Blog Tausiyah275

Juni 14, 2006

Nadzar Yg Diperbolehkan&Yg Dilarang

Filed under: Hadits of the Day — Tausiyah 275 @ 12:16 am

Dari Ibnu Abbas ra. berkata bahwa ketika Rasulullah SAW berkhutbah, ada seseorang berdiri dan bertanya, “Abu Israil telah bernadzar untuk berpanas-panas di bawah terik matahari, tidak duduk, tidak berbicara serta berpuasa.” Nabi SAW berkata, “Perintahkan padanya untuk berbicara, berteduh (dari terik matahari) dan duduk. Tapi biarkan dia nadzar untuk berpuasa.” (HR Bukhari)

Apa hikmah yg bisa kita petik dari hadits di atas?
1. Bernadzar dengan membisu (tidak berbicara) bukanlah bentuk ibadah dalam pandangan syariat Islam. Padahal ALLOH SWT tidak menerima sebuah amal yang tidak dilandasi dengan ketetapan syariah.
2. Demikian juga dengan bentuk-bentuk nadzar lainnya, meski kelihatan berkurban atau berpayah-payah, tapi tidak akan diterima, selama tidak ada landasan syariahnya.
3. Bernadzar untuk puasa termasuk salah satu nadzar yang dibenarkan dalam Islam.

10 Komentar »

  1. sebenarnya apa perbedaan nadzar, dengan janji yang kita niatkan kepada allah swt, lalu apa hukumnya apabila nadzar yang terlanjur kita niatkan ternyata kita tidak mampu melalukannya? please sent your detail answer to me by email if that possible to you thanks,for everything

    Komentar oleh aulia — September 17, 2006 @ 9:08 pm | Balas

  2. nadzar sama dengan janji,karena 4WI dan untk 4WI.swt karena salah satu dari hajat kita dikabulkan oleh 4WI.SWT”hukumnya dosa,maka dr itu sebelum kita bernadazar hrs dipikirkan dahulu.wass.(itu nurut pndpt aku’).

    Komentar oleh pangat — Juli 27, 2007 @ 11:22 pm | Balas

  3. Demi nama 4JJI.swt,,q bernadzar pa bila dia(wnta yg q cintai) Engkau jadikan kekasihku,pendamping hidupku,istri yg sholehah buat q,aku akan bersujud syukur krnMU,puasa 3 hr krnMU,dan but dia bahagia.. AMIEN YA_4JJI!!

    Komentar oleh prience — Juli 27, 2007 @ 11:30 pm | Balas

  4. iya, saya juga pernah nadzar tapi sampe saat ini saya blm bisa ngelakuin. Saya pernah baca artikel bahwa : “Janganlah kalian bernadzar, karena nadzar tidaklah berpengaruh kepada taqdir sedikitpun , hanya saja nadzar tersebut sesuatu yang di minta untuk dikeluarkan dengannya dari orang yang bakhil.”
    Barang siapa yang bernadzar untuk ketatan kepada Allah , maka taatilah , dan barang siapa yang bernadzar untuk maksiat kapada Allah maka janganlah dia memaksiatinya.”
    ya mungkin dari situ bisalah ditarik kesimpulan ya,
    mungkin nadzar boleh tapi dipikir dlu sebelumnya

    Komentar oleh desy — April 18, 2008 @ 4:44 pm | Balas

  5. Ass.
    saya ingin mendapatkan jodoh tetapi sampe sekarang saya belum mendapatkannya apakah ini akibat dari meningkari nadzar yang pernah saya ucapkan ? (saya pernah bernadzar tidak akan melakukan perbuatan dosa termasuk tidak akan meninggalkan sholat tetapi belum bisa saya jalani)
    Wasalam.

    Komentar oleh yudi — Agustus 18, 2008 @ 5:47 pm | Balas

  6. saya pernah bernadzar utk memakai jilbab jk saya lulus masuk PTN. Namun ketika keinginan saya itu terwujud saya tidak melaksanakan nadzar saya dengan alasan saya benar-benar belum siap lahir batin. bagaimana hukum nadzar yang tidak ditepati??? apakah bisa nadzar itu saya ganti dengan yang lain misal puasa 3 hari sebagai pengganti nadzar saya sebelumnya yang tidak dapat saya tepati???

    Komentar oleh ayu s — April 28, 2009 @ 1:08 pm | Balas

  7. saya pernah bernadzar utk memakai jilbab jk saya lulus masuk PTN. Namun ketika keinginan saya itu terwujud saya tidak melaksanakan nadzar saya dengan alasan saya benar-benar belum siap lahir batin. bagaimana hukum nadzar yang tidak ditepati??? apakah bisa nadzar itu saya ganti dengan yang lain misal puasa 3 hari sebagai pengganti nadzar saya sebelumnya yang tidak dapat saya tepati??? tolong di jawab pertanyaan2 saya kirim ke email saya atau masuk rubrik ini.saya resah karena masalah ini. terima kasih..

    Komentar oleh ayu s — April 28, 2009 @ 1:10 pm | Balas

  8. aslkm???
    mau nanya, klo seseorang berkata “saya tidak akan melakukan hal maksiat lagi (zina,mabuk dll)apabila saya melakukanya lagi maka saya harus berpuasa satu tahun berturut-turut.” apakah wajib hal tersebut dilaksanakan???? mohon dijawab dengan gamblang……………………………

    Komentar oleh indra solahudin — November 16, 2009 @ 10:50 pm | Balas

  9. saya niat puasa nadjar 15 hari..bolehkah saya membayarnya dengan cara puasa senin kamis..cara-cara puasa nadzar bagaimana..apakah puasa nadzar harus d’bayarkan secara berpuasa berturut2 15 hari penuh dalam satu bulan..??

    Komentar oleh hamba ALLAH — November 30, 2009 @ 2:46 pm | Balas

  10. asalamualaikum, bagaimana jika saya seorang pria terlanjur ucap nadzar akan menindik telinga saya karena nadzar say tersebut… apa harus ttep d laksanakan?

    Komentar oleh muhammad imaduddin — Juli 10, 2011 @ 12:09 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

