Blog Tausiyah275

September 11, 2006

Khutbah Jum’at – 20060811

Filed under: Khutbah Jumat & Pengajian — Tausiyah 275 @ 10:16 am

**maaf telat tayang**

Tema khutbah Jum’at kali ini adalah musibah sebagai ujian/teguran dari ALLOH SWT.

Topik ttg musibah tidak habis-habisnya dibahas dan dikaji ulang, hal ini dikarenakan masih banyak anggapan bahwa musibah merupakan tindakan ‘tidak adil’ (kejam, atau apapun istilahnya) dari ALLOH SWT. Padahal musibah bisa jadi merupakan salah satu ujian dari ALLOH SWT yg diberikan kepada manusia selaku pemimpin (khalifah) di muka bumi ini.

Manusia, sebagai khalifah di bumi, mempunyai kedudukan yg lebih tinggi dari malaikat. Hal ini tercantum pada Al Baqarah(2):30,“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.”31,“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!””32,“Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”33,“Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?””

(semua) Manusia diminta pertanggung jawabannya atas apa-apa yg dia pimpin, karena pada dasarnya manusia merupakan pemimpin, minimal bagi dirinya sendiri. Hal ini terutama berlaku bagi laki-laki.

Kejadian bencana alam yg terjadi pada dasarnya bisa digolongkan sebagai ujian, musibah ataupun azab. Hanya orang-orang beriman yg tetap positive (+) thinking terhadap segala bencana. Sebagai pedoman, Al Baqarah(2):155,“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,”156,“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun””.

Ada 4 poin yg harus dihindari agar kita bisa terhindar dari cobaan ALLOH SWT:
1. Orang yg melupakan dosa yg dia perbuat. Untuk menghapus dosa: banyak merenung, istighfar dan bertaubat.
2. Sombong dan pamer atas suatu amalan/prestasi.
3. Hormat berlebihan (cenderung menjilat) terhadap orang2 yg berkuasa, mempunyai harta lebih banyak.
4. Meremehkan ulama selaku pewaris nabi.

Iklan

3 Komentar »

  1. pembahasannya agak kurang….kalo bisa dijabarkan lagi secara sistematis dan mendalam

    Komentar oleh sayed — Oktober 17, 2006 @ 7:52 pm | Balas

  2. cukup membuka pikiran meski tidak terlalu mendalam.
    saya baru saja, dan hampir keluar dari musibah. saya mencoba menghadapinya dengan sabar… saya sudah berusaha semaksimal yang saya mampu untuk memperbaiki keadaan, dan sekarang saya hanya tawakal.. Maha Besar Alloh, Dia mampu membalikkan sesuatu yang indah menjadi hancur dalam sekejap dan sebaliknya..

    Komentar oleh adhika — Agustus 22, 2008 @ 12:33 pm | Balas

  3. saya sedang mengalami ujian dari Allah cobaan datang silih berganti yang saya bisa perbuat saat ini hanyalah bersabar dan berusaha terus terang cobaan ini hampir membuat iman saya hancur kalimat2 di atas barusan saya rasakan yang terdengar seperti Allah tidak adil keepada saya namun saya coba untuk lebih bersabar mungkin ini juga karena ulah yang saya perbuat sendiri ya Allah dengan rasa rendah dan malu padaMu ya Allah ampunilah segala perbuatan hamba tiada daya dan upaya lagi yang bisa hamba lakukan selain pasrah dan mengembalikan semuanya padaMu ya Allah jika selain kepadaMu kepada siapa lagi hamba harus meminta dan mengadu ya Allah kuatkan lah iman ku

    Komentar oleh richie — Desember 5, 2008 @ 10:29 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: