca blog ini saya sadar..bahwa ada sesuatu yang lebih penting dari keinginan saya…ya allah smoga allah mengampuni hambanya yang picik ini…amien….. add facebook sya ok…. di duenk_bboys@plasa.com assalamualaikum…

    Komentar oleh Firman — Agustus 14, 2009 @ 8:20 am | Balas

  56. aku dah lumayan lama ngejalanin sholat dhuha dan alhamdulillah terasa hasilnya. malah kalo lg ga sholat dhuha terasa ada yang hilang…..mudah-mudahan temen-temen juga udah mulai melakukannya.

    Komentar oleh anne — Agustus 24, 2009 @ 10:24 am | Balas

  57. oke juga manfaat dari solat dhuha ini.insyaallah akan ku terapkan di keseharianku.

    Komentar oleh dewi — Agustus 25, 2009 @ 12:53 pm | Balas

  58. Sya insya Allah akan delalu berusaha untuk shalat dhuha karena saya sudah merasakan manfaatnya. Doákan ya, Aamiin…

    Komentar oleh musthaza — Agustus 31, 2009 @ 8:50 am | Balas

  59. Terima kasih atas sharing pengetahuan mengenai shalat dhuha. Memang benar terasa khasiat shalat dhuha. Semoga diberi kemudahan bagi orang yang berniat maupun sudah rutin untuk menjalankannya. Aamin

    Komentar oleh Ibnu Zain — September 2, 2009 @ 11:01 am | Balas

  60. subhanallah … saya mulai belajar utk shallat dhuha, Alhamdulillah … Allah SWT bgt pemurah memberikan rezeki yg slm ini sy idamkan yaitu memiliki rmh sendiri, smg sy mjd umat yg sll pandai bersyukur, amin.

    Komentar oleh Dian — September 9, 2009 @ 3:22 pm | Balas

  61. sholat sunnah dhuha dan tahajud merupakan rayuan kita kepada Allah…jadi jangan sungkan apa yang loe mau minta kpd YANG MAHA KAYA

    Komentar oleh agung widiarso — September 26, 2009 @ 7:36 am | Balas

  62. Sholat Dhuha itu yg pasti dlm waktu singkat (krg dr 7 hr) membuat diri kita jadi sehat, tenang, tentram dan insyaallah ada rejeki yg tak disangka-sangka. Yakinlah … utk sgr sholat Dhuha !!!

    Komentar oleh dahana — September 28, 2009 @ 10:10 am | Balas

  63. InsyaAllah sy pun akn memulai dr skrg sy tertarik krn habis ngedngrin crmh ustd arifin ilham berjudul “ayat-ayat cinta” dyoutube stlh itu bs kbetulan mmbca artikel ini,mohn do’a dr smuanya!! agr sypun bs istiqamah dn trus bljr ttg agama Allah ini(aamiiin..).

    Komentar oleh jony — Oktober 3, 2009 @ 6:30 pm | Balas

  64. Subhanallah banyak sekali nikmat yang qta dpt dengan sholat dhuha, jadi don’t wanna missed one day wihtout sholat dhuha…

    Komentar oleh novi — Oktober 8, 2009 @ 7:49 am | Balas

  65. saya akan mencobanya, selama ini hanya sebatas membaca baca saja, mudah2n Allah memberikan hidayah Nya

    Komentar oleh diana — Oktober 9, 2009 @ 10:02 am | Balas

  66. Memang klo kita memulai aktivitas dg mengingat-Nya maka segala sesuatu akan bernilai ibadah. Mudah2 an saya bisa menjaga hati ini untuk slalu mengingatnya. Amien.

    Komentar oleh Nur — Oktober 15, 2009 @ 9:17 am | Balas

  67. Assalamu”alaikum, insya allah kita semua melakukan ibadah
    sholat dhuha untuk mencari ridho dan ihtisab ( mengharap pahala ) dari NYA bukan karena ingin dipuji manusia

    sama2 kita belajar menjahui ri”ya percuma kalau ibadah untuk manusia ga ada hasilnya

    Terima Kasih

    Saudara Muslim

    Komentar oleh BanyakDOSA — Oktober 17, 2009 @ 6:58 am | Balas

  68. Aq prNh bC Lw shLt duha ntU HrZ RkAat 1 sRt as syam and k 2 hrz adDuha
    gmN Tu?

    Komentar oleh Sima — November 14, 2009 @ 7:54 am | Balas

  69. kadang suka bingung p’jlanan dr rumah k tmpat kerja 2jam +/_, pling mepet nympe sblm bel masuk 15 mnit. . . . pengen bgt intens lg dhuha nya kyk wkt skolah,, v skrng……..:( moga sy bisa sllu m’nyempatkan u. dhuha lagi.. Amiiin

    Komentar oleh uty nung — November 26, 2009 @ 12:58 pm | Balas

  70. iya ah ….mo shalat dluha lagi,biar rizky banyak.amien

    Komentar oleh fauzan — Desember 17, 2009 @ 11:45 pm | Balas

  71. gimana caranya rejeki saya bisa d mudahkan oleh Allah SWT padahal saya tidak pernah absen sholat dhuha?

    Komentar oleh rommy — Januari 29, 2010 @ 10:45 am | Balas

  72. sy seorang mahasiswi, sebelom brgkt kuliah sy selalu berusaha menyempatkan shalat duha,,,salah satu yang membuat sy senang melaksanakannya karna kecintaan sy kepada yang maha kuasa yang selalu ada disaat sedih maupun senang…semoga Allah juga sayang n cinta ma sy slamanya…Amien

    Komentar oleh yuni — Februari 17, 2010 @ 6:10 pm | Balas

  73. subhanallah, sholat dhuha sangat bermanfaat dunia akhirat insha allah, manfaat di dunia sudah saya rasakan, saya selalu di beri kesehatan dan usaha saya makin lancar, dan saya bisa menerima dengan iklas apa yang telah diberikan allah kepada saya.

    Komentar oleh anang — Februari 20, 2010 @ 6:38 am | Balas

  74. Suhanalloh…selama ini gwe sholat dhua alhamdulillah dapet berkah dari Allah..
    Tp knp skarang mlah susah ngejalaninnya..mohon bantuannya..

    Komentar oleh Chin Say — Maret 10, 2010 @ 3:51 pm | Balas

  75. tidak di sebutkan waktu shalat dhuhanya mas?
    kalau saya merujuk hadits, waktu shalat dhuha adalah ketika kaki anak onta mulai kepanasan, yakni ketika tanah mulai terpanasi oleh matahari. Kalau di Indonesia kira-kira jam berapa ya mas?

    untuk waktu sholat dhuha, artikelnya bisa dilihat di sini setelah tgl 15 April 2010.
    demikian.

    Komentar oleh waktu shalat dhuha — April 9, 2010 @ 5:22 pm | Balas

  76. Subhanallah…ada ketenangan yg ana dapat dari sholat dhuha..
    semoga bisa istiqomah..do’akan ya..:)

    Komentar oleh nurjannah — April 16, 2010 @ 9:48 am | Balas

  77. mumpung aku belum kerja.. kucoba untuk membiasakan sholat dhuha .. Thanks atas artikelnya..

    Komentar oleh pras — Mei 4, 2010 @ 8:27 am | Balas

  78. SUBHANALLAH..
    begitu banyak keutamaa dan hikmah dr sholat sunnah duha.
    sungguh beruntunglah bagi orang” yang selalu melalui hari-harinya dengan duha..
    karena akan didapatkan banyak manfaat dan keutamaannya..

    Komentar oleh Tuti hana fia — Juni 14, 2010 @ 4:53 am | Balas

  79. -SEDANG DILEMA- … “tidak sewenang-wenang terhadap anak yatim” …. yg saya Tanyakan Apabila anak yatim (masih saudara) itu sewenang-wenang kepada kita terlebih kadang suka mengambil barang, Apa yang harus aku lakukan? karena dia ANAK YATIM!!!!

    tentu saja larangan sewenang-wenang itu jika anak yatim tersebut memang tidak berbuat salah. jika si anak yatim itu memang berbuat salah, maka haruslah dihukum sesuai aturan yg berlaku.

    demikian

    Komentar oleh wayne — Juni 29, 2010 @ 8:00 am | Balas

  80. sudah hampir 3 tahun lebih saya sering melaksanakan sholat dhuha. Dan Alhamdulillah,sekarang saya mendapat berkah yang luar biasa dari Allah SWT. padahal,tadinya saya benar2 terpuruk..

    Komentar oleh ratih sofia — Agustus 7, 2010 @ 11:14 am | Balas

  81. thankz bgt bwt infox. . ..smoga kt slalu dlm lindungan allah s.w.t amien…

    Komentar oleh koko — Agustus 10, 2010 @ 8:42 pm | Balas

  82. Alhamdulillah,dengan shalat dhuha dan shalat sunah malam,perasaan sakit hati karena dikhianati orang yang disayangi secara perlahan namun pasti pudar,berganti dengan semangat hidup yang tinggi dan berusaha meraih apa yang ada didepan mata, janji Allah tidak akan ingkar,kemudahan ku terima,alhamdulillah ya Allah…

    Komentar oleh Aji — Agustus 13, 2010 @ 10:13 am | Balas

  83. saya ingin mengerjakan solat dhuha tpi belum hafal surat adh dhuha apakah boleh pakai surat yg lain ????

    boleh,anda bisa gunakan surat lain utk sholat dhuha

    Komentar oleh muzianisifa — Agustus 25, 2010 @ 10:32 am | Balas

  84. Sya mau tnya nih .
    Sya bca d buku shalat dhuha itu tata caranya 2 rakaat 1 salam ,itu mksudnya gmana,kyak sholat shubuh ya ?
    Truz. Rakaat prtmany baca do’a iftitah ya ?
    Terima kasih .

    ya,sholat dhuha mirip dg sholat subuh. doa iftitah tidak wajib dibaca, sifatnya sunnah.

    Komentar oleh Sanji — September 2, 2010 @ 5:56 am | Balas

  85. apa bisa sholat dhuha walaupun saya bekerja jam 3 sore..ato saya bkerja malam?

    anda tetap bisa sholat dhuha,walau bekerja jam 3 sore atau malam. :-)

    Komentar oleh malik alam — September 12, 2010 @ 9:00 pm | Balas

  86. Wah..
    Dari artikel ini, aku jadi ingin shalat dluha. Tapi aku g hafal surat as-syamsi sampek akhir, cuma stengah cause wkt itu aku ngafalkan ayat” yg trakhir g hafal”. Kata guru agamaku dulu baca surat pendek cuma bbrapa ayat gpp. Emang gpp tah? Aku aslix mw bc as-syamsi d rakaat prtama cm stgh, tp rasax g enak jd aku baca surat yg q biasa baca yaitu surat At-tin. Oya, kalau shalat dluha d hr” bsar spt hr raya dsb gpp kunt cauze kalo puasa kunt g boleh? Tlg jwbnx.

    anda boleh membaca surat apa saja,tidak mesti as syamsi :-)
    lakukan sholat dhuha sebisa anda, tapi usahakan dijadikan rutinitas, agar hidup anda kian berkah :-)

    Komentar oleh Deschie Tri Aksara — September 13, 2010 @ 2:32 pm | Balas

  87. Alhamdulillah kami sekeluarga sudah biasa menjalankan sholat sunat dhuha. Karena saya seorang guru, saya juga biasa mengajak anak didik saya untuk membiasakan sholat sunat dhuha pada jam istirahat. Ada banyak hikmah yang dapat dirasakan, bathin terasa tenang dan enjoy menjalani hidup ini. Selamat mencoba

    Komentar oleh R.yati m — September 21, 2010 @ 5:19 pm | Balas

  88. alhamdullah,aku sudah mulai bisa menjalankan shalat dhuha walau belum rutin..bila saat berdoanya memanjatkan doa sperti doa shalat fardu dan wirid,mengenainya doanya biasanya saya memanjatkan doa shalat fardu dan wirid..sebaiknya bagaimana ya..???

    Komentar oleh liesna gadjah nafies — September 25, 2010 @ 10:33 am | Balas

  89. Alhamdulillah smga Allah SWT Slalu Memudahkan Kita untuk slalu Bertaqwa Kpda-NYA.Amin

    Komentar oleh BUDI Y — September 26, 2010 @ 5:09 pm | Balas

  90. Alhamdullilah…..
    Mudah2an sy bs menjaga dhuha ku ya ALLAH….

    Komentar oleh Daniel — November 1, 2010 @ 1:22 pm | Balas

  91. Manfaatnya besar sekali u/sholat Dhuha…sudah saya lakukan 2 tahun ini..hati tenang…rejeki juga lancar..Alhamdulillah semua lancar.Jika sudah menjadikan rutinitas..hati psati tergerak dengan sendirinya.

    Komentar oleh Budhie A — November 3, 2010 @ 8:48 pm | Balas

  92. sebulan terakhir ini saya hampir bs di bilang rutin sholat dhuha…Alhamdulillaah hati terasa lebih tentram,bisnisku jg lancar,dagangan sll laku.ada saja pesanan yg tdk disangka2…Terimakasih ya Allah..rasanya menyesal sekali jika sehari saja terlewatkan sholat dhuha.Subhanallah.. :)

    Komentar oleh lola — November 4, 2010 @ 9:02 pm | Balas

  93. ………………………………….

    Komentar oleh jono — Desember 28, 2010 @ 2:57 pm | Balas

  94. sholat sunnah ini,bagi saya sangat berguna sekali,..
    Ada beberapa hal yang saya tanyakan,Apakah pada bacaan ayatnya harus surat add duha dan al ikhlas,maaf karena hanya hanya sedikit sekali hafal surat yang adsa di kitab suci alqur,an

    Trima kasih,…

    tidak mesti adh dhuha dan al ikhlas.anda boleh baca surat2 lain yg anda hapal.
    demikian

    Komentar oleh bae — Januari 2, 2011 @ 10:06 am | Balas

  95. saya jadi tergugah membaca semua yang respek akan tulisan diatas,Insya Allah kita semua jadi Kekasih ALLAH SWT.Amin..

    Komentar oleh Jive — Februari 9, 2011 @ 10:40 am | Balas

  96. YOK BUDAYAKAN SHOLAT DUHA SEBANYAK-BANYAK NYA………….
    EVERY DAY :)

    Komentar oleh ARA — Februari 27, 2011 @ 9:41 am | Balas

  97. Alhamdulillah… saya dapat banyak pencerahan dan belajar dari teman2 sekalian khusus’y tulisan di blog ini.

    Komentar oleh britney — Maret 1, 2011 @ 4:44 am | Balas

  98. Aamiin….semoga yang baca artikel ini bisa instropeksi lagi…bahwa di dunia ini mencari ilmu itu harus didasari dengan niat hanya mencari ridho Allah SWT.

    Komentar oleh kumpulan hot threads kaskus — Maret 31, 2011 @ 6:29 am | Balas

  99. alhamdulillah…beberapa minggu ini saya sudh melaksanakan sholat dhuha..kehidupan saya yg dulu was2 kini lumayan tenang jg.

    Komentar oleh fifin — April 3, 2011 @ 11:55 pm | Balas

  100. Saya sholat Dhuha Jam 7 lewat..boleh gak…soal nya saya baru baca artikel haram hukumnya Sholat Dhuha antara Jam 6 – 8 pagi..Makasih..Semoga kita semua diberkahi Allah..Amin…

    anda tinggal di daerah mana? jika di kisaran Jakarta/Jawa Barat boleh saja,karena posisi mataharinya sudah cukup tinggi. larangan sholat dhuha jam 6 pagi jika anda ada di daerah Aceh, karena matahari masih belum cukup tinggi.

    demikian

    Komentar oleh wawan — Mei 4, 2011 @ 3:11 pm | Balas

  101. di reka’at pertama surat yg dibaca asy syams klo ga hafal bisa diganti dengan surat apa ya…?

    Komentar oleh fierdaus — Agustus 5, 2011 @ 9:11 am | Balas

  102. ya ALLOH timbulkan dalam hati hambaMU ini rasa rindu akan melaksanakan ibadah dan rasa nikmat dalam menjalankan,smoga ALLOH SWT mengabulkan doa ku ini.Amin

    Komentar oleh opan — September 22, 2011 @ 6:34 pm | Balas

  103. Ya Allah yg maha kuasa….Semoga saja sy selalu istiqomah sholat Dhuha karena banyak sudah kebaikan yg sy rasakan, mulai dr rejeki,kesehatan,keiklasan, keharmonisan keluarga dan lain2, tersa ada yang hilang jika tdk sholat Dhuha seharai saja….aminnnn

    Komentar oleh Adhe — September 28, 2011 @ 2:21 pm | Balas

  104. terima kasih infonya,,,saya juga sering mendapatjan manfaat sholat dhuha,,badan terasa enak,nyaman,dan fress!!katanya sholat dhuha bisa memperlancar reski atas ijin allah ya?

    Komentar oleh qori fajrila — Oktober 5, 2011 @ 9:52 pm | Balas

  105. Sholat Dhuha…… sunah…. cobalah 40 hari sholat dhuha tanpa putus, lihat perubahannya. dan tawakal. Insya Allah.
    Allahuma innadh dhuha a dhuhauka wal baha a bahauka, wal jamaala jamalakuka, wal quwwata quwwatuka, wal ishmata ishmatuka, Allahuma inkaana rizqi fis samaa`i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkaana mu`shiron fa yassirhu, wa inkaana haramman fa tohhirhu, wa inkaana ba`idan fa qorribhu, bihaqqi Dhuhaika wa bahaika wa jamaluka wa quwwatuka wa qudrotuka aa tii nii …….(sebut keinginan anda)……… maa aataita ibaadakash sholihin

    Komentar oleh Ooh — Oktober 8, 2011 @ 1:19 pm | Balas

  106. [...] dengan artikel tentang sholat Dhuha yang pernah saya muat, banyak pertanyaan yang masuk kepada saya mengenai waktu pelaksanaan sholat [...]

    Ping balik oleh Waktu Sholat Dhuha « Blog Tausyiah275 — Desember 1, 2011 @ 6:00 pm | Balas

  107. sebenarx hidup itu simple ajah, jalankan sholat 5 wkt, sholat sunah Qobliyah Ba’diyah, dhuha n tahajjut insyaallah sukses dunia akherat :)

    Komentar oleh winosa — Agustus 14, 2013 @ 11:12 am | Balas

  108. Semangat sholat dhuha…..InsyaAlloh hdup lbh berkah,Amin

    Komentar oleh Amel — Januari 4, 2014 @ 6:16 am | Balas

  109. Saya di Jakarta timur, bolehkah shalat dhuha pukul 06.45? yang dimaksud matahari sudah naik itu bagaimana saya kurang tau, mohon jawabannya, terimakasih, semoga bisa istiqomah shalat dhuha :) Amin

    Komentar oleh Dewiputri — Januari 19, 2014 @ 6:57 am | Balas

    • untuk bulan Desember,insya ALLOH sudah boleh dhuha jam 06.45, karena posisi matahari di bagian selatan sehingga lebih cepat muncul.

      aamiin.

      demikian

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Januari 19, 2014 @ 8:36 am | Balas

      • Terimakasih jawabannya :)

        Komentar oleh Dewiputri — Februari 1, 2014 @ 3:19 pm

  110. […] satu keutamaan melakukan sholat dhuha adalah diampuni dosa2 kita. Rasululloh SAW bsabda,”barang siapa yg menjaga sholat dhuha,maka […]

    Ping balik oleh Tausiyah 27 Ramadhan 1434H | Blog Tausiyah275 — Juli 24, 2014 @ 6:04 am | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Rubric. Get a free blog at WordPress.com

%d bloggers like this: