Blog Tausiyah275

September 20, 2006

Tips+Trik Mengkhatamkan Qur’an Dalam Sebulan

Filed under: Tidak Jelas Juntrungannya — Tausiyah 275 @ 5:31 pm

Saudara-saudaraku, insya ALLOH, beberapa hari ke depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan tempat melimpahnya pahala dan kebaikan yg kita terima. (lihat Ramadhan Big Sale).

Salah satu cara untuk memperoleh kebaikan dan pahala2 tersebut adalah dengan membaca Al Qur’an. Sebagaimana sabda Rasululloh SAW, 1 huruf Al Qur’an mempunyai nilai di sisi ALLOH SWT. Maka, jangan sia2kan kesempatan ini untuk mendapatkan kebaikan dari membaca Al Qur’an.

Nah, aku hendak berbagi tips+trik agar kita bisa khatam Al Qur’an selama sebulan (minimal selama Ramadhan ini). “Ah, tidak mungkin…emangnya bisa khatam dalam sebulan??” “Gile…masa gw mesti seharian baca Qur’an, emangnya gw ga ada kerjaan lain?” merupakan sebagian komentar yg mungkin terlintas di benak kita.

Apakah tidak mungkin?
insya ALLOH mungkin kok…kita bisa khatamkan (tamatkan) baca Qur’an selama sebulan ini. Silakan ikuti tips dan trik berikut…

1. Baca Qur’an sebanyak 4,5 – 5 halaman tiap kali kita selesai sholat wajib.
Hitung2an kasarnya… 5 (aku ambil 5 halaman, agar mudah) * 5 (sholat waktu) * 30 = 750 halaman. Al Qur’an, secara umum, terdiri dari sekitar 400-600 halaman. Berarti, dalam sebulan:
== untuk 400 halaman, kita hampir mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 2kali.
== untuk 600 halaman, kita telah membaca Qur’an sebanya 1,25kali.

2. Jika tidak bisa 5halaman sekaligus, bawa selalu Qur’an, dan manfaatkan waktu-waktu luang anda. Misalnya:
== saat macet di jalan
== menunggu angkutan umum
== di dalam kendaraan umum
== dst (lihat artikel mengisi waktu memperbanyak amalan di bulan Ramadhan)
insya ALLOH, bisa lebih banyak lagi halaman yg bisa dibaca…otomatis bisa lebih cepat mengkhatamkan Qur’an.

3. (jika memungkinkan) Cari Al Qur’an yg dicetak per-juz. Satu juz ~ 11 lembar ~ 22halaman. Gunakan sistem target, 1 hari = 1 juz. Insya ALLOH dalam sebulan akan khatam juga.

Silakan gunakan metode yg cepat + tepat untuk mengkhatamkan Qur’an…atau anda punya tips/trik yg lain? Silakan berbagi di sini.🙂

27 Komentar »

  1. Bitacle Blog Search Archive – Tips+Trik Mengkhatamkan Qur’an Dalam Sebulan

    […] Saudara-saudaraku, insya ALLOH, beberapa hari ke depan kita akan memasuki bulan Ramadhan, bulan tempat melimpahnya pahala dan kebaikan yg kita terima. […]

    Lacak balik oleh bitacle.org — September 20, 2006 @ 6:22 pm | Balas

  2. thx infonya,

    Komentar oleh fahdi — September 21, 2006 @ 7:49 am | Balas

  3. Sejujurnya, saya lebih suka membaca Qur’an satu-dua halaman saja. Lalu dilanjutkan dengan membaca tafsirnya, dan sedapat mungkin, memahami maksud di balik tafsir tersebut.

    Kita nggak perlu merasa minder dengan orang-orang Arab/Timur Tengah yang begitu mudah menamatkan Qur’an hanya dalam beberapa hari saja; mengingat bahasa Arab bukan mother language kita.

    Dan bukankah Allah lebih suka kita ngerti/faham 1-2 ayat saja, tetapi mengamalkannya dengan sungguh-sungguh; daripada hafal seluruhnya tapi kesulitan dalam menjalankannya.

    Komentar oleh Nofie — September 21, 2006 @ 9:34 pm | Balas

  4. #3: Setuju, yg penting kualitasnya. Tapi kalau boleh kualitas & kuantitas juga kan…

    Insya 4JJI, Aku sanggup khatam Al-Qur’an Ramadhan tahun ini.

    Komentar oleh Tabah Budi — September 22, 2006 @ 11:08 am | Balas

    • Alquran memang harus dimulikan dngn tekun mmbaca dan mngamalkannya dlm khdpn qt

      Komentar oleh Haris — Mei 17, 2013 @ 12:37 pm | Balas

  5. Ini kan konteksnya tips untuk menghatamkan al-quran dengan cepat. jadi ya yang dibahas “cara” Menghatamkan.

    Mungkin ini bisa jadi usulan untuk artikel selanjutnya bagaimana mengetahui makna tiap ayat yang kita baca.

    BTW ada situs yg “valid” nggak yg membahas soal ini??

    Komentar oleh LiQ — September 22, 2006 @ 4:47 pm | Balas

  6. mau sedikit sharing untuk tambahan tipsnya nih
    mungkin bisa diapplikasikan program quran reader di hp kita, formatnya java kok. Saya jalanin program itu di SE k700i dan lumayan sangat membantu. Jadi kita gak perlu ngantonging Quran karena hp selalu kita bawa bukan.

    Komentar oleh regie — September 26, 2006 @ 7:58 am | Balas

  7. Saran yang sangat bagus sekali. Kadang-kadang kita tidak sadar ternyata menghatamkan Al Qur’an tidak sesulit yang kita duga. Dengan sedikit waktu, usaha, dan disiplin, insya Allah bisa khatam Al Qur-an.
    Ramadhan ini saya ingin bisa khatam Qur’an 2x, semoga.

    Komentar oleh isroi — September 27, 2006 @ 2:39 pm | Balas

  8. Alhamdulillah, metode yang antum tulis sudah cukup bagus dan efektif.ana pernah menghatamkan alqur’an dalam 2 minggu dengan cara memanfaatkan waktu luang. terutama pada hari jum’at. jadi jika kita ada waktu kosong selalu memanfaatkan untuk membaca alqur’an. cuma ada satu kekeurangan yang saya rasakan ahkir- akhir ini yaitu menjaga konsistensi untuk selalu membaca alqur’an sangat sulit. barang kali ada saran atau tips lainnya.

    Komentar oleh nana suryana — September 29, 2006 @ 8:57 am | Balas

  9. hmmm semoga saya bisa mengamalkannya … terimakasih tips nya

    Komentar oleh nanang — September 30, 2006 @ 3:20 pm | Balas

  10. untuk menghatamkan ALQUR’AN itu sangat bagus di bulan ramadhan tapi itu untuk mereka yang sudah jago baca alqur’an (bisa 1x,2x,3x hatam). dalam hal ini rosululloh mengajarkan perbanyak membaca alqur’an/tadarus alqur’an bukan menghatamkan alqur’an. bagaimana dengan saudara2 kita yang baru atau sekedar bisa baca kalo ditantang untuk menghatamkan alqur’an mereka pasti mundur,minder.
    Yang terpenting bagi saya adalah membaca alqur’an senbanyak2nya walaupun itu hanyalah surat2 pendek.
    Semoga kita2 yang tau dan bisa, tidak melupakan mereka2 yang baru mau belajar dan memulai beribadah kepada ALLOH SWT

    Komentar oleh imam ahmadi — Oktober 1, 2006 @ 4:11 am | Balas

  11. terima kasih banyak atas tipsnya

    Komentar oleh ulfa — September 9, 2007 @ 4:39 pm | Balas

  12. Menghatam Al qur’an tak semudah yang dibayangkan. kadang ketika kita lagi males gitu, baca Al qur’an cuma sedikit. Bagaimana dengan cew yang pastinya tidak bisa mengikuti puasa 1 bulan full? Untuk menghatam qur’an sangat sulit buat saya.

    Komentar oleh went — September 15, 2007 @ 10:39 am | Balas

  13. Cara mengkatamkan Al Qur’an yaitu dengan membaca setiap saat pada waktu luang, dan bawa Al Qur’an di saku sehìngga mudah membaca setiap saat. amin

    Komentar oleh Puguh — Desember 30, 2007 @ 5:26 am | Balas

  14. Saya Tamat Al-qur’an selama 3 minggu, yang saya lakukan selesai shollat Isya Taraweh setiap hari, setiap pagi sebelum jam kerja, dan yang paling lama adalah waktu libur, betul2 saya pergunakan sebaik-baiknya…

    Komentar oleh ika — Februari 26, 2008 @ 10:06 am | Balas

  15. MAKASIH BGT ATAS MASUKANNYA SAYA AKAN MENCOBA MENGAMALKANNYA….

    Komentar oleh ARIFIN — April 12, 2008 @ 2:08 pm | Balas

  16. SAYA SEDANG BELAJAR MENGHAPAL SURAT AR-RAHMAN TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA……..

    Komentar oleh 4RIEFIN — April 12, 2008 @ 2:10 pm | Balas

  17. saya sangat senang jika membaca bersama-sama dengan teman atau keluarga. rasanya setelah membaca alqur’an hati saya tentram . makasih ya tipsnya

    Komentar oleh Misto — April 29, 2008 @ 10:57 am | Balas

  18. akan lebih baik apabila qta juga mengerti akan kandungan Al-Qur’an, arti Ayat-ayat Al-Qur’an sungguh sangat luar biasa bermanfaat kalau qta mau memahaminya

    Komentar oleh Syakhirial — September 1, 2008 @ 10:34 pm | Balas

  19. mo beli buku hafal Al Qur’an dalam sebulan?
    hubungi Azmi Yudianto, 0856 4117 4798 harga Rp. 22.000. atau hubungi lewat email yudi_321@yahoo.co.id atau fariskmm@yahoo.co.id

    Komentar oleh Azmi Yudianto — September 21, 2008 @ 7:50 am | Balas

  20. Yang lebih baik lagi adalah membaca dan mengamalkan isinya. Setelah khatam huruf Arabnya juga khatam terjemahnya. Jadi tahu apa sebenarnya isi Al Qur’an. Banyak Kaum muslimin yang tidak dapat baca Qur’an plus juga tidak tahu isi Al Qur’an… Mudah-mudahan hal ini dapat menginspirasi saudara semua untuk senantiasa berbagi pengetahuan kepada saudaranya yang lain. Insya Allah.

    Komentar oleh KIKI — September 28, 2008 @ 7:49 pm | Balas

  21. good job akhi!
    usul, gmana kalo bikin tulisan tentang bacaan qur’an (baik kualitas, kuantitas dan caranya) orang-orang shaleh yang ada di antara kita jaman sekarang ini (kalo jaman dulu mah, udah pasti). Maksudnya supaya menambah motivasi gitu…

    Komentar oleh rusdi — November 8, 2008 @ 4:14 am | Balas

  22. Ya…. bagus sich perbyk baca alqur’an dg begitu cepat khatam,ya minimal dg kita berusaha sering baca,qolbu kita terisi sinar2 islami yg memperkuat keimanan kita,dg masuk forum ini saja,sdh bagusssss hehe

    Komentar oleh sri suriyah — April 7, 2009 @ 8:35 pm | Balas

  23. yang saya rasakan adalah saat ini Keistiqomahan sulit saya jalankan minta tipsnya atuh supaya bisa tetep istiqomah…

    Komentar oleh wawan — Mei 15, 2009 @ 7:01 pm | Balas

  24. assalamu ‘alaykum..
    begini, kalau kita sedang asyik nonton film seri, habis satu kaset kita penasaran ingin tahu lanjutannya. iya kan..
    kalau baca buku menarik 100-an halaman, sekali duduk bisa tamat kan..

    di http://www.soennah.com ada video2 taraweh beserta terjemahan, seperti di RCTI dulu. kalau diikuti serialnya, juga bisa bikin penasaran.
    kalau baca terjemahan saja, juga menarik, bikin ingin tahu kelanjutannya, dan bisa berjam-jam tanpa terasa.

    dan kita bicara tentang sesuatu yang kita suka. yang bikin orang2 dari jaman dulu ketagihan membacanya. dan bukan tentang mengisi waktu luang.
    apa iya quran cuma tentang waktu yang sisa.. yang utama dong

    to:*wawan*
    tips: istiqamah itu dekat dengan sabar.

    Komentar oleh edo — Mei 17, 2009 @ 4:32 am | Balas

  25. Alhamdulillah, mirip dengan tips yang saya posting di blogkku.
    Salam kenal ya !

    Komentar oleh chokey — Agustus 27, 2009 @ 4:39 pm | Balas

  26. […] Tema kali ini mengenai 2 kalimat yg ringan untuk diucapkan oleh lisan namun berat di timbangan akhirat. Kalimat tsb: subhanalloh wa bihamdi. Kalimat ini bisa kita ucapkan di saat2 senggang kita. Kedua kalimat ini seringkali kita ucapkan usai sholat, melalui dzikir. Bisa juga kita lakukan di kesempatan lain, misalnya di saat kondisi jalan macet. Daripada mengeluh dan ngomel2 serta mencaci maki tidak jelas, lebih baik berdzikir seperti ini. Cara ‘menghabiskan’ waktu di saat menghadapi kemacetan adalah dengan membaca Al Qur’an, terutama jika anda punya target khatam Al Qur’an dalam waktu sebulan. […]

    Ping balik oleh Khutbah Jum’at – 20130405 | Kumpulan Khutbah Jum'at — Mei 5, 2013 @ 6:21 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: