Blog Tausiyah275

Februari 10, 2006

Aurat dan Jilbab (02)

Filed under: Fiqh,HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 12:38 pm

Artikel ini menjelaskan pakaian penutup aurat yg ‘layak’ dan ‘pantas’ serta memenuhi syarat menutup aurat wanita. Semoga bisa diambil manfaatnya 🙂
Bagian pertama bisa dibaca di sini.

SYARAT PAKAIAN PENUTUP AURAT WANITA
Pada dasarnya seluruh bahan, model dan bentuk pakaian boleh dipakai, asalkan memenuhi syarat-syarat berikut
1. Menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.
2. Tidak tipis dan tidak transparan
3. Longgar dan tidak memperlihatkan lekuk-lekuk dan bentuk tubuh (tidak ketat)
4. Bukan pakaian laki-laki atau menyerupai pakaian laki-laki.
5. Tidak berwarna dan bermotif terlalu menyolok.Sebab pakaian yang menyolok akan mengundang perhatian laki-laki. Dengan alasan ini pula maka maka membunyikan (menggemerincingkan) perhiasan yang dipakai tidak diperbolehkan walaupun itu tersembunyi di balik pakaian

“Tidaklah patut bagi seorang mukmin dan tidak pula bagi seorang mukminah, apabila ALLOH SWT dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, kemudian ia memilih yang lain tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai ALLOH SWT dan Rasul-Nya maka sesungguhnya ia telah sesat dengan kesesatan yang nyata.” (Qs. Al-Ahzab: 36).

Maka seorang muslim seharusnya memandang bahwa berjilbab juga termasuk akhlak dan perilaku yang baik. Sebab yang baik bagi seorang muslim adalah yang baik menurut ALLOH SWT dan yang buruk adalah yang buruk menurut-Nya. Karenanya, menanggapi komentar di atas seharusnya seorang muslim berkata: “Lebih baik berjilbab dan mempunyai akhlak yang baik dari pada berperilaku baik tapi tidak berjilbab.” Atau: “Sayang sekali, perilakunya baik tapi kok tidak berjilbab.”

SIAPAKAH YANG MEMIKUL TANGGUNG JAWAB INI?
Permasalahan jilbab ini bukanlah hanya tanggung jawab para muslimah saja. Tapi setiap muslim ikut bertanggung jawab dalam hal ini. Setiap muslim berkewajiban untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif untuk pelaksanaan syariat ALLOH SWT tersebut. Seorang ayah bertanggung jawab atas istri dan anak-anak putrinya. Seorang ibu bertanggung jawab atas dirinya dan anak-anak wanitanya. Dan setiap kita bertanggung jawab atas keluarga kita. Jika kita melalaikan tanggung jawab ini, secara sadar atau tidak kita telah menjerumuskan diri kita dan orang-orang yang kita cintai dalam jurang api neraka.

Rasululloh SAW bersabda:
“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim).

ALLOH SWT berfirman:
“Wahai orang-orang yang beriman, selamatkanlah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kejam dan keras, yang tidak mendurhakai ALLOH SWT terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan melaksanakan apa yang diperintahkan.” (Qs. Attahrim: 6).

Iklan

7 Komentar »

  1. Saya mau tanya only. Apa cowok itu BOLEH memakai jilbab? soalnya ada juga teman saya di akademi ninja yang setiap kali masuk kelas mengubah dirinya menjadi cewek (Ninpou, Henge no Jutsu. Jurus ninja), trus dia pake jilbab. ya saya tanya aja,”ngga salah nih? lu manis banget padahal cuma pake ninjutsu….”. Tolong kirim jawabannya langsung ke E-Mail saya.

    wah…ngarang nich…duh…komentar kok seperti ini ya?? *geleng2 kepala*

    Komentar oleh Sasuke Uchiha — Maret 1, 2006 @ 8:21 am | Balas

  2. jangan lewat email, bikin baru aja…
    *rikues*

    maksudnya???

    Komentar oleh azil — Maret 2, 2006 @ 2:40 am | Balas

  3. pantes ngga ada balasan di email aku….
    maksudnya gini, dia tuh berniat pergi ke tempat2 tertentu dgn make topeng buatan dia(topengnya mirip banget dgn muka cewek sih), make jilbab, &ngelakuin apa yg dia mau.Give comment HERE & NOW!!!!!!!

    wah, anak UPI kok suka main ninja2an, nyamar jadi perempuan pula?? apa tidak kurang kerjaan? 😉
    yg jelas, HANYA ANAK PEREMPUAN ISLAM (yg baligh, terutama) yg BERKEWAJIBAN MENGGUNAKAN JILBAB. Selain daripada itu, tidak ada aturan mainnya…demikian Sasuke…:)

    salam dari Itachi 😉

    Komentar oleh Sasuke Uchiha — Maret 4, 2006 @ 8:03 am | Balas

  4. Cowok pake JILBAB?
    Bukankah diLAKNAT Laki2 yang menyerupai wanita [misal:pake anting2…jilbab(?)], dan sebaliknya…Perempuan yang menyerupai laki2 (misal memakai celana panjang)?!

    tepat…dilaknat jika menyerupai lawan jenis.
    hanya saja, untuk perempuan mengenakan celana panjang, saya tidak menemukan ‘larangan’nya (dari ijtihad kaum ulama)
    barangkali ukhti Sitjane punya sumbernya? terima kasih

    Komentar oleh sitjane — Maret 9, 2006 @ 10:01 am | Balas

  5. cowo pake jilbab?hanya ada satu kata HARAM, kecuali dalam keadaan darurat,karna dalam ushul fiqh telah dijelaskan apabila keadaan darurat maka dibolehkan baginya sesuatu yang haram.

    akhi (ukhti?) Islamy bisa beri rujukannya/contoh keadaan darurat seperti apa sehingga cowo boleh pake jilbab? saya belum pernah nemu nih… 🙂

    yang jelas, perempuan apabila terlihat lekuk tubuhnya dalam berpakaian baik pakaian jubah atau celana panjang akan mendapat laknat Allah SWT.s

    ini sih saya setuju 🙂

    Komentar oleh Islamy — Maret 20, 2006 @ 1:40 pm | Balas

  6. jadi kalo cewe pake jilbab trus pake jeans ketat atau legging tu ga boleh banget ya ? hehe

    Komentar oleh chao — Juni 13, 2008 @ 9:14 am | Balas

  7. […] Saya pernah menulis artikel tentang berjilbab, silakan baca di sini untuk bagian pertama dan di sini untuk bagian kedua. […]

    Ping balik oleh Jilbab Modis, Apakah Itu? « Blog Tausyiah275 — Juni 25, 2012 @ 7:34 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: