Blog Tausiyah275

Februari 21, 2007

Kapan Kiamat Tiba?

Filed under: Aqidah,Ensiklopedia Islam,Hikmah — Tausiyah 275 @ 9:21 pm

Bagi seorang muslim, Kiamat (Hari Akhir) merupakan salah satu rukun iman yang mesti dipercaya. Tidak disebut seorang muslim, hingga dia mempercayai keberadaan dan kedatangan hari akhir…baik dia akan saksikan kedatangan hari akhir tersebut maupun tidak (karena sudah meninggal terlebih dahulu).

Setelah hari akhir ini kelak, SEMUA manusia akan dibangkitkan, dari jaman nabi Adam as hingga manusia terakhir yang dilahirkan….termasuk kita, para pembaca blog ini. Semua manusia akan dikumpulkan di padang Makhsyar, sebuah tempat yang teramat luas, yang akan diadili dan dihisab sesuai amal perbuatan masing-masing.

Di saat itu, manusia akan terbagi menjadi 2, manusia yang beruntung dan manusia yang merugi. Yang dimaksud dengan manusia beruntung adalah manusia yang menerima kitab hasil hisabnya dengan tangan kanannya. Sebaliknya, manusia yg merugi adalah manusia yang kitab hasil hisabnya diberikan dg tangan kiri. Semoga kita termasuk kelompok manusia yang beruntung. Aamiin.

Kembali ke masalah kiamat…

“Kapan terjadinya kiamat?”
Merupakan sebuah kalimat yang sering diungkapkan/dipertanyakan, tidak saja oleh kita, orang-orang jaman kini…namun, sejak jaman Rasululloh SAW pun, sahabat dan umat beliau sudah bertanya tentang hal ini. Motivasi mereka jelas, bersiap menghadapi kedatangan hari yang SANGAT MENGERIKAN INI.

Rasululloh SAW sendiri menjawab bahwa beliau TIDAK DIBERITAHU (dengan pasti) oleh ALLOH SWT kapan terjadinya kiamat itu. Hal ini tercantum di:
– Surat Al A’raaf(7):187,“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.”

– Al Mulk(67):26,“Katakanlah: “Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah. Dan sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan”.”

ALLOH SWT sendiri menyatakan bahwa DIA MERAHASIAKAN kapan terjadinya kiamat, sebagaimana dinyatakan di Thahaa(20):15,“Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.”

Kengerian hari kiamat, sudah ALLOH SWT cantumkan di Al Qur’an…selain di Al A’raaf(7):187 yg ada di atas…juga di beberapa ayat lainnya, seperti:
– Thahaa(20):105,“Dan mereka bertanya kepadamu tentang gunung-gunung, maka katakanlah: “Tuhanku akan menghancurkannya (di hari kiamat) sehancur-hancurnya,”

– Saba(34):51,“Dan (alangkah hebatnya) jika kamu melihat ketika mereka (orang-orang kafir) terperanjat ketakutan (pada hari kiamat); maka mereka tidak dapat melepaskan diri dan mereka ditangkap dari tempat yang dekat (untuk dibawa ke neraka).”

– Al Qamar(54):46,“Sebenarnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit.”

– Al Waqi’ah(56):1-6,“Apabila terjadi hari kiamat, – terjadinya kiamat itu tidak dapat didustakan (disangkal). – (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), – apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya, – dan gunung-gunung dihancur luluhkan sehancur-hancurnya,”

– Al Haaqqaah(69):1-8, 13-16,“Hari kiamat, – apakah hari kiamat itu? – Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu? – Kaum Tsamud dan Ad telah mendustakan hari kiamat. – Adapun kaum Tsamud maka mereka telah dibinasakan dengan kejadian yang luar biasa, – Adapun kaum Ad maka mereka telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi amat kencang, – yang Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan hari terus menerus; maka kamu lihat kaum Ad pada waktu itu mati bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk). – Maka kamu tidak melihat seorang pun yang tinggal di antara mereka. === Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, – dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. – Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, – dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah.”

Hari Kiamat pasti datang:
– Ad Dukhaan(44):40,“Sesungguhnya hari keputusan (hari kiamat) itu adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya,”

– Muhammad(47):18,“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?”

– Asy Syura(42):18,“Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh.”

– Al Mu’min(40)59,“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.”

“Ok…kiamat pasti datang, tapi kapan?”

Seperti yg aku tulis di atas, TIDAK ADA KETERANGAN KAPAN KEPASTIAN WAKTU-nya. Bahkan, Rasululloh SAW sendiri juga menyatakan TIDAK TAHU dan TIDAK DIBERI TAHU OLEH ALLOH SWT. Al Mulk(67):26,“Katakanlah: “Sesungguhnya ilmu (tentang hari kiamat itu) hanya pada sisi Allah. Dan sesungguhnya aku hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan”.”

“Nah, kemarin, ada beberapa ilmuwan yg menyatakan bahwa bumi akan kiamat tahun sekian…sekian… Berarti Ilmuwan lebih hebat dari Rasululloh SAW, dong? Karena ilmuwan bisa memperkirakan kapan kiamat terjadi. Berarti Rasululloh SAW nabi palsu?”

Ya jelas bukan begitu…

Hasil penelitian ilmuwan-ilmuwan, jelas merupakan LOGIKA…sedangkan KIAMAT TIDAK BISA DIJANGKAU OLEH LOGIKA…sama halnya dengan banyak ibadah dan hal-hal lain dalam Islam, seringkali akal tidak bisa menjangkaunya. Tahun ‘terjadinya’ kiamat versi ilmuwan, jelas HANYA PREDIKSI. Kita tidak tahu persis kapan terjadinya…bisa jadi besok, ALLOH SWT mendatangkan hari Kiamat, entah barangkali ketika anda membaca blog ini, tiba2…BUM…kiamat datang. Siapa yg tahu?

Sehubungan dengan itu, beberapa waktu lalu, Ardho mengirim sebuah tautan artikel kepadaku. Link itu mengarah ke sebuah ‘perhitungan’ terjadinya kiamat. Aku copy paste saja isi tautan artikel itu.

Kiamat SA’AH

Pada ayat 16/77 babwa kedatangan SA’AH itu lebih cepat daripada kejapan mata. Menurut hukum fisika, kecepatan pandangan mata sama besar dengan kecepatan gerak sinar / gelombang radio. Surya ada sejauh delapan menit gerak sinar dari Bumi, jika misalnya Surya itu mendadak hilang dari angkasa maka keadaan itu baru dapat kita lihat 8 menit kemudiannya, karena sekianlah kecepatan kejapan / pan&gan mata.

Kini dikatakan SA’AH itu lebih cepat lagi maka kecepatan yg melebihi sinar ialah kecepatan gerak Mar’a / Comet yg kelihatan melayang di antara bintang-bintang angkasa beberapa saat padahal diketahui orang bahwa jarak bintang terdekat ialah 4 tahun gerak sinar. Jadi SA’AH itu berlaku cepat sekali seperti kecepatan gerak Comet, & memang Comet itulah yg dijadikan Allah selaku penyebab terjadinya SA’AH nantinya.

Alquran menyebut kecepatan Comet itu melebihi kecepatan pandangan mata karena memang manusia umumnya menganggap bahwa kecepatan matalah yg terbesar dari benda konkrit yg pernah diketahui, tetapi kalau orang memperhatikan secara ilmiah akan ternyatalah bahwa kecepatan terbesar itu ialah kecepatan gerak Comet.

Ayat 7/187 menyatakan bahwa seorangpun tidak dapat meramalkan waktu kedatangan Comet itu selaku penyebab adanya SA’AH, karenanya pantaslah ramalan para sarjana mengenai rombongan Comet yg dapat dilihat dari Bumi selalu gagal begitupun rombongan Comet yg dinamakan dengan Kahotek pada bulan Desember 1973. Hal ini disebabkan oleh kesalahan prinsip mengenai wujud Comet sendiri.

Semua sarjana Bumi pada abad 14 Hijriah menyatakan Comet itu terdiri dari pasir / es melayang dalam orbit tertentu dalam tatasurya mengeliling Surya, padahal benda angkasa itu ialah kumpulan Mar’a non partikel tanpa orbit di angkasa luas dengan massa yg semakin besar, masing-masingnya kini jutaan kali besar Surya.

Sebenarnya, hal yg LEBIH PENTING ADALAH MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI KIAMAT..bukan meributkan KAPAN TERJADINYA KIAMAT.

Ibaratnya, siswa yg sudah belajar dan mempersiapkan dirinya dengan baik, tidak akan takut kapan diadakan ujian/quis/tes, karena dia merasa sudah cukup bekalnya. Berbeda dengan siswa yg tidak siap…dia akan tergesa-gesa mempersiapkan dirinya untuk menghadapi ujian, pada saat waktu ujian sudah dekat. Ini masih ‘beruntung’, karena waktu pelaksanaan ujian sudah diketahui…sementar kiamat, berdasarkan tulisanku di atas, tidak diketahui kapan terjadinya.

Mari saudara-saudaraku, kita persiapkan diri…cek amal ibadah kita, lihat sekeliling kita, seberapa manfaat kita terhadap lingkungan sekitar. Semoga kita bisa terhindar dari kerugian dan masalah akibat tidak siapnya kita menghadapi hari kiamat. Aamiin.

ps: berikut attachment salah satu PREDIKSI ilmuwan tentang KAPAN TERJADINYA KIAMAT.

Iklan

59 Komentar »

  1. Sungguh besar kekuasanMU ya Allah…
    Ya Allah, ampunkanlah semua dosa2ku slama ini. Dan dosa2 org yg ku sayangi.
    Maafkanlah hamba ya Allah…
    Sesungguhnya Engkaulah Maha Segala-galanya di dunia ini

    Komentar oleh Okti_sWeet — Maret 14, 2007 @ 3:33 pm | Balas

  2. Massya Allah, subhanallah
    Sungguh besar Engkau ya Allah dan tiada keraguan kabagiku pada Mu ya Allah

    Komentar oleh INDRA — Maret 16, 2007 @ 2:19 pm | Balas

  3. Aku selalu takut akan datangnya hari kiamat.

    Komentar oleh Lutfi — Maret 17, 2007 @ 8:22 pm | Balas

  4. Tapi kenapa aku masih saja melakukan hal yang jauh dari yang diperintahkan oleh Allah SWT

    Komentar oleh Lutfi — Maret 17, 2007 @ 8:30 pm | Balas

  5. semoga kita mati dulu sebelum kiamat datang…amien

    Komentar oleh dud — Maret 20, 2007 @ 10:49 am | Balas

  6. SUBHANALLAH……Ya ALLAH kami sadar Kau ciptakan mulut kepada kami,namun kami jarang menyebut AsmaMu ya Allah, kami sadar Kau ciptakan kami kaki, namun kami tak pernah melangkahkan kaki ini kemajelisMu, kami sadar Kau ciptakan tangan, namun kami tak pernah menjamah tasbih menyebut kebesaranMu, kami sadar Kau ciptakan telinga, namun kami tak pernah mendengar para Da’i….. Ya ALLAH ampunilah dosa-dosa hambaMu ini. Kiamat pasti datang….!!!!!

    Komentar oleh ferry hadiyanto — Maret 22, 2007 @ 8:08 am | Balas

  7. wahai umat islam sekalian
    jangan biarkanlah kejahatan dimuka bumi ini
    meraja lela
    mari kita berntas kemungkaran sebelum kiamat
    datang sehingga kita tidak dalam keadaan kafir

    Komentar oleh iman — Maret 29, 2007 @ 8:57 pm | Balas

  8. Allah…maafkanlah..smua dosa2ku n kluargaku slama ini… sertadosa2 orang muslim…

    Komentar oleh nunx — April 13, 2007 @ 11:31 am | Balas

  9. bagus, utk mengingatkan kita semua akan kekuasaaan Allah SWT..

    Komentar oleh Hendrawan — April 30, 2007 @ 6:33 am | Balas

  10. ubahlah lingkunganmu maka kamu akan merasa sia-sia
    suruh lah orang untuk berobah niscaya hal itu tidak akan terjadi
    tidak akan mungkin muka menjadi bersih jika tisu nya sendiri kotor..
    Kita tidak akan pernah dapat merubah apapun…
    sebelum kita merubah diri kita sendiri lebih dahulu….
    keberhasilan berawal dari pola pikir…
    dan itu dari kita…
    ubah lah diri…
    niscaya akan mengubah lingkungan mu ……
    maafkan kata2ku semua hilaf dariku dan segala kebenaran dari alloh..
    wassalam

    Komentar oleh Hery A — Mei 7, 2007 @ 8:24 pm | Balas

  11. kapan kiamat tiba gue enggak pahem apa yang dingomongin

    Komentar oleh syafiq — Mei 22, 2007 @ 2:42 pm | Balas

  12. Kiamat, Wahai Orang Islam Jangan Pernah Mengatakan damai untuk Orang Kafir. dan buktikan bahwa Islam agama Terbaik Alam Semesta. Massya Allah Negara Kita indonesia ternyata juga mendukung untuk mempercepat hari kiamat juga. banyaknya psk, koruptor, kejahatan, sex bebas anak muda, dll. weleh2x

    Komentar oleh rahadyan — Juni 13, 2007 @ 9:42 pm | Balas

  13. Kapan?

    Komentar oleh Lingga — Juni 15, 2007 @ 3:17 pm | Balas

  14. apanya yang muslim is the best religion!!! semua agama is the best!!!. ASAL NYROCOS AJA!!!!!!!!

    Komentar oleh julius joseph — Agustus 7, 2007 @ 12:58 pm | Balas

  15. Ya Allah hanya kepada Mu hamba menyembah dan hanya kepada Mu hamba berlindung. ampunilah segala dosa yang hamba perbuat kepada Mu ya Allah

    Komentar oleh ganez — September 29, 2007 @ 8:18 pm | Balas

  16. Ya…allah, bantulah mereka yang engkau beri cobaan!!!amiiin

    Komentar oleh yashinta — Oktober 3, 2007 @ 4:45 pm | Balas

  17. doalah

    Komentar oleh kesatria — Oktober 7, 2007 @ 12:42 am | Balas

  18. bismillahirahmaanirrahiim
    yang pasti kiamat memang semakin dekat. masalahnya berapa banyak dari kita yang memahami agama dengan benar!!! seberapa banyak yang memahami agama yang benar-benar lurus dan berpegang dengannya. yangpasti… Tuhan kita memberi sinyalir melalui para nabi bahwa orang-orang yang lurus itu hanya sedikit. mereka akan berjuang dengan jumlah yang sedikit itu. sisanya adalah orang-orang yang sesat dan dimurkai. yaitu orang-orang yang bodoh, tidak tahu sejarah, jarang baca buku, merasa pusing dengan kebenaran yang mulai samar-samar lantas tidak berusaha mencari tahu, atau orang yang tahu kebenaran tetapi tidak mau menerimanya hanya karena dirinya tidak mau meninggalkan agama yang orang tuanya ajarkan kepadanya.

    jangan sampai ketika datang orang yang dijanjikan Tuhan akan membuat nyata perbedaan antara yang benar dan yang salah–justru kita tidak membenarkannya atau malah mendustakannya!

    Komentar oleh kesatria — Oktober 7, 2007 @ 12:49 am | Balas

  19. YA Allah hayalah padamu t4 q baerteduh memohon ridlo & ampunanmu.ampunilah segala dosa2 q & tunjukan aq jalan lurusmu untuk menggapai surgamu.lindungilah hambaMu ini dari godaan setan yg terkutuk

    Komentar oleh hamba Allah — November 7, 2007 @ 1:06 pm | Balas

  20. Walau kita tak tahu kiamat kapan kan datang, namun yakinilah kedatangannya yang tiba-tiba itu.
    Ya Allah Kau Maha mengetahui segalanya, Kau maha tahu segala keburukanku,
    Yaa Allah ampuni hamba yang penuh dengan dosa ini, Yaa Allah tunjukkan hamba jalan yang Kau ridhoi

    Komentar oleh elsu — November 8, 2007 @ 12:57 pm | Balas

  21. Menurut beberapa penelitian, Kiamat akan terjadi pada tahun 2014. Pada tahun tersebut, diramalkan bumi akan tabrakan dengan sebuah asteroid yang diameternya kurang lebih 1km. Tapi Allah Hualam, manusia tidak akan pernah tahu kapan terjadi kiamat…

    Salam, Hamba Allah.

    Komentar oleh Hamba Allah 2 — November 17, 2007 @ 3:23 pm | Balas

  22. benar bro,yg jelas kiamat sudah semakin dekat.tanda2 dah ada tuh seperti adanya pria yg menyerupai wanita dan jg sebaliknya jd perbanyaklah ibadah,mulai skrg ok.

    Komentar oleh nurhasanah — Desember 11, 2007 @ 11:44 am | Balas

  23. saya sangat rindu sekali dengan allah.

    Komentar oleh Rurizwan — Desember 16, 2007 @ 5:36 pm | Balas

  24. Ya Allah ,,saya adalah hambamu yang hina …selalu lupa padamu…bantulah hamba untuk tobat ya Allah…Hamba tak ingin hidup hamba sia-sia.tanpa rahmatmu

    Komentar oleh agam morisco — Desember 17, 2007 @ 1:38 am | Balas

  25. ya Allah sungguh dahsyatnya engkau yg telah menciptakan dunia beserta isinya &Egkaupun akan mengembalikan semuanya kembali ke asal dengan memberikan KIAMAT kepada makhlukmu.

    Komentar oleh yury — Januari 2, 2008 @ 9:21 am | Balas

  26. Alloh itu suci adanya, bagai manusia tidak ada yang tidak berdosa, dan dosa tetap dosa, manusia tidak bisa mengampuni dosanya dengan amal perbuatanya, hanya Alloh yang penuh ampun yang bisa mengampuni kita dari dosa, jadi yang kita butuhkan janji Alloh dan pengharapan untuk bisa masuk Surga Alloh. firman Alloh adalah Ya dan Amin. dan kitab-kitab Alloh tidak ada yang hilang atau bahkan dibatalkan atau didistorsi karena Alloh menjaga Kitab-KitabNya, dan Al-Qur’an menunjukan dan menyuruh mempelajari Kitab-Kitab Alloh yag lain, karena disana (Al-Injil) ada janji dan pengharapan itu, yaitu janji tentang hari khiamat dan keselamatan, amin.

    Komentar oleh sam — Januari 19, 2008 @ 1:43 pm | Balas

  27. yg pengen tau kiamat harus belajar mengetahui hajat Tuhan. Ini ada kelompok yg menamakan diri paguyuban KAPRIBADEN yg mana mereka senantiasa mendapat petunjuk dari YME. Dan ada situs nya juga cari ajah .. Buruan, seru deh..

    Komentar oleh yopie — Februari 11, 2008 @ 8:57 pm | Balas

  28. Ya Allah… janganlah engkau temukan kami dengan hari kiamat, tapi kami tahu ya Allah bahwa kiamat itu akan datang dan pasti akan terjadi, jauhkan kami ya Allah dari fitnah dajjal. Selamatkan kami semua umat muslim ya Allah dari segala bencana, Amin.

    Komentar oleh masni — Maret 12, 2008 @ 2:12 pm | Balas

  29. Ass… saudaraku seiman dan seaqidah, saya ingin kita selalu mengingatkan dalam menegakkan agama kita, jangan sampai kita lupa menjalankan perintah Allah SWT, sholat tepat waktu, bersedekah dan menyantuni anak yatim, OK.

    Komentar oleh masni — Maret 12, 2008 @ 2:17 pm | Balas

  30. ass mungkin kalau kita tahu kpan
    kiamat ga akankaya gini

    Komentar oleh array — April 7, 2008 @ 3:21 pm | Balas

  31. Assalamualaikum wr…wb…
    wahai muslimin wal muslimat ittqullah (taqwalah kepada ALLOH) marilah kita semua perbanyaklah beribadah agar kita semua mendapat perlindungan dari ALLAH SWT di dunia maupun di akhirat
    salam semua buat muslim & muslimat di dunia semoga succes selalu & anak2 MTs N Purworejo yang telah menempuh UAN semoga LULUS dan mendapat nilai yang memuaskan
    amin ……………
    wassalam

    Komentar oleh bayu,arief,rendy MTs N purworejo — Mei 10, 2008 @ 1:04 pm | Balas

  32. saya bulatif John….

    Komentar oleh amir — Juni 29, 2008 @ 11:17 am | Balas

  33. Nibiru, Planet X, Sedna, Kachina, dkk. sudah tampak dan pasti akan datang, percuma sembunyi di bawah tanah (bunker), menyelam ke bawah laut pake kapal selam, ato mengasingkan diri ke luar angkasa dalam pesawat antariksa, semua pasti terkena imbasnya(Kiamat). Cepet tunaikan ibadah haji ato minimal umroh bagi muslim yg mampu. Mungkin tahun ini tahun terakhir menjalankan ibadah haji dengan ‘selamat'(Tanpa gangguan PD III dan bencana alam).Gak usah bertele-tele lagi, saat ini jaman sudah serba instan, kalo masih ber-tanya2 lagi berarti masih hidup di ‘jaman batu’. Semoga kita semua sudah cukup siap(amal pahalanya) bila ‘Saatnya’ tiba. Semoga kita semua berjumpa kembali di akhirat nanti, wassalam.

    Komentar oleh thisistheone — Juli 2, 2008 @ 3:19 pm | Balas

  34. betol tu mas..kita nak suruh tenang camane..pemerentah pun kacau bilau camena rakyat…? lagilah teruk
    kapan kiamat mas..kita bisa tau,kerana allah beri kita melihat,mendengar,…lagi allah kasi bukti lagi ..manusia macam aku cuai sungguh…tusnami dah ada..kalau disuruh belajar sampai kenagara CHINA apa yang kita belajar..hari ini kat cina kerap kali gempa..org cam aku buat tak tahu…buta agaknya ..cam tidak

    Komentar oleh pukattunda — Oktober 16, 2008 @ 6:55 pm | Balas

  35. camana aku nak cakap lagi..ustad dah berbuih mulut ceramah sana sini..tapi cite pasal dunia..bila aku nak jumpa allah cam ni…ustad sibok kejar dunia je..aku nak juga rasa kiamat pan mata

    Komentar oleh pukattunda — Oktober 16, 2008 @ 6:59 pm | Balas

  36. bagaimana caranya ingin bertobat secara sungguh

    saya mencoba beberapa kali tapi tidak bisa sedangkan hari kiamat itu sudah dekat?

    apa solusinya?

    Komentar oleh syari — Desember 23, 2008 @ 2:47 pm | Balas

  37. ya ALLAh Ampunilah dosa2ku dan semua org yg ada di dunia(dunia milikmu)ini karena enkau maha pengampun lagi maha penyanyang

    Komentar oleh MIFTAH — Desember 27, 2008 @ 1:38 pm | Balas

  38. apakah 2012 akan terjadi kiamat

    Komentar oleh vzhar — Januari 5, 2009 @ 11:17 pm | Balas

  39. menurut buku yang aku baca,kiamat akan terjadi tahun islam 1802 menurut hijrah nabi muhammad saw. apakah itu benar?

    Komentar oleh abang — Februari 3, 2009 @ 12:30 pm | Balas

  40. apakah dajjal itu akan mengelilingi dunia dan serta pengikut kecuali mekkah, ka’bah, madinah, gunung thur.

    Komentar oleh abang — Februari 3, 2009 @ 12:32 pm | Balas

  41. apakah anda mengetahui apakah segitiga bermuda itu? menurut buku yang ku baca segiga bermuda itu tempat pembuangan mayat budak dari negro yang di buang kulit putih. dan munculnya piring piring trbang di amerika,lebih 2 juta orang menyasikan piring piring terbang di amerika.apakh itu berhubungan dengan dajjal

    Komentar oleh abang — Februari 3, 2009 @ 12:36 pm | Balas

  42. kita tidak boleh kolau kita tdk percaya pada hari kiamat, kita harus percaya pada hari kiamat karena hari kiamat merupakan rukun iman yang ke5, maka dari itu kita harus selalu beribadah kepada Allah SWT.
    dan dari aq kita harus optimis masuk surga dan kita tidak boleh putus asa, serta kita tdk boleh takut sama kematian seperti yang tercantum pada sifat-sifat(Asma’ul husnah) Allah SWT. demikian dari ayas
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Komentar oleh nn — Februari 25, 2009 @ 12:17 pm | Balas

  43. http://blogspot.com

    Komentar oleh bima — Maret 4, 2009 @ 1:23 pm | Balas

  44. bagaimana caranya agar tidak bisa tergoda oleh hal yang maksiat

    Komentar oleh arie — Maret 6, 2009 @ 10:34 am | Balas

  45. pelajari kenyataan yang ada,terutama mempelajari diri sendiri.setelah itu pelajari apa sebenarnya kiamat

    Komentar oleh deron — April 29, 2009 @ 8:38 am | Balas

  46. SEBELUM PLANET ITU MENGHANCURKAN BUMI SEBAIKNYA KITA HANCURKAN DAHULU PLANET TERSEBUT.

    CARANYA HANYA SATU ;
    ” LEDAKAN PLANET ITU DENGAN NUKLIR “

    Komentar oleh hidayat berutu — Juli 17, 2009 @ 11:18 am | Balas

  47. astaghfirullah………
    ampunilah semua dosa2 hambamu y Allah…….

    Komentar oleh chulyz — September 28, 2009 @ 7:30 am | Balas

  48. bener banget kiamat uda makin deket apalagi sekarang uda banyak kejadian seperti bencana alam yang demikian dahsyat.
    semoga kita dan orang2 d sekitar kita bisa ambil hikmahnya
    amin.

    Komentar oleh bella — Oktober 5, 2009 @ 10:26 am | Balas

  49. hmmm … belajar agama seeeep !!! … tapi imbangi dengan ilmu pengetahuan … karena SANG MAHA TAHU DAN MAHA SEGALANYA memberikan kita petunjuk “itu” …
    kiamat ato tidak … satu hal ada yang “lebih” dari kita manusia … inget pepatah “diatas langitmasih ada langit”

    Komentar oleh arez — Oktober 10, 2009 @ 10:31 pm | Balas

  50. bagus bngt artikelnya. mohon izin saya posting di blog saya. terima kasih

    Komentar oleh arif — Oktober 31, 2009 @ 10:09 am | Balas

  51. mudah2an kiamat gx jadi . dan klw terjadi sya tlh meninggal

    Komentar oleh AGUNG — November 3, 2009 @ 2:46 pm | Balas

  52. kapanpun kiamat terjadi, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri kita untuk menunggu panggilan kita……

    Komentar oleh Eva Fadilla — November 10, 2009 @ 4:00 pm | Balas

  53. jujur..saya takut..

    mari kita rubah pola hidup kita..!1

    Komentar oleh wendi — Desember 1, 2009 @ 9:45 am | Balas

  54. jangan sekali-kali kalian percaya dgn adanya ramalan yang akan membuat terpuruknya iman kita karena yang tau hari kiamat itu hanyalah Allah SWT……..

    Komentar oleh Arif — Desember 3, 2009 @ 11:01 pm | Balas

  55. saya sangat takut sekali sma yg nmanya hari kiamt itu,,tpi saya hrus terima semua itu karna yg hidupin hanya allah dan kita pun hrus di pulangkan sma yang maha kuasa,,

    okey

    Komentar oleh mega selviyan — Februari 22, 2010 @ 9:30 pm | Balas

  56. ya allah tunjukan aku jalan lurusMU untuk menggapai surgamu……………………..amien

    Komentar oleh man nak sholeh — Mei 14, 2010 @ 2:17 pm | Balas

  57. hanya engkau(ALLAH) yang maha mengetahui setiap apa yg ada di dalam hati & apa yang ada di dalam fikiran.
    semua yang kulakukan baik dan buruk nya semuanya hanya lah engkau yg menguasai. hidup dan matiku semuanya kuserahkan kepadamu yang maha pencipta lagi maha penyayang.
    mohon ampun hambamu ini atas dosa yang pernah hamba perbuat dan jaga lah hati hamba untuk tetap berada di jalan mu ya ALLAH.

    Komentar oleh DEDEK — Juli 18, 2010 @ 8:43 pm | Balas

  58. astaghfirullahaladzim…astaghfirullahaladzim…astaghfirullahaladzim…ampunilah dosa hamba ya Allah !! ampuni dosa hamba ya Allah !! ampuni dosa hamba ya Allah.. lindungi hamba ya Allah dari kata2x dan godaan syetan yang terkutuk…jauhkanlah hamba ya Allah dari siksa api neraka…Allahhu Akbar..Allahhu Akbar..Allahhu Akbar..Lailahaillallah Muhammadurrosulullah.. Allahhu Akbar…Wassalam.

    Komentar oleh Faisal Nurdin — September 4, 2010 @ 2:30 pm | Balas

  59. Kiamat adalah akhir dari perjalanan sumua mahluk yang ada dialam jagat raya (baik yang mati maupun yang masih hidup), yang nama depannya alam (alam dunia, alam akherat, dll) akan berakhir. jika kita mengkaji Alqurqn banyak sekali ayat2 yang belum semuanya terbukti, sedangkan sebelum Kiamat ayat2 tersebut akan membuktikan dirinya, maka tunggulah pembuktiannya sebelum Kiamat tiba…

    Komentar oleh RIDHWAN — September 19, 2011 @ 4:25 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: