Blog Tausiyah275

Agustus 8, 2006

Khutbah Jum’at – 20060728

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 12:01 pm

**maaf telat tayang**

Tema dari khutbah Jum’at kali ini adalah: MEMBANGUN SIFAT SABAR DAN SYUKUR

Salah satu nikmat terbesar dalam hidup ini adalah agama (Islam), karena dengan adanya agama maka kita mempunyai petunjuk untuk menghadapi hidup (yg kian hari kian ruwet).

Pada dasarnya, tujuan manusia hidup telah tertulis dalam Al Qur’an, Adz Dzariyat(56):51,“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” Diturunkannya rasul2 dalam kehidupan manusia adalah sebagai contoh bagaimana menyembah ALLOH SWT. Ini juga tertulis dalam An Nur(24):34,“Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.”

Agama –> sebagai keteguhan hati, kejelasan sikap, ketaatan ibadah dan keindahan pribadi.

Dengan agama (Islam), kita juga diajari bagaimana kita bersikap apabila suatu ketika kita mengalami musibah. Simak Al Baqarah(2):156,“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun””

Rasululloh SAW sendiri bersabda,””Artinya : Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik. Apabila mendapat kelapangan, maka dia bersyukur dan itu kebaikan baginya. Dan, bila ditimpa kesempitan, maka dia bersabar, dan itu kebaikan baginya”. (Ditakhrij Muslim, 8/125 dalam Az-Zuhud)

Jika seorang muslim bersyukur atas nikmat yg dia peroleh –> kebajikan dan pahala akan dia dapatkan. Sedangkan jika seorang muslim bersabar dalam musibah –> maka ampunan dan pahala akan dia dapatkan.

Dari berbagai cerita dan pengalaman yg pernah kita tahu, banyak orang ‘berhasil’ ketika diuji dengan kemiskinan. Namun, ketika mereka diuji dg kekayaan (keberhasilan), tidak sedikit yg gagal…mereka menjadi kufur nikmat. Hal ini dikarenakan mereka terlena dg kekayaan yg mereka peroleh, sehingga mereka lupa untuk bersyukur.

Pada dasarnya ujian, cobaan, dan nikmat, telah ALLOH SWT tetapkan, sebagaimana tercantum pada Al Hadiid(57):22,“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lohmahfuz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”

*Khutbah Jum’at lainnya bisa diakses di http://khutbahjumat.wordpress.com/*

Iklan

6 Komentar »

  1. Syukron, atas artikel-artikelnya yang dapat saya gunakan sebagai materi khutbah jumat, kalau bisa saya minta bantuan akhwan untuk mengirimi saya saya set khutbah jumat yang materinya gampang di pahami, ilal liqo ma’assalamah wasamu’alaikum warah matullahi wabarakatuh

    Komentar oleh sucipto — Februari 27, 2008 @ 11:35 am | Balas

  2. alhamdulillah ana jadi terbantu dengan materi yang ada….cuma tolong agar bahasanya dipermudah biar gampang untuk dimengerti dan dijalani serta diamalkan dalam kehidupam sehari-hari

    Komentar oleh herdian — Januari 14, 2009 @ 5:58 pm | Balas

  3. bagus, maaf mungkin sebagian isinya saya contek untuk referensi saya, latihan mneyusun khutbah jumat. terima kasih

    Komentar oleh muhamad a — Mei 23, 2009 @ 2:31 pm | Balas

  4. makasih artiklny. khtbh jd gk repot

    Komentar oleh Badruddin — Februari 26, 2010 @ 1:08 am | Balas

  5. boleh saya kopi untuk tugas sekolah saya kan?
    syukron

    Komentar oleh cyse — April 7, 2010 @ 7:58 pm | Balas

  6. maaf ya ijin disebarluaskan

    Komentar oleh Mas Hand — Agustus 26, 2010 @ 8:56 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: