Blog Tausiyah275

September 7, 2006

Apakah Mu’jizat Sudah Hilang?

Filed under: Aqidah,Ensiklopedia Islam,Hikmah,HOT NEWS,Tarbiyah — Tausiyah 275 @ 5:10 pm

Membaca artikel Manusia Mencari Mu’jizat by Priyadi, terus terang membuat sel-sel kelabu (maaf, mencomot istilahnya Agatha Christie) dalam otakku menjadi tergelitik karenanya. Dalam paparannya, Priyadi menyatakan

Tapi sekarang sudah ratusan atau ribuan tahun sejak mukjizat terakhir. Tidak ada manusia di bumi ini yang pernah melihat mukjizat yang dianugrahi kepada para nabi.

Pertanyaannya, APAKAH IYA, KITA TIDAK PERNAH MELIHAT MUKJIZAT YANG DIANUGRAHI KEPADA PARA NABI??

Dalam Islam, aku rangkum dari berbagai sumber, yang dimaksud dengan mu’jizat adalah kemampuan/sesuatu yg dimiliki oleh para Nabi/Rasul (yg didapat dari ALLOH SWT, tentunya) yg tidak bisa dilakukan oleh orang lain, terkadang (seringkali?) tidak masuk akal, sebagai bukti bahwa mereka adalah utusan ALLOH SWT. Untuk lebih lengkapnya, lihat Ibrahim(14):11,“Rasul-rasul mereka berkata kepada mereka: “Kami tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, akan tetapi Allah memberi karunia kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan tidak patut bagi kami mendatangkan suatu bukti kepada kamu melainkan dengan izin Allah. Dan hanya kepada Allah sajalah hendaknya orang-orang mukmin bertawakal.”

Dari sekian banyak Nabi/Rasul yg mesti diimani dalam Islam, ada beberapa Nabi/Rasul yg mempunyai mu’jizat dan disebutkan dalam Al Qur’an. Aku tuliskan beberapa diantaranya (secara acak):
– Nabi Musa as
Mengubah tongkat menjadi ular. Lihat Al A’raaf(7):107,“Maka Musa menjatuhkan tongkatnya, lalu seketika itu juga tongkat itu menjadi ular yang sebenarnya.”
dan
Kitab Taurat, Al Imran(3):50,“Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.”
dan
Dari tangannya keluar cahaya. An Naml(27):12,“Dan masukkanlah tanganmu ke leher bajumu, niscaya ia akan ke luar putih (bersinar) bukan karena penyakit. (Kedua mukjizat ini) termasuk sembilan buah mukjizat (yang akan dikemukakan) kepada Firaun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang fasik”.”
dan
Dari tongkat yg dipukulkan ke batu, keluar air dari batu. Al Baqarah(2):60,“Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: “Pukullah batu itu dengan tongkatmu”. Lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing) Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.”
dan
Membelah lautan. As Syu’ara(26):63,“Lalu Kami wahyukan kepada Musa: “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu”. Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar.”

– Nabi Saleh as
Sapi Unta betina yg bisa menyediakan air. As Syu’ara(26):155,“Saleh menjawab: “Ini seekor unta betina, ia mempunyai giliran untuk mendapatkan air, dan kamu mempunyai giliran pula untuk mendapatkan air di hari yang tertentu.”

– Nabi Ibrahim as
Tidak mati dibakar dengan apiLihat An Anbiya(21):69,“Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”.”.

– Nabi Sulaiman as
Bisa berbicara dengan hewan. Lihat An Naml(27):16,“Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: “Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu karunia yang nyata”.”
dan
Mempunyai pasukan dari kalangan jin, manusia dan hewan. Lihat An Naml(27):17,“Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).”
dan
Mampu berbicara dengan semut. Lihat An Naml(27):18&19,“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”; — maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.”

– Nabi Yusuf as
Menyembuhkan mata ayahnya (Nabi Yakub as) yg buta. Lihat Yusuf(12):93,“Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah dia ke wajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku”.”
dan
Mampu menafsirkan mimpi. Lihat Yusuf(12):36 & 41,“Dan bersama dengan dia masuk pula ke dalam penjara dua orang pemuda. Berkatalah salah seorang di antara keduanya: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku memeras anggur.” Dan yang lainnya berkata: “Sesungguhnya aku bermimpi, bahwa aku membawa roti di atas kepalaku, sebahagiannya dimakan burung.” Berikanlah kepada kami takbirnya; sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang pandai (menakbirkan mimpi). == Hai kedua penghuni penjara, “Adapun salah seorang di antara kamu berdua, akan memberi minum tuannya dengan khamar; adapun yang seorang lagi maka ia akan disalib, lalu burung memakan sebagian dari kepalanya. Telah diputuskan perkara yang kamu berdua menanyakannya (kepadaku).””

– Nabi Daud as
Kitab Zabur. Lihat di Al Imran(3):184,“Jika mereka mendustakan kamu, maka sesungguhnya rasul-rasul sebelum kamu pun telah didustakan (pula), mereka membawa mukjizat-mukjizat yang nyata, Zabur dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna.”
dan
Mengajak alam untuk bertasbih kepada ALLOH SWT. Lihat An Anbiya(21):79,“maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan Kami lah yang melakukannya.”
dan
Mampu membuat besi menjadi lunak, Saba'(34):10,“Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”, dan Kami telah melunakkan besi untuknya,”

– Nabi Isa as
Menghidupkan benda mati (dari tanah liat). Al Imran(3):49,“Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel ( yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.””
dan
Mu’jizat2 lain, lengkapnya ada di Al Maidah(5):110,“(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) di waktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup padanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah), waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israel (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata.””

– Nabi Muhammad SAW
Al Qur’an. Lihat An Nisa(4):174,“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur’an).”

Khusus untuk Al Qur’an, banyak sekali ayat2 yg menceritakan mu’jizat, di antaranya:
– Mu’jizat bahasa = Al Baqarah(2):23,“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” dan Yunus(10):38,“Atau (patutkah) mereka mengatakan: “Muhammad membuat-buatnya.” Katakanlah: “(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.””

– Mu’jizat ilmu pengetahuan, diantaranya:

  1. Ilmu Janin, lihat di Al Hajj(22):5,“Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.”
  2. Ilmu Tumbuhan, lihat di Al Fushshilat(41):39,“Dan sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan) Nya bahwa kamu melihat bumi itu kering tandus, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya tentu dapat menghidupkan yang mati; sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
  3. Ilmu Hewan, lihat di An Nahl(16):68-69,“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia” — kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Well…well…well…memang, dari sekian banyak mu’jizat yg diberikan ALLOH SWT kepada Nabi/Rasul-Nya, HAMPIR tidak ada lagi mu’jizat yg bisa kita lihat, KECUALI AL QUR’AN. Hal ini dikarenakan mu’jizat2 Nabi/Rasul sebelumnya hanya berlaku/diperlihatkan kepada umat Nabi/Rasul saat itu saja. Sedangkan mu’jizat Rasululloh SAW,yakni Al Qur’an, telah ‘berkelana’ selama 1400 tahun lebih dan alhamdulillah, kita termasuk umat yg beruntung mempercayai mu’jizat tersebut. 🙂 Memang, mungkin bagi banyak orang (bahkan bagi kaum Muslimin sendiri) keberadaan Al Qur’an tidak dipandang sebagai mu’jizat. Akibatnya, bagi kaum Muslim, membaca Al Qur’an menjadi hal yg biasa-biasa saja, cenderung tidak bermakna. 😦

Padahal Al Qur’an diturunkan agar manusia menjadi lebih berpikir, menelaah isinya, kemudian membandingkannya dengan fenomena alam. Banyak sekali fenomena alam yg tertulis di Al Qur’an, kitab yg diturunkan lebih dari 1400 tahun lalu. Ini jelas merupakan mu’jizat. Sayang sekali, banyak kaum Muslim (termasuk aku sendiri) yg belum bisa mengoptimalkan Al Qur’an. 😦

Yuk, mumpung menjelang Ramadhan, kita pergiat lagi meng-kaji dan menelaah Al Qur’an. Insya ALLOH, kita akan menemukan banyak mu’jizat di dalamnya. Jadi, pernyataan Priyadi bahwa “tidak ada lagi mu’jizat (yg diberikan pada para Nabi/Rasul) yg bisa dilihat”, tidak akan pernah terbukti…karena insya ALLOH, setiap saat dan setiap waktu kita akan melihat mu’jizat tersebut. 🙂 😉

Barangkali, pernyataan Priyadi bisa kita koreksi sebagai berikut

Tapi sekarang sudah ratusan atau ribuan tahun sejak mukjizat terakhir. Tidak ada manusia di bumi ini yang pernah melihat mukjizat yang dianugrahi kepada para nabi, kecuali mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW.

SO, HARE GENE TIDAK ADA MU’JIZAT? AH, MASA IYA??? winkingbig grincool

Iklan

7 Komentar »

  1. Udah di forward ke Pri, blom?

    Komentar oleh jesie — September 7, 2006 @ 5:38 pm | Balas

  2. tadinya sih mau nulis netral dari sudut pandang agama, berhubung intinya bukan agama itu sendiri, tapi pemanfaatan pseudoscience untuk mendukung dakwah agama.

    tapi rasanya gak mungkin ya 🙂

    Komentar oleh Priyadi — September 7, 2006 @ 7:47 pm | Balas

  3. okeh, tulisan sudah diperbaiki. mudah2an udah bisa diterima, tapi tetap dari sudut pandang agama yang netral (selain footnote di paling bawah)

    Komentar oleh Priyadi — September 7, 2006 @ 8:15 pm | Balas

  4. jadi kesimpulannya apa nih?

    Komentar oleh oón — September 8, 2006 @ 8:48 am | Balas

  5. om fhm dah baca buku “Matematika Alam Semesta” blum ?
    bagus bgt tuh, mengulas ttg kodetifikasi Al-Qur’an dengan menggunakan bilangan Prima, khususnya angka 19

    Komentar oleh achenk — September 11, 2006 @ 9:31 am | Balas

  6. Sapi betina yg bisa menyediakan air. As Syu’ara(26):155,“Saleh menjawab: “Ini seekor unta betina, ia mempunyai giliran untuk mendapatkan air, dan kamu mempunyai giliran pula untuk mendapatkan air di hari yang tertentu.”

    gag konsisten [-(
    yg bener yg mana ??
    ato jaman sekarang unta === sapi :-??

    upsss…maaf, salah ketik…terima kasih, mas Paydjo…:)

    Komentar oleh paydjo — September 11, 2006 @ 11:06 am | Balas

  7. Priyadi itu punya penggemar (baca: pembaca) yang majemuk. Jadi dia berusaha membuat tulisan yang netral alias bukan dari sudut pandang agama yang dia anut. Cuman yah … kepanjangan tulisannya jadi melebar kemana-mana padahal sudah bagus tuh, tentang pseudoscience … tentang kekurang pahaman umat … tentang pemanfaatan keinginan/kebutuhan umat untuk menyaksikan hal-hal ajaib diluar akal manusia oleh pihak-pihak yang berorientasi fulus 😉

    Komentar oleh MaIDeN — Oktober 3, 2006 @ 7:37 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: