Blog Tausiyah275

Agustus 6, 2006

Boikot Produk Israel?

Filed under: Hikmah,HOT NEWS,Muamalah — Tausiyah 275 @ 12:16 am

Beberapa hari terakhir ini, aku menerima banyak sekali ajakan2 untuk memboikot produk2 buatan/yg terkait dengan Israel. Dari sekian banyak ajakan2 yg aku terima, beberapa diantaranya mencantumkan produk2 yg terkait dg Israel. Silakan anda lihat ke situs yg telah aku berikan, maka anda (mungkin) merasa kaget bahwa beberapa (hampir semua?) produk tersebut ternyata ‘berujung’ kepada Israel. Atau lihat gambarnya di sini.

Apa tindakan anda?

  1. Apa dengan gelap mata langsung mencoret semua produk2 tersebut dari daftar belanja anda?
  2. Melihat dg seksama produk2 tersebut, mencari pembandingnya, lalu mencoret produk2 (pengganti) yg (menurut anda) lebih ‘non’ Israel?
  3. Bersikap masa bodoh…dan tetap menggunakan produk2 tersebut, seraya mentertawakan ajakan boikot?

Aku tidak tahu point mana yg anda ambil. Apapun point yg anda ambil, aku hormati. Namun, aku sendiri cenderung memilih point 2. Mari kita pilah produk2 tersebut dalam daftar belanja kita…lalu kita cari produk penggantinya. Memang, barangkali produk penggantinya tidak 100% sama (baik dari kualitas ataupun tingkat kenyamanan penggunaannya). Bahkan di awal2 pergantian produk, anda akan merasa canggung, namun menurutku hal itu lebih baik…setidaknya kita bisa ‘mengurangi bantuan’ kita kepada pihak Israel. ๐Ÿ™‚

Sebagai contoh, starbucks. Bagi yg memang seneng minum kopi, mungkin bisa menggantinya dengan kopi lokal. Sudah banyak warung2 lokal yg bisa memproduksi kopi dg rasa yg cukup enak. (maaf, tidak menyebut nama…tidak disponsori, soalnya, hehehe..).

Lalu McDonald. Sudah banyak anjuran untuk mengurangi makanan ‘sampah’ (junk food) tidak saja dari pejabat/ahli kesehatan Indonesia, bahkan dari negeri asalnya (Amerika Serikat) banyak ahli nutrisi (ahli gizi) yg melarang orang tua untuk memberi makanan ‘sampah’ ini. Jika dipikir-pikir, nasi gudeg lebih enak lho dibandingkan McDonalds…selain harganya murah, porsinya cukup bikin kenyang. ๐Ÿ™‚

Hal yg sama utk masalah kosmetik. Produk2 Indonesia sudah banyak yg go international, kualitasnya juga bisa bersaing. Harga? Jelas lebih murah pula. ๐Ÿ™‚

Sayangnya, BANGSA INDONESIA (TERUTAMA KAUM MUSLIM) MASIH BANYAK YG DIHINGGAPI PENYAKIT GENGSI. ๐Ÿ˜‰ Jika tidak luar negeri, maka dirasa tidak ‘afdhol’, kampungan, norak, tidak berkelas, dst dst. Padahal jika kita merujuk kepada agama, manusia yg terbaik di hadapan ALLOH SWT adalah manusia yg bertakwa…di samping manusia yg banyak memberi manfaat.

Jika kita menggunakan produk Indonesia, maka kita akan memberi manfaat kepada para buruh2 yg bekerja pada industri2 Indonesia. Intinya adalah SIMBIOSIS MUTUALISME, selama dalam koridor kebajikan. ๐Ÿ™‚

Jadi, siapkan produk pengganti…dan kurangi (jika bisa, HENTIKAN) penggunaan produk2 yg terkait dg Israel. ๐Ÿ™‚ *aku mengetik di komputer dengan prosesor AMD lho…hehehe…*

Iklan

30 Komentar »

  1. beli aja pabrikยฒ yang dipunyai israel koh..

    duitnya darimanaaaaaa?? hihihi.. ๐Ÿ™‚

    sayang ya konflik israel dikaitkan dengan muslimin, padahal diarab selain islam juga ada sumber nasrani & yahudi juga.
    karena dikaitkan sama islam, islam dicap teroris, jadi orang pada reluctant mbantu orang lebanon & palestine, macem dulu genocide di bosnia ๐Ÿ˜ฆ

    betul sekali, mas Oon ๐Ÿ˜ฆ

    Komentar oleh oรณn — Agustus 6, 2006 @ 1:19 pm | Balas

  2. Boikot perusahaan israel atau penyumbang israel? susah banget. paling gampang gini: nokia itu penyumbang israel. Mao boikot dengan tidak menggunakan HP Nokia? Tapi operator seluler banyak yang menggunakan produk nokia. Jadi ganti provider yang tidak menggunakan produk nokia saja. itu baru satu contoh. masih banyak produk israel atau penyumbang israel yang lain.

    hmm…memang terkesan ambigu (membingungkan) antara perusahaan (milik) israel dan penyumbang israel. namun, intinya, mari cari produk lain yg relatif lebih sedikit berhubungan dg israel, mas Fajri ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Anthony Fajri — Agustus 7, 2006 @ 11:12 am | Balas

  3. PHP penyumbang israel ga?
    saya mengalami dilema nih, blom nemuin bahasa lain seperti PHP >_

    nampaknya tidak, mbak Yeni ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh yeni setiawan — Agustus 7, 2006 @ 11:29 am | Balas

  4. Ini BOIKOT PRODUK ISRAEL, maksudnya bentuk nyata JIHAD kecil yang kita lakukan ya,Koh??

    insya ALLOH, mbak Bee ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Bee — Agustus 7, 2006 @ 5:08 pm | Balas

  5. == Sayangnya, BANGSA INDONESIA (TERUTAMA KAUM MUSLIM) MASIH BANYAK YG DIHINGGAPI PENYAKIT GENGSI. ๐Ÿ˜‰ Jika tidak luar negeri, maka dirasa tidak โ€˜afdholโ€™, kampungan, norak, tidak berkelas, dst dst. Padahal jika kita merujuk kepada agama, manusia yg terbaik di hadapan ALLOH SWT adalah manusia yg bertakwaโ€ฆdi samping manusia yg banyak memberi manfaat.==

    Betul sekali,Engkoh…satojo banget sayah…sebagai orang indonesia, saya juga pernah begitu…silau ama produk2…atau orang2 “produk” luar negeri…orang yg sering ke LN, sekolah di LN, segalanya serba LN.
    Padahal tidak ada jaminan, segala yg ber”LN” itu the best, atau lebih baik dari yg lokal.

    Kalo Engkoh bilang, orang kita banyak yg GENGSI,bener banget, jarang sekali orang kita yang berani mengakui kesalahan…mau berkorban utk orang lain, meskipun hanya sekedar memasang telinga utk mendengarkan keluh kesah orang lain….itu krn GENGSI!!Gengsi ngaku salah, gengsi takut direndahkan org lain, dsb. Padahal saya pikir kebalikannya, kalo kita mau “mengabdikan” diri atau berkhidmat(CMIIW) utk orang lain, spt menghargai orang lain(dalam sikap dan ucapan), itu sama saja kita sedang berbuat utk diri kita sendiri.
    Tapi itulah yang susah…berjihad melawan diri sendiri…melawan ego dan gengsi kita sendiri…!!Eh, jaka sembung ga seeh??Maksudnya ya begitu deh…jangan repot2 utk berjihad ke Libanon…di sini juga masih banyak ladang buat jihad…*masih suka ketemu “Keluarga Gerobak” itu kan,Koh??salam yaa…*
    trus ga usah juga maksain memboikot barang2 Israel dkk, ntar malah repot sendiri, sebelom dapat barang2 pengganti yang sama atau lebih baik kualitasnya(Non Israel+sekutunya, tentunya), ya pake aza…

    Maaf kalo ada kata yg tidak berkenan,dan kalo ada yg salah, tolong dicerahkan ya,Koh!!
    Trims

    terima kasih komentarnya, mbak Bee ๐Ÿ™‚
    insya ALLOH kita semua akan dapat pencerahan, cepat atau lambat.. ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh Bee — Agustus 7, 2006 @ 5:36 pm | Balas

  6. PHP adalah sebuah software non profit. Jadi secara teknis, PHP tidak menyumbang ke mana pun. Sekalipun yang ikut mengembangkan adalah orang-orang Israel. Sebagai seorang yang juga ikut bergerak di bidang open source, tentunya anda juga faham bagaimana opensource tersebut. Dan kita juga tahu bahwa lisensi GPL itu sama sekali tidak ada bentuk profit, melainkan berusaha mengembangkan dan menyebarkan ilmu.

    tepat sekali, mas Dhoni ๐Ÿ™‚

    Kemudian, beranjak dari boikot produk Israel. Saya lebih cenderung memilih kebutuhan yang bisa saya dapatkan walaupun tanpa menggunakan produk-produk mereka. Seperti halnya, saya mencoba sedikit demi sedikit berlaku hemat. Ciri-ciri produk yahudi adalah harganya mahal dan terlalu menyolok, apalagi seperti produknya negara USA.
    Tapi memang negara Indonesia masih membutuhkan apapun dari Amrik.

    memang….jika bisa mendapatkan alternatif product, mengapa harus memakai produk mereka?? ๐Ÿ™‚ hanya saja, tidak banyak yg bisa memberitahu produk pengganti…sehingga malah bingung ketika ada ajakan boikot…:)

    Komentar oleh romadhoni — Agustus 8, 2006 @ 12:40 pm | Balas

  7. aku benci sekali ama kamu israel…pbb kasih tau itu mereka kalo perlu tumpas semua kezaliman di muka bumi ini.salam..peace

    israel memang begitulah… ๐Ÿ˜ฆ

    Komentar oleh hery — Agustus 13, 2006 @ 9:54 pm | Balas

  8. go to hel yahudi, god blest to hitler destroy the israel

    wah…mas Wawan dendam sekali ke Israel…hihihi..

    Komentar oleh wawan — Agustus 13, 2006 @ 9:57 pm | Balas

  9. by the way … produk yahudi itu apa saja, saya hanya tahu sebagian yang umum, untuk yang lainnya tolong diberi tahu lebih detail, saya belum tahu, thanx b4. pokoknya kalo untuk program boikot ini saya ndukung bgt!

    mbak(?) Solo bisa tekan/click tautan yg ada pada artikel di atas.

    Komentar oleh solo — Agustus 26, 2006 @ 11:51 am | Balas

  10. memang perlu ada tindak nyata yg harus kita lakukan untuk menghentikan arogansi israel di negara-negara islam,salah satunya dengan memboikot produk israel,mungkin dapat dikatakan Jihad kecil-kecilan,tapi mirisnya produk-produk itu memiliki kualitas yg lbh baik dibandingkan produk non israel.Jd untuk ilmuwan2 muslim,selamat berjihad dgn membuat produk tandingan (produk muslim yg berkualitas).

    itu jadi PR kita, mbak Sari ๐Ÿ™‚

    Komentar oleh sari — September 2, 2006 @ 3:24 pm | Balas

  11. saya banyak menerima ajakan dari teman dan dosen untuk memboikot produk amerika. saya sependapat kalau tindakan mereka mendanai israel untuk membantai palestina memang biadab. tapi ada secercah pertanyaan timbul di hati saya, yakni mana bukti kalo perusahaan2 yang disebutkan tersebut mengucurkan dana dari profit mereka untuk israel? saya bertanya pada teman, dosen dan aktivis pembela palestina di kampus saya, tapi jawaban mereka belum memuaskan saya. saya harap anda bersedia membantu saya. anda bisa kirim jawaban atas pertanyaan saya via email. terimakasih sebelumnya.

    Komentar oleh riris — Juli 2, 2007 @ 3:50 pm | Balas

  12. kenapa ada orang yang mengharamkan apa yang di halalkan ALLAH,??? bukankah produk yang mereka boikot berlabelkan halal??
    tapi ideologi-ideologi barat seperti demonstrasi,pemilu,demokrasi,dll. tidak mereka boikot..??
    orang-orang itu hanya bermodalkan semangat tanpa ilmu

    Komentar oleh mahmudy — Mei 17, 2008 @ 5:27 pm | Balas

  13. ya untuk saat ini,kita cuma bisa,boikot produk-produk israel dan konco2 nya, tapi untuk masyarakat dunia,terutama negara2 pengeksport minyak ke mereka(yahudi laknatulloh dan sekutunya)yang ke banyakan negara muslim,coba deh hentikan eksport ke mereka,insya ALLOH merekan akan kelabakan,

    Komentar oleh maulana — Juni 26, 2008 @ 5:22 pm | Balas

  14. ajrin masukin jadwal sholat di blog dong….kirim e-mail ja yaa….n kunjungi blog an jg. http://www.catatansangzundi.blogspot.com

    Alhamdulillah

    Komentar oleh zundi katulistiwa — Desember 9, 2008 @ 12:19 am | Balas

  15. Saat ini semua orang memang sudah tau kondisi palestine yang sedang menangis, tetapi saya yakin memang kebanyakan orang masih belum tau ataupun bingung apa yang harus dilakukan. Saking bingungnya mereka sampai tidak melakukan apa – apa.

    Nah, yang terpenting sekarang adalah ajkan solusi..
    solusi seperti apapun yang terpenting dilaksanakan dengan ikhlas..

    Mulai dari ajakan boikot produk – produk ini.. Oke..
    marilah kita mulai.., mari kita laksanakan,
    jika memang baru ini yang bisa kita perbuat..

    sembari kita berdo’a dan memohon keselamatan saudara – saudara kita di palestina

    Ingat, umat ISLAM seluruh dunia sekarang sedang diuji oleh ALLAH, apa yang akan dilakukan umat ISLAM jika saudaranya sedang diuji..???

    saya yakin anda tau jawabannya..

    Komentar oleh aref — Januari 10, 2009 @ 2:37 pm | Balas

  16. boikot terus sampai Zionis Israel lemah ya

    Komentar oleh alihadi56 — Januari 19, 2009 @ 2:02 pm | Balas

  17. boikot terus ya sampai Israel lemah tujuh turunan

    Komentar oleh alihadi56 — Januari 19, 2009 @ 2:03 pm | Balas

  18. produk yahudi itu termasuk :
    – unilever grup
    – mc donald
    – kfc
    – cfc
    – dunkin donut dll

    Komentar oleh rudez — Februari 12, 2009 @ 6:25 pm | Balas

  19. Silakan anda islam2 KEPARAT memboikot israel!
    Gw gak akan terpengaruh! Gw tahu jelas muka iblis umat islam! kan gw tinggal di negara islam keparat ini!

    Komentar oleh Tiger Roar — Februari 14, 2009 @ 8:24 pm | Balas

  20. produk unilever adalah yang paling banyak dipakai oleh masyarakat indonesia,contohnya citra,pepsodent,sunsilk dan pokoknya banyak lagi yang lisence by unilever…penggantinya apa ya?

    Komentar oleh niken — Februari 14, 2009 @ 10:08 pm | Balas

  21. @Tiger Roar : “LAKNATULLAH”

    Komentar oleh akira — April 1, 2009 @ 11:23 pm | Balas

  22. Tiger Roar: Makanya loe disini cuma jadi penyakit. Bilang dong sama orang banyak kalo u gak suka tinggal disini (jangan berkoar sembunyi2), biar di sembelih dan gak usah tinggal disini lagi.

    Komentar oleh Budi Anduk — Mei 18, 2009 @ 5:32 am | Balas

  23. jangan lagi paki baju&celan kain krn bhn baku kapasnya 90% dr usa

    Komentar oleh TEDI — Mei 31, 2009 @ 11:21 am | Balas

  24. 2.Jangan makan tahu&tempe krn kedelenya 90% import dr usa
    3.Dilarang makan segala jenis mie/roti/kue/jajanan krn bahan tepung terigu/gandum jg dr usa

    Komentar oleh TEDI — Mei 31, 2009 @ 11:24 am | Balas

  25. 4.Dilarang pakai peswt terbang/kapal/KA/listrik PLN/computer ganti naik pedati/perahu dayung & sempoa

    Komentar oleh hari — Mei 31, 2009 @ 11:35 am | Balas

  26. 5.DILARANG BEROBAT KE DOKTER KRN BAHAN OBAT2AN & PERALATAN MEDIS(RONGEN/USG/CTSCAN DLL) SEBAGIAN BESAR KOMPONEN AMRK / GANTI KE SINSEI/DUKUN ALTERNTF

    Komentar oleh ANTO — Mei 31, 2009 @ 11:42 am | Balas

  27. 6.DILARANG PAKAI SOLAR/BENSIN/GAS DLL KRN DIOLAH DNG KILANG2 DR AMRK

    Komentar oleh ARI — Mei 31, 2009 @ 11:44 am | Balas

  28. hahaha….boikot aja terus,. habis itu kalian jadi manusia purba…

    Komentar oleh sayah — Januari 19, 2010 @ 6:14 pm | Balas

  29. @ sayah ; btul tuh, mari kita kembali k zaman purba
    huhahuhahuha ….

    Komentar oleh ale — Agustus 4, 2010 @ 1:26 pm | Balas

  30. wah…wah kok malah berantem
    didalam islam ketika orang akan meninggal itu di bukakan tabir sampai ke akhirat jadi jazad orang islam yang meninggal dengan sendirinya akan tersenyum tanpa perlu dirias karna dia akan masuk surga ….. sehingga beruntunglah orang muslim yang mendapat hidayah …. nah buat orang yang belum mendapat hidayah silakan berusaha mencari agama yang benar dengan bukti yang benar .. jangan cuma mencari agama yang cocok dengan kehidupan dunia …. selamat berusaha ya ….. berusaha menjadi muslim yang diberkahi

    Komentar oleh insyaf — September 26, 2010 @ 1:37 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: