Blog Tausiyah275

Agustus 20, 2009

Bersih-bersih Dan Mandi Menjelang Ramadhan

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,HOT NEWS,Lain-lain,Puasa,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 5:40 pm

Bismillah,

Salah kaprah lain yang sering dilakukan kaum muslim Indonesia adalah beramai-ramai mandi dan keramas menjelang Ramadhan tiba. Tradisi ini biasanya dilakukan selambatnya 1 hari menjelang Ramadhan. Jadi, misalnya tahun ini Ramadhan dimulai hari Sabtu tgl 22 Agustus 2009, maka Jum’at malam (21 Agustus 2009) kita akan banyak mendapati banyak kaum muslim mandi malam atau bahkan memadati kolam dan mandi di sana. Bahkan ada yang rela mandi pagi dan bersih-bersih (jam 3 pagi) di hari pertama Ramadhan agar tidak ketinggalan tradisi ini.

Saya hanya bisa tertawa saja melihat tingkah laku saudara seiman ini. Mereka begitu jor-joran untuk bersih-bersih (mandi, berendam, atau apapun itu) secara fisik menjelang Ramadhan, namun seringkali bersih-bersih secara mental/rohani cenderung dilupakan. Bahkan tidak sedikit yang sibuk bersih-bersih di awal Ramadhan, namun ternyata ibadah shaumnya tidak jelas nasibnya.

Hal yg membuat miris adalah bercampurnya (di dalam kolam) antara laki-laki dan perempuan. Bahkan di beberapa tempat, kumpul2 ini dg baju yg minim, bahkan ada yg (maaf) hanya model sarung dan (maaf lagi) menonjolkan bagian2 tertentu tubuhnya, yg bisa mengundang syahwat. 😦

Jelas sekali bahwa perbuatan ini (bersih2 menjelang bulan Ramadhan, apalagi sampai bercampur laki-perempuan bukan mahram) tidak pernah diajarkan dalam Islam.

Yang ingin saya tekankan di sini, bersih-bersih (fisik) menjelang Ramadhan bukanlah hal yang terlalu penting. Lebih penting menyiapkan diri untuk fokus beribadah pada saat Ramadhan.

Salah kaprah lainnya adalah bermaaf-maafan menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: