Blog Tausiyah275

September 30, 2006

Penjelasan Penerbit Ensiklopedia Al Qur’an

Filed under: HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 2:04 pm

*hmm….alhamdulillah, akhirnya aku dapatkan juga artikel penjelasan dari penerbit Ensiklopedia Al Qur’an, sebagai ‘penjelas’ dari kehebohan Ensiklopedia Al Qur’an beberapa waktu lalu. Aku tuliskan apa adanya…semoga bisa menjadi penyeimbang.*

Menanggapi tulisan Saudara (Sdr) Budi Handrianto, karyawan PT Astra Agro Lestari di rubrik Suarapublika, surat kabar Republika edisi Selasa, 22 Agustus 2006 yang pada intinya memojokkan perusahaan kami, di bawah ini kami jelaskan hal-hal sebagai berikut:

Pertama, bahwa yg meneribitkan buku Ensiklopedia Al Qur’an (Tematis) adalah PT Kharisma Ilmu yg dipimpin oleh Abdul Aziz Mohammad SH. Penerbit ini sama sekali tidak memiliki hubungan apapun dengan Toko Buku Karisma Gramedia, ataupun Media Kompas. Buku Ensiklopedia Al Qur’an ini merupakan buku terjemahan dari buku referensi yg berbahasa Arab, Al-Mausu’ah Al Quraniyyah. Ini artinya, mengenai isi yang terkandung di dalam buku ini, pasti sesuai dengan buku aslinya.

Kedua, Penerbit Kharisma Ilmu mempunyai tim pembaca ahli yg diketuai oleh Prof KH Ali Yafie dan kawan-kawan (dkk). Tim ini kami jadikan sebagai konsultan kami dalam kelayakan substansi buku-buku yg akan kami publikasikan. Dengan demikian, sebelum kami mempublikasikan satu buku, kami selalu mempelajari dan mengkajinya dari sisi kelayakan menurut kaca mata syariat yg sesungguhnya.

Sehubungan dengan hal ini, kami tanggapi dengan BANTAHAN tuduhan-tuduhan yg dibuat oleh Sdr Budi H dan sudah disebarluaskan kepada publik melalui Republika, yakni:
1. Ilustrasi-ilustrasi yg dianggap sesat oleh Sdr Budi Handrianto merupakan khayalan sdr Budi H sendiri. Sesungguhnya yg perlu diketahui oleh sdr Budi H atau siapapun juga bahwa ilustrasi adalah menggambarkan suatu keadaan atau bentuk yg abstrak sehingga gambaran tersebut bisa ditangkap oleh indera.

Bagi kami dengan tulisan sdr Budi H mengenai ilustrasi yg menyesatkan dalam buku Ensiklopedia Al Qur’an ini justru telah menggalang opini publik untuk menebar fitnah terhadap umat Islam sendiri. Kami sangat menyayangkan cara-cara seperti ini sebulm adanya dialog lebih jauh tentang buku ini dengan pihak kami. Bukankah agama kita, Islam, mengajarkan musyawarah (bukan bernuansa fitnah) untuk menyelesaikan suatu masalah? Bahkan sebelum seseorang melansir suatu berita yg belum jelas hakikatnya, sudah selayaknya ‘dicari tahu’ terlebih dahulu!

2. Tulisan sdr Budi H yg menyatakan bahwa ada propaganda terselubung mengenai agama Kriste dalam buku Ensiklopedia Al Qur’an (Tematis), jelas-jelas sarat fitnah sekaligus pelecehan kepada ulama-ulama yg terlibat dalam pembuatan buku ini. Dari persepsi yg penuh fitnah ini, sdr Budi H telah membangun opini, seolah-olah PT Kharisama Ilmu dan ulama-ulama tersebut telah membohongi umat.

Demikian bantahan ini kami sampaikan, kepada umat Islam agar tidak mudah terprovokasi dengan pemahaman-pemahaman yg sempit atau dangkal. Akhirnya kebenaran hanya milik ALLOH SWT.

Abdul Aziz Mohammad SH
Direktur PT Kharisma Ilmu
Kompleks Perkantoran Salemba Mas
Jl Salemba Raya 34-36 P Lt 2,
Jakarta Pusat

Iklan

6 Komentar »

  1. Tanggapannya juga tidak kalah dangkal, tidak memberikan dasar pemikiran yang cukup, bahkan cenderung cuma membantah.

    Komentar oleh Aryo Sanjaya — Oktober 3, 2006 @ 3:06 am | Balas

  2. Kayanya saya sih kurang bisa “nerima” ya kalo penjelasannya cuma ginian doank..

    Komentar oleh Beti — Oktober 4, 2006 @ 11:12 am | Balas

  3. Saya kira ada tuduhan dan ada bantahan merupakan dinamika perbedaan pemikiran. Sebaiknya kita tidak saling menyalahkan. Buku tersebut, kebetulan saya memiliki, cukup membantu pemahaman tematis dari Al Qur’an. Sebaiknya tentu dalam memahami Al Qur’an kita juga harus melihat tafsir ataupun ulama2 yang ahli sehungga buku ini tidak menjadi satu-satunya referensi.

    Komentar oleh Anto — Oktober 11, 2007 @ 9:41 am | Balas

  4. baguuuuuuuuuuuuuuuuss!!!!!!!!

    Komentar oleh yusuf — Juni 6, 2008 @ 3:29 pm | Balas

  5. Saya punya bukunya, yang tertulis didalamnya tidak terpancar sedikitpun paham-paham untuk menyesatkan, kenapa mesti dibuat opini justru yang dapat menyesatkan orang lain, Beli dulu bukunya baca dan teliti serta pahami dan musyawarahkan kepada ahlinya, menurut saya isi buku tersebut tidak melenceng dari Aqidah Islam, dan memang kalau uda bicara aqidah maka akan menjangkau semuanya, tetapi kalau belum memahami aqidah sebenarnya maka kita akan selalu dan selalu curiga, mari teman kita berdo’a untuk mendapat hidayahnya agar kita tidak tersesat, Infgat ajaran Islam itu amat Bijaksana dan tidak kaku,.. oke…!

    Komentar oleh suandi — Juni 8, 2009 @ 11:24 am | Balas

  6. tanggapannya sama sekali tidak “menjawab” beberapa kritik penting yg diserukan. lebih seperti tanggapan “protes” yg dangkal, emosional, dan enggan bertanggung jawab..
    beberapa kritik :
    1. penulis nya cenderung ke syiah, tidak dijelaskan oleh pihak penerbit
    2. ilustrasi yg “menyesatkan” seperti foto karl marx sebagai tamu surga, foto kebaktian di gereja lengkap dgn salib nya sebagai ilustrasi dari hakekat iman, dsb tidak dijelaskan
    3. definisi keliru tentang pernikahan dan puasa, juga tidak dijelaskan…
    sebagai masyarakat awam, saya jelas menyayangkan tanggapan dari pihak penerbit diatas
    bagaimana ini ?

    Komentar oleh just me — Juni 20, 2014 @ 3:59 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: