Blog Tausiyah275

Juni 10, 2006

Khutbah Jum’at – 20060519

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 4:18 pm

***Maaf…telat tayang…***

Salah satu anggota masyarakat yg mesti diperhatikan adalah anak yatim. Dalam uraiannya dalam tafsir Al Misbah, Prof Dr Qurais Shihab menyatakan bahwa anak yg masih belum dewasa, jika ditinggal wafat oleh ayahnya, akan menjadikan dia kehilangan pelindung.

Dalam surat An Nisa(4):36, dijelaskan,“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,”

Ada beberapa keutamaan jika berlaku baik kepada anak yatim:
1. Memperoleh kebaikan.
Rasululloh SAW bersabda,“Siapa yg mengusap rambut anak yatim, tidak mengusapnya kecuali untuk mencari ridho ALLOH SWT, maka setiap lembar rambut yg dia lewati mengandung beberapa kebaikan dan siapa yg berbuat kepada anak yatim, baik laki-laki maupun wanita yg ada padanya, maka aku dan dia akan berada di surga seperti 2jari ini, seraya merenggangkan jari telunjuk dan jari tengahnya.”

Mengusap rambut di sini jangan diartikan harfiah, hanya mengelus rambut, namun mesti diartikan sebagai memelihara/mendidik/merawat anak yatim tersebut.

2. Melembutkan hati.
Rasululloh SAW bersabda,“Seorang lelaki pernah datang kepada Rasululloh SAW seraya melaporkan kekerasan hatinya. Beliau menasihatinya,”Usaplah kepala anak yatim dan berilah makanan kepada orang miskin.””

3. Rumahnya menjadi terbaik.
Rasululloh SAW bersabda,“Sebaik-baik rumah kaum muslimin adalah rumah yg terdapat di dalamnya anak yatim yg diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk-buruk rumah kaum muslim adalah rumah yg di dalamnya terdapat anak yatim namun diperlakukan dg buruk”

4. Tidak akan disiksa ALLOH SWT
Rasululloh SAW bersabda,“Demi ALLOH yg mengutus aku dengan haq, ALLOH tidak akan menyiksa orang yg mengasihi dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dg lembut dan mengasihi keyatiman serta kelemahannya dan tidak bersikap angkuh dg apa yg ALLOH anugerahkan kepadanya terhadap tetangganya.”

5. Lebih dahulu masuk surga dan dekat dengan Rasul
Rasululloh SAW bersabda,“Aku adalah orang yg pertama membuka pintu surga, akan tetapi aku melihat ada seorang wanita yg mendahuluiku,maka aku katakan padanya,”mengapa kamu begitu dan siapakah sebenarnya kamu?”Dia menjawab,”Aku adalah seorang wanita yg telah mengurus anak2 yatim di rumahku.””(HR Abu Ya’la)

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: