Blog Tausiyah275

Juli 9, 2007

Kenakan Baju Terbaik Untuk Ibadah!!

Filed under: Fiqh,Lain-lain,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 10:57 pm

Salah satu pesan dari Bapakku yang selalu aku ingat adalah “GUNAKAN BAJU TERBAIKMU UNTUK IBADAH (SHOLAT)”. Pesan ini beliau utarakan ketika aku masih kecil, kelas 3-4 SD. Beliau sendiri sudah mencontohkan, dengan senantiasa berpakaian terbaik yang beliau punya. Ibuku sendiri yang menyiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Ketika aku tanyakan mengapa kita mesti menggunakan baju terbaik untuk ibadah/sholat, Bapakku menjawab seperti berikut. Ketika kita diundang oleh pejabat untuk bertemu dengannya, kita tentu bergembira. Pasti kita akan mempersiapkan diri dengan baik. Dimulai dengan mandi, baju yang rapi, memakai parfum, dst dst. Persiapan yang kita lakukan akan lebih ‘dahsyat’ jika pejabat yang mengundang kita mempunyai tingkatan yg lebih tinggi. Bisa dikatakan, persiapan menghadap Presiden tentu akan lebih rinci dan ‘dahsyat’ dibandingkan dengan persiapan menghadap Gubernur, apalagi menghadap Pak Lurah.

Nah, sholat itu sebenarnya pertemuan dengan ALLOH SWT. Kita akan bertemu dengan Dzat Pemilik semua yang ada di langit dan di bumi serta isinya. Dzat yang teramat agung, Dzat yang menyukai keindahan karena DIA sendiri juga indah. Maka, layakkah kita bertemu dengannya menggunakan baju yg buruk? Apalagi baju yang compang camping, kotor.

Sejak saat itu, aku senantiasa berusaha memakai pakaianku yg terbaik dan paling bersih. Sebisa mungkin aku hindari memakai kaos oblong atau baju kotor, karena aku akan bertemu dengan-Nya.

Tidak heran jika kita temui di hari Jum’at banyak orang berpakaian koko. Pakaian tersebut berbeda sekali dengan pakaian yg biasa mereka gunakan sehari-hari. Aku yakin bahwa pakaian koko tersebut merupakan (salah satu) pakaian terbaik mereka, karena baju koko biasanya mempunyai motif yang bagus. Selain itu baju koko jarang dipakai, sehingga aku yakin pakaian koko itu dipersiapkan sebaik mungkin sebelum dipakai untuk Jum’atan.

Aku pernah bertemu dengan seorang penjual susu murni yang sholat dengan pakaian yg kurang layak, karena sudah koyak dan cukup kotor. Untunglah ada salah seorang jama’ah masjid yang berbaik hati menyumbang baju yang (lebih) layak pakai.

So, mulai sekarang, mari kita biasakan memakai pakaian terbaik kita untuk sholat. Jika kita temui ada jama’ah masjid yang bajunya kurang layak, sementara kita punya persediaan baju yang lebih layak maka jangan ragu untuk menyumbangkannya. Insya ALLOH ibadah kita akan ada nilai plusnya… 🙂

Iklan

5 Komentar »

  1. sayangnya banyak yang menyalah artikan kata “terbaik” dengan “terbaru”

    betul sekali mas Paydjo…nampaknya kaum muslim Indonesia sudah berhasil diperdaya para produsen/pedagang

    kalo pecinta alam biasanya punya prinsip:
    kotor belum tentu najis, tapi najis pasti kotor

    tapi masa anda mau didatangi tamu yg kotor dan belel??? 😉

    Komentar oleh paydjo — Juli 10, 2007 @ 9:41 am | Balas

  2. Artikel-artikelnya bagus dan menarik, keep it on. Saya juga mau minta ijin untuk menyalin artikel-artikel tersebut untuk saya masukkan ke blog saya dengan tujuan agar semakin banyak yang membaca dan semakin bermanfaat. Apakah di ijinkan ?
    Terima kasih

    silakan mas Koko… 🙂

    Komentar oleh Koko — Juli 13, 2007 @ 2:56 pm | Balas

  3. […] Pertama, gunakan pakaian yg pantas. Pakaian yg pantas di sini adalah pakaian yg terbaik yg kita miliki. Saya pernah menulis artikel mengenai gunakan baju terbaik saat ibadah (sholat). […]

    Ping balik oleh Adab Di Masjid | Blog Tausiyah275 — April 12, 2013 @ 5:41 pm | Balas

  4. […] tidak masalah, tapi saya sarankan anda membawa baju kemeja lengan pendek atau batik. Pokoknya, bawa baju terbaik anda untuk bertamu ke rumah ALLOH SWT. Ke rumah bos atau mall saja anda pakai baju yg bagus, lah masa ke rumah ALLOH SWT malah pakai baju […]

    Ping balik oleh Umroh: 1. Persiapan Sebelum Berangkat | Blog Tausiyah275 — Juli 29, 2013 @ 11:39 am | Balas

  5. […] hendak sholat,hendaknya gunakan pakaian paling bagus. Bertemu dg bos/customer/pejabat saja kita mesti tampil rapi. Apalagi jika hendak […]

    Ping balik oleh Tausiyah 20 Ramadhan 1434H | Blog Tausiyah275 — Juli 17, 2014 @ 6:01 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: