Blog Tausiyah275

Maret 17, 2006

Khutbah Jum’at – 20060317

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 8:36 am

Khutbah Jum’at kali ini bertema Islam dan Tantangan Globalisasi

Di awal khutbah, khatib mengingatkan kepada jama’ah agar selalu bertakwa, karena 2 alasan:
– Orang yang paling mulia di sisi ALLOH SWT adalah orang yg bertakwa,“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(Al Hujurat(49):13)

– Orang yang bertakwa akan dimudahkan segala urusannya dan akan diberikan rejeki dari jalan yang tidak dia sangka-sangka. “Apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. — Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (Ath Thalaaq(65):2-3)

Globalisasi, seperti halnya hal-hal lain, mempunyai hal (+) dan hal (-). Untuk hal (+) tentu kita terima dan manfaatkan, karena kita mesti menyesuaikan dengan kondisi jaman. Namun, bagian (-) HARUSLAH kita filter…jangan sampai terbawa ke dalam hal-hal bersifat (-). Celakanya, menurut khatib, sisi (-) globalisasi lebih banyak dan ‘menggiurkan’ sehingga melenakan banyak orang.

Khatib menyebutkan 5 pengertian jihad, yakni:
– Jihad melawan hawa nafsu
– Jihad melawan syetan (Al A’raaf(7) 16-17)
– Jihad melawan kemunafikan
– Jihad melawan kefasikan
– Jihad melawan kekafiran

Surat Al A’raaf 16-17 menyebutkan “Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka (depan) dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” Dari pernyataan ini, hanya ada 2 jalan yang tidak bisa digunakan setan untuk menggoda, yakni:
– atas –> risalah/petunjuk dari ALLOH SWT
– bawah –> kesadaran diri (pengaruh hati kecil)

Khatib menjelaskan bahwa globalisasi masuk melalui 4F:
– Faith (keyakinan) –> materialisme, hedonisme, dan isme-isme lainnya
– Food (makanan) –> perubahan selera, dari selera lokal menjadi selera global. Efeknya: bisa membuat petani dalam negeri (lokal) kian miskin
– Fashion (cara berpakaian/mode) –> efek yg sedang dirasakan adalah RUU APP
– Familiy (keluarga) –> Islam menyatakan bahwa institusi keluarga merupakan institusi yg ‘mulia’ karena keluarga merupakan tempat yang nyaman dan aman bagi penghuninya. Globalisasi membuat keluarga menjadi insitutsi yg ‘diremehkan’ bahkan cenderung tidak dipedulikan. Salah satunya dg legitimasi perkawinan sejenis. Khatib menyatakan bahwa perkawinan sejenis TIDAK BISA dinyatakan sebagai institusi keluarga (dg dalil Fathir(35): 11,“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.”)

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: