Blog Tausiyah275

April 7, 2006

Khutbah Jum’at – 20060407

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 10:38 am

Berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia, sebagian besar masih didominasi oleh peristiwa2 yang ‘berbau’ azab, cobaan, dan peringatan dari ALLOH SWT. Bencana alam di beberapa tempat, kondisi ekonomi yang masih belum membaik, dan gizi buruk, merupakan salah satu peristiwa tersebut.

Dari semua peristiwa itu, selalu rakyat kecil yang menjadi korban…bahkan di salah satu berita, seorang suami membunuh seluruh anggota keluarganya, karena dia stress…tidak mempunyai pekerjaan, sementara kelaparan terus mereka derita.

ALLOH SWT telah menyatakan bahwa DIA telah memberikan banyak kenikmatan, salah satunya di Al Baqarah(2):22,“Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.”

Dengan demikian, sudah sewajarnya jika manusia bersyukur kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya.

Adapun kerusakan dan bencana alam, sebenarnya merupakan akibat perbuatan manusia itu sendiri. ALLOH SWT telah berfirman,“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Ar Rum(30):41). ALLOH SWT telah menyatakan bahwa bencana alam tersebut seharusnya membuat manusia berpikir, agar kembali ke jalan yg benar.

Tugas kita, sebagai bangsa Indonesia, untuk bergerak…berusaha bangkit dari segala keterpurukan ini. Karena kita tidak bisa mengharapkan mukjizat datang untuk mengubah ini semua. ALLOH SWT sendiri, dalam Ar Ra’d(13):11, menyatakan,“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

Bagi orang2 yang beriman, yang berada di jalan yang diridhoi-Nya, ALLOH SWT berjanji akan memberikan kenikmatan yang begitu banyak…sebaliknya, bagi yang ingkar, azab-Nya yang pedih telah disiapkan-Nya. Lihat di Al A’raf(7):96,“Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: