Blog Tausiyah275

Februari 4, 2006

Gambar + Karikatur Nabi Muhammad SAW dalam Islam

Filed under: Aqidah,HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 8:40 am

Sehubungan dengan berita mengenai dimuatnya ‘karikatur’ (sengaja dalam tanda petik) Nabi Muhammad pada surat kabar di Denmark, banyak kecaman yg terlontar kepada pembuat karikatur, termasuk pemerintah Denmark (yg menggunakan dalih kebebasan berbicara sbg pembenaran untuk memuat karya mereka). Sebenarnya bagaimana hukumnya memuat/menggambar Nabi Muhammad SAW (dan Nabi2 lain) di dalam Islam??

Mari kita perhatikan dulu sabda Rasululloh SAW berikut:
“Sesungguhnya orang yang paling berat siksaannya nanti di hari kiamat, yaitu orang-orang yang menggambar gambar-gambar ini. Dalam satu riwayat dikatakan: Orang-orang yang menandingi ciptaan Allah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

“Barangsiapa membuat gambar nanti di hari kiamat dia akan dipaksa untuk meniupkan roh padanya; padahal dia selamanya tidak akan bisa meniupkan roh itu.” (Riwayat Bukhari)

Aku sendiri meyakini bahwa Rasululloh SAW secara tidak langsung TIDAK MEMPERBOLEHKAN (bahkan cenderung MELARANG) MENGGAMBAR MAKHLUK HIDUP. Dengan demikian, HUKUM DASAR MENGGAMBAR MAKHLUK HIDUP adalah DILARANG.

Islam adalah agama yg MENJAGA KEMURNIAN TAUHID, sehingga berusaha meminimalisasi usaha2 hal yg memungkinkan terjadinya syirik (mempertuhankan selain ALLOH SWT). Nah, gambar merupakan salah satu media ke arah kesyirikan ini.

Lho? Kok bisa?

Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan umat-umat terdahulu, mereka itu membuat gambar dan patung orang-orang yang saleh mereka yang telah meninggal dunia. Lama-kelamaan dan dengan sedikit demi sedikit orang-orang saleh yang telah dilukiskan dalam bentuk patung itu dikuduskan, sehingga akhirnya dijadikan sebagai Tuhan yang disembah selain Allah; diharapkan, dan ditakuti serta diminta barakahnya. Hal ini pernah terjadi pada kaum Wud, Suwa’, Yaghuts, Ya’uq dan Nasr. Dan hampir semua peradaban manusia tidak pernah lepas dari keterjebakan untuk membuat berhala (yg biasanya dibuat berdasar gambar).

Namun dibalik dari semua rahasia diharamkannya gambar, ada hal-hal yang tetap membolehkan diwujudkannya model dari makhluk hidup, seperti untuk pengajaran, penelitian, permainan anak-anak dan keperluan lainnya. Yang penting patung atau benda itu itu tidak dimaksudkan untuk diagung-agungkan dan tidak berlebih-lebihan serta tidak ada suatu unsur larangan di atas, maka dalam hal ini Islam tidak akan bersempit dada dan tidak menganggap hal tersebut suatu dosa.

Sementara untuk penggambaran Nabi Muhammad SAW, Nabi2 lain dan Malaikat, aku kupipes dari artikel di isnet.
Termasuk gambar/lukisan yang diharamkan, yaitu gambar/lukisan yang dikuduskan (disucikan) oleh pemiliknya secara keagamaan atau diagung-agungkan secara keduniaan.

Untuk yang pertama: Seperti gambar-gambar Malaikat dan para Nabi, misalnya Nabi Ibrahim, Ishak, Musa dan sebagainya. Gambar-gambar ini biasa dikuduskan oleh orang-orang Nasrani, dan kemudian sementara orang-orang Islam ada yang menirunya, yaitu dengan melukiskan Ali, Fatimah dan lain-lain.

Sedang untuk yang kedua: Seperti gambar raja-raja, pemimpin-pemimpin dan seniman-seniman. Ini dosanya tidak seberapa kalau dibandingkan dengan yang pertama tadi. Tetapi akan meningkat dosanya, apabila yang dilukis itu orang-orang kafir, orang-orang yang zalim atau orang-orang yang fasik. Misalnya para hakim yang menghukum dengan selain hukum Allah, para pemimpin yang mengajak umat untuk berpegang kepada selain agama Allah atau seniman-seniman yang mengagung-agungkan kebatilan dan menyiarnyiarkan kecabulan di kalangan umat.

Kebanyakan gambar-gambar/lukisan-lukisan di zaman Nabi dan sesudahnya, adalah lukisan-lukisan yang disucikan dan diagung-agungkan. Sebab pada umumnya lukisan-lukisan itu adalah buatan Rum dan Parsi (Nasrani dan Majusi). Oleh karena itu tidak dapat melepaskan pengaruhnya terhadap pengkultusan kepada pemimpin-pemimpin agama dan negara.

Demikian…semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Berita2 yg bisa dibaca:
Rakyat Merdeka
Hidayatullah

Langkah bijak pernah ditempuh Newsweek:
Tempo

Jika Nabi Isa (Yesus) yg dijadikan bahan lelucon, apakah sekjen PBB berani mengeluarkan pernyataan ini??

Iklan

293 Komentar »

  1. SETUJU!!!

    trims Nuz ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh vnuzday — Februari 4, 2006 @ 9:33 am | Balas

  2. MAJU TERUUS

    maju tak gentar…membela yg benar ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh hericz — Februari 4, 2006 @ 11:08 am | Balas

  3. di manakah Tuhan? *tetep, serasa ingin turun lagi ke jalan*

    ck ck ck…ada demonstran nich… ๐Ÿ˜‰ sabar akhir Ucok…ALLOH SWT tidak tidur ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh frozi — Februari 5, 2006 @ 5:06 pm | Balas

  4. kalo menggambar mahkluk hidup di larang, bagaimana dengan memotret mahkluk hidup? kalo jaman dulu sudah ada camera digital, apa aku harus minta ijin ayah untuk membidik semua objek-terkudus?

    *cuman bertanya sedikit saja*

    sip…nanti saya akan muat hasil investigasi+riset saya…mudah2an bisa dalam jangka waktu dekat ini ya? terima kasih untuk komentarnya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh joe — Februari 6, 2006 @ 11:05 am | Balas

  5. sama dengan pertanyaan joe

    tolong di cari artikelnya/panduannya, karena bisa jadi sekarang itu menggambar mahluk hidup merupakan seni

    sipp…insya ALLOH saya akan cari artikelnya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh andriansah — Februari 7, 2006 @ 3:01 am | Balas

  6. betul, saya sangat setuju…
    semoga ada orang NON muslim atau kalau bisa presiden Denmark membaca tausyiah, pertanyaan, komentar kita semua, serta menjawabnya secara langsung. amin
    Allahu Akbar….

    terima kasih untuk komentarnya ukhti Fanny ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh fanny — Februari 8, 2006 @ 8:16 am | Balas

  7. semoga Allah membalas perbuatan orang yg menggambar tsb

    amin…insya ALLOH.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh frendi — Februari 8, 2006 @ 11:33 am | Balas

  8. saya setuju dengan aksi demo yang dilalakukan oaleh dilakukan oleh semua pihak yang termasuk dalam ormas islam karena itu termasuk pelecehan

    ‘semestinya’ tidak anarkis…akhi Jafar ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh jafar — Februari 10, 2006 @ 3:54 am | Balas

  9. saya sangat setuju dengan aksi demo yg dilakukan umat muslim di dunia,krn sanagt sangat melecehkan sekali.dan saya pikir denmark sangat menganggab menganggap rendah umat muslim,karena umat muslim yg ada di denmark di anggab dianggap jelek & pemalas seperti yg pernah saya tonton pada liputan umat islam di denmark.

    selama tidak anarkis, saya juga setuju akhir Oki ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Oki.Viawan — Februari 10, 2006 @ 6:06 am | Balas

  10. ya setuju bagai mana kalo yesus di jadikan bahan lelucon apakah oarng2 pengikutnya akan senang ๐Ÿ™‚

    ssshhh…sudah akhi Jawa…kita tidak boleh memperkeruh suasana ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh jawa — Februari 10, 2006 @ 10:51 am | Balas

  11. seperti apa gam bar makhluk hidup yg dilarang ? kartun kah? lukisan abstrak kah?…………….! saya…..

    insya ALLOH lain kesempatan saya akan tuliskan hasil riset saya… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh m dida b a — Februari 11, 2006 @ 7:31 am | Balas

  12. atas dasar apa muhammad Muhammad mengatakan kalau mengammbar menggambar mahluk hidup itu dilarang?

    silakan anda baca lagi keterangan berikut:
    Sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan umat-umat terdahulu, mereka itu membuat gambar dan patung orang-orang yang saleh mereka yang telah meninggal dunia. Lama-kelamaan dan dengan sedikit demi sedikit orang-orang saleh yang telah dilukiskan dalam bentuk patung itu dikuduskan, sehingga akhirnya dijadikan sebagai Tuhan yang disembah selain Allah; diharapkan, dan ditakuti serta diminta barakahnya. Hal ini pernah terjadi pada kaum Wud, Suwaโ€™, Yaghuts, Yaโ€™uq dan Nasr. Dan hampir semua peradaban manusia tidak pernah lepas dari keterjebakan untuk membuat berhala (yg biasanya dibuat berdasar gambar).

    Orang bisa berdalih bahwa mereka menggambar BUKAN untuk mengagung-agungkan/menyembah. Tapi itu hanya ALASAN saja…mungkin di awal2 mereka memang tidak menyembah gambar buatan mereka, tapi apakah orang lain bisa konsisten juga??

    Komentar oleh JHOONNY — Februari 13, 2006 @ 7:17 am | Balas

  13. Wahhhh…seteju banget tu,,orang yang bener2 alim atau bisa dibilang kiyai az blum tentu bisa liat langsung nabi MUHAAMADMUHAMMAD,ko mereka bisa ya…????

    yaaa…namanya juga orang yang tidak tahu/belum mengerti…ukhti(akhi?) Diedie ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh diE2 — Februari 14, 2006 @ 11:05 am | Balas

  14. mengapa karikatur ini bisa muncul?

    dari beberapa artikel yg saya baca, ada pengarang buku yg ingin menerbitkan buku ttg Islam. Nah, dia mengadakan sayembara utk menggambar karakter Nabi. Namun, sayangnya, dia tidak berkonsultasi dengan orang2 Islam terlebih dahulu.

    siapa dan dari negara mana dibelakang ini semua?

    Denmark…

    Komentar oleh ak — Februari 15, 2006 @ 2:35 am | Balas

  15. sangat setuju, memang benar banyak lukisan orang (mungkin yang bukan orang) yang dikultuskan, dan kita harus memikirkan bagaimana caranya agar supaya orang yang mengkultuskan lukisan bisa sadar dengan cara tidak menyakiti perasaan orang tersebut OK’s

    tepat sekali akhi Koswara… ๐Ÿ™‚ langkah/tindakan mesti cerdas…dan MENYEJUKKAN ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh koswara — Februari 15, 2006 @ 4:27 am | Balas

  16. saya sangat kecewa dg pemerintah denmark yg tlh memperbolehkan beredarnya karikatur tsb

    tidak hanya anda yg kecewa ukhti Elyana, semua orang (yang waras) juga kecewa ๐Ÿ˜‰

    Komentar oleh elyana lovely — Februari 15, 2006 @ 6:56 am | Balas

  17. Perlu di ingat,jangan memperkeruh keadaan dengan membawa agama lain….Negeri Denmark bukan notabene agama tertentu, Banyak pula penduduk yang tdk memiliki agama dan tidak percaya akan Tuhan

    tepat sekali akhi (ukhti?) Vana…jgn sampai kita terpancing ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Vana — Februari 20, 2006 @ 11:15 pm | Balas

  18. sebagaimana dalam al-qur’an yang menjelaskan bahwa tidak ridonya kaum kafirin ( nasrani ) kepada Islam yaitu sampai dengan hari kiamat. oleh karena itu sebagai umat islam mari kita berpegang teguh kepada Al-qur’an dan sunnah dan marilah kita mulai luurskan barisan tanpa mengenal aliran/golongan/ataupun organisasi , marilah kita bersatu padu dalam menegakkan agama Allah SWT. dan bagi sipenggambar itu sendiri mudah-mudahan diberikan hidayah oleh Alloh SWT karena orang tersebut belum mengetahuinya.dan yang terakhir mungkin orang tersebut (nasrani) ingin mengetahui sampai dimana kekuatan umat islam itu sendiri dan ternyata kita pun menyaksikan bahwa kekompakan dan kekuatan islam itu sendiri masih tampak dengan demikian syiarkan dan tegakkan jiwa jihad fisabilillah. amin

    yap…tepat sekali akhi Cucu S ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh cucu subagja — Februari 21, 2006 @ 1:40 am | Balas

  19. Sebaiknya kita dapat menyingkapi situasi ini dengan bijak…Jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan menuding agama lain, Sehingga menimbulkan “fitnah” dan memecah belah kerukunan antar beragama; Perlu diketahui dalam agama manapun, TIDAK PERNAH DI PERKENANKAN MENGHINA atau MELECEHKAN SATU SAMA LAIN. Negara Eropa banyak yang tidak percaya kepada Tuhan…Menyedihkan tapi itulah kenyataan yang ada….

    betul sekali akhi (ukhti?) Vana ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Vana — Februari 21, 2006 @ 1:56 pm | Balas

  20. kita sebagaimana mahluk sosial tentu tidak lepas dari interaksi sosial yang bersendi pada nilai luhur yang menumbuhkan suatu keyakinan tersendiri baik yang bersendi pada nilai-nilai agama dan nilai-nilai yang lainnya jadi apa yang sudah jadi keyakinan jangan di goyahkan oleh faktor luar yang sifatnya hanya merusak nilai-nilai yang ada[agama]itu sendiri apa kita hanya tertipu oleh semacam karikatur yang di identikkan dengan nabi yang kita cintai kalau kita benar-benar mengakui sosok nabi yang mulia dan rahmatan lil alamin kita sebagai ummatnya tentu selalu menghargai mereka dalam mengekspresikan[kebebasan berbicara]yang merupakan gaya mereka terhadap islam bukan sebaliknya mengecam dan membenci mereka yang pembuat karikatur

    yaaa…namanya juga musuh Islam, akan selalu berusaha merusak dan menghina Islam ๐Ÿ˜ฆ namun, kita memang HARUS mencontoh sang Uswatun Hasanah ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh azfa asari — Februari 21, 2006 @ 5:21 pm | Balas

  21. Memang dari zaman dahulu kaum KAFIR menghina dan melecehkan KAUM MUSLIM,
    namun kaum muslim hendaknya merapatkan barisan.

    setuju ukhti Fika…tetap rapatkan barisan, gunakan akal sehat ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Fika — Februari 22, 2006 @ 1:29 pm | Balas

  22. PENGHINAAN BESAR-BESARAN! kita sebagai kaum muslim punya salah apa? bisa-bisanya mereka bikin karikatur jelek.jelek.jelek

    akhi Dicky (ukhti Aika?), namanya juga musuh2 Islam…mau punya salah mau tidak, yaaa…tetap akan diserang. masalahnya bukan karikatur yg jelek…tapi penggambaran Rasululloh SAW sendiri sudah menyalahi ๐Ÿ˜ฆ tenang yaa?? ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh aika — Februari 23, 2006 @ 8:48 am | Balas

  23. penghinaan!!!!umat muslim harus marah karena nabi kita diperlakukan seperti itu!!!umat muslim kok diajak main-main!!!!!!

    sabar ukhti Gieta…jangan terlalu emosional…:)

    Komentar oleh gieta — Februari 24, 2006 @ 5:33 am | Balas

  24. pelecehan!!!!!1000x.Menggambar karikatur nabi muhammad berarti melecehkan islam, dan melecehkan islam berarti melecehkan umat muslim juga. dan hal itu juga berarti mereka adalah musuh kita sebagai hamba Allah yang insyaallah insya ALLOH akan selalu taat dan bertawakkal dijalan-Nya. Allah akan selalu senantiasa membukakan jalan bagi umat yang berjihad di jalan-NYA. ALLAHU AKBAR !!!!!!!

    tenang ukhti Eny…kita boleh marah, tapi tetap gunakan akal sehat ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Eny — Februari 25, 2006 @ 7:02 am | Balas

  25. SEMUA ORANG-ORANG YANG ADA DI DUNIA INI UMUMNYA MUNAFIK SEMUA KARENA ORANG ORANG ITU HANYA BISA MENGOLOK-OLOK ORANG YANG BERADA DI ATAS……………………!

    sabar oom…sabar… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh IMAM NAWAWI — Februari 27, 2006 @ 9:23 am | Balas

  26. bismillah
    assalamu’alaikum

    wa’alaykumsalam wr wb

    dengan adanya kenyataan dan peristiwa (kaikatur Nabi) ini, yang mengisyaatkan dengan jelas bahwa sesungguhnya kaum kuffar dan zionis telah menyatakan dengan tegas melalui perbuatan dan tindakan mereka untuk sengaja melukai dan menyakiti Allah dan RasulNya dan kaum muslimin yang tidak rela hati mereka atas peristiwa ini. dengan itu mereka menyatakan PERANG!!! dan memancing kaum muslimin untuk mengangkat panji Islam dan menghunuskan “PEDANG” KEMBALI. oleh karena itu diharapkan kaum muslimin untuk bersiap melakukan jihad fi sabilillah. hanya ada dua jalan untuk hal ini; “HIDUP MULIA ATAU MATI SYAHID”

    sabar akhi Budi…jika kita hendak perang, sebaiknya kita introspeksi dulu, apakah kita sudah siap untuk berperang? JANGAN SAMPAI MATI KONYOL dan KALAH TERHINA…!! ๐Ÿ™‚ So, rapatkan dulu barisan…siapkan strategi, baru bertindak. Setuju?? ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh budi angkasa — Februari 27, 2006 @ 12:21 pm | Balas

  27. SEMOGA ALLAH MEMAAFKAN SEGALA KEHILAFAN KITA

    insya ALLOH…ALLOH Maha Pengampun kok:)

    Komentar oleh AGUNG — Februari 28, 2006 @ 2:33 pm | Balas

  28. berarti kita tidak boleh mencampur aduk seni,agama,kehidupan politik dll….

    bukan tidak boleh, tapi mesti melihat etika dan norma…

    Komentar oleh nuckie — Maret 2, 2006 @ 3:46 am | Balas

  29. Assalamu’alaikum

    wa’alaykumsalam wr wb

    Saya sangat prihatin dengan berbagai bentuk pelecehan yang dilakukan segelintir orang2 ma’af(Non Muslim) yang tak bertanggung jawab. Kita sebagai umat islam pasti sangat kecewa bahkan akan marah besar dengan kenyataan yang ada. Mulai dari Pelecehan Al’quran sampai dengan penghinaan seorang nabi yang tak ternilai mulianya untuk kami umat muslim. Dengan mengucap “ALLAHHUAKBAR”, Pertahankan kesucian agama kita, Jangan biarkan kaum – kaum KAFIR Mengotori KesuciaNya.

    yg lebih penting, tetap GUNAKAN AKAL SEHAT dan BERAKHLAK MULIA. bisa jadi, mereka malah masuk Islam setelah melihat keluhuran akhlak kaum muslimin dalam menyikapi provokasi mereka ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Mu'alimin, S.Kom — Maret 3, 2006 @ 9:07 am | Balas

  30. emang nya apa sih.agama islam kan adalah agama terutama.karikatur nabi muhammad itu harus dihapuskan/dimusnah kan karena itu sama saja menghina ajaran

    setuju, akhi Arjuna (eh, ini bukan Tub kan?)

    Komentar oleh arjuna — Maret 5, 2006 @ 2:10 am | Balas

  31. …eh sebenarnya seperti apa sech! karikatur Nabi Muhammad saw itu?? apa dah pada liat ga? BELOM kan..!! tapi gw setuju segala gambar dan lukisan yang menggambarkan tentang Nabi Muhammad harus dimusnahkan…

    akhi (ukhti?) Vady, saya sudah melihat lho…tapi intinya adalah LARANGAN MENGGAMBAR Rasululloh SAW, apalagi sampai meng-karikatur-kan.. ๐Ÿ™‚
    terima kasih komentarnya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh vady — Maret 8, 2006 @ 4:48 am | Balas

  32. semoga ALLAH SWTmembalas apa yang telah manusia perbuat

    insya ALLOH …. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh dave — Maret 17, 2006 @ 6:30 am | Balas

  33. ALLAH akan melaknat siapa saja yang berani menghina nabi MUHAMMAD SAW,buat semua umat muslim di seluruh dunia mari kita doakan golongan yang menghina umat islam dan nabi pada khususnya,supaya diampuni oleh ALLAH SWT,AMIEN…….

    aamiin mas Setiawan ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh setiawan — Maret 21, 2006 @ 7:41 am | Balas

  34. laknatullah orang jahil yang berani bikin kariktur rasulullah, “b**ch, d**n, F**k, Jahanam”. my girlfriend said, hadiahnya neraka kamar paling bawah buat BELIAU yang nggambar!!!

    sabar mas Strike…tidak perlu emosi berlebihan…
    tetap dingin kepalanya ya?? ๐Ÿ™‚
    insya ALLOH hukuman dari ALLOH akan diberikan kepada pelakunya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh strike — Maret 31, 2006 @ 4:21 am | Balas

  35. Apa pun yang terjadi aku tetap membela Agama & kekasih Allah SWT yang aku junjung & menjadi suri tauladan & panutan ku.

    setuju mas Roy ๐Ÿ™‚

    Om.. aku mau menampilkan artikel yang aku punya gimana ya..?
    aku regestrasi kok gak gelem…
    lebih baik tanya dari pada nggak tau…OK…

    saya tutup dulu…bikin repot ๐Ÿ˜‰
    jika mau kirim artikel, sila email ke tausyiah275 at gmail.com ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Roy — April 3, 2006 @ 6:48 am | Balas

  36. dunia dah nak dekat kiamat.apa yg denmark buat sedikit sebanyak memberi kesan pada umat ISLAM.apepun kalau kita sayang agama kita.nabi kita & tuhan kita buatlah apa yg disuruh & tinggalkan apa ya dilarang.

    mari perbanyak amal ibadah…serta niatkan dengan ikhlas…
    kita tidak tahu kapan kiamat akan datang…
    bersiaplah…:)

    Komentar oleh leeya — April 4, 2006 @ 1:14 am | Balas

  37. Ass.Wr.Wb

    wassalamu’alaykum wr wb

    Apapun yang terjadi dan sampai kapanpun aku akan bela Agama dan Junjunganku Rosullah SAW. Karena Beliau adalah suritauladan bagi umat Islam.

    yap…jika kita cinta, kita mesti bela Rasululloh SAW…tapi JANGAN ANARKIS…:)

    Semoga orang yang melecehkan dibukakan mata hatinya dan mendapatkan jalan yang benar.

    aamiin…

    Om aku dpt artikel mau tak tampilkan gmn crnya aku regester dl kok gak gelem

    maaf…registrasi ditutup dulu….mumet nich…hehehe…

    Thank’s

    sama2…mas Roy…

    Wass.Wr.Wb

    wa’alaykumsalam wr wb

    Komentar oleh Roy — April 4, 2006 @ 3:33 am | Balas

  38. Sesuatu yang suci / kemulyaan tidak akan luntur dan hancur gara-gara fitnah dan hasutan orang-orang sesat.
    kita harus yakin sampai kapanpun kemulyaan Nabi Muhammad SAW. tidak akan hilang dan tetap jadi saritauladan seluruh umat yang tidak ada duanya.

    tepat sekali mas Kustejo..
    hanya Muhammad Rasululloh SAW yang pantas menyandang makhluk terbaik yang pernah ada di muka bumi ini ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Kustejo — April 13, 2006 @ 6:32 am | Balas

  39. Mereka yang selama ini ngaku ngaku pernah bermimpi bertemu, disapa atau bahkan di rangkul oleh rasul allah itu yakin benar bahwa itu adalah beliau?, dari mana mereka yakin?, Oleh karena itu janganlah terlalu berspekulasi bahwa itu adalah rasul allah, yang penting kita sebagi pengikut beliau cukuplah berusaha semaxsimal mungkin menjalankan apa yang Allah perintah dan yang Allah larang melalui Alqur’an, Sabda Rasul (hadist), dan Ijmak. Cukup sampai di perwujudan ajaran Rasul saja

    mas Taufik, dalam satu riwayat disebutkan bahwa wujud/sosok Rasululloh SAW TIDAK BISA DITIRU OLEH SETAN. Hanya saja bagaimana kita yakin bahwa yang datang dalam mimpi itu = Rasululloh SAW, memang tidak jelas kriterianya. Namun, saya sendiri punya keyakinan, jika memang Rasululloh SAW yg hadir dalam mimpi, maka ‘output’ dari mimpi = kebaikan ๐Ÿ™‚ Akan tetapi, jika yg mengaku mimpi Rasululloh SAW tersebut kemudian malah ‘ngawur’ maka akal pikiran org tersebut yg telah disesatkan setan.

    Demikian…

    Komentar oleh Taufik. Effendy — April 16, 2006 @ 6:31 am | Balas

  40. Sebaiknya Negara2 Yang Melecehkan Nabi Dibom Bareng2

    hwaduh, mas Aan…jangan esmosi begitu ๐Ÿ˜‰
    Rasululloh SAW sendiri mencontohkan kesabaran…tapi memang, wajar jika kita marah…tapi tetap kepala dingin ya mas Aan ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh AAN sUSANTO — April 20, 2006 @ 6:58 am | Balas

  41. Sebaiknya negara negara yang melecehkan Nabi Muhammad di musnahkan saja

    hehehe..mas Ari, kita tidak perlu terlalu emosi..hehehe..sabar mas ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Ari — April 22, 2006 @ 3:40 am | Balas

  42. kita harus terus tegakkan syariat islam.

    sepakat…ukhti Lulu ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh lulu — Mei 2, 2006 @ 4:42 am | Balas

  43. karikatur nabi tercinta yang di buat oknum yahudi sangat menyakiti hati umat islam, haran saya semoga Allah membukakan hati nurani mereka dan buat saudara-saudara ku tetaplah teguh dalam ukhuwah islamiyah dan cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya. tetap kuat dan teguhlah islam !

    terima kasih mbak Anie…semoga ALLOH SWT senantiasa menolong kaum Muslim ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Anie sumarni — Mei 8, 2006 @ 4:14 am | Balas

  44. Semoga segala permasslahan senantiasa dapat qta selesaikn dgn penuh kebijaksanaan&kepala dingin

    aamiin…trima kasih mbak Viesti ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Viesti — Mei 11, 2006 @ 3:41 am | Balas

  45. Tuhan Maha Adil,Maha Penyanyang,Maha Bijaksana,MAha pengampun,Maha Kuasa jadi kita sebagai umatNya sama dihadapan-NYa,apakah itu muslim atau non muslim.
    saya paling tidak suka ada orang2 mengatasnamakan agama untk mencela agama lain.

    betul…agama Islam MELARANG KITA MENCELA AGAMA LAIN ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh putri magelang — Mei 11, 2006 @ 5:48 am | Balas

  46. Agamaku Islam tidak mengajarkan anarkis untuk menanggapi karikatur yg dibuat oleh kaum YAHUDI,semoga Tuhannku menyadarkan meraka yg telah berbuat salah dan mengampuninya

    aamiin…
    terima kasih mas(?) Amdeck ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh amdeck moron — Mei 12, 2006 @ 4:02 am | Balas

  47. hancurkan negara-negara barat karena telah melecehkan umat muslim di dunia, yang merasa umat muslim mari berjihad…….allahuaakbar………..mati di jalan allah lebih baik dari pada mati dilecehakan oleh negara negara syatan iblis

    sabar mas Haidir…
    tetap berkepala dingin..
    mari kita tunjukkan bahwa Islam = rahmat bagi alam semesta ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh haidir hidayat — Mei 15, 2006 @ 1:15 pm | Balas

  48. kenapa orang barat selalu melecehkan umat muslim?

    ada orang barat senantiasa tidak suka dg kaum muslim, makanya mereka senantiasa berusaha menjatuhkan/mengenyahkan kaum muslim.

    tapi mas Slamet, ada juga orang barat yg mendukung kaum muslim loh ๐Ÿ™‚

    kalo kita merasa umat islam kenapa harus diam, agama kita, rosul kita dilecehkan harus kita berantas sejak dini sebelum kita diberantas di akhirat sana!!!! Alloh mengutus rosul bukan untuk dilecehkan. Mari bersatu untuk mencarisolusi yang terbaik buat umat islam, dan minta pertolongan kepada alloh. Allohuakbar

    tenang mas Slamet…kita mesti berkepala dingin ๐Ÿ™‚
    rapatkan barisan…perkuat ukhuwah, berikan contoh yg baik…insya ALLOH semuanya akan menjadi jelas ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Moch Slamet Santosa — Mei 16, 2006 @ 7:15 am | Balas

  49. Jelas bangat, itu adalah penghinaan untuk seluruh Ummat Islam Se-Dunia… “Anta Syamsun, Anta Badrun, Anta Nurun Fauqonuri”. Cahaya matahari, bulan, di bawah Cahaya Rosulullah SAW. Artinya “Sinar matahari atau bulan aja ga bisa di foto dengan kemampuan manusia, APALAGI CAHAYA ROSILULLAH SAW”. Innalillahi Wainnailaihirojiun…

    betul sekali mas Humaidi..namun kita mest tetap berkepala dingin ๐Ÿ™‚
    jangan main seruduk ๐Ÿ˜‰

    Hati2 kaum muslimin/at… Islam sudah mulai di gusur… Dengan gratisnya SD&SMP Negri di Jakarta, akan menggusur nasib dari pada Madrasah dan Pesantren..

    hmmm…kekhawatiran yg cukup beralasan.. ;-(

    Komentar oleh Humaidi Al-Ayubi, H. 21 — Mei 24, 2006 @ 6:09 am | Balas

  50. sip yg jelas sah2 aja dan prinsipnya wajib bela hal2 yang seharusnya kita perjuangkan demi kebenaran.satu hal yang jangan kita lupakan juga.islam tidak mengajarkan kita umatnya langkah2 kekerasan apalagi yang menjurus anarkhisme..hingga merugikan banyak pihak yang seharusnya tidak terkena imbasnya/tidak bersalah….merdeka

    betul mas Eet…itu yg hendak aku sampaikan…tegas != kekerasan… ๐Ÿ™‚
    terima kasih komentarnya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh eet bangun wicaksono — Mei 27, 2006 @ 9:36 am | Balas

  51. assalamu’alaikum wr.wb
    Allahuma solli’ala muhammad…

    yuup..setujuuuu…tegakkan kebenaran Agama Allah yang di bawa Rasulullah , manusia terbaik yang di utus ke dunia

    terima kasih untuk komentarnya mbak Getris.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh getris — Juni 4, 2006 @ 2:58 am | Balas

  52. Marilah kita bersikap seperti Rosullah.
    Suritauladan kita, walau beliau di lempari, dicaci dsb tapi beliau tetap menjenguk orang yang melemparinya waktu ia sakit dan mendo’akan nya pada Allah.
    Dgn demikian marilah kita bersikap sabar pasti semua akan ada balasan seperti yang telah diperbuatnya.
    Indah nya ISLAM,
    I LOVE ALLAH SWT and ROSULLAH SAW

    betul mas Roy…tetap sabar dan tenang…namun bukan berarti diam menyerah… ๐Ÿ™‚
    terima kasih untuk komentarnya.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh mas Roy — Juni 5, 2006 @ 5:42 pm | Balas

  53. mana gambar nya?????

    maaf…saya tidak menyediakan gambar2 tidak bermutu seperti itu… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh andria — Juni 9, 2006 @ 10:57 am | Balas

  54. Terkutuk bagi orang yang mendustakan Nabi Muhammad, tak terkecuali yang membuat karikatur yang semacam itu.!!!!

    sabar mas Agus… mereka akan mendapat balasannya kok…cepat atau lambat.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Agus — Juni 12, 2006 @ 5:00 pm | Balas

  55. negara kita negara yang memimpikan ,sesuatukebahagiaan
    ,tetapi kebahagiaan itu tidak akan dicapai,kalau kita sendiri masih melakukan suatu masalah yang yang sebenarnya kecil,menjadi masalah yang sangat besar,saudaraku kasihanilah adik-adikmu,saudaramu yang lain cuma jadi korban kerusuhan yang disebabkan oleh kita sendiri.terimahkasih

    betul mas Rinto ๐Ÿ™‚
    terima kasih untuk komentarnya.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh rinto dangga loma — Juni 13, 2006 @ 10:02 am | Balas

  56. Menurut saya gambar itu bagus.Gambarnya sangat bagus.Gambar itu bagus,pokoknya gambar itu sangat-sangat -sangat -sangat -sangat -sangat !!!!!!!! Bagus Sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ^-^

    mas Umar ini serius atau melucu? jika melucu, sangat tidak lucu sekali mas… !!!
    jika serius…berarti anda memang agak2 aneh… !!!

    Komentar oleh Umar — Juni 17, 2006 @ 1:43 pm | Balas

  57. Menurut saya Nabi Muhamad SAW pantas di ejek dan di hina kaya babi seperti Umar Ali BABI yang komentar di atas gue!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    mas Vicky, ucapan anda tidak lucu sama sekali.. !!!

    Komentar oleh Vicky — Juni 17, 2006 @ 1:46 pm | Balas

  58. Menurut saya orang yang menjelekkan agama islam harus dihukum seberat-beratnya dan juga semoga ada undang-undang internasional yang mengatur tentang “Menghormati Agama Islam”

    betul mas Rio…
    undang2 internasional memang tidak adil… ๐Ÿ˜ฆ
    terima kasih untuk komentarnya.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Rio — Juni 22, 2006 @ 12:02 am | Balas

  59. bagi orang kafir yang menjelek-jelekkan agama islam semoga menerima azab Allah yang sangat pedih. amin..1000x

    tenang mas Fangki.. ๐Ÿ™‚
    mereka akan mendapat balasannya kok.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Fangki — Juni 22, 2006 @ 12:12 am | Balas

  60. kafir laknat,yang menghina nabi silakan terima azab 1000 kali lipat di neraka jahanam.

    tenang mas Rival…insya ALLOH semua itu akan mendapat ganjaran berlipat2…mungkin lebih dari 1000 kali lipat… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Rival RInaldi — Juni 29, 2006 @ 10:36 am | Balas

  61. bagus ! maju terus lah

    ya…mari rapatkan barisan…jangan mudah terprovokasi ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh andri mulyawan — Juni 30, 2006 @ 2:06 pm | Balas

  62. Dasar orang=orang yang Terkutuk yang menggambar karikatur Muhammad Dan semoga mereka diberi hukuman setimpal di akhirat nanti||Aq mendukung ISLAM supaya tetap Tegar dan jgn Mudah Terpecah belah||ALLAHHU AKBAR

    sabar mbak(?) Edo…insya ALLOH orang2 itu akan mendapatkan ganjaran yg setimpal di akhirat kelak.. ๐Ÿ™‚
    terima kasih untuk komentarnya.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh edo nabila putra lisan — Juni 30, 2006 @ 11:25 pm | Balas

  63. ambil hikmah dari semua kejadian

    betul sekali mas Adawiyah…
    terima kasih untuk komentarnya.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh R. Adawiyah — Juli 10, 2006 @ 5:16 pm | Balas

  64. buwat KITA yang punya akal budi pikiran…. lihat diri KITA sendiri apakah pantas dengan KITA berkata-kata dengan pikiran DUNIAWI yang KITA miliki, KITA MANUSIA menjadi SOMBONG, BENGIS dengan kata-kata yang tidak LAYAK & PANTAS didengar. JANGANLAH KITA MENGHAKIMI,MENGUTUK. TUHAN PUNYA RENCANA UNTUK KITA (BIJAKSANALAH) BIARKAN TUHAN YANG BEKERJA DAN KITA PUN TAAT AKAN AGAMA-AGAMA KITA.

    betul mas Willy…tapi jika kita punya landasan dari Rasululloh SAW, maka setidaknya kita ‘boleh’ melakukan perbandingan ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh willy — Juli 21, 2006 @ 1:11 am | Balas

  65. semoga ALLAH mengutuk orang-orang yang melecehkan umat ISLAM serta memberi SIKSAAN di dunia kepada orang yang membuat karikatur itu. Agama ISLAM adalah yang TERBAIK,TERATAS,TERMULIA.semoga orang-orang yang ingin menghancurkan Agama ISLAM segera diLAKNAT oleh ALLAH SWT dan segera diberi siksaan yang pedih AMIEN YA ROBBAL ALLAMIEN 10000000000000X

    insya ALLOH, cepat atau lambat, mereka akan menerima ganjarannya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh okto firmansyah — Agustus 1, 2006 @ 11:02 am | Balas

  66. ASSALAM MU’ALAIKUM Wr.Wb.

    wa’alaykumsalam wr wb

    ya sebaiknya jangan berkomentar sebelum kita mengetahuinya dengen benar benar BENAR. Kita tidak tahu apa yang umat nasrani imani, supaya itu tidak menjadi bumerang bagi kita umat muslim. Lebih baik kita “membebaskan” umat_NYA untuk memeluk agama masing2. Masalah itu berdosa atau tidak hanya ALLAH SWT yang menilai. Kita hanya manusia ciptaanNYA.

    terima kasih komentarnya ๐Ÿ™‚

    ASSALAM MU’ALAIKUM Wr.Wb

    wa’alaykumsalam wr wb

    Komentar oleh someone — Agustus 11, 2006 @ 10:27 am | Balas

  67. memang orang2 kafir itu nggak tau apa yg udah mereka lakuin.smoga mereka mendapat ampunan n hidayah dr ALLAH, Tuhan yg tak ada yg patut disembah dg sebenar-benarnya.sholawat ditujukan n akan slalu tertuju kpd junjungan kita Nabi Muhammad,SAW.

    tepat sekali mas Ronny…
    jangan terpancing provokasi murahan seperti ini…
    semoga ALLOH SWT memberi hidayah pada mereka ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh ronny rinanda siregar — Agustus 11, 2006 @ 10:43 pm | Balas

  68. ok lah

    terima kasih komentarnya, mas Donker ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh donker — Agustus 18, 2006 @ 9:53 pm | Balas

  69. akhi (ukthi?) penulis,
    kalau boleh tanya:
    – karena mencegah penyembahan gambar maka gambar dilarang?
    – karena mencegah mabuk maka minuman keras dilarang?
    *mohon komentar atas analogi ini:
    – Ada sebuah keluarga Dokter Gigi turun temurun melarang seluruh kerabat mereka makan permen karet karena sangat berpotensi merusak gigi, menimbulkan kebiasaan sangat buruk (tempel di sembarang tempat, diletuskan, dibunyikan, dan berbagai bentuk keusilan lain) dan dengan argumen “lha wong permen lain saja banyak ngapain Harus makan permen karet” maka berlangsunglah kebiasaan “NO-PERMENKARET” selama beberapa generasi sehingga belakangan dianggap hal yang sangat tabu. Pada suatu hari seorang keturunan mereka yang baru berusia 7tahun bermain di sekitar rumah mencoba permen karet dari temannya, dan kemudian menjadi kebiasaan untuk membeli dari pedagang keliling di sekitar perumahan mereka yang sering berhenti di taman kompleks. Saat pihak orang tua mengetahui menjadi sangat MARAH, mereka melabrak penjual si-teman, sebut saja Badu, dan orang tua yang mendukung perbuatan Badu karena di keluarga Badu permen karet dianggap “normal”! Kedua keluarga itu “Perang Besar” dan belum cukup sampai di sana, Keluarga Dokter Gigi itu berlanjut melabrak si penjual permen karet, menggunakan pengaruh mereka di lingkungan itu untuk mengusir dan melarang untuk kembali di kompleks dimana banyak anak lain
    dengan mudah membeli Permen Biasa dengan jasa penjual tersebut………..
    ………..
    ………..
    ………..
    ………..

    Sesuai jawaban Anda untuk komentar no.16, saya rasa orang normal(waras) akan memarahi anak mereka untuk Jangan Makan Permen Karet, bukan menyerang Penjual dan Keluarga Badu, melihat banyak keluarga lain (banyak) yang menganggap Permen Karet dengan “normal”.
    Saya kira Kesadaran untuk Mengendalikan diri terlebih dahulu sebelum berusaha mengendalikan orang lain, adalah langkah yang jauh lebih bijaksana terutama di dunia dimana Kebenaran Sejati masih merupakan hal yang diperdebatkan..
    ———–
    ———–
    Saya kira lagi, ini merupakan kunci untuk lebih memahami, yaitu untuk menggali dari apa yang kita punya, kita kuasai / pahami, daripada berusaha mengkritik hal yang tidak kita pahami, yang sekaligus menyerang orang lain..
    Dengan sedikit berperang, maka semakin banyak waktu untuk kemajuan, memperdalah ilmu dan pemahaman masing-masing mengenai hal yang kita kuasai..
    ———–
    ———–

    /*Kalau boleh menyimpulkan kemarahan umat Muslim lebih karena unsur “penghinaan”.. Ini saya sepakat, bukan hanya Nabi yang kita Junjung, penghinaan kepada anggota keluarga / kerabat pun merupakan serangan, yang akhi (ukhti?) dengan bijak menyatakan : Harus Dihadapi tanpa ANARKI!!
    ===========
    ===========
    *Menurut pendapat pribadi saya, minuman keras tidak harus dilarang / dihancurkan ASALKAN penggunaannya sesuai aturan!
    Beberapa negara dingin, seperti yang mungkin kita ketahui bersama, Membutuhkan minuman beralkohol untuk tetap beraktifitas dengan efisien di udara dingin. Ini tentu saja bukan hal negatif!
    Kita melawan Mabuk, Penyembahan Berhala, dst.. bukan minuman keras atau pengambilan gambar tokoh! Termasuk Nabi, bahkan Tuhan. Pembuatan Simbol Tuhan asalkan sebagai medium untuk membantu penggambaran kepada siapa kita berbicara (sesuai riset psikologi, beberapa orang memerlukannya) dan bukan benda sembahan tentu bukan hal negatif..
    Seperti halnya kita memperlakukan kitab al qur’an dengan hormat, menjaga tetap bersih/rapi, membaca dengan hati-hati, dst.. tetapi bukan mengkultuskan dengan bungkus harus Kain Putih, disimpan harus tingi di atas kepala, dibaca dalam keadaan suci (haid), dst.. Karena bagaimanapun juga sebuah buku adalah kertas dengan tinta yang tidak disembah! Makna dari kalimatnya adalah suci dan buku yang membawanya harus dihargai, namun bukan disuci/keramatkan..
    +++++++++++
    +++++++++++

    **Kemudian mengenai hal lain untuk menambah pemahaman saya, mengingat saat ini saya masih dalam proses ‘belajar’, akhi(ukhti?) tidak konsisten menjawab salam dalam komentar no.37 dan no.29
    Kalau boleh dijelaskan? terima kasih ๐Ÿ™‚
    Bagaimana kalau hanya dijawab di akhir pernyataan/pidato/maklumat saja?

    mohon bantuannya.
    Maaf jika komentar saya selanjutnya tidak berkenan.

    Semarang,
    .yog..

    mas Yogi…maaf, menurut saya…analogi yg anda kemukakan, saya pikir ‘TIDAK RELEVANT’ dg artikel yg ditampilkan. ๐Ÿ™‚
    Membandingkan pelarangan menggambar Rasululloh SAW dg pelarangan permen karet, menurut saya jauh sekali perbedaannya. Jadi, untuk analogi pelarangan permen karet tidak saya tanggapi. ๐Ÿ™‚

    Untuk minuman keras, saya tidak akan membandingkan analoginya. Saya hendak menginformasikan bahwa Rasululloh SAW sendiri bersabda, yg intinya, minuman keras ADA MANFAATNYA, namun LEBIH BANYAK MUDLARATNYA. Dengan kata lain, walaupun dalam minuman keras ada kebaikan, seperti yg anda tulis, namun nilai keburukannya lebih banyak lagi.

    Sebagai ilustrasi, saya ambil dari analogi anda, minuman keras digunakan di negara yg cuacanya dingin. Beberapa ulama Islam sendiri MEMBOLEHKAN analogi anda, hanya saja kecenderungan manusia jika dia minum maka dia akan MENAMBAH porsi minuman(keras)nya hingga mabuk. Jadi, tujuan utama minum minuman keras untuk MENGHANGATKAN BADAN tergantikan menjadi MABUK. ๐Ÿ˜‰

    Lagipula, APAKAH TIDAK ADA CARA LAIN untuk menghangatkan badan selain minum minuman keras? Orang2 eskimo, setahu saya, tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman keras. Mereka banyak mengonsumsi ikan. Toh, mereka masih bisa hidup dg normal. ๐Ÿ™‚

    Demikian untuk ‘kasus’ minuman keras.

    Untuk tanggapan 37 dan 29, saya rasa saya masih konsisten kok. Anda membahas tentang SALAM kan? Insya ALLOH di kesempatan lain saya akan muat artikel saya tentang salam. ๐Ÿ™‚

    Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan, perhatian, dan komentar mas Yogi ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh yogi — Agustus 19, 2006 @ 3:19 am | Balas

  70. omong2 akhi/ukhti itu apa?
    bahasa?
    trim’s

    Semarang,
    .yog..

    akhi/ukhti merupakan panggilan akrab untuk saudara laki-laki (akhi) dan saudara perempuan (ukhti). Demikian, mas Yogi ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh yogi — Agustus 19, 2006 @ 3:43 am | Balas

  71. Relevansinya pada:

    – hukumlah pemabuk
    – hukumlah penyembah berhala
    – hukumlah pihak(mu) yang makan permen karet

    Jangan hukum si-penjual permen karet.. dan keluarga Badu..
    Jangan hukum penjual minuman keras, dan pihak lain yang tidak sependapat akan BAHAYA minuman keras..

    hmmm…untuk kasus pemabuk, saya kutip sabda Rasululloh SAW yg menyatakan, bahwa yg MEMBUAT, MENJUAL, MENJADI PERANTARA DAN PEMAKAI MINUMAN KERAS (KHAMR) SEMUANYA BERDOSA. ๐Ÿ™‚

    sementara untuk penyembah berhala, anda bisa melihat pada kisah Nabi Ibrahim, yg ‘berdiskusi’ dg ayahnya, agar tidak membuat lagi berhala.

    sedangkan untuk permen karet, hmmm…terus terang, selain saya BELUM temukan referensi, saya tidak melihat banyak manfaat permen karet… ๐Ÿ˜‰

    Beberapa orang lebih menekankan ‘pengendalian diri’ daripada ‘pengendalian orang lain’ ๐Ÿ™‚

    ‘pengendalian diri’ seorang Muslim mesti didasari atas Al Qur’an dan Hadits (+Sunnah). gunakan kedua sumber hukum tersebut sebagai pijakan, barulah kita bicara ttg pengendalian diri ๐Ÿ™‚

    mohon komentar..

    .yog..

    Oh ya,
    – bisa saja makan permen biasa, tapi tidak ada salahnya juga kan makan permen karet? Anda tidak suka permen karet? Jika anda suka, bagaimana jika keluarga Dokter gigi itu memarahi Anda berdasarkan ideologi mereka?

    saya pernah baca, dalam media/jurnal kesehatan, bahwa salah satu manfaat permen karet adalah untuk mengurangi stres. saya tidak tahu akurasi penelitian ini, namun beberapa dokter gigi (dalam jurnal kesehatan) MEMBOLEHKAN MAKAN PERMEN KARET, dengan alasan mengunyah permen karet akan menghasilkan banyak air ludah…dan air ludah dibutuhkan untuk membunuh kuman2 dalam mulut.

    jadi, tidak semua dokter gigi akan melarang/memarahi para konsumen permen karet lho, mas Yogi ๐Ÿ™‚ jangan suka menggeneralisir ah.. ๐Ÿ˜‰

    **keterangan, di Eskimo tidak tumbuh gandum, dan jenis tumbuhan lain yang bisa untuk memproduksi minuman keras, jika mereka impor maka menghabiskan devisa ๐Ÿ™‚

    Sebaliknya, banyak jenis minuman keras berbeda jenis, masing-masing belajar buat sendiri (tidak diajari) sejak nenek moyang:
    Sake=Jepang
    Vodka=Rusia
    Champagne=Rusia
    Beer=Italia
    Tuak=Cina
    Anggur=Mediterania, Inggris

    nenek moyang mereka menemukan ‘manfaat’, Anda melihat ‘mudharat’, bagaimana kalau kita berkompromi dengan kepala dingin ๐Ÿ™‚

    errr…untuk kasus minuman keras, saya tetap berpedoman kepada sunnah Rasululloh SAW. minuman keras itu haram, apapun bentuknya, dalam penggunaan seperti apapun (silakan merujuk kembali ke sabda Rasulullloh SAW di atas). ๐Ÿ™‚ maaf jika saya dianggap ‘kaku’ ๐Ÿ˜‰

    Komentar oleh yogi — Agustus 21, 2006 @ 4:56 pm | Balas

  72. setujuuuuuuuu banget!!!!!!!
    gimana kalau yesus itu di gantung aja jangan cuma dipaku!!!!!ok…

    husss…mas Basyid…tidak boleh ngawur… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh basyid — Agustus 31, 2006 @ 8:03 am | Balas

  73. ass….
    yuuuuuuuuup setuju sekali………
    tetep semangat n keep istiqomah oc
    yakinlah bahwa Allah bersama dg yg sabar oc saudara2q..
    tapi karikaturnya aq blm liat thu..bisa ditampilin g…afwan yaa..telat..

    wass…

    Komentar oleh rulies — September 15, 2006 @ 5:03 pm | Balas

  74. nurut ae kesroh opo maneh berontaaak, gaaaaak isok moleeeeeeeeeh

    Komentar oleh saket — September 19, 2006 @ 1:22 pm | Balas

  75. Ass Wr Wb
    ck ck ck ck…………..
    dasar denmark
    tentang mereka tapi jangan anarkis (yang benci Islam akan semakin yakin kalo Islam keras), jangan balas mencaci tokoh agama lain karena kita menjadi tidak ada bedanya dengan yang melecehkan Nabi Muhahammad SAW. Ok Keep Spirit. salam dari Jogja

    Komentar oleh Joko — September 20, 2006 @ 1:16 pm | Balas

  76. OKE DEHHHHHHHHH

    Komentar oleh OCHE — September 20, 2006 @ 3:36 pm | Balas

  77. Emang ada…? Kalau ada, mana? Jangan – jangan kita semua memperdebatkan kabar yang tidak jelas kebenaranya.Mbok ya.. kita orang muslim jangan suka berperasangka buruk kepada orang lain.

    Komentar oleh aang — September 24, 2006 @ 2:02 am | Balas

  78. Ass..
    Apakah di Al-Quran sendiri juga tertulis bahwa gambar juga dilarang? ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh stella — September 24, 2006 @ 7:25 pm | Balas

  79. Assalamu’alaikum

    ustadz, gimana kalo poster2 gambar grup band, atau poster2 film, apakah hukumnya juga dilarang? mohon penjelasan.

    Terima Kasih

    Komentar oleh Chanks — September 24, 2006 @ 10:14 pm | Balas

  80. klu patung atau fhoto dosa ya klu kita memajangnya??? tq

    Komentar oleh karaceh — September 27, 2006 @ 3:12 pm | Balas

  81. pa ustadz …selama ini Tama sering gambar lukisan 2 abstrak..termasuk gambar makhluk2 aneh…itu hukumnya gimana??

    Komentar oleh Tama Liamy — September 30, 2006 @ 3:09 pm | Balas

  82. nabi muhammad adalah hamba dan kekasih Allah yang sangat mulia,sudah tentu penghinaan itu bakal mengundang petaka besar kepada sesiapa yang menghinanya..

    Komentar oleh matt — Oktober 4, 2006 @ 10:06 pm | Balas

  83. Menurut saya orang yang melecehkan nabi yang sebagai panutan hidup mat islam nggak pantas hidup menurut saya dia halal dibunuh meski ada dalil yang mengatakan bahwa darah seseorang itu haram kecuali “tiga hal” krna ada juga dalil menyebutkan bahwa cegahlah kemunkaran dengan tangan mu /kalo tidak bisa dengan lisanmu /kalo masih tidak bisa cegahlah dengn hati maka itulah selemah lemah iman seseorang dan bukan kah membunuh itu menunjukkan bahwa iman kita kuat. Itu pendpat saya maaf klo ada kata yang “keras”

    Komentar oleh GALIH HARDIANTO — Oktober 17, 2006 @ 1:16 pm | Balas

  84. inGatlah hAri aKhirmu kawan, jgn suka ngelecehin Nabi dooonk, toh dia tu pedoman hidup qtA, betul tidak?!!!

    Komentar oleh dadih — Oktober 29, 2006 @ 3:23 pm | Balas

  85. Maaf Tolomg Kirimkan saya gambar karikatur nabi – karna saya ingin mengetahuinya gambarnya seperti apa sich….tolong ya”kirimkan ke email sy di zay_irham@yahoo.com thank’s

    Komentar oleh Opick — Oktober 31, 2006 @ 9:58 am | Balas

  86. menurut kami islam adalah agama yang suci, jadi kita harus menegakkan syariat islam sesuai ajaran kanjeng nabi Muhammad SAW. walaupun nyawa taruhannya. kami ingin memprores kebijakan denmark. karena denmark telah menghina umat islam se DUNIA dgn membuat karikatur nabi. kami mengutuk keras perbuatan yang dilakukan denmark.

    Komentar oleh x-7 smaluchi — November 6, 2006 @ 7:47 pm | Balas

  87. DENMARK AN***G,G****G,T*I,S***N,I***S,F**K

    SUCK IT

    Komentar oleh xxxxxxxxxxxx — November 6, 2006 @ 7:52 pm | Balas

  88. Amit-amit jabang bayi….aduh..umat muslim / non muslim diseluruh negri..mbok jangan buka front di sini masalah yg berkaitan dengan keyakinan/agama,mending omong2 laen lah yang sifatnya general.nambahi dosa kita aja.
    sadar……

    Komentar oleh Djoko Winarno — November 27, 2006 @ 3:52 pm | Balas

  89. Mengapa umat pada marah padahal belum tentu nabi marah..gimana ya..katanya agama damai..??

    Komentar oleh hot — November 29, 2006 @ 2:24 pm | Balas

  90. hidup hanya satu kali, matipun seperti itu pula, kenapa sii orang yang lupa aka ke adilan tuhan dan selalu semena2 menghina agama lain. aku hanya pesankan bahwa berbuat tekunilah agamau dan jangan menggangu agama lain sebab itu adalah hal sakral pada diri masing2

    Komentar oleh anwar — Desember 5, 2006 @ 6:08 am | Balas

  91. Menurut gw karikatur itu hal..biasa..kenapa harus ngerasa tersinggung mang kita ngersa seperti itu!!! kalau tersinggung berarti bener donk…pake acara demo2 sgala lagi..bikin malu bangsa aza…udah negara miskin orang2nya pada munafik, “Egois” ,bodoh, Poligami. Gimana mau jadi negara yang maju kalau munafikkkkkkkkkkkk…gw ngerasa malu kalau gw jadi orang seperti ini..camkan itu

    Komentar oleh Llla — Desember 9, 2006 @ 1:01 pm | Balas

  92. saya ingin kalo gambar nabi itu jgn di tayang kan di sini , karna suatu penghinaan buat kita2 yg muslim .
    kalo bisa muat lah tulisan kali grafi yg bagus dan kasih warna yg membuat kita terpesona .trims ya !
    moga-moga tetap damai selalu agama kita dan tampa ada pihak yg menhancur kan agama kita .amin ya rabbal alamin
    wassalam

    Komentar oleh zamzami — Desember 19, 2006 @ 11:16 am | Balas

  93. PERANG

    Komentar oleh irsad — Desember 22, 2006 @ 10:53 am | Balas

  94. aku setuju banget sama itu?…aku yakin islam itu agama yang paling indah untuk di anut.susan banget penganut islam tea

    Komentar oleh susan — Januari 9, 2007 @ 1:44 pm | Balas

  95. bagi orang yang beragama islam,seharus nya jaga iman kalian dengan baik.apalagi sekarang diikuti jaman yang begitu subhanalah,pada para santri yanng ada di pesantren aa geam,tolong jaga iman kalian,jangan biarkan kalian jadi istri ke 3 nya sang ustad itu.

    Komentar oleh susan — Januari 9, 2007 @ 1:47 pm | Balas

  96. aku akan memberi sebuah keterangan,aku adalah seorang cew yang jadi korban kelakuan bejad sang ustadz,dia orang yang amat terkenal bagi kalangan masyarakat,dia juga sempat jadi gunjingan warga rublik,karna dia poligami,apa kah pantas orang yang seperti itu di sebut ustadz?…orang yang berkelakuan bejad seperti itu bagi aku setan,bukan ustadz

    Komentar oleh susan — Januari 9, 2007 @ 1:51 pm | Balas

  97. ”” seorang muslim harusnya percaya pada tuhannya!!!”’

    masa ada yang tau wajah nabi muhammad seh???
    yang bikin kalikatur nabi muhammad seharusnya tau wajah aslinya
    nabi muhammad hidup sebelum kita beberapa ribu tahun silam.
    aku mau tanya apa yang bikin karikatur nabi muhammad neneknya????

    Komentar oleh rere — Maret 1, 2007 @ 4:41 pm | Balas

  98. bagimana deangan foto????

    Komentar oleh eko — Maret 1, 2007 @ 4:54 pm | Balas

  99. berjuang dijalan allah akan mendapakkan berkah….Amin…

    Komentar oleh jo'e — Maret 9, 2007 @ 9:33 am | Balas

  100. jihad fi sabillillah…………….

    Komentar oleh rach — Maret 9, 2007 @ 9:53 pm | Balas

  101. ya mudah2n orang yang berbuat seperti itu mendapat ganjaran dari Allah SWT

    Komentar oleh yerma — Maret 11, 2007 @ 4:43 pm | Balas

  102. semoga Allah swt menggutuk org2 yg tlah membuat gambar nabi dgn siksa yg pedih……………..!!!

    Komentar oleh syahrun — Maret 12, 2007 @ 4:54 pm | Balas

  103. aneh… masa gambar aja dilarang… berarti gambar di TV pun dilarang… agama yang aneh….syukur aja kita hidup di negara yang tidak islam fanatik kayak gini…

    Komentar oleh coki — April 2, 2007 @ 1:46 pm | Balas

  104. saya sangat tidak setuju dengan tindakan menggambar karikatur nabi muhammad tsb. saya sangat mengutuk tindakan tsb. sebab nabi muhammad adalah orang suci yang telah membawa kemajuan besar dalam sejarah islam dan orang sesuci nabi tidak boleh digambar dengan cara menerka nerka. tapi selain itu saya pribadi juga tidak setuju dengan demo yang terlalu berlebihan krn itu jg memberikan nama buruk islam

    Komentar oleh kid — April 6, 2007 @ 9:17 am | Balas

  105. syalom semua..
    saya mau ikut nimbrung nih, karena topik ini menarik. biarpun sudah cukup lama panasnya..
    saya seorang nasrani, dalam hal ini salut kepada yang menjadi moderator karena sangat netral. saya pun terus terang tidak setuju dengan penggambaran karikatur itu,apa lagi penggambarannya kerap seperti melecehkan. karena saya berpikir jikalau Yesus yang digambarkan seperti itu tentunya akan timbul rasa kesal karena penghinaan tersebut.
    tapi yang saya bingungkan, apakah harus segala sesuatu dilakukan dengan tindak kekerasan. apakah agama2 yang ada didunia ini mengajarkan untuk kekerasan. saya memiliki beberapa teman beragama islam dan saya sering diskusi mengenai hal2 ini. dan yang saya peroleh dari teman saya sungguh sangat luar biasa, karena bijaksana sekali. karena tanggapan dari dia tidak ada sedikitpun menyinggung untuk kekerasan.
    pernah saya bertanya kepada dia mengenai jihad. dan jawaban dari dia tidak seperti yang orang2 katakan mengenai jihad itu.
    dan menurut saya sendiri jihad yang orang2 lakukan sekarang koq kesannya anarkis sekali.
    karena itu kalau bole saya bertanya, mengenai jihad ini, apakah JIHAD itu sebenarnya?
    apabila seseorang melakukan jihad, bagaimana nasib keluarga yang ditinggalkannya, bukankah dosa jika kita tidak bertanggung jawab atas keluarga kita? (misal: kita sebagai kepala keluarga yang menafkahi,lalu Jihad, siapa yang menafkahi keluarga itu)
    dalam agama katolik, Yesus disiksa dan puncaknya disalibkan, Ia melalui berbagai siksaan, penghinaan, tapi DOA yang keluar dari Nya adalah “BAPA, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”
    dari sepatah doa itu, kami diajarkan untuk tidak membalas hinaan atau apapun kepada kita dengan sama apa yang kita peroleh, melainkan doa kan lawan kita itu. “jikalau pipi kanan mu ditampar, berikanlah pula pipi kiri mu”
    tentunya dalam islam pun ada pengajaran yang seperti itu. bukankah bagus sekali jika kita bisa melakukan hal seperti itu, memang sulit sekali, tapi cobalah sekali anda lakukan, hal tersebut sangat luar biasa.
    seperti inilah saya dengan teman2 saya, diskusi mengenai ajaran2 yang baik dari masing2 agama, dan ternyata semua agama itu sama, hanya saja manusianya saja yang selalu merasa dirinya tahu dan salah menafsirkan pengajaran dari masing2 agama. tidak kristen, katolik, islam , budha , hindu. agama itu mengajarkan kita untuk hidup damai, BUKAN anarkis, agama mengajarkan kita untuk hidup rukun berdampingan bukan memprovokasi..

    saya bukanlah seorang yang suci, yang saleh dan taat banget2, tapi ada suatu rasa bahagia ketika kita bisa sharing dan menciptakan suatu keadaan damai di suatu lingkup. karena itulah saya nimbrung dan berceloteh mengenai hal ini. saya ingin mengajak saudara sekalian berpikir, sudah benarkah tindakan kita semua sekarang ini?
    karena jikalau tindakan kita semua sudah benar dan baik, maka tidak ada lagi kekacauan di muka bumi ini.
    SUDAHKAH kita dapat memaafkan orang yang bersalah kepada kita? karena pada dasarnya Tuhan ALLAH kita semua adalah MAHA PENGASIH, MAHA PENYAYANG..
    tidak perlulah kita memandang suatu perbedaan, janganlah kita menjadikan diri kita fasik dengan fanatik kepada sesuatu yang menurut kita baik. SEGALA SESUATU YANG BAIK AKAN MENGHASILKAN HAL BAIK, TIDAK PERLU KITA BERKATA-KATA LEBAR MENGENAI HAL YANG BAIK, TETAPI TUNJUKKANLAH DIRI KALIAN DENGAN PERBUATAN BAIK.

    terima kasih
    damai beserta saudara sekalian.

    nb: maafkan jikalau ada kata-kata saya yang kurang berkenan.. syallom

    Komentar oleh nicholas — April 10, 2007 @ 10:34 pm | Balas

  106. “saya mau gabung ney memberikan komentar y,walaupun sudah lam bnaget tapi buat say aitu akan jadi berita yang sangat tidak akan terlupakan….
    saya sebagai agama ISLAM yang sangat menjungjung tinggi agama saya…..
    bagi saya pertama maengetahui adanya karikatur nabi.Muhamad S.A.W,bnr2 sangat keterlaluan,saya cuma berharap semoga ALLOH mengutuk orng yang membuat dan menyebarkan karikatur tersebut….
    gmn ngk marah semua umat muslim di dunia yang melihatny….
    Beliau itu bukan sja sebagai nabi tapi udah d utus dan jadi ROSUL memberikan kita pedoman hidup…beliau saja sama ALLOH telah di mulyakan.maka dari itu jika ada yang melecehkan beliau maka terkutuklah orang itu….. mungkin di dunia dia msh selamat tapi…..jangan pernah mereka merasakan indahny surga…… selamnya dia akan di NERAKA JAHANAM……….bersama iblis2.

    Komentar oleh mey — April 11, 2007 @ 12:00 pm | Balas

  107. saya sangat mendukung partisipasi kalian semua……………….insyaallah sukseeees….

    Komentar oleh achmad — April 15, 2007 @ 9:16 pm | Balas

  108. Ya Rabb ujian apa lagi ini, kenapa orang2 kafir begitu menghina agama-Mu yang mulia ini, belum hilang rasa sakit ini mengingat apa yg telah diperbuat orang2 kafir Denmark. Sakit hati ini kembali mengiris bathin setelah Ketua partai kebebasan Belanda Geert Wilders secara provokatif mengatakan, jika seorang Muslim ingin tinggal di Belanda maka mereka harus melempar jauh-jauh setengah Al-Qur’an karena Kitab Suci umat Islam ini mengandung bagian-bagian yang sangat berbahaya dan membawa misi kekerasan. Lebih lanjut Wilders mengatakan “kalau saja Nabi Muhammad masih hidup, niscaya Ia akan di cap sebagai ekstrimis (sumber tindakan terorisme). Saya sebagai muslim mendukung sikap penuh apa yang dilakukan Laskar Pembela Islam, MMI, dsb karena apa yang mereka lakukan demi membela agama Allah (meskipun Allah sendiri tidak perlu dibela) dengan berbagai cara karena kalau kita berdiam diri sama saja kita tak perduli pada agama Allah yang mulia ini, mereka para zionis akan terus menginjak dan menghina islam. Maju terus FPI …. maju terus Islam…. Allahu Akbar ….. Allahu Akbar ….. Allahu Akbar. Allah Tuhan kami Dia tujuan kami, Muhammad sang Rasulullah dia tauladan kami, Al-Qur’an pedoman kami, Jihad jalan juang kami, Mati Syahid harapan kami

    Komentar oleh Faried Fadillah — April 26, 2007 @ 10:58 am | Balas

  109. makasih buat artikel anda. saya baru mengerti kenapa islam melarang membuat gambar…

    Komentar oleh shinta — Mei 3, 2007 @ 3:48 pm | Balas

  110. kadang-kadang ada sebagian orang yang salah mengartikan arti jihad. yang saya tahu islam tidak mengajarkan hal-hal yang berbau anarkis.islam itu indah, damai. AGAMAMU, AGAMAMU, AGAMAKU, AGAMAKU.

    Komentar oleh shinta — Mei 3, 2007 @ 3:54 pm | Balas

  111. saya sangat setuju

    Komentar oleh Redo Rizkiyan — Mei 4, 2007 @ 11:12 am | Balas

  112. manusia-manusia yang dihasut oleh iblis, apakah dengan cara mencaci kembali,membunuh yang mengorbankan nyawa orang lain untuk mempertahankan agama kita masing-masing.apakah yang diajarkan oleh TUHAN kita semua dengan balas dendam???????atau dengan jihad yang kalian sebut dengan mengorbankan orang lain,kita bisa mempertahankan TUHAN kita bukan agama`apakah TUHAN kita maha penyayang?????????kalo tidak baru kita membabi buta menyerang????????????

    Komentar oleh ferry — Mei 4, 2007 @ 9:14 pm | Balas

  113. saya salah seorang istri dari Laskar Pembela Islam yg sudah bergabung selama 2 tahun & saya sudah mengetahui kegiatan2 suami saya di FPI sebelum kita menikah, saya sangat mendukung apa yg telah FPI perbuat selama ini, kalaupun suami saya pergi berjihad dan mati saya ikhlas karena Allah. Untuk suami ku & Laskar Pembela Islam se Tanah Air maju terus, lawan musuh2 Islam kalian.

    Komentar oleh Diah Pitaloka Citra Resmi — Mei 7, 2007 @ 6:17 pm | Balas

  114. sangat sangat tidak setuju karena agamaku agamaku dan agamamu agamamu jadi tidak bergak seseorang memberi gambaran tanpa mengetahui apa yang digambarkan(objeknya)jangan salahkan jika saya menganggap orang seperti itu adalah orang yg tidak berilmu pengetahuan karena sesungguhnya apa yang dijelaskan dan dibicarakan itu harus ada pertanggung jawabannya. sekian….

    Komentar oleh tian — Mei 8, 2007 @ 7:23 pm | Balas

  115. Islam adalah agama yang rahmayan lil alamiin, dan nabi Muhamad adalah tauladan terbaik dan paling sempurna di antara tauladan yang ada di jagat raya ini. klo pun ada yang menghina beliau dengan gambar2 atau karikatur seperti iru! patutkah kita hanya berdiam diri saja? sedangkan ruh ini masih kokoh di jasad kita??? mari kita lawan kedzaliman orang kafir itu, keep your spirit, always jihad di jalan 4JJI, tapi jihad yang selalu membawa islam yang rahman dan rahim bagi seluruh umat…. 4JJI AKBAR!!!!!

    Komentar oleh irma_dee — Mei 9, 2007 @ 5:02 pm | Balas

  116. JAngan pernah terpropokasi sama hal2 aneh tetap pegang teguh tali agama Allah dan Rasullnya yg haq akan tetap haq dan yang batil pasti akan kalah perkuat ukuwah islamiyyah kita sesama umat muslim

    Komentar oleh sadeli — Mei 9, 2007 @ 9:34 pm | Balas

  117. Tergantung iman kita mau dibuat gambar apapun tidak akan mengurangi kebesaran nabi muhamad.setuju?

    Komentar oleh Akhmad — Mei 15, 2007 @ 12:32 pm | Balas

  118. hmm hmm, begitu berangkah saudara-saudaraku?
    buat anda yang merasa benar..merasa tidak berdosa..ketahuilah Tuhan tidak datang kepada orang benar..tapi kepada orang yang sakit. baca Injil lah sekali-kali, karena Injil ada 600 tahun sebelum AlQuran ada. mungkin ini link yang bagus buat anda sekalian http://answering-islam.org/Bahasa/index.html

    wah, mas Budi kok jualan agama di sini…nampaknya anda salah alamat, bung..!! ๐Ÿ˜‰

    Komentar oleh budi — Mei 19, 2007 @ 4:36 am | Balas

  119. Untuk Budi Laknatullah (119), benar injil turun ke bumi 600 th sebelum Al-Qur’an tapi injil yang mana, injil yg lw baca injil palsu. Atau lo ingin “perang” dengan Islam

    Komentar oleh Abu "FF" Jibril — Mei 19, 2007 @ 6:12 pm | Balas

  120. saya mau ikut nimbrung nih, karena topik ini menarik. biarpun sudah cukup lama panasnya..
    saya seorang nasrani, dalam hal ini salut kepada yang menjadi moderator karena sangat netral. saya pun terus terang tidak setuju dengan penggambaran karikatur itu,apa lagi penggambarannya kerap seperti melecehkan. karena saya berpikir jikalau Yesus yang digambarkan seperti itu tentunya akan timbul rasa kesal karena penghinaan tersebut.
    tapi yang saya bingungkan, apakah harus segala sesuatu dilakukan dengan tindak kekerasan. apakah agama2 yang ada didunia ini mengajarkan untuk kekerasan. saya memiliki beberapa teman beragama islam dan saya sering diskusi mengenai hal2 ini. dan yang saya peroleh dari teman saya sungguh sangat luar biasa, karena bijaksana sekali. karena tanggapan dari dia tidak ada sedikitpun menyinggung untuk kekerasan.
    pernah saya bertanya kepada dia mengenai jihad. dan jawaban dari dia tidak seperti yang orang2 katakan mengenai jihad itu.
    dan menurut saya sendiri jihad yang orang2 lakukan sekarang koq kesannya anarkis sekali.
    karena itu kalau bole saya bertanya, mengenai jihad ini, apakah JIHAD itu sebenarnya?
    apabila seseorang melakukan jihad, bagaimana nasib keluarga yang ditinggalkannya, bukankah dosa jika kita tidak bertanggung jawab atas keluarga kita? (misal: kita sebagai kepala keluarga yang menafkahi,lalu Jihad, siapa yang menafkahi keluarga itu)
    dalam agama katolik, Yesus disiksa dan puncaknya disalibkan, Ia melalui berbagai siksaan, penghinaan, tapi DOA yang keluar dari Nya adalah โ€œBAPA, ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuatโ€
    dari sepatah doa itu, kami diajarkan untuk tidak membalas hinaan atau apapun kepada kita dengan sama apa yang kita peroleh, melainkan doa kan lawan kita itu. โ€œjikalau pipi kanan mu ditampar, berikanlah pula pipi kiri muโ€
    tentunya dalam islam pun ada pengajaran yang seperti itu. bukankah bagus sekali jika kita bisa melakukan hal seperti itu, memang sulit sekali, tapi cobalah sekali anda lakukan, hal tersebut sangat luar biasa.
    seperti inilah saya dengan teman2 saya, diskusi mengenai ajaran2 yang baik dari masing2 agama, dan ternyata semua agama itu sama, hanya saja manusianya saja yang selalu merasa dirinya tahu dan salah menafsirkan pengajaran dari masing2 agama. tidak kristen, katolik, islam , budha , hindu. agama itu mengajarkan kita untuk hidup damai, BUKAN anarkis, agama mengajarkan kita untuk hidup rukun berdampingan bukan memprovokasi..

    saya bukanlah seorang yang suci, yang saleh dan taat banget2, tapi ada suatu rasa bahagia ketika kita bisa sharing dan menciptakan suatu keadaan damai di suatu lingkup. karena itulah saya nimbrung dan berceloteh mengenai hal ini. saya ingin mengajak saudara sekalian berpikir, sudah benarkah tindakan kita semua sekarang ini?
    karena jikalau tindakan kita semua sudah benar dan baik, maka tidak ada lagi kekacauan di muka bumi ini.
    SUDAHKAH kita dapat memaafkan orang yang bersalah kepada kita? karena pada dasarnya Tuhan ALLAH kita semua adalah MAHA PENGASIH, MAHA PENYAYANG..
    tidak perlulah kita memandang suatu perbedaan, janganlah kita menjadikan diri kita fasik dengan fanatik kepada sesuatu yang menurut kita baik. SEGALA SESUATU YANG BAIK AKAN MENGHASILKAN HAL BAIK, TIDAK PERLU KITA BERKATA-KATA LEBAR MENGENAI HAL YANG BAIK, TETAPI TUNJUKKANLAH DIRI KALIAN DENGAN PERBUATAN BAIK.

    Komentar oleh arief — Mei 26, 2007 @ 1:34 pm | Balas

  121. yah saya sih cuma bisa kasih satu Doa yang menurut saya bagus buat saudara-saudaraku yang merasa dipojokan.
    ——————————————–

    Doa

    Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai,

    Bila terjadi kebencian,jadikanlah aku pembawa cintakasih

    Bila terjadi penghinaan, jadikanlah aku pembawa pengampunan

    Bila terjadi perselisihan, jadikanlah aku pembawa kerukunan

    Bila terjadi kesesatan, jadikanlah aku pembawa kebenaran

    Bila terjadi kebimbangan, jadikanlah ku pembawa kepastian

    Bila terjadi keputus-asaan, jadikanlah aku pembawa harapan

    Bila terjadi kegelapan, jadikanlah aku pembawa terang

    Bila terjadi kesedihan, jadikanlah aku pembawa sukacita

    (St.Fransiskus Assisi)

    mas Sukro, terima kasih buat doanya, tapi KAMI TIDAK BUTUH DOA DARI UMAT LAIN…terima kasih..

    Komentar oleh sukro — Juni 2, 2007 @ 1:21 am | Balas

  122. Tuk Abu “FF’ Jibril (120) saya mempercayai Injil yang ada
    saat ini sebagai Firman ALLAH kalau anda mengklaim
    injil yang ada saat ini palsu berarti anda tahu /punya yang asli , tolong dong saya dibantu untuk mendapatkan yang asli ….tkasih Tuhan memberkati

    Komentar oleh mbah haryo — Juni 17, 2007 @ 1:34 am | Balas

  123. coment q agam,a kristen pantesz di ejek toh kaum keisten duluan yg munafik ^_^

    Komentar oleh ayu — Juni 30, 2007 @ 11:16 am | Balas

  124. while Sll ฤฐslam world regart with reverence to your prophet and adress him as hz isa a.s (christ) putting a holy prefix
    in front of his name

    Komentar oleh HACKER TURK — Juli 14, 2007 @ 12:53 am | Balas

  125. while Sll ฤฐslam world regart with reverence to your prophet and adress him as hz isa a.s (christ) putting a holy prefix
    in front of his name

    Komentar oleh HACKER TURK — Juli 14, 2007 @ 12:54 am | Balas

  126. ternyata banyak juga orang non muslim yg nimbrung, sakit juga ya mereka nabi muhammad di buatin karikaturnya??? mudah2an iya.

    Komentar oleh lootooo — Juli 20, 2007 @ 3:35 pm | Balas

  127. whatever he always good in my heart

    Komentar oleh wen — Agustus 22, 2007 @ 2:42 pm | Balas

  128. – komentar dihapus, terkait tidak beretika dalam diskusi –

    di sini bukan forum untuk menghina suatu ajaran agama!
    Nabi kami Muhammad SAW, membawa ajaran โ€œuntukku agamaku, untukmu agamamuโ€ฆโ€, tolong anda belajar beretika dan menghargai orang lain, jika anda merasa ajaran agama yang anda anut itu baik,jangan tunjukkan kejelekan anda sendiri!!!

    admin tausyiah275

    Komentar oleh hendra — Agustus 23, 2007 @ 10:39 am | Balas

  129. Denmark, hancurkan ….!

    Komentar oleh Budi brebes — September 8, 2007 @ 2:30 pm | Balas

  130. Whatt??
    Emang kurang ajaR!!
    Kebenaran yg sharusnya menang justru skrg dibalikkan..!

    Komentar oleh pinokio — September 9, 2007 @ 11:38 am | Balas

  131. saya setuju memang pengikut yesus itu bangsa

    Komentar oleh daus — September 11, 2007 @ 12:22 pm | Balas

  132. gw benci yesus

    Komentar oleh daus — September 11, 2007 @ 12:24 pm | Balas

  133. yesus mengasihi daus…. amin

    Komentar oleh pitik — September 12, 2007 @ 11:46 am | Balas

  134. Dimana ada kebajikan pasti disitu ada kabathilan, umat islam harus selalu berfikir kritis terutama dengan kondisi sekarang. Kebathilan Insya Alloh akan kalah dengan kebajikan amiiii ……n

    Komentar oleh gagah_n — September 14, 2007 @ 4:29 pm | Balas

  135. bego,tolol,s”

    Komentar oleh bego — September 21, 2007 @ 11:49 am | Balas

  136. memang bnr _bnr agama krsten itu munafk …………. yang meng hina agama islam ……………… makanan aj babi pang gang ,,,,,,,,,,,,,, ama anjing …. pantasan aj kayak binatang ………………………….. itu adalah hewan yang haram dan tidak d sukai allah SWT

    Komentar oleh pamungkas — September 21, 2007 @ 3:35 pm | Balas

  137. Beruntung lah Manusia yang telah memilih Islam sebagai Agamanya, dan al- Qur’an sebagai Kitab sucinya

    Komentar oleh Rasyidin — September 28, 2007 @ 10:03 am | Balas

  138. saya kepingin bertaubat

    Komentar oleh kliwon_sejati — September 28, 2007 @ 10:57 pm | Balas

  139. saya pengen tau jelas tentang kisah2 Nabi dan rosul, bisa bantu kasih tau gak?

    Komentar oleh rozak — September 30, 2007 @ 9:40 am | Balas

  140. mbah haryo, tanya saja dengan tuhan anda yang hanya memakai celana dalam yang gak jelas mereknya belikan dong celana 3/4 merk Billabong atau Rip Curl gitu, kenapa setiap natal anda memakai celana dan baju bagus kalau yesus (kalo kata lu tuhan), mau tahu injil yang asli cari di gramedia (eh sorry itu palsu juga ya … !) remember man jesus is not god just human …. stupid human lah.

    Komentar oleh Abu "FF" Jibril — Oktober 29, 2007 @ 6:20 pm | Balas

  141. untuk mbah haryo taubatlah …. pilih islam, insya Allah selamat dunia akhirat

    Komentar oleh Diah Pitaloka — Oktober 29, 2007 @ 6:34 pm | Balas

  142. untuk pitik, yesus mengasihi daus, duas tukang kredit atau daus tukang jagal kambing

    Komentar oleh Abu "FF" Jibril — Oktober 29, 2007 @ 6:37 pm | Balas

  143. Apa? apa bedanya Muhammad ma lia eden? ama peristiwa yang terjadi sekarang ini.kwkwkwk

    Komentar oleh Sukro — November 6, 2007 @ 10:20 pm | Balas

  144. Bego lu pade kafir, bahas2 yang ga perlu

    Komentar oleh Abdullah modor — November 7, 2007 @ 11:16 am | Balas

  145. Harus kita akui bahwa kita sebagai muslim di indonesia kebanyakan pada gede rasa dan dan anarkis, saya jadi malu jadi muslim. bukan ajaranya yg salah. ada ayat membunuh orang lain ada jaminan masuk sorga?? hadis siapa demikian itu?? kita puasa tempat orang dirusak?? maksiat dilarang?? dosa itu seumur manusia pertama adam hawa.. jadi mau dilarang2 kagak ada manfaatnya, pertebal iman masing2 bung dan urus diri kita masing2. persiapkan diri kita untuk masa depan. ingat kita hidup didunia bukan disurga sekarang, jadi harus baik kepada semua ciptaan Tuhan. dan ingat.. gak ada agama manapun yang membenarkan pembunuhan..

    Wassalam,
    Ali Hasan bin abdullah

    Komentar oleh Ali Hassan — November 7, 2007 @ 11:26 am | Balas

  146. hanya orang yang dimurkai Allah yang berani melakukan hal itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Pemberi Siksa. Keindahan suatu gambar yang dibuat oleh manusia tidak ada yang bisa menandingi dengan gambar yang diciptakan Allah. Celakalah bagi orang yang berani melakukannya.

    Komentar oleh remon — November 23, 2007 @ 11:18 am | Balas

  147. YG PALING DIMURKAI ALLAH ADALAH YANG BERANI MELAKUKAN HAL SEPERTI ITU.

    Komentar oleh M.FAUZAN IHSAN — Desember 3, 2007 @ 8:46 pm | Balas

  148. laknat.. tunggu aja balasanx! Insya Allah..

    Komentar oleh putra — Desember 14, 2007 @ 10:23 am | Balas

  149. kita sebagai orang yang beragama(islam)jangan kita terpengaruh dengan orang orang kafir karena pada akhir hayat kita pasti menang dan mereka akan benar benar sengsara :AMIN”

    Komentar oleh jay — Desember 15, 2007 @ 7:58 pm | Balas

  150. nabi muhamad di gambar?? sok tau banget tuch orang… semoga allah membalas perbuatan mereka,,, “amin”

    Komentar oleh nuri — Desember 17, 2007 @ 12:43 pm | Balas

  151. untuk sukro (145) anda ingin benar-benar islam bersatu untuk mengalahkan agama yg sedang anda anut ini, sadar mas taubatlah … pilih agama yang sesuai dengan syariat Allah bukan agama buatan manusia yg ditelah diciptakan oleh yesus

    Komentar oleh Abu Jibril — Desember 24, 2007 @ 11:34 am | Balas

  152. no comen

    Komentar oleh jimmy — Februari 3, 2008 @ 1:41 am | Balas

  153. Allah menciptakan manusia untuk beribadah dan mencari kehidupan di alam ini, kita para umat-Nya gak pernah sadar akan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. manusia memang terkutuk.

    Komentar oleh edy siswanto — Februari 5, 2008 @ 10:07 am | Balas

  154. berpikirlah bahwa dunia ini akan hancur karna ulah manusia itu sendiri, marilah kita bertaubat untuk agama kita, ayo semangat karna

    Komentar oleh edy siswanto — Februari 5, 2008 @ 10:27 am | Balas

  155. Umat Islam aja nggak tahu Nabinya tapi sok tahu, katanya karikatur nabi muh itu melecehkan. Atas dasar apa itu memang nabi muh yang dibuat karikatur, atas dasar apa u.muslim marah.

    Komentar oleh budi — Februari 5, 2008 @ 3:13 pm | Balas

  156. Buat Pamungkas atas dasar apa anda menghina ciptaan Tuhan bahwa anjing babi itu naji…………yang najis itu mulut kamu yang bau tahi

    Komentar oleh budi — Februari 5, 2008 @ 3:17 pm | Balas

  157. Untuk Diah Pitaloka, namanya FPI adalah Front Pemalak Independen jadi jalannya jalan ke neraka sukanya ngebom mana ada jalan Tuhan untuk memusnahkan umat ciptaan-Nya sendiri. Sadarlah berapa tempat hiburan di Jakarta memberi upeti kepada FPI supaya jangan diserang, itu kenyataan yang perlu di ungkap, jika ada yang nggak mau akan didemo bahkan dirusak memberi kesan kurang aman untuk pengunjung tempat hiburan tersebut (apa itu namanya Front Pembela Islam) tolong jelaskan islam yang mana sifatnya begitu mencari keuntungan, padahal D FPI adalah kumpulan para pengangguran yang di kumpulkan oleh Habib sialan itu.

    Komentar oleh Dono — Februari 6, 2008 @ 10:51 am | Balas

  158. Kok malah bangga makan uang haram dari memeras.
    Untuk Diah Pitaloka

    Komentar oleh Dono — Februari 6, 2008 @ 10:53 am | Balas

  159. zzzzzzzzzzzzzzzzz

    Komentar oleh sharon — Februari 6, 2008 @ 5:49 pm | Balas

  160. Saya adalah murtadin, karena di islam penyebutan nama Tuhan itu dengan sembarangan (Allah Maha Besar), kalau udah gitu boleh melakukan perbuatan anarkis, akhirnya saya menemukan jalan yang lebih mulia mengakui Tuhan Yesus sebagai penolong dan merupakan Jalan keselamatan.

    Komentar oleh Ayub bin Kartubi — Februari 8, 2008 @ 9:10 am | Balas

  161. semoga ALLAH melaknat orang itu!!!
    emg spa dy brani2 menggmbr RASULULLAH!!!!!!

    Komentar oleh dimas — Februari 10, 2008 @ 2:32 pm | Balas

  162. Dimas apa tahu foto nabimu, terus karikatur itu kamu percayai nabumu kok lucu belum tahu gambar/foto nabinya kok marah-marah!!!!!!!!!!!!! apa memang tabiat orang islam itu pemarah??????????

    Komentar oleh Ayub bin Kartubi — Februari 11, 2008 @ 1:26 pm | Balas

  163. Umat muslim pada umumnya latah nggak pakai otak mengandalkan pedang dan cepat bertindak untuk menghakimi bahkan menyingkirkan umat pilihan Tuhan.

    Komentar oleh Ayub bin Kartubi — Februari 11, 2008 @ 1:57 pm | Balas

  164. ambo katuju bana akhi allahuakbar

    Komentar oleh rifo — Februari 12, 2008 @ 9:41 pm | Balas

  165. untuk sumua muslim
    Tolong jawab pertanyaan saya no.164 dan pernyataan budi no.157 apa anda tahu nabimu bentuk wajah dan tubuhnya gimana????? kok marah dibuat karikaturnya????????

    Komentar oleh Ayub bin Kartubi — Februari 13, 2008 @ 4:04 pm | Balas

  166. bikin sebel aja

    Komentar oleh retnam — Februari 25, 2008 @ 12:34 pm | Balas

  167. ya akhi betul itu kita harus bela agama kita yaitu islam

    Komentar oleh prajata — Februari 25, 2008 @ 3:22 pm | Balas

  168. rasulullah itu tidak bisa dui gambar akhi beliau adala manusia sempurna yg di ciptakan allah beliau adalah cahaya makanya beliau tidak bisa di lukis dan di fhoto ya kan akhi

    Komentar oleh prajata — Februari 25, 2008 @ 3:26 pm | Balas

  169. Paece man, perdamaian kapan lagi dimulai

    Komentar oleh budiman — Februari 25, 2008 @ 4:35 pm | Balas

  170. @All muslim
    Kenapa nabimu nggak ada fotonya atau gambarnya??
    karena disuruh naik haji dan nyium hajar aswad aja udah napsu, maka nabimu itu malu kalau nanti di cium sama orang banci????????? dikira nanti apa ya ….?????

    Komentar oleh budi yang baik hati — Februari 26, 2008 @ 1:53 pm | Balas

  171. Udah lah,,jelas peradaban nya udah beda,kaum kristiani udah jauh lebih maju peradabannya.jadi diskusi pun pasti gak nyambung,agama yang lain itu udah dipenuhi segala kebencian,,Kita bisa liat kok,perdamain itu ada di negara islam atau di negara yang mayoritas kristen,silahkan nilai aja..

    Komentar oleh MEdan — Maret 1, 2008 @ 12:17 pm | Balas

  172. saya siap jihad demi islam ,

    jihad dalam bentuk apa saja,
    buat membasmi yahudi,nasuani,dll

    Komentar oleh agung — Maret 7, 2008 @ 8:29 pm | Balas

  173. kita baslahmi oang-orang yang telang menghina agama kita islam……
    inyallah dengan ijin ALLAH saya siap buat jihad

    Komentar oleh fajar — Maret 14, 2008 @ 11:02 pm | Balas

  174. Tebarkanlah Salam Di muka Bumi ini Janganlah Kamu Ciptakan Kebencian. Bagimu Agamamu Dan Bagiku Agamaku.
    Orang Punya Aturan, Keluarga punya Aturan,Negara Punya undang _Undang. Dan Agamapun Mempunyai peraturan.
    Nabi Muhammmad SAW Adalah Junjungan Kami ( umat Islam) Kami Tidak Mengusik Kamu (umat kamu ) Mengapa Kamu Mengusik Kami(Islam)Dengan Karikatur Tsb (Wallahu’alam) Hormatilah Orang Lain Jk Kam Ingin Dihormati. Lebah pun akan marah Jika di usik.

    Komentar oleh samhudi — Maret 18, 2008 @ 12:58 pm | Balas

  175. sekarang kaum kafir sudah berani menyerang dengan terang2an, kelak mereka akan menyerang dengan senjata,..bersiaplah untuk jihad berperang di jalan Allah,..waktunya mungkin sudah dekat

    Komentar oleh sudarso — Maret 25, 2008 @ 6:43 pm | Balas

  176. Ass.

    Terimaksih Anda tlah membicarakan hal ini, dan mengambil beberpa firman Allah SWT, yang menjelaskan masalah ini.

    Jujur, saya sbgai umat muslim sangat tersinggung dan sya rasa itu adlh sBuah pelechan. Begitu beraninya mereka meng’karikatur’kan Nabi Muhammad SAW.

    Semga, Allah memberi hidayah pd mereka.
    Amin.

    Komentar oleh Qorie — Maret 30, 2008 @ 11:54 am | Balas

  177. Ass.

    Trimaksih, Anda tlah membahas hal ini, dan memberikan beberapa dalil. Sehingga saya menjadi mengerti.

    Jujur, saya (dan mgkin umat Islam yang lain) merasa sangat tersinggung dan sya pkir itu sebuah pelecehan bagi agam Islam dan Nabi Muhammad SAW.

    Smoga, Allah memberikan mereka hidayah.
    Amin.

    Komentar oleh Qorie — Maret 30, 2008 @ 11:58 am | Balas

  178. Itu Tidak Betul

    Komentar oleh Hamba Allah — April 17, 2008 @ 4:23 pm | Balas

  179. Assalamu alaikum

    Perbedaan dalam menilai sesuatu merupakan anugerah dari ilahi kepada hambanya.Yang jelas niatan dari sipembuat karikatur tentu saja ada, entah itu sebagai propaganda ataupun apresiasi seni (apalah positif thinkingnya).
    Kesabaran dalam menghadapi cobaan bersama dalam hal ini pengerusakan nama islam sangat dibutuhkan, menilai diri sendiri baru menilai orang lain (introspeksi diri baru retrospeksi). Mengukur tingkat kapasitas akhlakul karimah yang kita miliki masing-masing lalu kemudian menisbahkan hal lain tersebut kemudian mengambil simpulan (kenapa mesti repot memikirkan hal tersebut sementara Allah SWT telah menetapkan segala sesuatunya; bercerminlah dulu apakah sudah lengkap shalatmu dalam keseharian?? sampai mau memikirkan hal yang lebih jauh; segala sesuatu pasti ada hikmah dibaliknya; orang sabar disayang Tuhan) tentu saja banyak yang kemudian bisa jadi alasan mungkin karena ketidakmampuan sesorang tersebut dalam hal keinginan membela agamanya atau sekedar ingin dikatakan orang sabar.
    Yang jelas dan yang saya pahami selama tidak menyinggung hal yang prinsipil dan masih dalam batas toleransi hal tersebut masih dapat di maafkan (kami yang merasa umat islam) bahkan kalian yang sabarpun pasti memiliki titik jenuh.

    Hajar bleh saya ikut dibaris depan…
    Panggil-panggil jo kalau mau jihad…

    ALLAHUMMA ANA….
    ALLAHU AKBAAAAAAAAARRRR…………….

    Komentar oleh jr_opal — April 19, 2008 @ 3:05 am | Balas

  180. wahโ€ฆ.kalo ada masalah ginian barulah umat islam bisa mengatakan dilecehkan, bagaimana pernyataan imam samudra dan kawan2nya yg mengatakan membunuh umat lain halal baginya,,,,? katanya itu perintah alquran..? dan akan dijemput bidadari, kok umat islam diem aja semua..? apakah mendukung pendapat merekaโ€ฆ? kok dak itu aja yang dikritisi, atau lebih jelas lagi para tki diarab dan di negara lainnya disiksa, malahan bungkam semua di mana tim pembela islam saat itu,,? apa hanya mampu membela teroris seperti imam samudra cs ajaโ€ฆ? sedangkan para tki disiksa malah diem aja, atau hanya pinter ngurus goyang artis dan simbol-simbol sajaโ€ฆ? wahโ€ฆ..dahsyat tuhโ€ฆโ€ฆ.berarti ajaran imam samudra cs adalah bener menurut pandangan islam karena semuanya diem seribu bahasaโ€ฆ.sebenarnya hal inilah yang paling melecehkan islam, mana ada agama mengajarkan membunuh orang lain akan mendapatkan sorga…..?

    Komentar oleh pekak — April 20, 2008 @ 9:35 am | Balas

  181. Saya kurang setuju deh, dengan menggambarkan berarti kita menduakan Allah. Justru sebaliknya kita mengingat dengan mudah sesuatu hal dengan aktualisasi dalam bentuk visual (gambar). Bukan berarti kita jadi menTuhankan gambar tersebut, tetapi mengaktualisasikannya dengan Visual yang bisa kita imaginasikan

    Komentar oleh hendra — April 21, 2008 @ 3:15 pm | Balas

  182. Saya sependapat dengan teman kita pekak, kita terlebih dahulu memikirkan diri kita. apakah kita sudah suci bener dimata Tuhan? Jangan kita hanya bisa melihat setitik noda yang jauh. Tetapi kita tidak dapat melihat gajah di pelupuk mata. Coba kita lihat berapa orang TKI kita yang tersiksa di negara Arab n Malaysia??? Di mana yang nama nya Front Pembela Islam saat itu??? Kenapa repot membela Imam CS yang nota bene sedah jelas2 menghilangkan nyawa orang dan terlebih lagi mengakui perbuatannya?? Mari kita sama2 melihat yang benar,..jangan karena satu iman trus kita bela namun jelas2 dia bersalah,..Mari kita berkaca dengan KEADILAN TUHAN. saya kira kita semua setuju kalo saya katakan bahwa Allah sebenarnya menghendaki adanya orang2 dengan paham Imam cs maupun Taliban.

    Komentar oleh hendra — April 21, 2008 @ 3:24 pm | Balas

  183. ana mengutip tulisan akhi ikhsan
    1. Bentuk-Bentuk Menghina Rasul

    Imam Ibnu Taimiyah dalam bukunya โ€œAsh Sharim Al Maslul โ€˜ala Syatimi Ar Rasulโ€ telah menjelaskan batasan tentang tindakan orang-orang yang menghujat Nabi Muhammad saw. Sebagai berikut:

    โ€œKata-kata yang bertujuan menyalahkan, merendahkan martabatnya, kemudian melaknat, menjelek-jelekkan, menuduh Rasululullah saw. tidak adil, meremehkan serta mengolok-olok Rasulullah saw.โ€

    Ibnu Taimiyah menukil pendapat Al Qadlo โ€˜Iyadl yang menjelaskan bentuk-bentuk hujatan Nab saw. sebagai berikut:

    โ€œOrang-orang yang menghujat Rasululah saw. adalah orang-orang yang mencela, mencari-cari kesalahan, menganggap pada diri Rasul saw. ada kekurangan atau mencela nasab (keturunan) dan pelaksanaan agamanya. Selain itu, juga menjelek-jelekkan salah satu sifatnya yang mulia, menentang atau mensejajarkan Rasululah saw dengan orang lain dengan niat untuk mencela, menghina, mengecilkan, memburuk-burukkan dan mencari-cari kesalahannya. Maka orang tersebut adalah yang orang yang telah menghujat Rasul saw. terhadap orang tersebut, ia harus dibunuh . . .โ€

    2. Vonis mati

    Imam Asy Syaukani menukil pendapat para fuqaha antara lain pendapat Imam Malik yang mengatakan bahwa orang kafir dzimmi seperti Yahudi, Nashrani, dan sebagainya, yang menghujat Rasulullah saw. terhadap mereka hars dijatuhi hukuman mati, kecuali apabila mereka bertaubat dan masuk Islam. Sedangkan bagi seorang Muslim, ia harus dieksekusi tanpa diterima taubatnya. Imam Asy Syaukani mengatakan bahwa pendapat tersebut sama dengan pendapat Imam Syafiโ€™i dan Imam Hambali.

    Imam Asy Syaukani dalam kitab โ€œNailul Autharโ€ jilid VII, halaman 213-215, mengemukakan dua hadits tentang hukuman bagi penghinaan Rasulullah saw.

    Diriwayatkan dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib ra. yang berbunyi:

    โ€œBahwa ada seorang wanita yahudi yang sering mencela dan menjelek-jelekkan Nabi saw. (oleh karena perbuatannya itu), maka perempuan itu telah dicekik sampai mati oleh seorang laki-laki. Ternyata Rasulullah saw. menghalalkan darahnyaโ€. (HR Abu Daud)

    Ibnu Abbas telah meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi, bahwa ada seorang laki-laki buta yang istrinya senantiasa mencela dan menjelek-jelekkan Nabi saw. Lelaki itu berusaha melarang dan memperingatkan agar istrinya itu tidak melakukannya. Sampai pada suatu malam (seperti biasanya) istrinya itu mulai lagi mencela dan menjelek-jelekkan Nabi saw. (Merasa tidak tahan lagi), lelaki itu lalu mengambil kapak kemudian dia tebaskan ke perut istrinya dan ia hunjamkan dalam-dalam sampai istrinya itu mati. Keesokan harinya, turun pemberitahuan dari Allah swt kepada Rasulullah saw yang menjelaskan kejadian tersebut. Lantas , hari itu juga beliau saw. mengumpulkan kaum muslimin dan bersabda:

    โ€œDengan menyebut asma Allah, aku minta orang yang melakukannya, yang sesungguhnya tindakan itu adalah hakku; mohon ia berdiri.โ€

    Kemudian (kulihat) lelaki buta itu berdiri dan berjalan dengan meraba-raba sampai ia turun di hadapan Rasulullah saw, kemudian ia duduk seraya berkata:

    โ€œakulah suami yang melakukan hal tersebut ya Rasulullah saw. Kulakukan hal tersebut karena ia senantiasa mencela dan menjelek-jelekkan dirimu. Aku telah berusaha melarang dan selalu mengingatkannya, tetapi ia tetap melakukannya. Dari wanita itu, aku mendapatkan dua orang anak (yang cantik) seperti mutiara. Istriku itu sayang padaku. Tetapi kemarin ketika ia (kembali) mencela dan menjelek-jelekkan dirimu, lantas aku mengambil kapak, kemudian menebaskannya ke perut istriku dan menghujamkan kuat-kuat ke perut istriku dan menghujamkan kuat-kuat sampai ia mati.

    Kemudian Rasululah saw. bersabda:
    โ€œSaksikanlah bahwa darahnya (wanita itu) halalโ€ (HR. Abu Daud dan An Nasaโ€™i)

    3. Siapa pengeksekusi?

    Empat belas abad yang lalu, tepatnya di kota madinah pada masa Rasulullah saw. ada seorang munafiqun yang bernama Abdullah bin Ubay bin salul. Ketika itu ia bersumpah:

    โ€œDemi Allah, apabila aku kembali ke Madinah, tentu orang yang paling mulia akan segera mngusir orang yang paling hina.โ€

    Maksud Abdullah bin Ubay adalah bahwa dirinya yang ketika itu termasuk pemimpin di antara pemuka kalangan munafiqun yang menganggap lebih mulia daripada Rasulullah saw; dan bahwasanya Rasulullah Muhammad saw. itu adalah orang yang paling rendah martabatnya di antara mereka. Dengan demikian, beliau tidak layak lagi memimpin mereka. Begitulah maksud Abdullah bin Ubay.

    Berita tersebut didengar oleh Zaid bin Al Arqam, kemudian ia menyampaikannya kepada Umar. Umar sangat geram mendengar hal ini, lalu ia melapor kepada Rasulullah saw. Dengan menahan emosi, ia berkata, โ€œIzinkan aku, ya Rasulullah, untuk membunuh orang itu, orang yang telah menyebarkan fitnah, agar aku dapat memancung lehernya.โ€

    Mendengar permintaan Umar itu, Rasulullah saw lalu bertanya, โ€œApakah engkau akan membunuhnya, bila kuizinkan engkau melakukannya?โ€

    Umar menjawab, :โ€ ya tentu. Demi Allah, jika engkau memerintahkan kepadaku untukmembunuhnya, maka aku akan memancung lehernya, (sekarang juga).

    Rasulullah saw berusaha menenangkan emosi umar, seraya berkata โ€œDuduklah duluโ€.

    Tak lama kemudian, datanglah salah seorang terkemuka dari kalangan Anshar yang bernama Usaid bin Hudlair. Ia kemudian berkata โ€œYa Rasululullah, izinkanlah aku untuk memancung leher orang yang telah menyebarkan fitnah di tengah masyarakat ituโ€

    Kembali Rasulullah saw berlata persis seperti apa yang dikatakan Beliau kepada Umar: โ€œApakah engkau akan membunuhnya, bila kuizinkan engkau melakukannya?โ€

    Usaid bin Hudzair menjawab: โ€œYa tentu saja. Demi Allah, jika engkau memerintahkan kepadaku untuk membunuhnya, maka aku akan memancung lehernya, (sekarang juga).โ€

    Tetapi, lagi-lagi Rasulullah tidak mengijinkan Usaid melepaskan geramnya.

    Berbeda dengan itu, setelah usai Perang Badar, seorang gembong Yahudi bernama Abu โ€˜Afak terus menerus menampakkan permusuhannya pada Islam dan melakukan penghinaan pada Rasulullah SAW. Diantaranya ia menyuruh penyair untuk membuat syaโ€™ir-syaโ€™ir yang mengandung cacian, celaan, cercaan, dan penghinaan terhadap Nabi SAW. Mendengar hal ini, tanpa banyak komentar seorang sahabat bernama Salim bin Umar mendatangi rumah Abu โ€˜Afak. Kemudian ia menebaskan pedangnya di leher Abu โ€˜Afak sehingga seketika itu juga matilah dia.

    Juga pernah suatu waktu ada seorang Yahudi bernama Asma binti Marwan yang sangat membenci Islam. Ia selalu melontarkan perkataan-perkataan yang mengandung penghinaan terhadap Nabi dan Islam. โ€˜Umair bin โ€˜Auf, salah seorang sahabat Nabi mendatangi rumah Asma lalu menancapkan pedang ke dadanya. Ia pun mati. Mensikapi kedua kejadian terakhir ini Rasulullah SAW mendiamkannya.

    Nampaklah, sikap Rasulullah SAW tidak mengijinkan membunuh orang munafik Abdullah bin Ubay karena Beliau khawatir orang-orang mengatakan โ€œMuhammad telah membunuh sahabat-sahabatnyaโ€. Bahkan Beliau bersedia menshalatkannya saat ia meninggal. Namun, Allah segera menurunkan larangan tentang hal itu (lihat surat at Taubah ayat 84). Sementara, untuk kasus lainnya, pengeksekusinya adalah para sahabat yang gagah berani dengan seijin Rasulullah sebagai Kepala Negara.

    Komentar oleh ikhsan — April 22, 2008 @ 4:39 pm | Balas

  184. agma itu jangan dipermainkan thu g……………………….?

    Komentar oleh muhammad darwis — April 24, 2008 @ 2:43 pm | Balas

  185. adnda benar! islam itu sempurna dalam segala hal!

    Komentar oleh jawir — April 27, 2008 @ 3:37 pm | Balas

  186. Benar tuh jangan sekali-kali mempermainkan ISLAM,ISLAM itu agama yang paling sempurna

    Komentar oleh aep — Mei 6, 2008 @ 1:01 pm | Balas

  187. alhamdulillah…. semoga kita tetap diberikan kekuatan untuk melawan kebatilan.aaaamiiiin

    Komentar oleh mukminin — Mei 13, 2008 @ 9:24 pm | Balas

  188. yang gambar DAH BOSAN HIDUP

    Komentar oleh PACUY — Mei 14, 2008 @ 9:02 pm | Balas

  189. Ass.
    saya juga ga setuju. biarlah Allah yang mengadilinya. mungkin dengan memberikan kita kemampuan dan kecemerlangan otak hingga kita tidak perlu tergantung lagi segala-sesuatunya kepada dunia barat sehingga kita bisa mengalahkan mereka melalui kecerdasan kita. tanpa harus mengorbankan orang-orang yang tidak berdosa.
    dan semoga Allah mengampuni mereka dengan porsi yang disediakan oleh Allah, karena hanya dia yang berhak atas hidup mati, pemberian maaf atau berkah. bukan kita. jadi biar Allah sendiri yang membuka kebenaran (jika kita sudah hanya bisa berdoa)

    Komentar oleh LMH — Mei 15, 2008 @ 5:37 pm | Balas

  190. terus terang saya tidak mengerti kenapa menggambar atau melukiskan sesuatu itu salah…kasian donk para seniman yang demen menggambar orang atau makhluk hidup…aduh rada bolot neh…tapi jujur kalo tujuan gambar itu menghina atau menjelekkan seseorang itu sangat tidak dibenarkan. tapi kalo selama itu seni (orang seni kadang susah dimengerti) tanpa ada maksud melecehkan it ok aja…dalam konteks yang benar…saat baca tulisan awal dalam blog ini aku tidak menemukan referensi yang kuat. yang disalahkan adalah pemikiran dan maksud2 dari mereka yang memang berniat melecehkan tapi kalo semua orang yang menggambar/melukis suatu objek disalahkan…well gawat donk buat teman2 seni kita…tergantung pola pikir kita aja…maap yah bapak,ibu,kaka en ade sekalian…semoga pemikiran saya yang sederhana ini bisa jadi masukan…wassalam ;D

    Komentar oleh nia — Mei 28, 2008 @ 4:35 pm | Balas

  191. sebaikya jangan dibiarkan bagi orang yang membuat karikatur Nabi MUHAMMAD (HARUS DIHUKUM )

    Komentar oleh agsal — Juni 3, 2008 @ 2:14 pm | Balas

  192. LEBIH BAIK BIDOSTOB BIKIN DOSASEBELUM TOBAT DARI PADA HARUS MENGABAR KARIKATUR NABI MUHAMMAD….;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;

    Komentar oleh agsal — Juni 3, 2008 @ 2:19 pm | Balas

  193. bangsat

    Komentar oleh Zamroni — Juni 6, 2008 @ 4:04 pm | Balas

  194. Saya setuju, karena kalau gambar nabi dan malaikat dibuat, kesalahan masa silam akan terulang lagi. Artinya umat ini akan menyembah gambar tersebut. Padahal sebenarnya bukan gambarnya yang harus disembah tetapi suri tauladan yang dicontohkan Rasul itulah yang harus diikuti.

    Komentar oleh Om Diki — Juni 17, 2008 @ 9:56 am | Balas

  195. aku bingung, katanya sempurna. kog masih ada terorist, lonte dan penjahat?

    Komentar oleh DODO — Juni 18, 2008 @ 3:48 pm | Balas

  196. hai kau ummat muslim di dunia perangari orang2 yang menhina sesamanya

    Komentar oleh jihat — Juli 2, 2008 @ 12:21 pm | Balas

  197. setan kamu yang membacanya, yang membiarkan nabi kita di hina………….. tai laso

    Komentar oleh jihat — Juli 2, 2008 @ 12:23 pm | Balas

  198. terkutuklah yang menggambar itu

    Komentar oleh arief — Juli 27, 2008 @ 10:54 pm | Balas

  199. “semoga orng yg memggmbr “junjungan kita semua”nabi Muhammad saw’betobat,bahwa apa yg di lakukanny itu adlh perbuatan Dosa yg bisa memancing Amarah seluruh umat islam di dunia”SukRon WA Jazakumullahu Khoiro”:-)

    Komentar oleh zain — Agustus 6, 2008 @ 3:16 pm | Balas

  200. assalamu’alaikum…

    ALLAH pasti membalas semua perbuatan orang-orang yang melecehkan Islam…

    Jika kamu menolong agama ALLAH, niscaya ALLAH akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanu.. (QS.Muhammad;7)

    yakin akan balasan ALLAH di hari akhir nanti…

    Komentar oleh zakiyyah ahsanti — Agustus 8, 2008 @ 8:49 am | Balas

  201. kenapa ya pada marah, kalo nabi muhammad dihina, padahal Tuhan aja diem, diem aja tuh, kalo Yesus yang dihina, pasti gak ada yang protes, karena Yesus sendiri juga tahu, yang ngehina pasti gak kenal Dia. Jadi umatnya juga gak akan marah2.. cuma pengen diskusi hehe

    Komentar oleh hans — Agustus 13, 2008 @ 1:01 pm | Balas

  202. syukron Akh…ana minta tolong kirimkan penjelasan apakah kita boleh menyalurkan bakat menggambar kartun?apakah seni gambar juga tidak boleh?trus bagaimana penyalurannya?apakah dibiarkan gitu aja dan gak boleh dikembangkan?tips2nya apa aja kalo kita punya bakat menggambar kartun?apakah dakwah dg media kartun juga tdk boleh?soale di LDK ana kartun kadang juga jadi media syi’ar gitu.tolong dikirim ke alamat email ana ya!kalo boleh ana juga minta alamat email antum agar bisa lebih banyak tanya langsung!and biar bisa silaturahim juga. Smoga antum selalu diberkahi Allah Akhi…!AMIEN. Syukron jazakallah khoiron katsiron…ALLAHU AKBAR!!

    Komentar oleh agung — Agustus 25, 2008 @ 5:28 pm | Balas

  203. ASS
    sebenrnya itu kan kpercyaan stiap mnusia tapi apakah yg di smbhnya benda mati akn memberi nikmat
    yg dpt memberi knikmatan n cobaan hanyalah allah
    dan sya sbagai org muslim sgt marah bila islam di lecehkan apa lagi nabi muhammad mgkn kmi yg ber agama islam mau bunuh2 han demi membela agama kami
    demikianlah komen saya
    WRB

    Komentar oleh laylan tissa — September 5, 2008 @ 4:43 pm | Balas

  204. khilafah……………..kita sip lanjutkan risalahmu

    Komentar oleh budi — September 9, 2008 @ 3:22 pm | Balas

  205. saya jg sangat setuju…
    sbagai orang islam kita merasa sangat d’lecehkan…
    padahal kn “MEREKA” tdk pernah mlhat Rasulullah.
    seenak ny ajj bkin karikatur.
    ayo kita tetap brjuang d’jalan Allah..!
    Allahu Akbar…!!!

    Komentar oleh aliya — September 13, 2008 @ 7:14 am | Balas

  206. jangan pake emosi. orang-orang kafir-yahudi-musyrik LAKNATULLAH memang sengaja berbuat itu. kalau kita berbuat anarkis, menang lah mereka yang dirindukan nereka.

    Komentar oleh muslim — September 13, 2008 @ 1:08 pm | Balas

  207. wah-wah cebetulnya nabi muhammad itu ada gak
    jangan-*jangan hanya
    KATANYA

    Komentar oleh NIKONIKO — Oktober 19, 2008 @ 9:27 am | Balas

  208. “ALLAAHUMMA YA AZIZ YA MUNTAQIM!,
    satukanlah hati-hati semua umat islam dengan ikatan yang satu, demi mempertahankan tanah suci BAITULMAQDIS,
    berikanlah kepada kami kemenangan yang hakiki dan seterusnya memperolehi kejayaan abadi di akhirat nanti, lembutkanlah hati-hati kami untuk sentiasa menghulurkan pertolongan dan bantuan kepada saudara-saudara kami di palestin dan jadikanlah kehidupan kami sebagai secebis perjuangan untuk membebaskan bumi yang tercinta PALESTIN.”

    Komentar oleh klon88 — Oktober 21, 2008 @ 4:21 pm | Balas

  209. segala yang dibenarkan Allah maka jalankan dengan iklas

    Allahuakbar …

    Allah maha besar

    Komentar oleh alifianti — Oktober 24, 2008 @ 1:30 pm | Balas

  210. Kita harus mensyukuri apa yang di berikan oleh Alloh, dan juga kita harus menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.karena kenapa, hanya pada Alloh lah kita berlindung dan meminta keselamatan.terima kasih.

    Komentar oleh Agus — November 5, 2008 @ 2:20 pm | Balas

  211. ALLAH SWT AKAN MENGUTUK ORANG2 YANG BERANI MEMPERMAINKAN AGAMA ISLAM,

    Komentar oleh faris_ctoz@yahoo.com — November 8, 2008 @ 8:17 pm | Balas

  212. seharusnya yg didemo itu yg bikin gambar aja,jangan seluruh rakyat denmark dijadiin sasaran,di judge yg enggak2.oia,aku jg heran kalo umat kristiani yg yesus nya dibikin lelucon kok ga ngamuk2 ya kayak umat muslim kebanyakan?lebih berkelas reaksinya…

    Komentar oleh fefe — November 17, 2008 @ 10:29 pm | Balas

  213. setlah ada kasus ni,pa reaksi residen kita?

    Komentar oleh vita.citra — November 20, 2008 @ 9:23 am | Balas

  214. kepada seluruh umat islam se-dunia,,,jangan kita mudah terprovokasi,oleh musuh-musuh islam

    Komentar oleh budi — November 20, 2008 @ 5:11 pm | Balas

  215. terkutuklah orang2 yang melecehkan islam dan umatnya,,

    Komentar oleh budi — November 20, 2008 @ 5:15 pm | Balas

  216. SEBENARNYA AGAMA TUH PERUSAK………
    SALINK MEMBENARKAN DIRI SENDIRI….
    COBA PIKIR DENGAN LOGIKA….
    DARI DOLO SAMPE SEKARANG MASIH AJA ADA RASIS…AGAMA… FUCK RELIGION……

    Komentar oleh kami-kaze — November 21, 2008 @ 12:30 am | Balas

  217. Umat muslim memang berjiwa lemah. Cukup dengan melihat gambaran kartun saja, mereka menjadi kesurupan.

    Komentar oleh Sudardji — November 21, 2008 @ 4:14 am | Balas

  218. ufrtfguifuif

    Komentar oleh arief — November 21, 2008 @ 7:04 am | Balas

  219. Makanya umat islam tidak pernah menghasilkan karya sehebat PABLO PICASSO…kecuali gambar kuntil anak, pocong dan genderuwo…enggak pintar melukis kok dilarang agama segala….yang logis ajalah….serba siksa…apaan tuhhh ? KEtinggalan zaman oiiii

    Komentar oleh NTMUHAMMAD — November 21, 2008 @ 12:54 pm | Balas

  220. AmanK anG , MengHina MabI DEn.

    Komentar oleh kancing!!! — November 21, 2008 @ 1:25 pm | Balas

  221. klo ada orang islam yang emosi waktu liat kartun nabi, menurut aq wajar aj…! siapa sich yang gak marah? panutan kita..yang tiap saban hari kita sebut namanya..! yang bakal memberikan syafaatnya di hari akhir nanti.

    tapi klo ada yang nanggepin itu secara radikal or berlebihan, itu udah urusan personal. gak semua orang menanggapi masalah ini dengan emosional. jadi jangan bawa2 nama Islam.

    qita doain aj orang yang ngejelek2in islam supaya dapat hidayah, and dosa2 na diampunin..

    Tuhan itu gak tidur, liat aj azab yang bakal menimpa orang2 yang mengusik agama Islam.. WAIT AND SEE!

    Komentar oleh anggie — November 21, 2008 @ 4:17 pm | Balas

  222. Asslm…,

    AllahuAkbar….

    Ukhti dan akhwat semua…, tenang lah dalam menghadapi ini..

    sekali lagi, ini adalah ujian buat kita kaum muslimin wa muslimat..

    Qt harus ingat, karna qt tlah mengetahui bahwa :
    Islam takkan pernah kalah…, mau bagaimana pun yang terjadi..

    Allah Yang Maha Segalanya..

    Allah Yang Punya Kuasa..

    Jangan sampai kaum kafir menilai kita kasar, anarkis, serta identik dengan kekerasan..

    karna dengan begitu, mereka akan semakin senang..

    qt adalah kaum pecinta damai.., karna Rasulallah mengajari qt..

    Percayalah.., islam Yang Maha Benar..

    dan bagi mereka yang mengingkari islam, maka akan ada balasan yang takkan pernah mereka sanggup untuk menolaknya..

    ๐Ÿ™‚

    AllahuAkbar..

    Wassalam…

    Komentar oleh UkTHi InDaH — November 21, 2008 @ 7:43 pm | Balas

  223. Semua yang berkomentar keras dan menghina satu sama lain baik si ISLAM ataupun si KRISTEN saya berpendapat mereka tak ubahnya seperti PENGECUT.!!!! Hanya bisa berkoar-koar dalam BLOG karena tidak dikenal.!!! Saya nggak yakin kalau si ISLAM berani menghina KRISTEN di ISRAEL..!!! Saya juga nggak yakin kalau si KRISTEN berani menghina ISLAM di ARAB SAUDI.!!! Jadi kalian itu saya sebut sebagai PENGECUT yang hanya bisa Bicara seperti KENTUT yang tak ada wujudnya tapi baunya mengganggu orang lain.!!! Saya juga menganggap mereka yang tak terima dengan karikatur MUHAMMAD dan menulis pernyataan disini tak ubahnya seperti Pahlawan MURAHAN.. yang rata-rata 90% saya jamin hanya bisa Komentar dan menulis dan berdoa saja… Tindakan nyata apa yang sudah anda lakukan untuk membela Nabi anda itu????? ngak ada khan???? apa dengan menulis dalam blog ini Nabi anda itu akan dihormati dan dihargai???
    Lihatlah buktinya disini.!!! bukankah sebaliknya anda malah menambah hinaan dan cacian untuk Nabi yang kalian anggap Mulia itu.!!!! sebenarnya anda-anda ini orang yang pintar atau bodoh?? kalau pintar tapi otaknya koq ngak dipakai… tapi kalau bodoh koq bisa main internet juga yach… kalau saya amati anda-anda yang menulis dalam blog ini dengan hinaan satu sama lain, anda-anda ini bukanlah pembela Agama… tapi pencari masalah dan pencari pertengkaran..
    kalau anda memang beragama, mungkin guru anda Ustad atau Pendeta PREMAN..!!! Kalian lihat mereka yang menulis dalam blog ini secara baik-baik,sabar,dan rendah hati…. Itulah Contoh Mereka UMAT yang benar-benar BERAGAMA.!!!

    Saya hanya menghimbau untuk dapat menghargai dan menghormati antar sesama umat beragama jika anda-anda mengaku sebagai warga negara Indonesia..!!!!
    Saya tidak memihak pada siapapun, saya hanya tidak suka dengan orang-orang pengecut yang hanya bisa bicara saja.

    Komentar oleh NETRAL — November 21, 2008 @ 8:12 pm | Balas

  224. asss
    aku sangat marah saat nabi kita dilecehkan(nabi muhammad)apasih sebenarnya kemauan orang orang ateis itu

    Komentar oleh syahroni arif firmansyah — November 22, 2008 @ 9:24 am | Balas

  225. HEI PARA ISLAM YG IDIOT BUKA DAN BACA SITUS http://admin2i2h.blogspot.com/
    BIAR MATA MU BELOK YAH…N OTAK MU ENCER

    Komentar oleh BODAT — November 22, 2008 @ 3:11 pm | Balas

  226. asalamualaikum………

    menurut saya,,,
    perlu ada pengusutan terhadap orang yg tak bertanggung jawab dalam melakukan gambar tersebut…
    krna dalam hal ini sama saja melecehkan agama islam sekaligus penodaan terhadap agama,,perlu ada keseriusan terhadap pemerintah indonesia untuk mengusut dan mengadili orang yang di ketahui nantinya ya melakukan maupun mengedarkan gambar tersebut di dunia maya..

    wasalam…………….

    Komentar oleh noni.a — November 22, 2008 @ 7:50 pm | Balas

  227. I Agree………

    Semua karikatur Nabi Muhammad SAW yang di muat selama ini harus kita yakini bahwa tidak akan mengurangi kemuliaan Beliau di hati umat Islam…

    Komentar oleh Sarmadh — November 23, 2008 @ 12:26 pm | Balas

  228. kenapa Rasulullah dijadikan bahan cemoohan dengan karikatur lucu..

    laknatullah bagi yang membuat karikatur ini dan para pendukungnya….

    Komentar oleh syafra — November 23, 2008 @ 3:16 pm | Balas

  229. Astagfirullah…..
    Benar – benar parah dan LAKNATULLAH orang yang membuat karikatur seperti itu…,
    Wah harus diusut sampai tuntas tuch,,bisa – bisa menghancurkan AGAMA ISLAM….

    Semo9a ALLAH SWT mengutuk orang yang membuat karikatur itu…

    Komentar oleh Rasya — November 23, 2008 @ 5:22 pm | Balas

  230. Islam kayaknya terbelakang deh….
    Kalau orang nggak boleh menggambar, gimana dengan buku-buku Biologi, surat kabar atau apa pun yang memuat gambar makhluk hidup? Islam mengajak manusia pada era keterbelakangan.

    Mau debat? Silakan ke:
    http://mengenal-islam.forumphp3.com

    Komentar oleh Ali Sina — November 24, 2008 @ 11:29 pm | Balas

  231. Lalu bagaimana dengan gambar sketsa tersangka pelaku kejahatan yg dibuat oleh polisi?

    Kasihan bener polisi kita, sudah berusaha menolong dengan menyebarkan wajah pelaku kejahatan, eh kemudian malah akan dihukum Allah dengan dipakasa meniupkan roh. (hadis bukhari)

    itu hadis palsu ngga ya?
    gw harap itu palsu, tapi kalau ternyata bukan hadis palsu, wahai muslim, engkau masih bertaqwa tuhan yg bego seperti itu?

    Komentar oleh Polisi — November 25, 2008 @ 9:47 am | Balas

  232. Biarin aja nanti juga dibalas lansung oleh Allah SWT sendiri
    dibalas dengan siksaan yang sangat pedih.hahaha

    Komentar oleh Renna Mulyani — November 25, 2008 @ 3:07 pm | Balas

  233. Selama Allah dan Rasulnya Tidak di lecehkan atau di hina kita masih bisa memaklumi tapi kalau Allah dan Rasulnya sudah di lecehkan kata Allah itu wajib untuk di perangi.

    Komentar oleh ade soemantri — November 26, 2008 @ 8:55 am | Balas

  234. HAI ORANG ISLAM AKU SEKARANG MENJADI SAUDARAMU AKU SUDAH MASUK ISLAM, AKU BIMBANG SEKALI DENGAN AGAMA KRISTEN DAN YANG JELAS SELURUH MANUSIA YANG SEKARANG MENGANUT AGAMA KRISTEN PASTI MEREKA BINGUNG BUKAN MAIN, ALHAMDULILLAH SAYA BERSYUKUR KEBIMBANGAN ITU AKHIRNYA DAPAT KU TEBUS DENGAN KU MASUK ISLAM DAN AKU SUDAH BERGANTI NAMA MENJADI SAIFULLAH ALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR !!! ISLAM AKAN TETAP JAYA KARENA ISLAM DIJAGA OLEH ALLAH SWT, MEREKA MENAMPAKKAN KEBENCIAN (ORANG-ORANG KAFIR) dengan sangat dan mereka ingin mematikan cahaya allah mereka tidak akan bisa karena Umat Islam mempunyai MUjahid – mujahid yang sangat tangguh yang langsung dibantu oleh tentara allah.

    Komentar oleh martinus — November 26, 2008 @ 1:52 pm | Balas

  235. asslamualaikum wahai saudaraku seagama mengingat kejadian yg terjadi pada suri tauladan kita/panuatan kta sehari2 maka hendaklah kita senantiasa menuntut ilmu agar kita tidak dihina berjihadlah dengan cara menuntut ilmu setinggi mungkin

    Komentar oleh ahmad zaenuri — November 26, 2008 @ 8:35 pm | Balas

  236. dasar biadap setan yang membuat blok ini,ini penghinaan bagi umat islam.kalau berani datangi saya, kita buktikan bahwa kamu dalah setan yang memang harus di perangi

    Komentar oleh muh.qadriyusran — November 27, 2008 @ 12:55 pm | Balas

  237. Mudah-mudahan orang yang menggambar tersebut dibukakan pintu hatinya,dan jangan mengulangi nperbuatannya yang konyol tersebut.makasih

    Komentar oleh Hamba Allah SWT — November 27, 2008 @ 1:41 pm | Balas

  238. surat kabare denmark tu paling kurang pntar yow? kurang ide !!! dasar orang denmark mbok ya ngaji2 dlu ya gak ?

    Komentar oleh ervina — Desember 6, 2008 @ 9:45 am | Balas

  239. Assalam alaikum…
    Alhamdulillah was sholatu was salamu ala Rasulillah, amma ba’du,..

    ana ceramah dikit ya… boleh khan..?
    gini Alloh berfirman:

    ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู…ูŽู†ู’ ูŠูุฌูŽุงุฏูู„ู ูููŠ ุงู„ู„ู‡ู ุจูุบูŽูŠู’ุฑู ุนูู„ู’ู…ู ูˆูŽู„ุงูŽ ู‡ูุฏู‹ู‰ ูˆูŽู„ุงูŽ ูƒูุชูŽุงุจู ู…ูู†ููŠู’ุฑู. ุซูŽุงู†ููŠูŽ ุนูุทู’ููู‡ู ู„ููŠูุถูู„ู‘ูŽ ุนูŽู†ู’ ุณูŽุจููŠู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุฎูุฒู’ูŠูŒ ูˆูŽู†ูุฐููŠู’ู‚ูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฑููŠู’ู‚ู. ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูู…ูŽุง ู‚ูŽุฏู‘ูŽู…ูŽุชู’ ูŠูŽุฏูŽุงูƒูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุธูŽู„ุงู‘ูŽู…ู ู„ูู„ู’ุนูŽุจููŠู’ุฏู
    โ€œDan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk, dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya dengan memalingkan lambungnya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah. Ia mendapat kehinaan di dunia dan di hari kiamat. Kami merasakan kepadanya adzab neraka yang membakar. (Akan dikatakan kepadanya): โ€˜Yang demikian itu, adalah disebabkan perbuatan yang dikerjakan oleh kedua tangan kamu dahulu dan sesungguhnya Allah sekali-kali bukanlah penganiaya hamba-hamba-Nyaโ€™.โ€ (Al-Hajj: 8-10)

    Penjelasan Makna Ayat
    Asy-Syaikh Abdurrahman As-Saโ€™di rahimahullahu tatkala menjelaskan ayat ini, mengatakan:
    โ€œPerdebatan tersebut bagi seorang muqallid (yang mengikuti satu perkataan tanpa dalil). Perdebatan ini berasal dari setan yang jahat yang menyeru kepada berbagai bidโ€™ah. Maka Allah Subhanahu wa Taโ€™ala mengabarkan bahwa dia mendebat tentang Allah Subhanahu wa Taโ€™ala dengan cara mendebat para rasul Allah Subhanahu wa Taโ€™ala dan para pengikutnya dengan cara yang batil dalam rangka menggugurkan kebenaran, tanpa ilmu yang benar dan petunjuk. Dia tidak mengikuti sesuatu yang membimbingnya dalam perdebatannya itu. Tidak dengan akal yang membimbing dan tidak pula dengan seseorang yang diikuti karena hidayah. Tidak pula dengan kitab yang bercahaya, yaitu yang jelas dan nyata. Dia tidak memiliki hujjah baik secara aqli maupun naqli, namun hanya sekedar menampilkan syubhat-syubhat yang dibisikkan oleh setan kepadanya. (Allah Subhanahu wa Taโ€™ala berfirman):
    ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู’ู†ูŽ ู„ูŽูŠููˆู’ุญููˆู’ู†ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽูˆู’ู„ููŠูŽุงุฆูู‡ูู…ู’ ู„ููŠูุฌูŽุงุฏูู„ููˆู’ูƒูู…ู’
    โ€œSesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu.โ€ (Al-An’am: 121)

    Komentar oleh Abu_Kalimasada — Desember 17, 2008 @ 3:54 pm | Balas

  240. sebaiknya orang yang membuat karikatur nabi muhammad saw dibunuh saja

    Komentar oleh guruh — Desember 27, 2008 @ 3:43 pm | Balas

  241. bodoh kalian smua…kalian pikir cuma agama islam dan kristen saja yg ada di dunia ini??
    dasar orang2 bodoh…knp kalian perang, mungkin jg itu kerjaan agama budha atau hindu atau yg ga punya agama…
    mungkin jg itu ulah provokator..
    dasar kalian bodoh…bodoh…bodoh…

    indonesia bodoh, di arab pake jilbab bukan krn suci tp karena panas dsna..mreka tdk mau hitam kulit nya..di indonesia pake jilbab cuma sok alim aja..kawan2 ku banyak tuh jabalai2 pake jilbab…gw srg lagi tidur ma mreka….

    kalian jg bodoh, dgn mengahbis kan duit utk naik haji k arab..itu akan nambah keuangan negara mreka…di bodohin aja mau lu smua..
    dasar bego…

    Komentar oleh andre — Desember 31, 2008 @ 4:13 pm | Balas

  242. aku seneng bgt kalau masuk televisi…?

    Komentar oleh Fika Mutiara Gustya — Januari 3, 2009 @ 10:34 am | Balas

  243. Aku tidak tahu…!

    Komentar oleh Fika Mutiara Gustya — Januari 3, 2009 @ 10:35 am | Balas

  244. Semua harus saling menghormati kebebasan beragama, jangan mudah terprovokasi. Orang melakukan kejahatan karena meraka tidak mengerti, berbeda tau dengan mengeri, seperti yang sering Rosulullah sampaikan kepada para Sahabat Ra yang tidak segan-segan membunuh orang yang menzolimi Rosulullah. Tapi, bagaimana agar semua bisa menjadi positif, dan mendapat ridha Allah. Jadi, semua jangan saling memprovokasi.

    Komentar oleh Salman — Januari 3, 2009 @ 5:23 pm | Balas

  245. @ andre posting 243.
    loe yang bego..didunia ini kita sementara..nah pertanyaannya setelah kita dikubur lalu mau apa loe?
    sedangkan kau tak punya iman yang bisa buat kau tenang..
    aku yakin kau cuma bisanya ngomong..karena tidak dapet perhatian lebih dari orang sekitar loe..
    maaf ya..kalau kau emang beragama..kau tak mungkin berbicara seenaknya..kita umat islam punya aturan tegas yang harus dikerjakan..salah satunya berhaji..dan itupun kalau kita mampu..seandainya manusia tidak beragama seperti kau..gimana jadinya bro..yang dibodohi disini adalah kau karena kau telah dibodohi setan..

    Komentar oleh Ardian — Januari 18, 2009 @ 7:45 pm | Balas

  246. terkadang kita tak tau siapa kita pa lagi menilai orang lain
    terutama soal iman pada agama kita, kita hanya manusia biasa yang terkdang tanpa sadar menuruti ego dan nafsu

    Komentar oleh sano — Januari 18, 2009 @ 10:20 pm | Balas

  247. la mana gambarnya………….
    kok gagak ada?
    tu orang moga2 dilaknat oleh allah yang teh buat gambar nabi……..dasar gak pernah ngajiiiiiiiiiiiiiii.

    Komentar oleh zaki — Januari 20, 2009 @ 5:25 pm | Balas

  248. assalamu’alaikum…………..
    gue mau tanya kalau kita ada foto-foto orangn – orang seprti kiyai, ustad, dsb.gimana tuh……. hukumnya haram gak??
    ya Mudah-mudahan orang yang memebuat foto nabi muhammad cepat2 bertaubat nasuha.ya Insyaalah diampuni dosa-dosanya.Dan Satu Lagi Untuk KAum Muslimin Diseluruh Indonesia dan Seluruh Dunia, Jangan pernah membuat gambar yang menyinggung umat muslim karena dampaknya pasti akan dikecam habis2an

    Komentar oleh zhi — Januari 31, 2009 @ 3:37 pm | Balas

  249. waahhh parah itu tak seorang pun yg bisa melihat kekasih nabiyull muhammad saw kecuali orang zaman para nabi

    ALLAH AKBAR

    Komentar oleh eriuhu — Februari 3, 2009 @ 8:23 pm | Balas

  250. Melukis gambar atu menyimpan gambar nabi bukannya satu kesalahan melain kan gambar allah kerana manusia tidak pernah melihat allah,lsedangklan nabi pernah dilihat oleh manusia dengan mata kepala sendiri.
    Ini tidak mermaksud bahwa kita akan menyembah gambar atau patung ukiran tersebut tapi setiap kali memandang kepada simbol atau gambar nabi tersebut kita akan ingat kisah perjalanan hidupnya dlm menerangkan ajaran allah.

    Allah maha besar dan Allah maha mengetahui apa yang kita rasa dan fikirkan,bahwa setip kali memandang gambar dan ukiran yang menyerupai nabi maka Hati kita amat bersyukur dan merindui nabi tersebut dan menginsafi dosa dosa yang telah dilakukan,itulah pengertian yang sebenarnya, yang pasti nabi adalah diutuskan oleh allah dan mereka telah mewartakan firman allah sudah tentu allah mengetahui impak mereka terhadap kepercayaan umat manusia kepadanya kerana tanpa nabi manusia sering sesat dan tidak mengenal allah dan yang pasti para nabi telah mendapat ganjaran dari allah atas perbuatan mereka kepada umat allah di muka bumi

    Komentar oleh D_jilis — Februari 11, 2009 @ 4:20 pm | Balas

  251. anda jng coba2 membuat nabi muhamad jelek di depan umatnya

    Komentar oleh silmi anak smp — Februari 17, 2009 @ 1:00 pm | Balas

  252. kalau kita bunuh orang yang buat karikatur itu,kita pasti dapat pahala yhaa…..

    Komentar oleh discha — Februari 27, 2009 @ 2:49 pm | Balas

  253. SABAR…SABAR….SABAR….ORANG SABAR DI SAYANG ALLAH..
    JANGAN BARBAR… KARENA ORANG BARBAR SUKANYA MENZHOLIMI SESAMA MAKHLUK CIPTAAN ALLAH S.W.T
    PEACE…..DAMAI ITU INDAH….
    DAN ISLAM ITU INDAH
    UNTUK ORANG2 YANG BELUM MENGENAL ISLAM JANGANLAH SUKA MEMBERIKAN GAMBARAN YANG TIDAK JELAS SEPERTI ITU. KARENA AKAN MEMBUAT PEPERANGAN. MEMANGNYA KITA MAU TERJADI PERANG DUNIA KETIGA. NAUZUBILLAH MIN ZHALIKH

    Komentar oleh AWAN — Maret 18, 2009 @ 4:23 pm | Balas

  254. AHLANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN BEKHER???????????????????????97427474

    Komentar oleh HAMDAN ALATAS — Maret 26, 2009 @ 12:09 pm | Balas

  255. Apakah foto yang saya liat ini benr-benar fotonya nabi muhamad SAW???????

    Komentar oleh syarif — April 21, 2009 @ 9:11 pm | Balas

  256. yesus gx pke clana ntar dicekal lho

    Komentar oleh menyon — April 27, 2009 @ 12:57 pm | Balas

  257. seharusnya orang kafir itu dimusnahkan ……..

    Komentar oleh ana diana — Mei 15, 2009 @ 11:45 am | Balas

  258. brang siapa yang menjele”kan kekasih allah,dia adalah orang yang paling laknat!!

    Komentar oleh syarif — Juni 20, 2009 @ 2:54 pm | Balas

  259. Ya Allah semoga hari kiamat masih jauh..

    Komentar oleh ร—Luke_manร— — Juni 26, 2009 @ 3:25 pm | Balas

  260. semoga tuhan mengampuni dosa s penggambar……

    Komentar oleh yudi — Agustus 4, 2009 @ 7:05 pm | Balas

  261. saya seorang kristen, menurut saya kalo ada orang2 islam yang mau menggambar kartun yesus (isa almasih) ya silahkan saja, apalagi kalo niatnya mau melecehkan pun saya tidak bisa melarang. cuma saya titip pesan supaya hati2 saja, karena resiko di tanggung penumpang. SAYA ADA PERTANYAAN, UNTUK MENGUATKAN PENDAPAT BAHWA KABAH DAN SEGALA RITUALNYA ADALAH BERASAL DARI ALLAH, MAKA ISLAM MENCATUT NAMA ADAM DAN ABRAHAM. JUGA DI QS 2:130-133 MENCATUT NAMA YAKUB (ISRAEL) DIMANA YAKUB JUGA BERPESAN AGAR ANAK CUCUNYA MATI DALAM BERAGAMA ISLAM, NAH PERTANYAAN SAYA ADALAH ADAKAH ORANG ISRAEL YANG BERAGAMA ISLAM, DAN ADAKAH ORANG ISRAEL YANG BERHAJI KE MEKAH? KALO TIDAK ADA,MENGAPA ALLOH SAMPAI LUPA MEMBERITAHU NABI2 (YANG DI CATUT OLEH ISLAM UNTUK) UNTUK MENGAJAK ORANG2 ISRAEL NAIK HAJI KE MEKAH? JUGA KENAPA ALLOH JUGA LUPA MEMBERITAHU ISA AGAR MENGAJAK ORANG2 ISRAEL DAN HAWARIYUN UNTUK NAIK HAJI KE MEKAH?
    NAH TOLONG DIPIKIRKAN, BIAR NABI ANDA SI muhamad TIDAK SIA2 MENCATUT NAMA PARA NABI, TERLEBIH NAMA TUHAN YANG MAHA BESAR.
    SHALOM, SEMOGA ANDA SEMUA KEMBALI KE JALAN YANG BENAR.

    Komentar oleh wagisan — Agustus 10, 2009 @ 6:26 pm | Balas

  262. komentar 263 by wagisan menunjukkan seperti apa kualitas dirinya sendiri yg bener2 bodoh dan tersesat dgn pemikirannya sendiri yang kerdil, anda tahu tdk pengetahuan teologi yg anda miliki itu msh bnr2 dangkal!!!! sy seorang ex-nasrani & kristologi, masalah haji itu merupakan rukun islam yg wajib dikerjakan hanya oleh umat islam, org yahudi & kristen seperti anda jelas tdk akan tahu manfaat dr ibadah tersebut!
    orang2 yahudi & kristen tersesat karena telah menyimpangkan ajaran tauhid. nabi2 pra datangnya nabi Muhammad hanya disebut penyeru tauhid bkn penyeru agama islam! dasar bodoh… bila nanti anda mati anda akan temukan kebenaran yg sesungguhanya apakah islam atau kristen dgn trinitasnya yg bagi saya bnr2 melecehkan kesucian tuhan bapa allah yg beristerikan bunda maria………….. shalom

    Komentar oleh moslem — Agustus 16, 2009 @ 8:04 pm | Balas

  263. Ya, bagi saya Yesus adalah Jurusselamat umat manusia. Buat apa kita masih bertanya tentang kebenaran inilah, itulah tentang Nabi. Muh SAW dan Yesus Kristus. Kalau kita melakukan hal seperti itu berarti selama ini kita masih ada keraguan pada agama/keyakinan yang kita anut. Percuma dong kalo kita menyembah Tuhan/Allah kalo kita masih ada keraguan. Seharusnya kalo kita udah punya keyakinan yang kuat pada Tuhan kIta, pasti semua keraguan kita akan hilang. Kan kita harus PERCAYA bahwa ajaran Tuhan kita itu menuju “KEHIDUPAN KEKAL” di akhir zaman nanti.

    Komentar oleh febrina — Agustus 20, 2009 @ 2:13 pm | Balas

  264. mudah-mudahan Allah SWT memberi teguran & peringatan keras kepada setiap pelaku penyimpangan walau sekecil apapun tindakan dan perbuatan yg dilakukannya itu !!!!!!!!!!!!!1

    Komentar oleh rasikin — Agustus 22, 2009 @ 3:46 pm | Balas

  265. wahhhhhhhhhh memang tidak bisa dipercaya

    Komentar oleh fathur — September 2, 2009 @ 2:04 pm | Balas

  266. kalo misalnya ngegambar kartun gimana tuh hukumnya ?

    Komentar oleh saya hambaNya — September 13, 2009 @ 1:00 pm | Balas

  267. Waduwh, berani juga tu ynag bikin karikatur nabi…..
    Belum tau kali tu akibatnya……

    Komentar oleh Adi Saputra — Oktober 8, 2009 @ 8:21 am | Balas

  268. saya tdak stju klo ada org yg blang sprti itu?biar allah yg tau sgla ssuatu yg ada di dnia ini?nabi yg trakhr adl nabi muhammad saw dan tdak ada lgi nabi yg lain.

    Komentar oleh tyaz — Oktober 16, 2009 @ 11:20 am | Balas

  269. itu bukan gambar nabi muhammad,itu lukisan orang “yahudi”???

    Komentar oleh intan — Oktober 16, 2009 @ 5:21 pm | Balas

  270. mana kok gak ada gambar nya cuma tulisan doang bohong ya…………………………………

    Komentar oleh febri — Oktober 26, 2009 @ 4:28 pm | Balas

  271. ITU BUKAN KARIKATUR NABI MUHAMAD TAPI LUKISAN ORANG YAHUDI JAMAN SEKARANG ORANG SELALU ASAL DWEH………………………………………………………………………………………………………………….CAPE DWEH JANGAN SEMBARANGAN

    Komentar oleh febri — Oktober 27, 2009 @ 4:16 pm | Balas

  272. yahudi goblog

    Komentar oleh faiz — November 9, 2009 @ 4:47 pm | Balas

  273. Cuma NYari sensasi

    Komentar oleh riki — November 11, 2009 @ 4:02 pm | Balas

  274. lUmaYan ba9uzzzzz,,,,,,,

    Komentar oleh mutia nur atria — November 20, 2009 @ 2:21 pm | Balas

  275. dalam hadist diterankan nabu muhammad saw pernah melihat aisyah sedang mainan boneka tapi tidak dilarang,terus nabi isa as bikin patung burung ,nabi sulaeman as banyak bikin patung2 yang tidak boleh adalah gambar mahluk hidup yang dikultuskan dan di Al Quran ga ada perintah Allah mengharamkan untuk menggambar mahluk hidup.

    Komentar oleh cheppy — Desember 13, 2009 @ 10:19 pm | Balas

  276. lagi2 banyak saudara2 muslim yang memiliki fanatisme buta…arti dari yg tertulis di riwayat bukhori adalah agar kita manusia tidak menciptakan berhala dan menyembahnya serta melupakan Yang Kuasa…harap dimengerti lebih dalam lagi bahwa nasrani tidak pernah mengkuduskan dan menyembah gambar atau lukisan siapapun termasuk lukisan Yesus Kristus/Nabi Isa…sebuah kesalahan besar kalau itu dikatakan. Keberadaan segelintir orang yang melakukan hal tersebut itu adalah pribadi mereka sendiri bukan ajaran agama. agama lain juga bisa mengatakan bahwa islam mengkuduskan bangunan/batu alias ka’bah…bahkan hal ini jelas suatu keharusan…iya kan?

    Ada baiknya pada saat kita membahas mengenai agama kita untuk tidak membawa agama lain sebagai pembanding dan menghinanya…saya yakin tidak ada satupun agama yang mengajarkan untuk menghina agama orang lain.

    Agama bukan sesuatu hal yang harus diperdebatkan dan dibandingkan…tetapi dijalankan sebaik baiknya sebagai pedoman hidup.

    negara kita tidak akan pernah maju dan berpikiran terbuka kalau kita masih mempertahankan fanatisme buta kita.

    Komentar oleh Bayhan — Desember 18, 2009 @ 11:03 am | Balas

  277. Kalo muhammad masih hidup dia sih nggak marah. Pernah dilemparin tai kebo aja sama org kafir nggak marah. Sabar dan dia anggap sebagai cobaan hidup. Ngapain kita pusing dan ributin hal ini. Yang harus kita pertanyakan, muhammad yang bodoh apa kita yang bodoh, sedikit2 balas???

    Komentar oleh ahmed — Januari 22, 2010 @ 2:49 am | Balas

  278. kami siap mati demi membela rasul allah dan agama allah!!!!!!

    Komentar oleh rama — Februari 20, 2010 @ 1:02 pm | Balas

  279. saya konfius ya.. saya lebi byk mendengar islam mengagungkan nabi muhammad daripada Allah sendiri. apa ka perkara besar yg telah Nabi muhammad perbuat??

    Komentar oleh jas — Maret 19, 2010 @ 12:29 pm | Balas

  280. muda-mudahan orng itu tdk diterimah diakhirat& masuk NERAKA

    Komentar oleh iccank — April 20, 2010 @ 3:10 pm | Balas

  281. ya,,,,,,allah maafkanlah dosa-dosanya mungkin dia uda dihasut setan

    Komentar oleh iank al"donna — April 20, 2010 @ 3:15 pm | Balas

  282. bila semua mati, semua kn tahu semua kbenaran (…akan temukan kebenaran yg sesungguhanya…), tp itu sudah terlambat. drpd membodoh-bodohkan orang, meng-goblog2-kan orang, menyesat-nyesatkan orang,.., lebih baik saling memaafkan dan mendoakan saja, itu akan lebih indah. Jgn sampai setan menang krn perpecahan ini. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh pecinta damai — Mei 4, 2010 @ 1:03 pm | Balas

  283. by bambang: bila semua mati, semua kn tahu semua kbenaran (…akan temukan kebenaran yg sesungguhanya…), tp itu sudah terlambat. drpd membodoh-bodohkan orang, meng-goblog2-kan orang, menyesat-nyesatkan orang,.., lebih baik saling memaafkan dan mendoakan saja, bukankah itu lebih menunjukkan sifat keagungan Allah terhadap manusia dan itu lebih indah. Jgn sampai setan menang krn perpecahan ini. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh pecinta damai — Mei 4, 2010 @ 1:05 pm | Balas

  284. Ggak adda yg slh dgn mnggabar..kLu mau gmbr apapun ato mau bidik appapun bole2 ajja berkerasi itu,adalah u/mengembangkan diri biar lbh pnter..:)
    tpi kLu dlm br’kreasi itu adda mksd u/melecehkan slh 1 objek appa pun itu,itu yg hrs dpertannyakan,,?????

    Komentar oleh ayu — Mei 21, 2010 @ 8:50 pm | Balas

  285. http://www.facebook.com/home.php#!/group.php?gid=120575381308342&ref=search&sid=1456314729.492338553..1

    berarti orang ini bisa d lapor in k pihak yang berwajib to???
    Ini juga melanggar UU ITE pasal 28 ayat 2 yang menyangkut soal pelarangan soal SARA.โ€bnr ga???
    knp ga d tu2p akun na atau d blokir….

    Komentar oleh NN — Mei 22, 2010 @ 1:17 pm | Balas

  286. http://www.facebook.com/home.php#!/group.php?gid=120575381308342&ref=search&sid=1456314729.492338553..1

    berarti orang ini bisa d lapor in k pihak yang berwajib to???
    Ini juga melanggar UU ITE pasal 28 ayat 2 yang menyangkut soal pelarangan soal SARA.โ€bnr ga???
    knp ga d tu2p akun na atau d blokir….

    malah orang yang buat lomba karikatur d atas…
    bilang “menghina rasulullah saw berarti mengizinkan melakukan segala cara untuk membalasnya”
    sebener na makna dari agama sendiri tu ap to???
    dari dulu agama selalu jadi sebuah perdebatan besar….

    Komentar oleh NN — Mei 22, 2010 @ 1:24 pm | Balas

  287. If you want to buy a house, you would have to get the credit loans. Moreover, my sister commonly takes a short term loan, which is really firm.

    Komentar oleh DelacruzGraciela19 — Juli 11, 2010 @ 10:25 pm | Balas

  288. mana gambarnya ….aku mau liat nichh

    Komentar oleh putra — Januari 3, 2011 @ 11:09 pm | Balas

  289. berarti boleh dong ngegambar..heee

    Komentar oleh raudlathul jannah — Juli 11, 2011 @ 2:41 pm | Balas

  290. […] di dalamnya hadits2) – memalsukan pribadi Rasululloh SAW (termasuk dg menghina, melecehkan, membuat gambar kartun/karikatur Rasululloh SAW) – memalsukan sejarah Islam (dg mengabaikan ilmuwan2 Islam atau mengaburkan fakta2) – memalsukan […]

    Ping balik oleh Ghazwul Fikri (Perang Pemikiran) « Blog Tausyiah275 — Maret 17, 2012 @ 10:05 am | Balas

  291. Bagaimana kalu kita buat gambar nabi Muhammad sedang berzinah dengan Maryah dirumahnya Hafsa ?

    Komentar oleh Mr.Nunusaku — April 16, 2016 @ 6:14 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: