Blog Tausiyah275

April 25, 2006

Khutbah Jum’at – 20060421

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 1:38 pm

Ternyata khutbah Jum’at tgl 21 lupa tayang…maaf…

Kita masih berada di bulan Maulid (Rabi’ul Awal). Banyak acara yg dilakukan di masjid2, sekolah2, dan tempat2 lain dg tujuan untuk memperingati hari lahir Rasululloh SAW. Sholawat, puji2an banyak dikumandangkan pada tiap perayaan….suatu hal yg patut disyukuri bahwa kaum muslim Indonesia tidak melupakan Rasul-nya. Sayang sekali, semua itu masih bersifat ritual, tidak membekas dalam kehidupan sehari-hari.

Rasululloh SAW sendiri diturunkan ke muka bumi sebagai penyempurna akhlak, karena dalam diri beliau terdapat suri tauladan yg patut dicontoh. Surat Al Ahzab(33):21 menjelaskan hal ini,”Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” Pada diri Rasululloh SAW terdapat cerminan Islam yg ‘baik’ dan ‘benar’…Islam yg rahmatan lil ‘aalamiin.

Sedikit menyimpang, khatib menanyakan kepada para hadirin, sudahkah para hadirin mengajarkan ayat2 Qur’an dan Hadits2 ‘ringan’ kepada anak2 para hadirin, sebagai bekal di kemudian hari? Jika belum, hendaklah diajarkan kedua hal tersebut, agar mereka (anak2) kelak selalu ingat dengan Rasululloh SAW dan ALLOH SWT.

Rasa malu merupakan sebagian dari iman. Sayangnya, di Indonesia ini, RASA MALU KIAN BERKURANG, jika tidak mau dikatakan TIDAK ADA. 😦 Penolakan RUU APP dan penerbitan majalah Playboy merupakan contoh berkurangnya rasa malu tersebut.

Khatib menjelaskan bahwa Islam MENGHORMATI BUDAYA, akan tetapi hal2 yg tidak pantas jangan dilakukan di muka umum, apalagi beramai-ramai. Adat hendaklah ditempatkan di tempatnya. Jika memang ada yg berpendapat adat ~ kebenaran, silakan meminta kepada Presiden SBY untuk menerima tamu dengan koteka. 😉

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: