Blog Tausiyah275

September 18, 2007

Membatalkan Puasa vs Mengurangi Pahala Puasa

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,HOT NEWS,Puasa,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 6:18 pm

Salah satu ‘kesalahan’ lain yg sudah menjadi salah kaprah di kalangan masyarakat Indonesia adalah perkara batalnya puasa dan berkurangnya pahala puasa. Sebagai contoh, saat kecil dulu, sering kita mendengar dan dilarang menangis, berbohong, mencuri karena itu semua bisa membatalkan puasa kita. Larangan lain yg sering kita dengar (baik saat masih kecil ataupun di saat sekarang) adalah dilarang mandi saat siang, dilarang keramas di siang hari, kemudian dilarang (maaf) mengupil, membersihkan telinga, sikat gigi, dan masih banyak lagi larangan2 lainnya.

Salah kaprah ini kian parah, karena ada beberapa ulama dan ustadz yg salah menyampaikan dalam beberapa ceramah mereka. Mereka menyatakan bahwa anggota tubuh mesti dijaga, karena jika tidak maka puasanya akan batal.

Aku hanya bisa geleng2 kepala saja (tidak habis pikir) mendengar dan melihat isi ceramah mereka. Mengapa berbeda sekali dengan pengetahuan yg aku pelajari selama ini ya?

Saudara-saudaraku…Rasululloh SAW sudah menyatakan bahwa HANYA 3 (TIGA) HAL YG MEMBATALKAN PUASA:
1. Makan dengan sengaja
2. Minum dengan sengaja
3. Berhubungan suami istri dengan sengaja
Ketiga hal di atas merupakan hal-hal yg MESTI DIHINDARI agar puasa kita tidak batal (berdasarkan rukun puasa)

Sementara itu, dari beberapa referensi (dan pernah aku muat juga di sini) aku dapatkan bahwa penyebab batalnya puasa juga bisa terjadi apabila:
1. Murtad, ialah kembali dari agama Islam kepada kekufuran (kafir)
2. Haid
3. Nifas
4. Melahirkan
5. Hilang ingatan/Gila, walaupun hanya sebentar
6. Pingsan
7. Mabuk (minum minuman keras atau zat narkoba lain) dengan di sengaja
8. Muntah dengan sengaja

Total jenderal, penyebab batalnya puasa berjumlah 11.

Dengan kata lain, hal-hal selain 11 hal di atas BUKANLAH penyebab batalnya puasa. Berbohong, mencuri, korupsi, tidak akan membatalkan puasa. Akan tetapi, PERBUATAN2 BURUK ITU AKAN MENGURANGI/MENGGUGURKAN PAHALA PUASA.

Oleh karenanya, aku sempat heran, ketika temanku bilang bahwa artis2 (perempuan) di bulan Ramadhan menutup auratnya agar laki2 tidak batal puasanya. Lho, apa hubungannya menutup aurat dg membatalkan puasa?

Rasululloh SAW sudah menyatakan dalam salah satu hadits yg cukup terkenal,“Berapa banyak diantara manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhori Muslim).

Dari hadits di atas, terlihat bahwa banyak orang mu’min yg berpuasa namun tidak mendapatkan apa2 kecuali lapar dan haus. Penyebabnya? Perhatikan hadits berikut, Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk, maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minumnya.'”

Hadits dari Abu Hurairah ini menjelaskan mengapa banyak kaum mu’min yg hanya mendapatkan lapar dan haus belaka dari ibadah puasa yg mereka lakukan. Penyebabnya adalah TIDAK MENINGGALKAN KATA-KATA DUSTA DAN PERBUATAN BURUK.

Dengan demikian, jelaslah bahwa berbohong, korupsi, dan tindakan kejahatan lainnya TIDAK MEMBATALKAN PUASA, NAMUN AKAN MENGURANGI/MENGGUGURKAN PAHALA PUASA.

Sekedar catatan:
1. Menangis, mandi, sikat gigi, dan keramas di siang hari bisa membatalkan puasa apabila ada air yg masuk ke mulut (dan ditelan) DENGAN SENGAJA
2. Mencium istri TIDAK MEMBATALKAN PUASA, kecuali jika diteruskan dengan hubungan suami istri, maka akan batal puasanya.
3. Berbohong akan membatalkan puasa, jika berbohongnya seraya merokok 😉

Mudah2an artikel ini berguna.
Technorati Profile

Iklan

24 Komentar »

  1. PERTAMAXXX

    Iya bener banget…saya juga gak setuju dengan kesalahpahaman tentang rukun puasa.

    Tapi nangis walaupun tidak ada air yg termimun juga dapat membatalkan puasa jika nangisnya sambil makan ataupun sambil berhubungan suami istri.

    Hehehehe….

    Komentar oleh Sundoro — September 19, 2007 @ 11:22 am | Balas

  2. Kalau misalnya (maaf sekali) keluar mani dikala tidur tanpa sengaja itu membatalkan puasa gak, mi?
    *tanya*

    jika tidak disengaja, terutama karena mimpi basah, insya ALLOH tidak membatalkan puasa. karena mani itu keluar di luar kesadaran kita.

    Komentar oleh abe — September 19, 2007 @ 11:23 am | Balas

  3. Mi, setaun lalu gw ikutan kajian ustadz Yazid (ada rekamannya VCD ttg puasa). Beliau menjelaskan bahwa mengeluarkan mani (baik sengaja maupun tidak) GAK batalin puasa.

    Komentar oleh Luthfi — September 19, 2007 @ 4:46 pm | Balas

  4. Numpang tanya nih,
    Kalo ambil darah pake jarum suntik untuk proses check-up bisa membatalkan puasa gk?
    Terus menghirup asap rokok yang kebetulan ada org yg merokok di sekitar qt gimana? kan ada aja orang yang gk menghormati org yg lagi puasa dgn merokok seenak udele dewe.

    insya ALLOH tidak batal. diambil darah tidak ada kaitan dg batalnya puasa. utk menghirup asap rokok, juga tidak batal.

    Komentar oleh Isacsson — September 20, 2007 @ 2:55 pm | Balas

  5. kl misalnya sms dgn cew sekilas ada pikiran yg agak seronok terus keluar mani bening kira-kira batal ga puasanya

    Komentar oleh dian — September 2, 2008 @ 7:42 am | Balas

  6. kalau misalnya kita mimpi lalu menangis saat puasa batal atau nggak

    insya ALLOH tidak,asal air matanya tidak ditelan

    Komentar oleh Tasman — September 10, 2008 @ 11:28 am | Balas

  7. ehmm, makasih mas, penjelasannya sangat mudah dipahami. tapi gimana kalo kasusnya kita liat wanita atau kita memegang wanita yang bukan muhrim kita terus keluar air mani atau madzi? batal ga tuh?

    jika keluar mani, maka batal, karena disengaja, meski bukan berhubungan suami istri

    Komentar oleh candra — September 13, 2008 @ 6:36 pm | Balas

  8. Begini, saya biasa membesarkan alat vital dengan Vakum, biasanya kgk pernah kluar Mani, tapi ntah mengapa saat waktu sy sedang melakukan hal itu (menggunakan vakum pembesar), tiba2 saja air mani kluar dgn dahsyatnya..batal/tidak ??,

    menurut hemat kami,batal,karena anda SENGAJA mengeluarkan air mani, terlepas dari motivasinya

    Komentar oleh Bahlul — September 19, 2008 @ 3:12 pm | Balas

  9. ne ornag nanya nya pada stupid smua

    Komentar oleh pupux — September 21, 2008 @ 1:15 am | Balas

  10. waktu pengajian subuh, saya mendengar ada 5 hal yang membatalkan PAHALA puasa :
    1. Janji palsu
    2. Berbohong/dusta
    3. Memandang dengan nafsu/syahwat
    4. Gibah (membicarakan orang lain + mendengarkan juga sama)
    5. Mengadu domba

    Maka tidak heran Rasulullah pernah bersabda “Berapa banyak diantara manusia yang berpuasa, tapi tidak mendapatkan hasil dari puasanya kecuali lapar dan haus” (Riwayah Bukhori Muslim).

    Komentar oleh No Name — September 23, 2008 @ 8:53 am | Balas

  11. SEANDAINYA KELUAR MANI DI SIANG ATAU DI PAGI HARI, PUASA KITA BATAL NGGAK?

    puasa anda batal

    Komentar oleh IZA — September 26, 2008 @ 10:43 am | Balas

  12. TOLONG ODNG JAWAB, SEBABNYA AKU MEMANG NGGAK SENGAJA MELIHAT VIDEO BOKEP. GIMANA PUASA KITA?

    jika memang tidak sengaja, tidak apa2.tapi segera MATIKAN video-nya

    Komentar oleh IZA — September 26, 2008 @ 10:45 am | Balas

  13. yup..secara umumnya emang beberapa faktor itu memungkinkan..
    tp ada hal-hal lain yg bisa dijelaskan secara lebih detil..tentang mengurangi pahala puasa..atau bahkan membatalkannya..

    Komentar oleh tutorials mix — Agustus 7, 2011 @ 9:31 am | Balas

  14. Bgmn jika malam hari (maaf) mimpi basah atau kluar mani, dan keesokan harinya puasa, apakah puasa kita sah padahal blm mandi besar?.
    kl mandi besar jam 3 pagi sblm sahur kan g kuat dinginnya.

    puasanya insya ALLOH sah, tapi anda mesti mandi wajib agar sholat anda sah.

    demikian

    Komentar oleh gogon — Agustus 26, 2011 @ 2:01 pm | Balas

  15. bagaimana dgn hadist Rasulullah SAW ersabda :“ Lima perkara yang membatalkan (pahala) puasa : berbohong, ghibah, adu domba, sumpah palsu dan melihat dengan syahwat “ (H.R. Anas).?

    memangnya kenapa?setidaknya 5 perkara tersebut memang mengurangi (bahkan membatalkan pahala) puasa. tentu saja tidak hanya 5, masih banyak hal lagi, seperti korupsi, mencuri, dsb dsb.

    demikian

    Komentar oleh fatar — Agustus 28, 2011 @ 11:20 am | Balas

  16. apakah benar menggosok gigi siang hari dan keramas di siang hari dapat membatalkan puasa ??
    please toolong di jawab ya ..

    Komentar oleh chery — Juli 18, 2013 @ 8:07 am | Balas

  17. kalou misal (maaf) saat sudah selese saur dan kluar ma tmen dan tmen saya meliha (maaf) bokep dan air mani saya kluar batal gak puasanya dan bisa diteruskan gak
    tolong dijawab

    Komentar oleh reza — Juli 20, 2013 @ 5:22 am | Balas

  18. Kalo bohong ngerusak pahala puasa?puasanya masih diterima sama Allah ga?

    Komentar oleh nadia safira — Mei 8, 2014 @ 8:54 am | Balas

    • mbak Nadia,

      bohong termasuk salah satu hal yg MERUSAK PAHALA PUASA.

      apakah puasanya diterima ALLOH SWT? wallahualam..perbanyak tobat untuk tidak mengulanginya, karena kita tidak tahu persis apakah amal ibadah kita diterima/tidak oleh-Nya.

      demikian

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Mei 11, 2014 @ 12:47 am | Balas

  19. maaf saya mau tanya,kalau puasa membersihkan miss v /gurah miss v bagaimana hukum nya ?

    Komentar oleh mytha — Juli 15, 2014 @ 5:41 am | Balas

    • mbak Mytha,

      sepemahaman saya tidak apa2. asalkan tidak menimbulkan rangsang/gairah

      saya mengibaratkan dg gosok gigi.

      demikian

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Juli 15, 2014 @ 8:49 am | Balas

  20. Adakah amalan puasa orang yang meminum arak seminggu sebelum bulan puasa diterima?

    Komentar oleh Wan Afdilla — Juni 10, 2016 @ 9:15 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: