Blog Tausiyah275

Februari 28, 2006

Calon-calon Penghuni Surga – Orang yang Bertaubat

Filed under: Kajian Qur'an — Tausiyah 275 @ 12:16 am

Siapakah orang yang tidak pernah berbuat salah? Siapa pulakah manusia yang tidak pernah berdosa? Tidak ada, kecuali hamba hambaNya yang dijaga agar tetap makshum oleh ALLOH, sebagaimana Rasulullah SAW.

Karena itu, ALLOH telah menetapkan Dirinya sebagai Dzat Yang Maha Pengampun dan Penerima Taubat. Jika ALLOH menghukum manusia karena kesalahannya, maka manusia seluruh muka Bumi ini tidak ada yang tersisa satu pun dari azabNya. Tetapi ALLOH Maha Pengampun dan Maha Pemaaf.

Maka, sebenarnya, orang-orang yang bisa masuk Surga itu lebih dikarenakan sifat Pengampun dan PemaafNya saja. Jika tidak, maka sungguh tidak ada yang pantas masuk ke dalam Surga ALLOH itu, disebabkan oleh begitu banyak dosa yang telah diperbuatnya.

Karena itu, ALLOH mengatakan di dalam ayat tersebut bahwa orang-orang yang pantas masuk Surga itu adalah orang-orang yang selalu bertaubat kepadaNya.

Bertaubat adalah memohon ampunan dan belas kasih permaafan dari ALLOH atas segala dosa dan kesalahan yang telah di perbuatnya. Dan dia berjanji kepada dirinya sendiri dan kepada ALLOH untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

Kalau kita sepenuh hati memohon ampunanNya dan bertaubat, Insya ALLOH Dia akan memaafkan dosa-dosa kita, sebesar apa pun dosa yang telah kita lakukan. Tidak ada dosa di alam semesta ini yang besamya melebihi besarnya Kasih Sayang ALLOH. Demikian pula, tidak ada dosa di dunia ini yang besarnya mengalahkan sifat Pengampun dan Pemaafnya ALLOH.

Maka, datanglah kepadaNya dengan berendah diri dan penuh penyesalan, Insya ALLOH Dia akan mengampuni dosa-dosa yang pernah kita lakukan, seluruhnya. Dan Ia akan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hambaNya di dalam Surga.

Iklan

4 Komentar »

  1. Artikel ini sangat menyentuh. Namun alangkah baiknya kalau dilengkapi dengan Ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan dan disertai dengan kisah-kisah menarik tentang hal tobat ini. Terima kasih.

    wah…terima kasih masukannya mas Irwan…
    insya ALLOH kali lain saya muat kisah+cerita tentang tobat ini…:)

    Komentar oleh Irwan Hendrawan — Maret 28, 2006 @ 7:38 am | Balas

  2. sangat setuju, karena memang tidak orang yang tidak bersalah, kecuali Nabi Muhammad SAW.

    terima kasih komentarnya mas Hari 🙂

    Komentar oleh hari waluyo — Juni 29, 2006 @ 11:42 am | Balas

  3. Ketika kita memahami AL INSANU MAHALULKHOTO’ WA NISYAN artikel tersebut bagus sekali… Ana mau tanya, bagaimana ketika perbuatan salah itu teruang berulang-ulang karena kelemahan diri manusia itu?

    ada beberapa saran:
    1. kita mesti menjauhi penyebab perbuatan salah itu semaksimal mungkin…
    2. perbanyak lagi taubat…
    3. beraktivitas yg lebih positif
    semoga berguna 🙂

    Komentar oleh sunari — Juli 11, 2006 @ 1:10 pm | Balas

  4. sebenarnya tak perlu banyak komentar yang penting bagaimana pengamalan dan dakwah kita yang sesuai dengan AL QUR’AN dan AL HADITS “karena” sungguh pedoman hidup umat islam adalah itu

    Komentar oleh fajar — Oktober 10, 2006 @ 5:10 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: