Blog Tausiyah275

Januari 10, 2008

Apa dan Bagaimana Sujud Syukur?

Filed under: Ensiklopedia Islam — Tausiyah 275 @ 10:10 am

Sujud syukur adalah ungkapan rasa terima kasih seoranag hamba kepada ALLOH SWT atas segala karunia yang diberikan kepadanya. Sujud ini juga bisa dilakukan karena dia terhindar dari marabahaya yang mengancam dirinya.

Rasululloh SAW senantiasa melakukan sujud syukur apabila mendapatkan kabar gembira. Hal ini tertuang dalam hadits dari Abu Bakrah r.a,“Bahwasanya Nabi SAW, apabila datang kepadanya suatu perkara yang menggembirakan atau mendapatkan kabar gembira, beliau langsung bersyukur sujud, bersyukur kepada ALLOH SWT.” (HR Abu Dawud)

Apa bacaan sujud syukur?

Hingga saat ini, aku tidak menemukan bacaan sujud syukur yang dicontohkan Rasululloh SAW. Hadits2 maupun riwayat2 lainnya, belum pernah aku temukan yg menceritakan bacaan sujud syukur. Dengan demikian, anda bisa berdoa apa yang menunjukkan rasa syukur anda kepada ALLOH SWT.

catatan: seseorang memberitahukan saya, bahwa salah satu bacaan sujud syukur adalah “Subhanalloh walhamdulillah walaa ilaa ha illallah wallahu akbar”. Hanya saja yang bersangkutan tidak memberitahukan dalilnya.

Iklan

8 Komentar »

  1. Doanya mas

    Komentar oleh Adit — Januari 11, 2008 @ 5:53 pm | Balas

  2. Mas, saran saya sebelum Anda mengikuti ajaran-ajaran rosul itu, diikuti dulu bagaimana cerita rosul sedalam mungkin, persitiwa-peristiwa apa sajakah yang membuat rosul bersyukur, bagaimana kondisi rosul (secara mental), rosul itu sudah pernah bertemu Rob kita, Allah.
    Kalau Anda mengerti siapa diri Anda, apa saja yang ada, terjadi di sekitar Anda, insyaAllah, Anda bisa merasakan langsung bersujud syukur langsung kepada Allah. Mengertilah dahulu diri Anda.
    Ingatkah Anda bagaimana kehidupan Nabi? Ketika Nabi berkhalwat (menyendiri) di gua hira? Apa sih yang sebenarnya dilakukan nabi itu? Coba Anda cari tahu? Bukan secara fisik, tapi dimensi mental.

    Silahkan cari itu.
    Kemudian ketika Rosul berjuang menyebarkan tauhid ke masyarakan Mekkah waktu itu, dan ketika Rosul membangun peradaban besar dunia dimulai dari Medinah.
    Allah itu Akbar, Maha Besar, Allah itu Maha Cerdas. Allah telah memasukkan pesan-pesan peting kepada kita pada kalam-kalamnya melalui Qur’an. Janganlah Anda lihat proses perjuangan Rosul itu cuma membangun dan menyebarkan Islam yang semata-mata menyuruh kita untuk puasa, sholat. Perbuatan ibadah itu resapilah, rasakan, cari tahu maknanya!
    Ingat kata pertama yang diucapkan malaikat Jibril kepada Rosul Allah tercinta kita itu, Iqra!
    Begitu juga dengan kita, BACA! Cari tahu!

    Komentar oleh Antoni Ridzki Andromeda — Januari 13, 2008 @ 10:39 am | Balas

  3. BLAIKKK…..dicaci maki 😀

    Komentar oleh sumi — Januari 14, 2008 @ 3:21 pm | Balas

  4. baik juga artikel ini jika disampaikan dengan dalilyang jelas,karena sebenarnya ada banyak sunah rasulullah yangsudahtidak kitabiasakan,tapi kebalikannya ada perbuatan yang disandarkan kepada beliau yang sebenarnya justru tidak pernah dicontohkan,saya tunggu penjelasannya trims

    Komentar oleh ana.ch — Februari 4, 2008 @ 9:07 pm | Balas

  5. luar biasa infox

    Komentar oleh zulianto — Maret 25, 2008 @ 11:04 am | Balas

  6. saya kira yagn terpenting adalah bukan doanya tetapi, prinsip ke-bersyukurannya kali yang terpenting

    Komentar oleh mwiyo — April 24, 2009 @ 8:48 am | Balas

  7. menurut saya sujud syukur adalah sesuatu yang harus dikerjakan, adapun melakukannya yang penting kita punya dasar sendiri-sendiri

    Komentar oleh ahmad samsul huda — April 27, 2010 @ 7:30 am | Balas

  8. ass,,saya mau bertanya apakah bisa sujud syukur dilaksnakan setiap sehabis sholat fardu tapa kita mendapatkan nikmat khusus atw terhindar dari bahaya???…mhon jawabannya ke email saya,,terima kasih,,wassalam

    Komentar oleh saepul yamin — Mei 9, 2010 @ 7:01 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: