Blog Tausiyah275

Oktober 12, 2010

Cukup Ubah Kiblat, Tidak Perlu Bongkar Masjid!

Filed under: Fiqh,HOT NEWS,Seri Kesalahan2,Sholat — Tausiyah 275 @ 5:14 pm

Bismillah,

‘Kepanikan’ yg terjadi akibat adanya arah kiblat tempo hari ternyata sedikit banyak cukup menarik untuk disimak. Hal ini terutama karena banyak jama’ah yg merasa gelisah dengan kondisi masjid mereka, yg ternyata setelah dilakukan perhitungan ulang, arah kiblat masjid tersebut tidak sesuai.

Kegelisahan umat ini ternyata tidak cepat ditanggapi oleh para ulama. Akibatnya muncul isu membongkar masjid, terutama mihrab (tempat imam), di berbagai tempat. Padahal jika kita melihat dan memprediksi biaya pembongkaran tidaklah murah. Belum lagi waktu dan tenaga yg terbuang begitu saja.

Solusi yg cukup sederhana sebenarnya mudah saja. Cukup ubah arah kiblat di dalam masjid, tidak perlu sampai membongkar masjid. Caranya juga sangat mudah. Karpet-karpet yg selama ini sudah mengikuti letak/posisi masjid, cukup digeser sesuai dengan kebutuhan.

Memang, akan ada penyesuaian (pemotongan/pengguntingan) karpet2 tersebut, terutama karena saya yakin sekali bahwa banyak masjid menggunakan karpet dengan pola/gambar tertentu. Yang menjadi kendala, mungkin banyak umat/jama’ah yg merasa tidak nyaman dg kondisi miring karpet2 tersebut.

Solusi lainnya, yg menurut saya juga mudah, adalah dg mengganti karpet2 bergambar/berpola dg karpet yg polos. Selanjutnya cukup pasang lakban/selotip hitam (dengan arah yg sudah sesuai dg kiblat) di karpet tersebut.

Bagaimana menurut anda? Adakah solusi lain yg cukup simpel?

Semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: