Blog Tausiyah275

September 25, 2006

Bisakah Berhenti Merokok??

Filed under: Hikmah,HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 10:10 am

**dari seorang anggota milis yg aku ikuti…bu Titiana**

Berhenti Merokok dengan Kekuatan Otak

Ada cara yang mudah dilakukan untuk berhenti merokok, yakni dengan mengandalkan kekuatan otak. Atau dengan kata lain, menata ulang pikiran bawah sadar. Caranya sangat sederhana. Pertama, kita mengatakan kepada diri sendiri bahwa kita berhenti merokok dan kita hidup sehat. Hal ini bisa disebut sebagai afirmasi diri atau niat. Kalimat yang dikatakan pada diri sendiri haruslah mengandung 3P, yakni personal, present tense, dan positive.

Maksudnya, kalimat itu harus memakai kata saya (personal), dengan menggunakan struktur waktu saat ini present tense. Jadi, mereka yang ingin berhenti merokok itu tidak menggunakan kata-kata ingin atau akan.

Mereka juga harus menggunakan kata-kata positif (positive), bukan dengan kata-kata tidak atau jangan, Contohnya, “saya hidup sehat”.Alam bawah sadar lebih menerima kalimat positif seperti ini dibandingkan kalimat yang menggunakan kata-kata negatif seperti “saya tidak ingin merokok lagi”. Setelah itu, bayangkan niat tersebut tidak dalam kata-kata, tetapi pada kejadian. Jangan bayangkan tulisan “saya berhenti merokok”.
Tetapi, bayangkan kejadian bahwa saya telah berhenti merokok dan saya hdup sehat karena tidak merokok lagi.

Proses afirmasi dan membayangkan ini harus dilakukan lima kali sehari dan minimal selama 21 hari. Namun, sebelum melakukannya, tubuh dan pikiran kita harus dalam keadaan nyaman dan tenang.(k)

artikel terkait ttg rokok:
merokok
puisi anti rokok (tuhan 9 cm)
rokok bikin boros
bahaya merokok dan nikotin

4 Komentar »

  1. Alhamdulillah saya sudah berhenti total dari merokok, sejak 3 bulan yang lalu.

    Mungkin memang karena saya bukan perokok berat, jadi lebih mudah untuk berhenti. Namun kendala yang saya hadapi juga banyak, misalnya ejekan (meskipun guyon) dari teman-teman, teringat nikmatnya merokok saat kondisi tertentu (habis makan, saat kerja, nunggu antrian, dsb).

    Kalo dulu usaha untuk berhenti merokok gagal karena hal-hal sepele di atas, tapi sekarang nampaknya beda. Motivasi saya lebih kuat, yaitu menyimpan kesehatan untuk waktu yang lebih lama.

    Komentar oleh Aryo Sanjaya — September 26, 2006 @ 1:17 am | Balas

  2. berhenti merokok atau tidak, artinya sama saja…. kenapa begitu? kecuali pemerintah menutup pabrik-pabrik rokok di Indonesia, baru semua orang akan berhenti merokok. terima kasih

    Komentar oleh Andit — September 30, 2006 @ 4:04 pm | Balas

  3. Saya kini dalam proses berhenti merokok. Tapi pada awalnya ia bukanlah kehendak saya, ianya terjadi apabila saya mengalami demam dan sakit tekak. Apabila saya menghisap rokok, rasanya amat meloyakan tekak saya, bahkan bau asapnya juga saya tidak bisa tahan. Saya anggap ianya satu hikmah dan berazam untuk terus berhenti merokok.
    Tapi sekarang masalah saya ialah mengatasi ketagihan nikotin. Ia bukanlah suatu yang mudah. Untuk mengatasi ketagihan itu saya menghisap rokok surya gudang garam tetapi tidaklah seperti perokok tegar, saya cuma hisap main-2. Satu hari saya hisap 2-3 batang apabila datang ketagih.
    Tetapi kalau boleh saya tidak lagi mahu hisap sebarang rokok lain, tetapi susah juga untuk saya menghilangkan ketagih nikotin ini kerana saya telah merokok selama hampir 18 tahun dan saya hanya berdoa kepadaNya semoga saya dapat berhenti secara total.

    Komentar oleh dot9 — Oktober 7, 2006 @ 8:44 pm | Balas

  4. RAHASIA BAGI YANG PEDULI AKAN KESEHATAN DIRI DAN KELUARGA:
    TIPS AGAR PACAR/SUAMI BERHENTI MEROKOK!

    Mungkin Anda adalah orang yang peduli pada kesehatan, namun sayang, pacar/suami Anda “terikat” dengan kebiasaan merokok yang bukan hanya tidak sehat, tetapi juga SANGAT MENGANCAM kesehatan diri dan keluarga Anda.

    Namun jangan khawatir, .. saat ini kami hadir untuk memberi solusi bagi Anda, agar dengan cara diam-diam, Anda bisa membuat suami/pacar Anda berhenti dari kebiasaan yang mematikan tersebut!

    Telah hadir dan teruji, sebuah “kartu ajaib” QUIT SMOKING CARD yang dapat mentralisir 4000 racun dalam setiap batang rokok, termasuk zat2 racun yang mengakibatkan seseorang menjadi kecanduan.
    Caranya : Tempelkan kartu tersebut di luar bungkus rokok, dan biarkan 10 menit, dan ambil/simpan kembali kartu tsb. AJAIB — tiap batang rokok itu akan ternetralisir, dan jika suami/pacar Anda mengisap rokok tersebut, akan terasa ringan (karena sudah tidak ada nikotin/racun2nya, juga zat addictivenya).
    Jalani saja 2-3 bulan seperti itu, .. pengalaman membuktikan bahwa dalam 3-6 bulan, suami/pacar Anda akan terbebas dari kecanduan rokok!

    Satu kartu Quit Smoking Card, bisa dipakai untuk menetralisir 100.000 batang rokok (atau 3 tahun pemakaian). Sangat menolong mereduksi kwalitas racun bagi perokok-perokok pasif (seperti Anda dan anak-anak Anda).

    Anda MAU SEHAT BUKAN?? Anda pun MAU orang-orang yang Anda sayangi SEHAT BUKAN?? Jangan biarkan pacar/suami khususnya menghancurkan masa depan Anda dan keluarga hanya karena rokok!!
    Ceraikan segera ROKOK itu dari Pacar/Suami Anda!

    Quit Smoking Card, harganya hanya Rp. 110.000 (seratus sepuluh ribu rupiah saja) — GRATIS ONGKOS KIRIM utk Jabodetabek!
    Untuk informasi hubungi: abiyah.quitsmokingcard@gmail.com
    Untuk Pemesanan Online, dilakukan di:
    http://www.global-pustaka.com/tb/index.php?categoryID=37

    Lakukan CEPAT .. sebelum TERLAMBAT!

    ABIYAH CARD NETWORK
    DISTRIBUTOR RESMI QUIT SMOKING CARD
    Ruko Cempaka Mas Blok K-31
    Jakarta Pusat 10640 Indonesia
    Layanan Konsumen: 021-92762829

    Komentar oleh Surya — November 2, 2009 @ 5:22 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

