Blog Tausiyah275

Juli 29, 2013

Umroh: 1. Persiapan Sebelum Berangkat

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Haji & Umroh,Hikmah,HOT NEWS,Kegiatan Ramadhan — Tausiyah 275 @ 11:37 am

Bismillah,

Sesuai janji saya di atas, saya akan mulai share pengalaman saya melakukan umroh yg dibagi dalam beberapa bagian:
1. Persiapan sebelum berangkat
2. Perjalanan menuju tanah suci
3. Jeddah – Madinah
4. Madinah
5. Miqat menuju Mekkah
6. Mekkah
7. Proses & aktivitas umroh
8. Pasca umroh

Dalam artikel ini, saya akan membahas persiapan sebelum berangkat umroh. Apa saja yg mesti disiapkan sebelum berangkat umroh? Berdasar pengalaman saya, berikut ini persiapan yg mesti dilakukan:

1. Niat umroh.
Hal pertama yg mesti anda miliki dan siapkan adalah NIAT yg kuat! Percayalah, dengan niat yg kuat maka insya ALLOH anda akan ditolong oleh ALLOH SWT dalam menyiapkan hal2 lainnya, terutama jika memang anda sudah saatnya diundang ALLOH SWT untuk berkunjung ke rumah-Nya.

2. Travel dan pembimbing umroh.
Langkah berikutnya adalah mencari travel dan pembimbing umroh. Saran saya, dalam mencari travel dan pembimbing umroh ini anda bisa cari referensi dari googling ataupun teman-teman yg pernah umroh/haji sebelumnya. Sebaiknya mencari travel yg cukup bonafid, meski untuk itu anda mesti membayar lebih mahal. Ada kejadian teman umroh, dia pernah ditipu travel penyelenggara umroh sekitar 1-3 tahun lalu. Uang sebesar Rp 10 miliar hilang dibawa pengurus dan pemilik travel, yg masih buron hingga saat ini.

Pastikan juga travel tersebut mempunyai pembimbing umroh yg baik. Pengalaman saya, travel yg saya gunakan tidak mempunyai pembimbing umroh yg memadai sehingga menyulitkan bagi yg belum pernah umroh sebelumnya, seperti saya. Syukur alhamdulillah, ada teman umroh saya yg sudah beberapa kali umroh sehingga saya bisa mendapatkan ilmu umroh yg cukup memadai dari beliau.

Cek juga hotel dan penerbangan yg disediakan oleh travel. Saran saya, cari travel yg menyediakan penerbangan Jakarta-Jeddah (tidak perlu transit) dan hotelnya sedekat mungkin dengan masjid Nabawi dan Masjidil Haram untuk mempersingkat jarak tempuh dan membuat anda lebih konsentrasi untuk ibadah. Resikonya, travel yg menyediakan kedua hal itu biasanya cukup mahal, tapi ada juga yg cukup murah kok!

3. Waktu pelaksanaan umroh.
Umroh bisa dilakukan kapan saja, selain musim haji (bulan Dzulhijjah). Saran saya, jika anda masih muda dan sehat, ada baiknya anda umroh di bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan umroh di bulan Ramadhan mempunyai kelebihan dibandingkan dg bulan-bulan lainnya. Simak hadits berikut ini:

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan sama dengan haji atau haji bersamaku.” (HR Al-Bukhari)

Namun perlu diperhatikan juga, bulan Ramadhan jatuh pada bulan apa. Jika Ramadhan jatuh di bulan Juni – September, maka anda mesti bersiap dengan cuaca tanah suci yg cukup ekstrim. Saat saya umroh, suhu di Mekkah mencapai 48 derajat Celcius. Jika anda ingin umroh Ramadhan yg cukup adem, anda bisa lakukan pada saat Ramadhan di bulan Peb – Juni. Berarti sekitar tahun 2016.

4. Dana.
Secara sunnatulloh, untuk bepergian dibutuhkan bekal. Dalam hal ini anda mesti menyiapkan dana, baik dana untuk umroh maupun dana untuk hal-hal lain yg tidak terduga. Dana untuk umroh mesti disesuaikan dengan travel dan fasilitas yg diberikan (cek lagi poin 2). Sementara untuk dana lain-lain, berdasarkan pengalaman saya:

a. Dana sedekah kepada cleaning service sebesar 100-150 riyal.
Pada saat di tanah suci, terutama di Mekkah, kita akan menemui banyak saudara2 kita dari Indonesia yg bekerja sebagai cleaning service. Ajak mereka ngobrol dan beri sedekah kepada mereka, 5-10 riyal tiap sedekah. Percayalah, bahwa sedekah anda itu sangat berarti bagi mereka, karena gaji mereka tidak terlalu besar!

b. Dana sedekah kepada pengemis sebesar 50 riyal.
Di Mekkah atau pada saat anda tour ke tempat-tempat bersejarah, anda akan banyak menemui pengemis. Saya lebih suka memberi sedekah kepada cleaning service (poin a), jadi saya sarankan anggaran dana utk sedekah pengemis tidak terlalu besar, max 50 riyal. Atau malah lebih baik anda sedekah sesuai poin a. Insya ALLOH lebih bermanfaat.

c. Dana wakaf Al Qur’an, mulai 20 riyal.
Saya sarankan anda untuk wakaf Al Qur’an, baik di Madinah maupun di Mekkah. Harga Al Qur’an untuk wakaf ada yg 20 riyal, ada juga yg 50 riyal. Jumlah Al Qur’an yg hendak anda wakafkan, tergantung anda. Hanya saja, saya sarankan anda wakaf minimal 3 buah, wakaf untuk anda+keluarga, wakaf untuk orang tua anda, wakaf untuk orang tua pasangan (suami/istri) anda.

Jika di Madinah, anda bisa temui penjual Al Qur’an wakaf ini di pintu gerbang masuk masjid Nabawi. Sementara di Mekkah, anda bisa beli di toko-toko buku. Al Qur’an yg akan diwakafkan akan diberi stempel “waqaf lillahi ta’ala”. Selanjutnya anda bawa ke masjid dan simpan di tumpukan Al Qur’an yg ada di berbagai sudut masjid.

Tidak perlu khawatir Al Qur’an anda tidak dibaca/menjadi amalan, karena jika jumlah Al Qur’an terlalu banyak (di masjid Nabawi/Masjidil Haram) maka Al Qur’an tersebut akan dikirim ke daerah2/masjid2 lain yg membutuhkan.

d. Dana utk cukur tahalul, 10-20 riyal.
Usai umroh, anda mesti potong rambut. 10 riyal utk cukur sedikit, 15 riyal utk potong pendek, 20 riyal utk gundul. Saran saya, digundul saja sesuai contoh Rasululloh SAW dan hadits berikut:

- Abdullah bin Umar r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bercukur pada waktu haji dan segolongan sahabat beliau, dan sebagian dari mereka ada yang memendekkan rambutnya. Beliau berdoa, “Ya Allah, berilah rahmat kepada orang-orang yang bercukur.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang menggunting rambut, wahai Rasulullah?” Beliau berdoa, “Ya Allah, berilah rahmat kepada orang-orang yang bercukur.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang menggunting (rambut), wahai Rasulullah?” Beliau mengucapkan (pada kali keempat,[68]) “Dan orang-orang yang menggunting (rambut).”

- Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah orang-orang yang bercukur.’ Mereka berkata, ‘Dan, orang-orang yang menggunting rambut.’ Beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah orang-orang yang bercukur.’ Mereka berkata, ‘Dan, orang-orang yang menggunting rambut’. Beliau mengucapkannya tiga kali, sabdanya lagi, ‘Dan, kepada orang-orang yang menggunting rambut.'”

Pengertian cukur di sini adalah menggunduli kepala.

- “Ya Allah rahmatilah orang-orang yang menggundul rambutnya.” Lalu orang-orang berkata, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya wahai Rasulullah.” Namun Rasulullah saw. bersabda lagi, “Ya Allah rahmatilah orang-orang yang menggundul rambutnya.” Orang-orang pun berkata lagi, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya wahai Rasulullah.” Lalu Rasulullah saw. bersabda, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dari hadits Abdullah bin Umar r.a.)

- “Ya Allah, ampunilah orang-orang yg mencukur rambutnya. Orang-orang berkata: Dan juga bagi orang-orang yg hanya memendekkan rambutnya?. Beliau tetap berkata: Ya Allah, ampunilah orang-orang yg mencukur rambutnya. Beliau mengucapkannya hingga tiga kali, baru kemudian bersabda: Dan juga orang-orang yg hanya memendekkan rambutnya.(HR Bukhari)

e. Dana cadangan beli makanan, 100-300 riyal.
Pada dasarnya anda tidak perlu khawatir dengan makanan, karena makanan yg disajikan oleh hotel sebenarnya sudah memadai. Namun adakalanya anda terdesak untuk beli makanan/minuman di luar. Harga 1 paket makanan (yg layak makan) sekitar 20-25 riyal. Jika tidak kepepet, jangan beli makanan di luar, kecuali anda ingin icip2 makanan Timur Tengah. Pengalaman saya, umroh di bulan Ramadhan sebenarnya menghemat pengeluaran saya utk membeli makanan (tambahan), selain minuman soda, susu, dan air putih yg harganya masing2 2riyal,2riyal,dan 1riyal.

f. Dana oleh-oleh, 500-1500 riyal.
Jika anda hendak membeli oleh-oleh umroh/haji, apalagi anda punya keluarga besar, maka siapkan setidaknya 500 riyal. Yg wajib anda beli adalah kurma ajwa (kurma yg biasa dimakan Rasululloh SAW). Harganya sekitar 110 riyal/kg. Anda bisa tawar menjadi sekitar 100 riyal/kg tapi anda mesti beli cukup banyak (lebih dari 3kg). Coklat yg terbuat dari kurma harga sekitar 35 riyal/kg,tapi bisa ditawar menjadi 100 riyal/kg.

Untuk tasbih, harganya sekitar 2-3 riyal/buah. Baju gamis sekitar 50-75 riyal/potong. Surban 15-20 riyal. Sajadah 30-50 riyal. Baju untuk istri sebaiknya anda beli di toko2 pinggir jalan. Mutunya cukup baik, tidak kalah dengan yg di mall. Harga baju di toko pinggir jalan sekitar 130-200 riyal, tergantung motif dan bahannya. Sementara di mall, utk baju yg sejenis bisa mencapai 500 riyal.

Kalender jika tidak salah 20 riyal. Untuk pernak-pernik lain, bisa anda tanya langsung ke penjualnya. Jangan sungkan untuk menawar, jika perlu 1/2 harga yg dia berikan. Biasanya harga akan deal di 3/4 harga yg dia tawarkan. Jangan lupa juga untuk ngelus2 jenggot si penjual (terutama jika dia Arab dan punya jenggot).

g. Dana laundri, mulai dari 100 riyal.
Pada saat anda melakukan perjalanan, anda akan sering ganti baju, terutama karena hawa tanah suci yg cukup panas. Maka siapkan dana untuk laundri, minimal 100 riyal, tergantung dari jumlah pakaian yg anda bawa (cek poin 5 di bawah). Untuk baju&jaket kain 4 riyal, celana dalam&kaos dalam 2 riyal, celana 4-5 riyal.

h. Dana tidak terduga, 500 riyal.

Total dana yg mesti disiapkan minimal 1500 riyal (lebih kurang Rp 4,5 juta).

5. Perlengkapan dan peralatan yg dibawa.
Umroh berlangsung dari 7 hari – 15 hari, atau malah lebih, tergantung dari masing-masing paket yg ditawarkan travel. Untuk itu, anda mesti bawa baju secukupnya. Tips & trik dari saya, bawa baju, celana dalam dan kaos dalam = 1/2 dari jumlah hari bepergian. Celana bawa 1/3 dari hari bepergian. Jadi jika anda umroh 10 hari, maka bawa masing2 baju,celana&kaos dalam sebanyak 5 stel, celana 3-4 stel. Setelah 3-4 hari, bawa pakaian kotor anda ke laundri sehingga anda akan selalu punya persediaan pakaian bersih.

Bawa baju yg layak dan sopan. Anda membawa kaos pun sebenarnya tidak masalah, tapi saya sarankan anda membawa baju kemeja lengan pendek atau batik. Pokoknya, bawa baju terbaik anda untuk bertamu ke rumah ALLOH SWT. Ke rumah bos atau mall saja anda pakai baju yg bagus, lah masa ke rumah ALLOH SWT malah pakai baju yg kurang oke? ;-)

Bawa juga deodoran, sabun, shampo, pasta gigi dan sikat gigi. Di beberapa hotel di tanah suci tidak menyediakan sikat gigi dan pasta gigi.

Jika anda suka ngopi atau minum teh, ada baiknya anda membawa sendiri kopi sachet dan teh instan serta gula. Hal ini dikarenakan beberapa hotel tdk menyediakan kopi&teh. Selain itu, jika ada yg menyediakan kopi/teh, rasanya berbeda sekali dg kopi/teh yg biasa kita konsumsi.

Bawa sandal jepit biasa (yg harganya sekitar Rp 10 ribu) untuk anda gunakan saat pergi ke masjid. JANGAN gunakan sandal yg mahal, terutama jika anda takut sandal anda hilang! Nanti jadi alasan untuk tidak pergi ke masjid, heheh. :-)

Jika memungkinkan (dan punya) anda bawa juga botol semprotan yg biasa digunakan untuk memberi wewangian saat menyetrika. Gunanya untuk menyiram kepala anda dg air pada saat pelaksanaan thawaf di Mekkah di siang hari/kondisi panas.

Sebaiknya anda membawa 2 koper ukuran sedang atau 1 koper ukuran besar (tidak perlu menggunakan koper dari travel, terutama jika anda rasa terlalu kecil), terutama untuk antisipasi jika anda membeli oleh-oleh terlalu banyak, sehingga tidak terlalu repot menenteng tas ke dalam pesawat.

Demikian artikel pertama ini, semoga berguna. Insya ALLOH akan dilanjutkan dengan artikel berikutnya dalam waktu dekat.

About these ads

22 Komentar »

  1. Wah bermanfaat sekali informasinya buat yang mau umroh seperti saya,,,Terima kasih pak/ibu, semoga mendapat pahala dari Allah SWT. Amin

    Komentar oleh Taufiq Hidayat — November 22, 2013 @ 5:13 pm | Balas

  2. Trm kasih tips ya

    Komentar oleh Lukyta puspasari — November 29, 2013 @ 11:30 am | Balas

  3. ada rekomendasi travel umrohnya?

    Komentar oleh kucingbloon — Desember 11, 2013 @ 10:15 am | Balas

  4. kepingn umroh… total semua berapa ya.. dari biaya travel dan sebagai nya…

    terima kasih

    Komentar oleh ivansyah — Desember 25, 2013 @ 10:43 pm | Balas

    • mas Ivan,

      detail hal ini akan saya buat di artikel terpisah.
      semoga bisa secepatnya saya muat.

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Desember 27, 2013 @ 9:12 am | Balas

  5. jadi pengen segera untuk umroh, semoga lain waktu bisa kesananya,

    Komentar oleh Istanamurah — Januari 11, 2014 @ 1:42 pm | Balas

    • aamiin

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Januari 11, 2014 @ 6:15 pm | Balas

  6. terima kasih infonya. bermanfaat sekali

    Komentar oleh chaidir — Januari 27, 2014 @ 12:06 pm | Balas

  7. Terima kasih informasinya. Semoga Allah membalas kebaikan atas pemberian informasi ini.

    Komentar oleh Agus Suparta — Februari 26, 2014 @ 10:23 am | Balas

  8. informasinya sangat bermanfaat. terlebih untuk orang-orang yang belum pernah umroh seperti saya.
    Jadi semakin ingin umroh

    Komentar oleh oleh-oleh umroh — Maret 7, 2014 @ 4:38 pm | Balas

    • terima kasih, semoga anda bisa segera berangkat umroh.

      aamiin

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Maret 8, 2014 @ 5:51 am | Balas

  9. maaf …jika ada yg butuh riyal… saya Jual RIYAL khusus pecahan 1, 5 & 10. Untuk Umroh & Haji
    lokasi Jakarta Selatan/Jabodetabek

    hub Ary : 02194396817 (esia, sms dulu jg gpp) :)

    Komentar oleh Ary — Maret 25, 2014 @ 2:57 am | Balas

  10. informasinya bermanfaat, salam kenal mas :D

    Komentar oleh umroh — April 14, 2014 @ 11:41 am | Balas

  11. Barakallah .. Infromasinya bermanfaat sekali :))
    Jazakillahu khairan kastiran

    Komentar oleh ulinna — April 23, 2014 @ 9:31 am | Balas

  12. apa yang dilakukan setelah melaksanakan ibadah umroh ? apa juga tidak boleh meninggalkan rumah seperti halnya haji? terima kash jawabnya

    Komentar oleh andan — April 27, 2014 @ 2:11 pm | Balas

    • mas Andan, saya tidak paham dg maksud “tidak boleh meninggalkan rumah seperti halnay haji”.

      bisa tolong dijelaskan lebih rinci?

      setelah melaksanakan ibadah umroh, hendaknya kita bisa menjadi lebih baik. sholat tepat waktu dan tidak bolong2, lalu lebih berempati terhadap lingkungan sosial sekitar. singkatnya: menjadi pribadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

      demikian

      Komentar oleh Tausiyah 275 — April 27, 2014 @ 5:44 pm | Balas

  13. iya maaf tadi salah maksud dan makash yang sy tanyakan sudah ada dipenjelasan

    Komentar oleh andan — April 27, 2014 @ 8:22 pm | Balas

  14. terima kasih tips umrohnya, sangat bermanfaat

    Komentar oleh umroh ramadhan — April 28, 2014 @ 1:29 pm | Balas

  15. alhamdulillah, semakin banyak info yang diperoleh semakin jelas perjalanan ibadah, selebihnya tawaql pada Allah

    Komentar oleh suminten — Mei 15, 2014 @ 12:40 pm | Balas

  16. Makasih bos info’y bermanfaat bngt…
    insya allah saya akan brngkt umroh minggu dpn, artikel ini lumayan menberi penjelasaan yg cukup untuk umroh pertama saya….
    maaf ada yg ingin saya tanya kan dr artikel d atas, “Jangan lupa juga untuk ngelus2 jenggot si penjual (terutama jika dia Arab dan punya jenggot).”
    maksud’y di sini ngelus2 jenggot kita sendiri apa jenggot si penjual(arab) yg kita elus2 lngsng dngn tangan kita…?
    mohon penjelasan’y….
    hatur nuhun…

    Komentar oleh Ghandoel — Juni 10, 2014 @ 11:45 am | Balas

    • salaam, mas Ghandoel.

      alhamdulillah artikel ini bisa bermanfaat :-)

      selamat menuaikan ibadah umroh. perbanyak ibadah di sana, mumpung ada di tempat yg mustajab dan tidak sembarang orang (terutama dari Indonesia) bisa hadir di sana. :-)

      yg saya maksud elus2 jenggot di sini adalah elus2 jenggot si pedagang (yg notabene orang Arab).

      cara ‘merayu’ orang Arab = jenggotnya dielus-elus.

      insya ALLOH sukses :-)

      mungkin agak canggung, terutama bagi kita orang Indonesia yg tidak pernah berinteraksi dg cara seperti ini (elus2 jenggot).

      tapi percayalah, orang Arab TIDAK AKAN marah jika jenggotnya dielus-elus :-)

      demikian
      semoga sukses perjalanan umrohnya :-)

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Juni 10, 2014 @ 1:30 pm | Balas

  17. Halo, ada rekomendasi travel umroh yang bagus nggak ya? Yang bisa dicari di internet informasinya.

    Komentar oleh Paket Umroh — September 27, 2014 @ 10:35 pm | Balas


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Theme: Rubric. Get a free blog at WordPress.com

%d bloggers like this: