Blog Tausiyah275

Februari 15, 2006

Kelebihan (Uang) Belanja

Filed under: Hikmah — Tausiyah 275 @ 10:24 am

Suatu hari, Khalifah Umar bin Abdul Aziz mendapati hidangan makan berbeda dari biasanya. Di situ terdapat sepotong roti yang masih hangat, harum, dan membangkitkan nafsu makan.

“Dari mana roti ini?”tanya Khalifah kepada istrinya.
“Buatan saya sendiri. Tidak lain, untuk menyenangkan hati anda yang setiap hari sibuk mengurus umat!”jawab istrinya.

“Berapa kau habiskan uang untuk membeli terigu dan bumbu2nya?”
“Hanya 3,5 dirham saja.”

“Aku perlu tahu asal usul benda yang akan masuk dalam perutku, agar aku dapat mempertanggungjawabkannya di hadirat ALLOH SWT. Nah, uang 0.5 dirham itu darimana?”

“Setiap hari saya sisihkan 0.5 dirham dari uang belanja yang anda berikan, wahai Amirul Mu’minin, sehingga dalam seminggu terkumpul 3.5dirham. Cukup untuk membeli bahan2 roti yang halalan thayyiban.”jelas istri Khalifah.

“Baiklah kalau begitu. Saya percaya, bahwa asal usul roti ini halal dan bersih. Namun, saya punya pendapat lain. Ternyata biaya kebutuhan hidup kita mesti dikurangi 0.5 dirham, agar kita tidak mendapat kelebihan yang membuat kita mampu memakan roti atas tanggungan umat,”jawab Umar bin Abdul Aziz, yang hari itu juga menginstruksikan bendahara Baitul Maal untuk mengurangi belanja hariannya 0.5 dirham.

“Saya juga akan mengganti harga roti ini agar hati dan perut saya tenang dari gangguan perasaan, karena telah memakan harta umat demi kepentingan pribadi.” sahut Khalifah.

Subhanallloh..sungguh berbeda perangai pemimpin jaman dulu dan jaman sekarang. Jaman dulu, pemimpin begitu memikirkan kepentingan umat…sementara pemimpin sekarang (apalagi di Indonesia) lebih mementingkan kepentingan dirinya. Semoga kita (walau bukan pemimpin ‘resmi’) bisa meneladani sikap Khalifah Umar bin Abdul Aziz ini. Amin 🙂

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: