Blog Tausiyah275

Mei 8, 2006

Khutbah Jum’at – 20060505

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 10:12 am

*maaf, artikel ini masih telat muat…*

Tema khutbah Jum’at kali ini adalah Cinta dan Benci.

ALLOH SWT menciptakan rasa cinta dan benci, serta memberikannya kepada manusia dengan harapan, manusia mencintai dan membenci sesuatu karena ALLOH SWT, bukan karena hawa nafsu semata. Dengan demikian, diharapkan ada generasi pecinta ALLOH SWT, seperti tertera pada Al Maidah(5):54,“Hai orang-orang yang beriman, barang siapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

ALLOH SWT berfirman dalam surat Huud(11):16,“Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan?”. Di sini khatib menegaskan bahwa jika segala sesuatu (pekerjaan) yang dikerjakan di dunia, namun tidak berlandaskan kepada ALLOH, maka akan menjadi sia-sia (tidak bermanfaat) di akhirat kelak. Dengan demikian, dunia hendaknya menjadi tempat untuk melakukan banyak amal saleh.

Cinta manusia bisa dibagi menjadi:
1. keluarga
2. pangkat/jabatan
3. harta
Al Qur’an sendiri telah menjelaskan hal ini di Ali ‘Imran(3):14,“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).”

Cinta yang agung hanya layak diperuntukkan bagi ALLOH SWT dan Rasul-Nya. JANGAN pernah mengatakan cinta 100%, kecuali kepada ALLOH SWT, karena cinta kepada hal lain = cinta yg fana (tidak kekal).

Rasululloh SAW sendiri sering mengingatkan kepada para pengikutnya, ayat 216 dari Al Baqarah(2)“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

3 Komentar »

  1. Hmm, jadi ingat nasehatnya Dedi Mizwar (di pilem):
    “kalo kamu dikasih sendal oleh bapak kamu, kepada siapa kamu berterima kasih? pada bapak kamu atau pada sendal itu”
    Tentu saja kepada bapak, karena sendal itu cuma bendanya.

    Misalnya kita diberi berkah cinta oleh Allah pada seseorang, maka hendaknya pada Allah kita bertujuan, bukan malah di-all-outkan pada orang (cewek/cowok) yang kita cinta.

    *ups… komentar kok banyak banget*
    *sungkan*
    *matur nuwun bang FHM*

    wah, terima kasih untuk komentarnya mas Aryo…
    insya ALLOH berguna… ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Aryo Sanjaya — Mei 9, 2006 @ 3:38 pm | Balas

  2. rubrik yg ckp bgs dan alangkah lebih bagus lagi kalau memuat nasehat yang berbau humor

    wah, mas Ravi, saya dulu pernah dikecam karena artikel khutbah Jum’atnya memuat humor… ๐Ÿ˜‰

    Komentar oleh ravi — Mei 12, 2006 @ 5:55 am | Balas

  3. sebaiknya cinta itu tidak harus dibesar besarkan , walaupun islam mengajarkan kita untuk saling mencintai .Namun bila cinta itu tertuju pada Rosul dan Allah maka kita haruslah mendengarnya dan menjadikannya sebuah pelajaran yang harus disebarkan secar benar menurut islam

    betul sekali, mas Datuprasadiatma ๐Ÿ™‚
    terima kasih komentarnya ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh datuprasadiatma — Juni 6, 2006 @ 7:02 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: