Blog Tausiyah275

Februari 14, 2006

Apa Sesungguhnya Valentine’s Day?

Filed under: Aqidah,HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 5:30 am

(dari mailboxku..)

Assalamu’alaikum wr. wb.,
Banyak orang, diantaranya generasi muda muslim, terjerumus pada kegiatan menyanjung dan mengistimewakan satu hari pada bulan Februari. Mereka serempak merayakan Februari. Mereka serempak merayakan Valentine’s Day, yang juga disebut Hari Kasih Sayang. Kalau memang generasi muda muslim mau sedikit tanggap, maka mustahil mereka mengikuti acara tersebut. Muncul satu pertanyaan dikalangan remaja muslim berkenaan dengan acara tersebut.

Awalnya bangsa Romawi merayakan acara untuk memperingati suatu hari besar mereka, yang jatuh setiap 15 Februari, yang mereka namakan Lupercalia. Peringatan ini dirayakan guna menghormati Juno (Tuhan Wanita) dan Perkawinan, serta Pan (Tuhan dari alam ini), seperti apa yang mereka percayai.

Pada saat itu, digambarkan orang-orang muda “laki-laki dan wanita” memilih pasangannya masing-masing dengan menuliskan nama atau mengundi nama dari orang-orang yang diingin-kannya, kemudian pasangan ini saling tukar bertukar hadiah sebagai pernyataan cinta kasih. Acara ini dilanjutkan dengan berbagai macam pesta dan hura-hura bersama pasangan masing-masing. Pergaulan dengan pasangan yang didapat dalam pesta itu dapat berlangsung lama sesudah pesta itu berakhir. Setelah penyebaran agama Kristen, Para Pemuka Gereja mencoba memberikan pengertian ajaran Kristen terhadap para pemuja berhala itu. Pada tahun 496 Masehi, Paus Gelasius (Pope Gelasius) mengganti peringatan Lupercalia itu menjadi Saint Valentine’s Day, yaitu Hari Kasih Sayang Untuk Orang-Orang Suci.

Dalam sejarah perayaan Valentine, para ahli sejarah tidak setuju dengan adanya upaya untuk menghubungkan hal itu dengan St. Valentine, seorang Pendeta yang hidup di Roma pada tahun 200 masehi, dibawah kekuasaan Kaisar Claudius II. St. Valentine ini pernah ditangkap oleh orang-orang Romawi dan dimasukkan ke dalam penjara, karena dituduh membantu satu pihak untuk me-musuhi dan menentang Kaisar. St. Valentine ini berhasil ditangkap pada akhir tahun 270 masehi. Kemudian orang-orang Romawi memenggal kepalanya di Palatine Hill (Bukit Palatine) dekat altar Juno.

Dalam kaitannya dengan acara Valentine’s Day, banyak pula orang mengkaitkan dengan St. Valentine yang lain. St. Valentine ini adalah seorang Bishop (Pendeta) di Terni, satu tempat sekitar 60 mil dari Roma. Iapun dikejar-kejar karena mempengaruhi beberapa keluarga Romawi dan memasukkan mereka ke dalam agama Kristen. Kemudian ia dipancung di Roma sekitar tahun 273 masehi. Sebelum kepalanya dipenggal, Bishop (Pendeta) itu mengirim surat kepada para putri penjaga-penjaga penjara dengan mendo’akan semoga bisa melihat dan mendapat kasih sayang Tuhan dan kasih sayang manusia. “Dari Valentinemu” demikian tulis Valentine pada akhir suratnya itu. Surat itu tertanggal 14 Februari 270 M. sehingga tanggal tersebut ditetapkan sebagai Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang.

Dari sejarah perjalanan Valentine’s Day ini, sudah selayaknya umat Islam, khususnya generasi muda, untuk tidak mengadakan, memperinci, bahkan mengistimewakannya. Dahlan Basri Ath Thahiri (Ketua Ikatan Masjid Indonesia Pusat) memberikan fatwanya dengan tegas : “Haram hukumnya mengikuti kegiatan Valentine’s Day, dalam bentuk apapun juga.

Tentunya sebagai kaum muslimin, demi menjaga kemurnian aqidah, kita wajib menjauhinya, karena acara Valentine’s Day bertentangan dengan aqidah Islam. Marilah kita merenungkan kandungan makna dari QS. Al Baqarah (2) 120 : “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti millah (cara hidup) mereka. katakanlah ; “sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu”.

Artikel lainnya.

Iklan

12 Komentar »

  1. menurut ana valentine merupakan salah satu rencana para musuh-musuh islam yg menginginkan pemuda-pemudinya terlena oleh cinta semu dan tidak lagi memikirkan hak dan kewajibannyasebagai seorang muslim yang sejati dan valentine sendiri merupakan gozhwul fikr,yang seharusnya sama-sama kita membasminya,ALLAHUAKBAR.SELAMATKAN ANAK BANGSA DARI JURANG KEHANCURAN.

    sebagaimana saya tulis, valentine memang SYI’AR agama nasrani. jadi, JANGAN IKUT2AN 🙂

    Komentar oleh al-ikhlas — Februari 21, 2006 @ 4:51 am | Balas

  2. valentine’s day..
    sepakat aku dengan pendapat yang menegatifkan perayaan ini. tapi aku melihat bahwa konteks valentine telah menyebabkan kaum muda yang seahrusnya kritis dalam penyikapan masalah sosial menjadi terkesan sangat lunak mencermatinya.

    itulah perangkap setan la’natullah…dia ‘membungkus’ hal2 negatif dg sesuatu yg (seakan-akan) baik, padahal sebenarnya di balik itu semua yg ada adalah dosa. 😦

    nuansa kasih, sayang membuat dominannya melankolis menyelimuti kaum muda kita sehingga wilayah garapan yanng menjadi isu fenomenal lepas dari pengamatan kita.

    setuju 🙂

    terlepas filosofi dan kesejarahan dari valentine ini, sebenarnya kita bisa mendekonstruksi ulang makna di dalamnya. sehingga kaum muda kita yang sangat ngefans dengan perayaan ini bisa tetep mengikutinya dengan merubah mengubah esensi dari maknanya.

    sebenarnya hari valentine tidak terlepas dari KEPENTINGAN BISNIS. mengenai dekonstruksi ulang makna hari valentine, nampaknya tidak perlu dilakukan…toh itu jelas2 TIDAK ISLAMI 😉

    Komentar oleh rief — Maret 3, 2006 @ 6:51 pm | Balas

  3. TOLONG YA MASALAH VALENTINE JANGAN DIKAIT-KAITKAN DENGAN AGAMA NASRANI. SAYA SEBAGAI UMAT NASRANI MERASA DILECEHKAN DENGAN PERNYATAAN TERSEBUT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    UMAT NASRANI TIDAK PERNAH MENGAJARKAN TENTANG VALENTINE, KALAU TIDAK PERCAYA, CARI SAJA DI ALKITAB TIDAK AKAN ANDA TEMUKAN KATA VALENTINE SATUPUN, OK????!!!! TOLONG DIGARISBAWAHI, SEBAGAI UMAT NASRANI, SAYA MERASA DILECEHKAN!!!!???

    ANDA KAN BUKAN UMAT NASRANI DAN ANDA TIDAK PERNAH MENDENGARKAN AJARAN AGAMA NASRANI…..JADI, TOLONG JANGAN SOK TAHU YA???!!!

    Komentar oleh paijo — Januari 30, 2007 @ 3:15 pm | Balas

  4. goblok…goblok…masa valentine dihubungkan dengan agama? semua agama kan tidak ada yang mengajarkan tentang valentine kan?

    Komentar oleh Luloh — Januari 21, 2008 @ 10:00 am | Balas

  5. GOBLOK!!! UDAH JELAS DALAM SEJARAHNYA ADA NAMA PENDETANYA??MANG KALO PENDETA AGAMA APA????
    TERSINGGUNG???IYALAH.. KAN LO TU SALAH!!!

    Komentar oleh yup — Februari 4, 2008 @ 1:22 am | Balas

  6. aduh2….
    kenapa sih kita harus terpecah belah gara2 masalah ini
    diluar hal yang bersangkut – paut dengan agama, masa kita gak bisa ambil sisi positifnya aja

    oke deh, valentine bukan ajaran nasrani,
    oke deh, islam gak mau ngerayain valentine karena ( dianggap haram)

    diluar itu semua, kalo kita bisa ngeliat dari artinya, HARI KASIH SAYANG!!
    jadiin aja sebagai hari dimana kita bisa lebih belajar berbagi kasih dengan orang sekitar.

    kalo kita malah cek – cok, terpecah – belah , dll
    kayaknya kita lebih gak punya rasa sayang ketimbang orang yang ngerayain valentine!!!

    just think positif aja lagi!!

    Komentar oleh chubby — Februari 6, 2008 @ 1:09 pm | Balas

  7. HA…. HA…. HU… HU… HI… HE… HE… HO… HO…

    Komentar oleh IBLIS — Februari 13, 2008 @ 9:14 pm | Balas

  8. ckckck….
    klo mnurut g,,mslh valentine yg jd kontroversi itu,,
    ya tergantung sm org yang ngerayain….
    klo emang org ntu tau, klo cara ngerayain’a salah,,knpa harus di ikutin???
    sebenarnya kalian itu yg bodoh,,knapa hrs di sangkut pautkan ke agama???
    klo kalian baca, emangnya pendeta itu melakukan hal yg ga baik??? pendeta itu hanya berkirim surat aja ke pacarnya…
    jadi,,mnurt g,, itu mslh kepribadiannya aja yg emang pikirannya ngeres!!!!!!
    bkn soal agama tau!!!!!!!!

    Komentar oleh twins — Mei 1, 2008 @ 1:29 pm | Balas

  9. epada sesama kawan ANTI BUDAYA BARAT
    valentine yang berasal dari budaya barat, memang harus kita tolak
    tidak peduli ada unsur positifnya atau tidak, saya rasa kita sebagai sesama anti budaya barat harus menolaknya

    tapi, lebih daripada itu, kita harus KENALI dan HINDARI pemakaian barang-barang hasil OLAH PIKIR dan OLAH BUDAYA mereka (barat)
    kita harus kenali barang/ produk yang berasal dari olah rasa, olah karsa, olah pikir dan hasil budaya bangsa barat.
    ingat, segala sesuatu yang berasal dari budaya mereka, harus kita lawan.

    Mesin ATM Pertama dibuat 02-09-1969 di Amerika Serikat
    komputer pertama dibuat oleh Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry thn 1937
    Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
    Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
    Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
    Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
    Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
    Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
    Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
    Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
    Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
    Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
    Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
    Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
    Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
    Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker
    PPenemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
    Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec
    Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
    Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen
    Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey
    Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
    Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
    Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
    Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
    Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
    Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler
    Penemu Motor Adalah Nikola Tesla
    Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt

    Komentar oleh anti barat — Februari 17, 2009 @ 8:06 am | Balas

  10. itu commentnya mas chubby oke bgt tuh. hahahaha^^

    Komentar oleh SOLIDSNAKE — Februari 21, 2009 @ 10:20 am | Balas

  11. […] Apa Sesungguhnya Valentine’s Day? – Haruskah Kita Merayakan […]

    Ping balik oleh Valentine, Hal (Paling) Ga Penting!!! « Blog Tausyiah275 — Januari 6, 2012 @ 5:18 am | Balas

  12. […] tidak mengerti rupanya…bukan masalah hubungan sex-nya yg mestinya kalian perhatikan, tapi esensi dari Valentine itu sendiri yg TIDAK ADA MANFAATNYA BAGI KAUM MUSLIM. Karena cinta kasih kepada lawan jenis […]

    Ping balik oleh Budaya Halloween « Blog Tausiyah275 — Desember 24, 2012 @ 12:40 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: