Blog Tausiyah275

Juni 15, 2008

Islam dan Bekam (Sehat Dengan Bekam)

Filed under: Ensiklopedia Islam — Tausiyah 275 @ 9:37 am

Bismillah,

Islam sangat memperhatikan kesehatan (dan kebersihan). Dalam satu hadits yg terkenal, Rasululloh SAW berkata,”Bersuci (thaharah) sebagian daripada iman” (HR Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi). Sebagian dari kita mungkin lebih mengenal “kebersihan sebagian dari iman”, padahal pernyataan ini bukan berasal dari Rasululloh SAW.

Kembali pada kesehatan.

Rasululloh SAW dan para sahabat serta para ulama, sangat memperhatikan kesehatan. Dalam berbagai riwayat, jika kita menelusuri perjalanan hidup Rasululloh SAW, sangat jarang kita temui mereka jatuh sakit. Dengan kata lain, mereka senantiasa menjaga kesehatan mereka dengan baik, karena tubuh merupakan sebagian nikmat dari ALLOH yg menjadi amanah untuk dijaga karena akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Banyak cara untuk menjaga kesehatan, antara lain dengan menjaga makanan yg dikonsumsi. Saya sempat menuliskan (ulang) beberapa hal tentang adab makan, mungkin bisa saudara2 baca ulang.

Hal lain yg dianjurkan Rasululloh SAW untuk menjaga kesehatan, tidak hanya pencegahan namun juga pengobatan adalah sebagai berikut, dari Ibnu Abbas r.a. Rasululloh SAW bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (HR Bukhari)

Dari hadits di atas, minum madu mungkin hal yg biasa, sementara besi panas jelas dilarang oleh Rasululloh SAW. Karenanya mari kita fokus pada bekam.

Apakah bekam itu?

Anda bisa membaca di sini tentang bekam. Banyak keterangan2 di sana yg bisa menjelaskan kepada anda, arti bekam. Namun, saya akan jelaskan secara singkat di sini.

Berbekam adalah salah satu metode pengobatan yg dilakukan Rasululloh SAW (dan saya yakin para sahabat mengikutinya, meski saya belum menemukan riwayat yg shahih tentang keikutsertaan para sahabat). Saya sendiri baru awal tahun ini tertarik lebih dalam tentang bekam.

Alhamdulillah, saya merasakan manfaat yg cukup terasa dampaknya usai berbekam. Pengobatan tipe ini jelas tidak disarankan bagi saudara2 yg jijik dg darah ataupun tidak kuat melihat darah. Beberapa teman saya, yg phobia darah, malah jadi ‘teler’ usai berbekam.

Banyak tempat bekam yg tersebar di Jakarta ataupun di kota-kota lainnya. Saya sendiri biasa berbekam di sebuah mall di daerah Kalibata. Tarif yg saya keluarkan yaaa…cukup lumayan lahh. Namun, hasil yg didapat rasa-rasanya tidak seberapa jika dibandingkan dengan uang yg dikeluarkan. Demi kesehatan, janganlah kita sungkan untuk merogoh kocek.

Rasululloh SAW mencontohkan berbekam sebagaimana hadits berikut, Anas bin Malik r.a. menceritakan bahwa : “Rasululloh SAW biasa melakukan hijamah pada pelipis dan pundaknya. Beliau melakukannya pada hari ketujuhbelas, kesembilanbelas atau keduapuluhsatu.” (HR Ahmad).

Yang mesti diperhatikan, hari-hari di atas didasarkan pada penanggalan qamariyah, bukan tgl kalender syamsiah yg selama ini kita gunakan.

Anda penasaran dengan bekam? Silakan datang ke tempat bekam setempat, dan nikmati hasilnya!!

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: