Blog Tausiyah275

Oktober 9, 2007

Tanya Jawab Sekitar Lebaran Yang Berbeda

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Hikmah,HOT NEWS,Lain-lain — Tausiyah 275 @ 9:09 am

Sehubungan dengan adanya perbedaan merayakan Idul Fitri (Lebaran), maka aku muat artikel tanya jawab sekitar perbedaan lebaran.

Tanya:”Nampaknya terjadi perbedaan lagi dalam merayakan Lebaran ya Mas?”
Jawab:”Betul sekali…tahun ini Lebaran dirayakan berbeda. Muhammadiyah menetapkan Jum’at 12 Oktober 2007 sedangkan Pemerintah (dan NU) nampaknya akan mengumumkan Lebaran pada hari Sabtu 13 Oktober 2007.”

Tanya:”Jika berbeda seperti itu, apa yg saya lakukan? Siapa yg benar lalu siapa yg salah?”
Jawab:”Anda tentukan sikap, hendak mengikuti yg mana. Tidak ada yg salah, keduanya insya ALLOH benar, karena keduanya mempunyai referensi dan rujukan yg insya ALLOH sama2 benar dan bisa dipertanggungjawabakan.”

Tanya:”Mas sendiri ikut yg mana?”
Jawab:”Seperti yg pernah saya ucapkan di artikel terdahulu, saya akan ikut pemerintah.”

Tanya:”Mas…Mas…saya boleh tidak Lebaran tgl 12 Oktober, tapi sholat Idul Fitri tgl 13 Oktober?”
Jawab:”Tidak boleh. Jika dia yakin Lebaran (1 Syawal) tgl 12 Oktober, maka 13 Oktober = 2 Syawal. Sementara sesuai contoh Rasululloh SAW, sholat Idul Fitri hanya dilakukan 1 Syawal, bukan 2 Syawal.”

Tanya:”Hmmm…begitu ya? Lalu, kapan saya mesti membayar zakat?”
Jawab:”Karena anda berkeyakinan Lebaran tgl 12 Oktober, maka paling lambat anda mesti berzakat pd 11 Oktober malam atau 12 Oktober pagi.”

Tanya:”Lho, apakah saya tidak bisa berzakat pd tgl 12 Oktober malam? Bukankah ada yg berlebaran tgl 13 Oktober??”
Jawab:”Jawabannya hampir serupa. Bagi yg lebaran 12 Oktober, maka sumbangan harta yg dilakukan setelahnya tidak dianggap zakat, melainkan sedekah. Ingat: BATAS AKHIR PEMBAYARAN ZAKAT ADALAH SEBELUM SHOLAT IDUL FITRI…!!”

Tanya:”Oooh..ya ya ya…saya mengerti sekarang.”
Jawab:*mengangguk2kan kepala*

Tanya:”Tapi Mas…begini. Saya pernah mendengar, bahwa HARAM hukumnya berpuasa di hari Lebaran (baik lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha). Jika saya lebaran tgl 12 Oktober, berarti seharusnya puasanya Mas haram donk?”
Jawab:”Tentu saja tidak haram…karena saya meyakini bahwa lebaran jatuh tgl 13 Oktober. Sehingga tgl 12 Oktober saya tetap berpuasa.”

Tanya:”Jadi, bagaimana kesimpulannya Mas? Saya kok jadi bingung?”
Jawab:”Tidak perlu bingung. Kesimpulannya mudah, anda tentukan sikap dan ikuti salah satu pendapat, tanpa perlu ragu lagi. Jika anda berkeyakinan Muhammadiyah benar, ikuti dia. Sementara jika anda yakin pemerintah benar, lebarannya berarti tgl 13 Oktober. Jangan dipersulit oleh keraguan kita sendiri yg cenderung tidak jelas.”

Tanya:”Ooo…begitu. Oya…omong2 tentang lebaran yg berbeda. Mengapa lebaran kita di Indonesia bisa berbeda dengan di Arab Saudi ya?”
Jawab:”Itu bisa saja terjadi. Penyebab utamanya adalah letak geografisnya. Lokasi Arab Saudi yg sedikit lebih di atas garis khatulistiwa serta berada di sebelah barat. Bulan terbit dari barat, sehingga mengakibatkan kaum Muslim di sana berlebaran lebih awal. Anda bisa baca kembali komentar mas Guntur di sini.”

Tanya:”Jadi itu sebabnya kaum Muslim di jazirah Arab mempunyai kemungkinan berbeda hari Lebarannya?”
Jawab:”Betul sekali. Anda tidak perlu pusing dengan keputusan kaum ulama di jazirah Arab dalam menentukan Idul Fitri, karena seperti saya katakan, letak geografis sangat berpengaruh terhadap penampakan bulan.”

Tanya:”Jadi Mas masih tetep ikut pemerintah? Tidak ikut berlebaran dg saya, tgl 12 Oktober?”
Jawab:”Ya…insya ALLOH saya tetap ikut instruksi pemerintah. Anda bisa baca juga komentar mas Syamsul di sini.”

Tanya:”Bener nih? Jangan nyesel lho ya?!!”
Jawab:*memilih tidak berkomentar…*

Kesimpulan:
– Bagi yg hendak merayakan Lebaran tgl 12 Oktober, jangan sampai terlambat membayar zakat!
– Batas waktu zakat adalah sesaat sebelum sholat Idul Fitri. Zakat yg diberikan setelah sholat Idul Fitri akan dianggap sedekah.
– Puasa orang tgl 12 Oktober tetap sah, jika dia berkeyakinan Lebarannya tgl 13 Oktober.
– Adanya perbedaan waktu Lebaran antara Indonesia dan Arab Saudi adalah wajar, karena perbedaan letak geografi.
– Imam Hambali mengutip Rasululloh SAW yg menyatakan bahwa hendaknya tiap muslim bershaum dan berbuka bersama pemerintah masing2. Aturan bersifat TIDAK MENGIKAT
– Sebuah tulisan terkait, yg bisa menambah wawasan, bisa dibaca di sini.

Iklan

13 Komentar »

  1. PERTAMAXXX…..!!

    Mas, trus klo saya lebarannya sebelum tanggal 12 bole gak?
    Kan klo berbuka disarankan untuk menyegerakan…klo lebaran gtu juga gak ya?

    Komentar oleh Sundoro — Oktober 9, 2007 @ 10:07 am | Balas

  2. gw mau tau, apakah penentuan 1 syawal dan lebaran ini sesuatu yang fundamental, sehingga salah satu diantara ormas-ormas Islam yang ada, bisa sedikit mengesampingkan ‘pendapat’ mereka, kemudian bisa berlebaran pada hari yang sama, Sholat Ied di saf yang sama, merapatkan barisan yang sama.

    Komentar oleh fahdi — Oktober 9, 2007 @ 11:44 am | Balas

  3. hem.. hemm, kalo orang Muhammadiyah mengesampingkan pendapat mereka, (ngikut pemerintah..) berarti mereka melakukan yang haram ya..?

    Komentar oleh Abu Affa — Oktober 9, 2007 @ 2:31 pm | Balas

  4. Om fahmi,

    kebetulan saya berzakat pada badan amil zakat, terus ternyata modin(yg bacain doa)-nya lagi gak ada di tempat. terus gimana dong? apakah cukup dengan saya berniat untuk berzakat? dan membaca doa seperti di sini : http://www.mail-archive.com/syiar-islam@yahoogroups.com/msg01415.html

    saya baca doanya setelah pulang dan browsing tentang ini..

    –budiw

    Komentar oleh budiw — Oktober 9, 2007 @ 9:22 pm | Balas

  5. Bagimana kalo pada tgl 12 Oktober ketika saya sedang berpuasa, kemudian saya melihat dan menyaksikan orang lain sedang shalat idul fitri, apa yang harus saya lakukan .. ?
    tetap bepuasa atau ikut shalat ied ?

    Komentar oleh doni — Oktober 10, 2007 @ 9:51 am | Balas

  6. Mo Lebaran keq Sempitan keq nyang penting maem ketupat

    Komentar oleh abi — Oktober 11, 2007 @ 11:51 am | Balas

  7. pertama saya minta maaf karena saya belum paham akan masalah ini jika seperti yang anda bilang mekah berlebaran terlebih dahulu berarti matahari terbit di barat terlebih dahulu itu berarti secara tidak langsung anda mengatakan hal itu adalah tanda-tanda kiamat.tolong balas,maaf yah

    Komentar oleh haseo — Oktober 11, 2007 @ 10:25 pm | Balas

  8. Wah ternyata pemerintah terlalu tinggi hati untuk mengakui kesalahan dalam memberikan pendapat kapan jatuhnya hari lebaran. Kalau dikatakn mas guntur tentang kapan lebaran di arab saudi, kenapa bisa sama kapan puasa diarab saudi dengan indonesia?? memang letak garis kita berbeda dengan dirab saudi. Tp perbedaannyatidak sampai sejauh 1 hari. Sedangkan negaratetangga kita malaysia aja lebaran pada hari jumat. Sy rasa ajaran Muhammadiyah itu bukan seperti yg dianggap oleh orang selama ini. coba anda pelajari dan bedkan dengan ajaran yg selama ini anda dapatkan….

    Komentar oleh poelasri — Oktober 12, 2007 @ 2:10 am | Balas

  9. Memangnya metode penetapan lebarannya Muhammadiyah dan pemerintah gimana, sih? Bisa dijelasin ga?

    Komentar oleh firman — Oktober 17, 2007 @ 8:18 pm | Balas

  10. Ass,prbaxak artikel seputar remaja dnk.!

    Komentar oleh Bambang — Januari 6, 2008 @ 1:18 am | Balas

  11. kenapa ya pemerintah menentukan lebaran ko tanya ma ormas ? padahal banyak orang pinter dipemerintahan untuk dimaklumi aja zaman sudah sangat maju, kejadian astronomi bisa diprediksi beberapa tahun sebelumnya seperti gerhana bulan atau matahari. tak masuk logika sehat keputusan pemerintah yang kurang bijak. indonesia satu2nya negara yang lebaran hari rabu ?

    Komentar oleh heru p — September 20, 2011 @ 9:14 am | Balas

  12. […] Yang perlu dicatat di sini, idul Fitri di tiap negara BISA BERBEDA-BEDA WAKTUNYA, TERLEBIH KARENA LETAK GEOGRAFI SANGAT BERPENGA…. […]

    Ping balik oleh Urusan Idul Adha, Ikutilah Pemerintah Saudi Arabia! « Blog Tausyiah275 — Desember 28, 2011 @ 11:01 am | Balas

  13. […] Saya sudah pernah menulis dan memuat beberapa artikel terkait perbedaan Lebaran. Silakan dibaca artikel-artikel berikut ini: – Tanya Jawab Sekitar Lebaran Yang Berbeda […]

    Ping balik oleh Beberapa Artikel Tentang Lebaran Yang Berbeda « Blog Tausyiah275 — Juni 14, 2012 @ 12:04 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: