Blog Tausiyah275

Desember 22, 2008

Jadwal Puasa Sunnah 1430 H / 2009 M

Filed under: Ensiklopedia Islam,HOT NEWS — Tausiyah 275 @ 7:27 am

Bismillah,

Sehubungan dengan hendak masuknya kita ke tahun baru Hijriah, 1430 H, saya melanjutkan membuat daftar puasa sunnah untuk 1430 H dan 2009 M. Semoga bermanfaat dan kita semua bisa mengamalkannya. Aamiin.

1. Puasa sunnah tiap hari Senin dan Kamis

2. Puasa Tiga Hari Setiap Bulan (Tanggal 13,14,15 di kalender Islam)
– 10, 11, 12 Januari 2009/Muharram 1430 H
– 8, 9, 10 Februari 2009/Shafar 1430 H
– 10, 11, 12 Maret 2009/Rabi’ul Awwal 1430 H
– 9, 10, 11 April 2009/Rabi’ul Akhir 1430 H
– 8, 9, 10 Mei 2009/Jumadil Awwal 1430 H
– 6, 7, 8 Juni 2009/Jumadil Akhir 1430 H
– 6, 7, 8 Juli 2009/Rajab 1430 H
– 4, 5, 6 Agustus 2009/Sya’ban 1430 H
– Puasa (wajib) Ramadhan 1430 H – 22 Agustus – 19 September 2009 ***t275: dengan demikian, tidak ada puasa sunnah 3 hari di bulan Ramadhan..***
– 2, 3, 4 Oktober 2009/Syawwal 1430 H
– 1, 2, 3 November 2009/Dzulqa’idah 1430 H
– 30 November, 1, 2 Desember 2009/Dzulhijjah 1430 H. ***tgl 30 November = hari Tasyriq, tidak boleh berpuasa***

3. Puasa Sepertiga Bulan – Yakni di bulan Dzulhijjah (antara 18 November – 17 Desember 2009).
Puasa tanggal 9 Dzulhijjah (Arafah) bagi selain orang yang melaksanakan haji. Tanggal 26 November 2009.
Puasa dilakuan 18 November – 26 November 2009, terputus dengan idul Adha dan hari Tasyrik,dilanjutkan lagi tgl 1 & 2 Desember 2009.

Tidak boleh berpuasa :
Hari Idul Adha – 10 Dzulhijjah / 27 November 2009.
Hari tasyriq 11,12,13 Dzulhijjah / 28, 29, 30 November 2009.

4. Puasa Bulan Muharram – ‘Asyura’ selama 3 hari – 9, 10, 11 Muharram
Sangat dianjurkan tanggal 9 dan 10 (Tasu’a dan ‘Asyura) 6, 7, 8 Januari 2009.

5. Puasa pada sebagian bulan Sya’ban
Antara 23 Juli – 21 Agustus 2009.

6. Puasa pada bulan Syawal – 6 hari
Tidak diperkenankan puasa pada 1 Syawal (20 September 2009)
Antara 20 September – 19 Oktober 2009.

7. Puasa Daud – berpuasa selang seling
Berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. *kecuali hari2 yang dilarang berpuasa*

Iklan

36 Komentar »

  1. wah terimakasih jadwalnya.

    Komentar oleh ali — Desember 22, 2008 @ 4:08 pm | Balas

  2. mkcie informasi jadwalnya,smg thn dpn kualitas iman qt mnjdi lbh baek lg,amin.. 🙂
    ^_^

    Komentar oleh NiTa — Desember 27, 2008 @ 1:31 pm | Balas

  3. Asw.. mau tanya, puasa tanggal 1 Muharram disunnahkan apa tidak? trima kasih. wasss

    Komentar oleh Lintarsih — Desember 29, 2008 @ 11:50 am | Balas

  4. Makasih banget informasinya puasa sunnahNya:)

    Komentar oleh leny — Desember 30, 2008 @ 10:17 pm | Balas

  5. mau tanya juga, kalo memang udah dijelasi tolong kasih tau halamannya aja hehe, minta tulung dijelasin lagi tentang puasa selama 3 hari setiap bulan, ini jadi mirip seperti puasa senin dan kamis, tapi saya liat disini tanggalnya berbeda, bagaimanakah prosedurnya untuk yang 3 hari tiap bulan ini ?

    terima kasih

    Komentar oleh HilmaN — Januari 4, 2009 @ 3:07 pm | Balas

  6. Makasih sudah mau share..
    Info yang sangat bermanfaat nih.. 🙂

    Komentar oleh Afdhaliya — Januari 5, 2009 @ 11:04 am | Balas

  7. terima kasih atas informasinya, semoga bisa menjalankannya…Amin

    Komentar oleh arintasetiawan — Januari 5, 2009 @ 1:17 pm | Balas

  8. wah langsung langsing deh 🙂

    Komentar oleh musya — Januari 15, 2009 @ 4:44 pm | Balas

  9. makasih infonya, insya Allah bisa belajar menjalani amin.

    Komentar oleh nathalia — Januari 22, 2009 @ 6:35 pm | Balas

  10. Jazakumullah khairan katsiraan,infonya sangat berguna sekali

    Komentar oleh Sri Lestari — Januari 23, 2009 @ 9:55 pm | Balas

  11. terima kasih atas infonya,karena puasa sunah juga bisa membantu kita untuk puasa wajib.

    Komentar oleh ida — Februari 8, 2009 @ 8:42 pm | Balas

  12. puasa yukk…agar kesabaran, kejujuran ada dalam benak kita… hank to jadwal”aa

    Komentar oleh giri — Februari 17, 2009 @ 9:35 pm | Balas

  13. makasih jadwalnya

    Komentar oleh toto — Februari 18, 2009 @ 1:17 pm | Balas

  14. Wah mau coba puasa pertengahan bulan ah, terima kasih infonya

    Komentar oleh Dicky — Maret 9, 2009 @ 10:48 am | Balas

  15. Assalamu’alaikum,

    Batasan minimal untuk melaksanakan puasa Daud itu berapa lama ( Hari, Pekan, Bulan atau Tahun ) ?.

    wa’alaykumsalam wr wb. tidak ada batasan puasa Daud. demikian 🙂

    Komentar oleh pirman — Maret 23, 2009 @ 5:44 pm | Balas

  16. saya mau tanya aja nih ya, kalo yang puasa tiga hari tiap bulan tuh,,, apa ya kira” niat nya, saya tertarik nih tuh selalu puasa sunah selain puasa sunah senin dan kamis, saya mohon jawab secepat nya ya atas pertanyaan saya ini…..

    thak’s

    Komentar oleh sarah — April 8, 2009 @ 9:59 am | Balas

  17. sukron, jazzakumullah khiron katsiron

    Komentar oleh arif muhayat — Mei 5, 2009 @ 12:15 pm | Balas

  18. Hari Tasyrig apa yah?

    maksudnya?

    Trus Saya pernah Dengar Puasa 40 hari/Puasa Weton apakah itu boleh?

    puasa 40 hari dalam rangka apa?puasa sendiri boleh2 saja dilakukan kapan saja 🙂

    Terima Kasih Jadwal Puasanya

    sama-sama 🙂

    Komentar oleh Erich — Mei 7, 2009 @ 8:13 am | Balas

  19. au nanya jumlah puasa sunnah di bulan sya’ban ..berapa hari yach????

    puasa sunnah di bulan sya’ban tidak ada batasan hari. demikian 🙂

    Komentar oleh Anshar — Juni 16, 2009 @ 9:25 am | Balas

  20. jadwal itu bisa dipertanggungjawabkan ngga?
    klo blh tau ada dalilnya ngga?

    insya ALLOH bisa dipertanggungjawabkan. dalil2nya? silakan cek puasa2 sunnah yg dilakukan/dianjurkan Rasululloh SAW 🙂

    Komentar oleh dyna — Juli 28, 2009 @ 4:24 pm | Balas

  21. tuk bln julhijah puas yg tiga hari berrti menjadi dua hari tgl 14,15 karena tgl 13 hri tasyrik …terus gimna klu diganti dgn tgl 16 brrti puasa sunnahnya tgl 14,15,16 ….boleh gaaa..?

    maaf, saya tidak tahu persis boleh tidaknya 🙂

    Komentar oleh holis — Agustus 5, 2009 @ 11:21 am | Balas

  22. Ass. mau tanya kalau puasa sunnah di bulan sya’ban memang gak boleh? soalnya pernah baca kalau kita memperbanyak puasa di bulan sya’ban malah lebih bagus ya? maaf kalau saya salah.
    terima kasih banyak. wass.

    wa’alaykumsalam wr wb. boleh2 saja memperbanyak puasa di sya’ban. justru puasa di bulan sya’ban agar puasa Ramadhan tidak terlalu berat,karena sudah terbiasa.demikian. wa’alaykumsalam wr wb

    Komentar oleh Dewi — Agustus 5, 2009 @ 5:43 pm | Balas

  23. Jazakallah ^^
    saya copy-paste yak..

    Komentar oleh memey — Agustus 5, 2009 @ 11:24 pm | Balas

  24. assalamualaikum.
    hai teman” jagalah waktu sholat maka kamu akan dijaga oleh ALLAH SWT.
    JAGN lp sholat dengan khusuk wa khudhuk.

    Komentar oleh yusuf — Agustus 15, 2009 @ 10:52 pm | Balas

  25. syukran ya……

    Komentar oleh ibnu — Agustus 17, 2009 @ 9:02 pm | Balas

  26. Assalamu Alaikum Wr Wb.
    Mau nanya nih, bolehkah minum obat penahan Haid pada bulan puasa ? sebab sejak 4 th ini aku slalu batal puasa 15 hari dalam bulan puasa sementara itu aku merasa tidak ada artinya bulan suci kalau aku sdg haid krn kesempatan memperoleh pahala pd bulan suci sangat kurang. wassalam

    Komentar oleh Ola — Agustus 18, 2009 @ 3:16 pm | Balas

  27. hatur nuhun…..

    Komentar oleh agah bayu pamungkas — Agustus 22, 2009 @ 6:32 pm | Balas

  28. tlng minta jadual puasa ramadhan 1430

    silakan cek di http://tausyiah275.blogsome.com/2008/12/22/jadwal-puasa-sunnah-1430-h-2009m/

    Komentar oleh muhajar — Agustus 26, 2009 @ 4:39 am | Balas

  29. Assalamu’alaikum
    Trim’s jadwalnya ya….

    Komentar oleh yasri — September 2, 2009 @ 12:59 pm | Balas

  30. puasa……………….puasa…………………sahur…………..sahur…………………

    Komentar oleh vivi imoet — September 3, 2009 @ 1:47 pm | Balas

  31. SEKARANGKAN HARI PUASA

    Komentar oleh okta imoet — September 3, 2009 @ 1:49 pm | Balas

  32. Alhamdulillah..jazakallah khairan katsiran ya

    Komentar oleh FDL — September 24, 2009 @ 6:42 pm | Balas

  33. Saya mau tanya seperti pertanyaan sohib lainnya: Berapa (hari/minggu/bulan) minimum batasan untuk puasa daud?

    puasa daud tidak ada batasan berapa lama. selama anda bisa melakukannya, lakukanlah! 🙂

    Komentar oleh Mahmud — Oktober 1, 2009 @ 11:15 am | Balas

  34. bolehkah melakukan puasa putihan dan weton dalam rangka meningkatkan ilmu seperti ilmu supranatural?n’ makasih jadwal puasanya…

    Komentar oleh aga — Oktober 5, 2009 @ 11:13 am | Balas

  35. makasih jadwal puasa sunnahnya, bileh saya copas ke fb saya? sekalian yg untuk th 2010? terimakasih sebelumnya…

    Komentar oleh rika — November 25, 2009 @ 4:15 pm | Balas

  36. ass saya meny , ada pertanyaan dari ibu saya ? bacaan buka puasa , puasa sunnah 1 muharram bagaimana ?
    bacaan sholat 1 sura bagaimana ?
    makasi
    wass

    Komentar oleh meny — Desember 14, 2009 @ 3:32 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: