Blog Tausiyah275

Mei 22, 2012

Arti Hijriyah, Hijaiyyah, Dan Jahiliyah

Filed under: Ensiklopedia Islam,Hikmah,HOT NEWS,Seri Kesalahan2,Tarbiyah — Tausiyah 275 @ 5:38 am

Bismillah,

Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi pengetahuan mengenai beberapa istilah yg sering digunakan dan muncul di artikel2 yg terkait dengan Islam.

Hijriyah

Hijriyah terkait dengan penanggalan (kalender) yg digunakan umat Islam. Kata-kata Hijriyah, sepengetahuan saya, diambil dari kata hijrah, yakni peristiwa pindahnya (hijrahnya) Rasululloh SAW (dan Abu Bakar) dari Mekkah ke Madinah.

Kalender Hijriyah sendiri ditentukan pada jaman khalifah Umar bin Khatab. Berbeda dengan kalender masehi, yang menggunakan matahari sebagai acuan penanggalan, maka kalender hijriyah menggunakan bulan sebagai patokan penanggalan. Walhasil kita akan dapati bahwa kalender hijriyah lebih cepat selesai (lebih maju) 11 hari dari kalender masehi.

Hijaiyyah

Kata ini mungkin agak jarang didengar. Hijaiyyah adalah huruf-huruf (Arab) yg (mestinya) diketahui dan dikenal kaum muslim karena akan bermanfaat pada saat (belajar) membaca Al Qur’an. Tanpa tahu dan bisa membaca huruf2 hijaiyyah, maka bisa dipastikan seorang muslim akan mengalami kesulitan dalam belajar dan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.

Lantas, apa saja huruf hijaiyyah itu? Silakan cek gambar berikut ini.

 *gambar diambil dari sini*

Bagi anda yg belum tahu dan mengerti huruf hijaiyyah, maka hendaknya mulai BELAJAR SEKARANG JUGA! :-)

Jahiliyah

Jahiliyah seringkali identik dengan masa-masa sebelum Islam turun. Pada jaman jahiliyah, kaum Arab seringkali melakukan hal-hal yg bertentangan dengan Islam, seperti mabuk, berzina, mewariskan istri ke anak (laki-laki), membunuh anak perempuan hidup-hidup, dan masih banyak lagi.

Dengan turunnya Al Qur’an, maka perilaku-perilaku jahiliyah tersebut pelan-pelan diberantas sehingga pada akhirnya terwujud perilaku dan sikap yg sesuai dengan tuntunan Islam, yakni Al Qur’an dan Sunnah.

Perilaku Umar bin Khatab di jaman jahiliyah bisa dikatakan tidak bisa dibanggakan, terutama dengan aksinya membunuh anak perempuannya hidup2. Namun, usai mengenal Islam, sikap dan tindak tanduknya begitu menjiwai Al Qur’an dan Sunnah Rasululloh SAW.

Sayangnya di jaman sekarang, kita menemui masih banyak orang (Islam) yg menerapkan dan berlaku seperti orang jahiliyah. Insya ALLOH akan saya bahas di lain waktu.

Semoga bermanfaat.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Rubric. Get a free blog at WordPress.com

%d blogger menyukai ini: