Blog Tausiyah275

April 5, 2007

Hoax dan April Mop Yang Terkait Islam

Filed under: Hoax,HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 10:15 am

Hoax adalah istilah lain dari berita bohong. Di blog ini, banyak sekali artikel hoax yang dimuat, berupa:
Suara Siksa Neraka Di Bawah Bumi
Surat Dari Penjaga Masjid Nabawi
Anak Durhaka Menjadi Ikan
Hantu di SCTV
Siksa Kubur
Nabi Nuh
Batu Isra’ Mi’raj

Karena blog ini berorientasi ke arah/sudut pandang agama, walhasil hoax yg ditampilkan tentu saja yg terkait (sedikit atau banyak) dengan agama. Anda2 bisa lihat sendiri dari judul2 artikel hoax di atas.

Aku sendiri tidak tahu persis, mengapa orang2 mau membuat (dan menyebarkan) artikel hoax yg ‘mengandung’ ajaran agama seperti artikel2 di atas. Salah satu hal yg sempat aku pikir adalah adanya perang pemikiran (ghazwul fikri) yg dilancarkan oleh musuh2 Islam…yg tidak saja beragama non-Islam namun juga yg ‘ber-cap’ Islam (namun kesemuanya memusuhi Islam).

Oleh karena itu, salah satu hal yg diajarkan dalam Islam adalah TABAYYUN (cross-check) apabila menerima suatu berita. Seringkali kita dapati, orang2 dg mudahya mem-forward sebuah artikel hoax…jika aku perhatikan, ini dilakukan karena mereka SANGAT (terlalu) PERCAYA dengan berita yg mereka terima. Kemudian, tanpa cek ulang, mereka segera menyebarkan hoax ini.

Belakangan ini aku sudah jarang menerima hoax… Namun, pada saat hoax anak durhaka muncul, lebih dari 5 email/hari masuk ke inboxku…isinya sama semua…kisah anak durhaka yg berubah menjadi ikan. Disusul dengan hoax2 lainnya, yg seringkali membuat kepalaku pening…karena cape menghapus dan membantah isi email2 itu, hihihi…

Sementara April Mop adalah suatu hari di mana orang ‘dilegalkan’ (‘diperbolehkan’) untuk berbohong/menipu orang lain. Ini merupakan tradisi dari orang2 bule…dan sedikit banyak diadopsi dan dilakukan oleh umat Islam.

Dari sekian banyak April Mop, baru pada tahun ini (2007) aku menemukan April Mop yg ditujukan kepada orang Islam. April Mop ini berisi lebih kurang seperti berikut:
===isi april mop===

[English]

The Fall of Granada, Spain and 1st April – APRIL FOOL

In Spain, after centuries of Muslim rule*, the Moors were overwhelmed by the Christian Army. However, the Moors were fortified in their homes. The Christian armies wanted to get rid of the Muslims somehow. They told the Muslims that they could leave their homes safely and could take only the necessary things from their homes. They were told they could sail away in the ships anchored on the quay side. The Muslims did wonder if this ploy was a trick. The Muslims were requested to go to the quay side to check the ships. They did so and were convinced. They then made preparations to leave. The next day, 1st April, they took their essential belongings and walked towards the quay side.

The Christians looted their homes and then set fire to them. Before the Muslims got to the ships, the Christians had set fire to the ships as well. The Christians then attacked the Muslims and killed them all:

men, women and children. They then celebrated this carnage. This then became a ritual that was celebrated every year and that has been carried on until this day not only in Spain but in other countries, too. The Muslims celebrate 1st April as well as playing jokes on others on this day through sheer ignorance of the story. We should bring out the facts of the story to all in order to put a stop to the practice of celebrating this bloody and shameful episode.

[Indonesia]

Cerita menyedihkan dibalik April Mob

Tepat tanggal 1 April, biasanya banyak diantara kita akan begitu sibuk dan bersiap siap untuk merayakannya dengan membuat rencana besar untuk MENIPU orang lain / sahabat / saudara terdekat pacar dan bahkan orang tua sendiri. Budaya tersebut begitu eratnya melekat, seakan akan pada tanggal 1 April tersebut, kita boleh berbuat DOSA.

Kepala kita penuh dengan rencana mencari mangsa-mangsa untuk dipermain-mainkan. Bahkan sewaktu sedang bekerja atau sedang makan pun kita akan mencari cara dan membuat rencana ‘penganiayaan’ ini. Yang penting kita ingin puas melihat muka mangsa-mangsa gurauan April Mop mereka merah padam karena dipermain-mainkan. Padahal baru saja mereka diberikan kado/ucapan Kasih Sayang pada hari St.Valentino 14 Feb Lalu. Ini adalah sebuah Kekonyolan disamping juga bertentangan dengan Aqidah dan tidak membawa manfaat sedikitpun.

Sewaktu masa sekolah dahulu, pernah terbaca tentang suatu tragedi yang terjadi pada tanggal 1 April ini. Seorang suami yang suka jahil tentang agama, telah mengucapkan, ‘Aku ceraikan kamu dengan talak 3’ pada isterinya dengan niat untuk bercanda. Isterinya yang pada mulanya tercengan-cengang terus meraung, kemudian si suami dengan muka tanpa dosa kemudian mengucapkan ‘April MOP!!’. Setelah itu, giliran si suami pula untuk meraung saat diberitahu bahwa talak yang dilafazkan tersebut telah jatuh!!!.

Wahai umat Islam, berhati hatilah terhadap budaya ini….. hindari diri kita dari berbuat Dzolim apalagi April’s Mop bukanlah budaya Islam.

Tetapi tahukah anda berapa banyak diantara kita yang tidak mengetahui kenyataan pahit Sejarah yang menimpa umat Islam Spanyol di belakang perayaan April’s Mop ??

Tragedi Pembantaian Umat Islam Spanyol

QS Albaqaroh 2:120*** Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yg benar)”. Dan sesungguh nya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengeta huan datang kepadamu, maka Allah tdk lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

Sebagaimana sudah firman Allah SWT tersebut, sepanjang masa, tidak akan pernah hilang keinginan mereka musuh-musuh Islam untuk selalu menghancurkan Islam dan memadamkan cahaya Allah SWT. berbagai cara akan mereka lakukan, termasuk sejarah pembantaian muslim Spanyol pun 1 April berkembang menjadi perayaan April’s Mop.

Dahulu kala, Muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam namun memperaktekkan kehidupan secara Islam. Mereka tidak hanya membaca Al-Qur’an tapi juga bertingkah laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, untuk bir dan juga segala hal yang diharamkan dalam Islam. Jika mereka membaca tentang hijab di Al-Qur’an, mereka memperaktekkan nya tidak seperti kebanyakan kita.

Kaum Kafir mencoba membersihkan Islam dari kekuasaan Spanyol, mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil. Lalu mereka mengirim pengintai ke Spanyol untuk mempelajari Islam dan menemukan bahwa kekuatan yang dimiliki kaum Muslim adalah taqwa. Begitu kaum Kristen mengetahui kekuatan umat Islam, mereka mencari strategi untuk menghancurkannya.

Mulailah dengan mengirim alkohol dan cigarette secara gratis kepada mereka. Taktik ini cukup berhasil dan melemahkan keyakinan umat Islam terutama kaum mudanya. Hasil dari usaha ini adalah jatuhnya Spanyol dari kekuasaan umat Islam dan mengakhiri penguasaan umat Islam seluruhnya terhadap Spanyol selama delapan ratus tahun.

Daerah terakhir yang jatuh kepada kekuasaan kaum Kristen adalah Grenada (Ghornata) pada tanggal 1 April.

Dibalik perayaan April Mop (April Fool’s Day) ini, sangat dipercayai bahwa April Mop mula mula dirayakan pada saat kejatuhan kerajaan Islam di Spanyol. Setelah sekian lama berkuasa di Granada, Spanyol, kerajaan Islam akhirnya runtuh diserang tentara-tentara Kristen. Penduduk-penduduk Islam di Sepanyol (Moors) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen tidak puas dan berusaha untuk menghapuskan orang-orang Islam dari Spanyol.

Penduduk-penduduk Muslimin ini, diberitahu bahwa mereka diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan barang-barang keperluan mereka dengan menggunakan kapal-kapal yang berlabuh di perlabuhan.

Orang-orang Muslimin khawatir dan curiga atas tawaran tersebut, dikhawatirkan tawaran tersebut merupakan suatu penipuan, kemudian mereka pergi kepelabuhan untuk melihat apakah ada kapal yang dimaksud oleh tentara Kristen dan setelah dilihat keberadaan kapal kapal dipelabuhan, merekapun membuat persiapan untuk berlayar.

Keesokan harinya (1 April), mereka mengambil semua barangan yang telah disiapkan lalu menuju ke perlabuhan. Pada saat itulah, pihak Kristen mengambil kesempatan menggeledah dan membakar rumah penduduk-penduduk Islam itu. Bahkan mereka juga tidak sempat untuk menaiki kapal karena semuanya telah musnah dibakar. Pihak Kristen kemudian menyerang kaum Muslimin dan membunuh kesemuanya, lelaki, perempuan, serta anak-anak kecil. Peristiwa berdarah yang meyedihkan ini kemudiannya dirayakan oleh tentara Kristen. Perayaan ini akhirnya dirayakan setiap tahun bukan saja di Spanyol tetapi juga di seluruh dunia sebagai April Fool’s Day.

Yang menyedihkan, orang-orang Islam yang jahil pun turut memperingati April Fool’s Day tanpa menyadari mereka sebenarnya merayakan ulang tahun pembunuhan masal saudara se-Islam mereka sendiri.

Wahai umat Islam, berhati hatilah terhadap budaya ini….. hindari diri kita dari berbuat Dzolim. Ingatkanlah saudara saudara kita sesama muslim.
– Ingatlah bahwa tanggal 1 April adalah hari pembantaian umat Islam Spanyol
– Dan yang penting dalam Al Quran & Hadist tidak ada perintah dimana boleh menipu orang lain sebagai bahan gurauan.

Terlepas dari apapun sejarahnya gurauan / Fool tersebut, mereka para musuh musuh Islam yang berlindung dibalik retorika Toleransi, Demokrasi, Liberalisasi, HAM, Persamaan Gender atau senjata Bush Laknatullah yang popular saat ini “War on Terrorism dan Iraqi Freedom” percayalah mereka justru sangat serius ingin memudarkan cahaya Islam.

Semoga Allah sentiasa membuka pintu taubat untuk kita. Amiiin

===isi april mop===

Sejak kali pertama menerima email ini, sekitar bulan Februari 2007, aku sendiri tidak yakin dengan isi beritanya. Ada banyak keanehan di email itu, yg saat itu (kali pertama menerima) aku tidak bisa menjelaskan mengapa. So, aku cenderung abaikan setiap email yg berisi April Mop itu.

Namun, hingga hari ini, masih saja ada email April Mop ini yg masuk ke inbox-ku. Terus terang, ini mengganggu sekali. Terutama jika disalahartikan oleh saudara2ku sesama Muslim.

Akhirnya aku mencari referensi2, baik dari pandangan sejarah agama, maupun sejarah bangsa Spanyol. Bahkan wikipedia tidak luput aku jadikan referensi (biasanya jarang aku jadikan referensi sih). Hasilnya, aku menemukan beberapa situs berikut, yg menjelaskan lebih detil, bahwa BERITA INI HANYALAH HOAX MENJELANG APRIL MOP…!!
http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp
http://islamtomorrow.com/lies/April_lies.asp
http://www.muftisays.com/viewarticle.php?article=aprilfools
http://answering-islam.org/Hoaxes/aprilfool.html
http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html
http://dragonsvamp.wordpress.com/2006/04/05/random-truth-behind-april-fools-day/
http://etori.tripod.com/aprilfools.html

Aku berpendapat bahwa hoax ini ‘khusus’ dibuat untuk membodohi kaum Muslim sedunia, karena hoax yg disebarkan tidak saja berbahasa Indonesia, namun juga berbahasa Inggris. Sedikit berbeda dengan hoax2 lain (pada tautan di atas) yg lebih banyak berbahasa Indonesia (setidaknya yg masuk ke inbox-ku).

Sementara itu, situs ini menjelaskan lebih detail mengenai kebohongan2 yg ada pada hoax tersebut.

Akhir kata, aku hanya bisa memberikan wanti-wanti/peringatan kepada saudara2ku, terutama sesama Muslim, agar lebih berhati-hati dalam menyikapi/menanggapi suatu berita. Berikut aku cukilkan beberapa ayat Al Qur’an, yg menurutku, terkait dengan sikap hati2 dalam menerima dan menyebar luaskan berita.

An Nuur(24):11,Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.”

AL Hujuurat(49):6,Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

Pada ayat pertama, aku hendak tekankan bahwa penyebar berita bohong (hoax) tidak saja orang2 yg memusuhi Islam, tapi juga (sebagian) dari kalangan kaum Muslim. Sementara untuk ayat kedua, sudah jelas bahwa untuk memeriksa berita2 yg datang. Aku sendiri berpendapat bahwa berita yg harus diperiksa tidak saja yg datang dari kaum yg fasik/kafir, tapi juga dari sesama muslim (lihat ayat pertama).

Semoga bermanfaat…meski agak terlambat memuatnya…😉

Update: jika anda takut ‘tertipu’ dengan informasi yg saya tulis, silakan anda klik di sini untuk informasi yg lebih ‘netral’.😉

28 Komentar »

  1. Ass, wah, ane baru tau tuh klo hoax ternyata istilah berita bohong ya,,,? Klo mengenai cerita April Mop bangsa Spanyol itu, ane juga baru baca di majalah Muslimah edisi bulan April ini. Ane gak tau klo ternyata berita itu bohong juga, habis lom ada yang pernah or tahu mengenai seluk beluk adanya perayaan April Mop. Klo boleh tanya, bohongnya dimananya, apakah ada cerita yg sesungguhnya dari bangsa Spanyol itu?
    Soalnya jujur ane juga gak ngerti bgt, n sudah terlanjur menceritakan ke adek2 ane. Syukron

    Komentar oleh sofi — April 5, 2007 @ 2:17 pm | Balas

  2. dan anehnya..

    kok bisa2nya artikel gag valid kayak gitu, ikut disebarin sama “lembaga” sebesar Daarut Tauhid nya AA Gym?

    Komentar oleh aRdho — April 5, 2007 @ 3:41 pm | Balas

  3. kadang2 orang lebih milih ngeforward email drpd harus repot2 mengecek kebenarannya. so sad

    Komentar oleh basibanget — April 7, 2007 @ 11:55 am | Balas

  4. Salut!! selalu cek kebenaran, apalagi kalau menyangkut mengajarkan sesuatu kepada orang lain.. bayangkan dampaknya..

    Komentar oleh bugs! — April 8, 2007 @ 9:14 pm | Balas

  5. saya gak pernah langsung percaya sama berita yang mengandung agama, entah menjelekkan agama lain atau yang lainnya, supaya kita gak kena pengaruh buruk. begitu juga kalo baca blog ini. tapi di blog ini lengkap ama fakta-faktanya, dan InsyaAllah tetep begini,

    Komentar oleh Tresno — April 9, 2007 @ 5:25 pm | Balas

  6. assalamu’alaikum oh ya gmn cara menyikapi ttg sms yg berisi pesan2 keislaman yg katanya dr penjaga masjid nabawi dll yg kalau tak disebarkan akan celaka, kdg sms gitu sehari sampai 5x tapi aku tak pernah lanjutin langsung aku delete apakah ini dah benar?wassalam

    Komentar oleh Eka — April 12, 2007 @ 11:15 am | Balas

  7. Kayaknya sudah waktunya dibentuk Lembaga Anti Hoax Indonesia

    Komentar oleh Aryo Sanjaya — April 13, 2007 @ 10:33 am | Balas

  8. HOAX atas nama dakwah ?

    Beberapa waktu terakhir ini semakin banyak hoax ISLAM yang bermunculan di mailbox-ku maupun di milis atau pun di blog-blog. Mengutip apa yang ditulis di sini, memang kadang kita begitu mudahnya untuk menerima segala sesuatu yang muncul dari hoax terseb…

    Lacak balik oleh .: Thoughts :. — April 18, 2007 @ 1:05 am | Balas

  9. ketimbang diperdebatkan lebih baik perbanyak ibadah dan dzikir…

    Komentar oleh hamba sahaya — Juli 12, 2007 @ 8:01 pm | Balas

  10. kalau hoax dilarang, majalah sabili harus dilarang tuh. karena isinya banyak wawancara palsu. fotonya pun kebanyakan hanya ilustrasi tangan. hidayah juga tuh. hoax semua isinya!

    Komentar oleh rendevouz — Januari 19, 2008 @ 12:18 am | Balas

  11. Trus gimana caranya kita tau mana yang sekedar hoax atau gak…soalnya semua berita2 itu kelihatannya SANGAT meyakinkan…Gila…bener2 ditipu kita, bener2 di-puter2 kita…waduh yang sesama muslim aja kayak gini, gimana mau hadapi musuh (yang bener2 musuh)???!!Atauuuu…

    Komentar oleh rahmi — Maret 28, 2008 @ 2:16 pm | Balas

  12. wallahualam…🙂

    Komentar oleh xvader — April 1, 2008 @ 1:44 pm | Balas

  13. Hmm hoax yah, tp kalau misalnya ada website yang membantah kalau itu hoax (padahal bantahannya adalah justru hoax). Gimana dong? Kayanya semua berita yang isinya penderitaan orang Islam dijadikan hoax, jadinya ketika ada berita yang beneran dianggap hoax, jadi pada gak peduli dong

    hoax itu biasanya tidak ada dasar/buktinya. jika ada bukti yg disertakan, kita mesti teliti lagi, asli atau palsu. penderitaan umat Islam (di palestina) JELAS BUKAN HOAX. masalahnya, kita peduli tidak?😉

    Komentar oleh namaanda — April 1, 2008 @ 2:26 pm | Balas

  14. Kafir barat selalu menutpi esjarah kejayaan Islam dan kedzaliman mereka pada Islam. Pembantaian kaum Muslim di Afrika dan sejarah perang salib adalah cerita yang mereka putar balikan. Mulai sekarang kaum muda Islam harus lebih bersatu dan berjamaah untuk melawan kafir-kafir barat yang ingin kaum muda Islam keluar dari ajarannya dan mengikuti kebiasaan mereka.

    Komentar oleh Haditya — April 4, 2008 @ 1:19 pm | Balas

  15. nah…

    tapi merunut dari sejarah2 Fall of Islam in Spain, kok ada lho… sejarah tentang pembantaian itu?
    Pembantaian di Granada… waktu ada Ratu Isabella dan Raja Ferdinand.
    Yg melakukan pembantaian besar2an u/ memurtadkan org2 Islam… yag nggak mau keluar dr Islam dibunuh.

    Kalo menurut saya, yang HOAX justru dari islamtomorrow itu, juga answering-islam…
    Anda belum tahu rupanya kalo situs2 tersebut buatan Jaringan Liberal Internasional, agennya CIA dan Mossad…

    hati2 nanggepin situs luar…
    baca bener2 e-book dr Universitas2 Barat ttg pembantaian Islam di Spain, juga di wiki…

    Nggak ada gunanya April Mop.
    Dg postingan ini, anda pengen kami yg Islam ngerayain April Mop kan?
    Nggak ah…

    Anda saja, makan tuh April Mop!!!

    Komentar oleh my chemical manhaj — Mei 21, 2008 @ 1:18 am | Balas

  16. terlepas dari benar tidaknya istilah April Mop dengan tragedi Islam di Spanyol, tidak dapat dibantah bahwa ummat Islam memang dibantai di Spanyol paska jatuhnya Granada abad 15. Ini tercatat di buku-buku sejarah. Untuk melenyapkan umat Islam di semenanjung Iberia bangsa Spanyol bahkan mendirikan lembaga inkuisi yang terkenal kekejamannya.

    Komentar oleh adi — Mei 31, 2008 @ 9:11 pm | Balas

  17. anda menceritakan bahwa cerita ini hoax karena tidak ada bukti? sekarang buktinya perang itu memang ada…?? hoaxnya dimana?? andai ini memang cerita hoax negatifnya dimana? bahkan andai saya bukan seorang muslim saya tidak mengajarkan anak saya untuk merayakan april moop (berbohong sepanjang bulan)pernyataan hoax pada artikel diatas saya rasa tidak pantas di artikel blog tausiah ini..
    apa lagi sumber2 yang menyatajkan ini hoax bukan dari sumber2 islam!! saya heran anda malah merujuk ke situs islam tomorow dan answering islam??
    jangan jangan anti hoax ini menjadi hoax itu sendiri??

    Komentar oleh roby — September 15, 2008 @ 12:50 pm | Balas

  18. bukankah dengan menyebarkan hoax ini anda sama saja dengan ikut berbohong di april fool

    Komentar oleh sari — Oktober 9, 2008 @ 6:16 pm | Balas

  19. Kebetulan hari ini adalah tanggal 1 April 2009, dan saya lagi iseng-iseng googling dan menemukan artikel ini.
    Dan saya tergelitik untuk memberikan komentar.
    Mohon kiranya untuk diberikan kesempatan untuk berbicara.

    Kesan pertama saya setelah membaca paragraf pertama sampai dengan paragraf 5 adalah, penulis masih belum mengerti cara menghadapi berita Hoax dengan benar.
    Karna sesungguhnya, jika ada berita yang tidak jelas asal-usulnya, seharusnya penulis melakukan Research yang dalam dan mendetail terlebih dahulu tentang berita tersebut, sebelum mengeluarkan pernyataan bahwa berita tersebut adalah betul-betul “Hoax”. Namun penulis hanya melakukan research dari satu sisi saja. Jadi masih belum dapat dipastikan bahwa yang dinyatakan oleh penulis, bahwa April Mop (April Fool’s Day) adalah sesuatu yang sengaja dibuat untuk merayakan hari pembantaian umat Muslim.
    Saya sempat searching, dan saya menemukan banyak penjelasan-penjelasan tentang asal-muasal April fool’s Day. Contoh, di wikipedia dijelaskan, April Fool’s Day berasal dari aktifitas astronomi, dan lain sebagainya. Dan hanya segelintir yang mengarah ke pembantaian umat muslim di spanyol. Meskipun demikian, bukan berarti pembantaian umat muslin di Spanyol tidak ada kaitannya sama sekali dengan April Fool’s Day. Namun yang saya ingin tekankan disini adalah, hubungan April Fool’s Day dengan pembantaian umat Muslin di Spanyol hanya sedikit. Bahkan mungkin hanya karna Waktu dan Tanggal kejadian yang sama, yaitu 1 April.
    Kesan yang saya dapat adalah, penulis terlalu mengait-ngaitkan April Fool’s Day dengan pembantaian umat muslim di Spanyol.
    Dilain sisi, menurut saya penulis juga salah merepresntasikan Ayat Allah. Berikut kutipannya:
    “QS Albaqaroh 2:120*** Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yg benar)”. Dan sesungguh nya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengeta huan datang kepadamu, maka Allah tdk lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”
    Kalau menurut saya, Ayat tersebut tidak tepat untuk membahas April Fool’s Day. Bahkan ayat tersebut tidak ada hubungannya dengan April Fool’s Day.
    Sekali lagi, sampai saat ini belum dapat dibuktikan bahwa Orang-orang Yahudi atau Nasrani sengaja berkeinginan Umat Islam untuk mengikuti ajaran mereka dengan menggunakan April Fool’s Day sebagai media. Jadi kita tidak dapat menggunakan ayat tersebut. Bisa saja justru dari kalangan Umat Islam sendiri yang sengaja ingin mengikuti perayaan April Fool’S Day karna mereka ingin seperti Orang Barat.
    Jika memang alasannya seperti ini, brarti sekali lagi, Iman dan Taqwa kitalah yang harus dipertanyakan, bukan menyalahkan si pembuat perayaan. Karna sekali lagi, masih belum ada bukti kalo memang kaum Yahudi dan Nasrani yang ingin mendoktrin kita melalui perayaan April Fool’s Day mereka.

    Sepertinya sampai disini komentar saya, sebetulnya masih banyak yang ingin saya kritik, namun keterbatasan waktu saya yang membuat saya harus berhenti sampai disini.

    Akhirkata, saya ingin berpesan kepada Umat Muslimin, Khususnya cendikiawan muslim.
    Janganlah kalian meng-haram-haramkan/menyalah-nyalahkan oranglain. Karna perasaan paling suci itulah sesungguhnya yang paling sesat.
    Ingat pesan Rasullullah, “Sesungguhnya, tidak akan pecah umatku sampai akhir zaman, jika kalian Bunuh Pemuda Tadi (Merasa Paling suci diantara orang lain).”

    Dan ingat, bagaimanapun juga, Yahudi dan Nasrani lebih pintar dan lebih maju dalam menjalankan Duniawi. Terlihat dari negara adikuasa (Yahudi), Perusahaan-perusahaan terbesar di dunia (Yahudi & Nasrani).
    Jadi kita tetap perlu mempelajari dan mencontoh cara mereka hidup dan menjalani hidup. Namun kita harus tetap pada aturan-aturan Islam.
    Ingat, bagaimanapun juga, Yahudi dan Nasrani akan tetap ada. Jadi sepertinya tidak perlu lagi menaruh kesan “Yahudi dan Nasrani adalah musuh bebuyutan umat Islam”.
    Karna mereka memang sengaja Allah ciptakan agar kita (Umat Islam) Berfikir.
    Kata-kata musuh, menurut saya hanya membuat perpecahan umat manusia semakin terjadi.

    Sekian komentar dari saya, terima kasih.
    Apabila saya salah dan menyinggung perasaan anda, mohon sampaikan kepada saya langsung fikkar.faruqi@gmail.com
    Karna saya adalah manusia Biasa yang tidak luput dari kesalahan.

    Terima Kasih.

    Wassalamualaikum

    http://www.fikkar.com

    Komentar oleh Muhammad Fikkar Faruqi — April 1, 2009 @ 12:16 pm | Balas

  20. Assalamualaikum,
    April mop adalah hari dimana kita di bolehkan untuk membohongi orang lain, mengolok-olok orang lain, dan membuat malu orang lain, padahal sudah jelas di dalam ajaran islam yang mulia ini, kita dilarang dengan sangat untuk berbohong atau mengolok-olok saudara kita. Bahkan Rasulullah pun jika bercandapun tanpa ada sedikitpun kebohongan. Dan sebagai umat islam Suri Tauladan Utama kita adalah Rasul Kita Muhammad SAW. So, gak penting banget deh kita sebagai umat muslim yang taat ikut-ikutan ngerayain April Mop (Aplil Fool,s) day yang penuh dengan kebohongan. Yang ada adalah menambah dosa bagi kita. Yah semua orang islam maupun non islam pun dilarang untuk berbohong. Menurut saya artikel di atas juga ada maksud baiknya supaya kita tidak merayakan sesuatu yang tidak bermanfaat atau melakukan sesuatu yang sia-sia saja. Masih banyak pekerjaan lain yang jika dikerjakan akan mendapat pahala kan?!!
    Daripada ngerjain orang lebih baik berbuat baik kepada orang lain kan.
    Waktu terus berjalan, hidup kita di dunia pun akan semakin habis, gunakan detik-demi detik hidup kita untuk kebaikan, karena setiap detik dalam perjalanan hidup kita akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah!!
    So, SAY (BIG)NO FOR APRIL FOOL’S DAY!!!!!!

    Komentar oleh Hambaallah — April 6, 2009 @ 7:32 am | Balas

  21. Assalamualaikum

    Wah, terimakasih infonya. Ini berguna banget buat tugas saya untuk membandingkan antara April Mop di UK, Great Britain, Scotland dan sekitarnya (West) dengan di Indonesia (East). MUngkin karena itu pula ya, di Indonesia April Mop tidak begitu ngetop. Alhamdulillah, bohong itu memang g baik. Terima kasih infonya

    .o.

    Komentar oleh Yusnia Sakti — Desember 2, 2009 @ 10:16 pm | Balas

  22. wah kalo lihat dari sumber anda…itu kan sumber2 yg emang muter balikin fakta ttg Islam. coba anda lebih jeli, jangan sembarangan ngutip.justru andalah yg ber-Hoax. silakan lihat artikel lain di situs2 itu.itu pasti justru menjauhkan Islam dari manhaj dan syariahnya. cek aja deh.justru saya lebih percaya berita pembantaian itu, karena yg membawa berita itu lebih saya percaya dari pada situs answering islam yg notabene christian-muslim dialogue, tms sumber yg diambil answering islam itu dari light-of-life.com yg keterangannya = Investigate Islam from a Christian point of view!…nah loh..cek lagi dah…

    Komentar oleh BUDI — Maret 31, 2010 @ 9:11 am | Balas

  23. sebaiknya anda penulis cepat2 mengedit artikel anda. karena justru andalah yang menyebarkan kebohongan. anda mengambil sumber dari website pembenci Islam. kok bisa2nya percaya sama orang2 yang jelas menentang Allah SWT. buktikan kalau anda itu seorang muslim!

    dengan menulis artikel bohong seperti ini… anda sama saja dengan membuat dosa besar. semoga dengan anda cepat2 meralat tulisan anda, Allah SWT mengampuni anda.

    Komentar oleh SIN — April 1, 2010 @ 5:16 am | Balas

  24. […] hoax ini menambah daftar hoax yg ‘disantap’ kaum Muslim serta menjadi warning akan perang pemikiran (ghazwul fikri). *masih […]

    Ping balik oleh Hoax Tentang ALLOH SWT « Blog Tausyiah275 — Juli 19, 2012 @ 10:05 pm | Balas

  25. […] sebuah hoax beredar. Duh, umat Islam Indonesia dibombardir dengan berbagai macam hoax. Apakah sedemikian takutnya musuh Islam sehingga tipuan2 seperti ini […]

    Ping balik oleh Hoax (Baru) Dari Aceh « Blog Tausiyah275 — Desember 24, 2012 @ 12:39 am | Balas

  26. […] – Kalimat terakhir, yakni Sebarkan kesesama muslim. sebarkan k smua muslim yg ad dphnebook! akan terasa sekali nuansa hoaxnya. […]

    Ping balik oleh Acara Pemurtadan di TV? « Blog Tausiyah275 — Desember 24, 2012 @ 12:39 am | Balas

  27. […] kali pertama mendengar berita ini, aku pikir hanya hoax untuk kaum muslim. Namun, ternyata aku mendapat lanjutan beritanya, berisi tindak lanjut dan sikap dari para ulama […]

    Ping balik oleh Islam (dan Al Qur’an) Dihina dan Dilecehkan di Malang, Jawa Timur « Blog Tausiyah275 — Desember 24, 2012 @ 12:48 am | Balas

  28. […] yg melakukan kebohongan2 di tgl 1 april dg dalih lelucon/lucu2an. Sesungguhnya umat Islam mesti menghindari perilaku seperti […]

    Ping balik oleh Tausiyah 18 Ramadhan 1434H | Blog Tausiyah275 — Juli 15, 2014 @ 6:01 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: