Blog Tausiyah275

Desember 26, 2010

Acara Keagamaan Mestinya Di Prime Time

Filed under: Hikmah,HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 7:17 am

Bismillah,

Sejak kemunculan stasiun televisi di Indonesia, entah itu ‘negeri’ (TVRI) atau swasta, saya perhatikan nyaris (atau semua) stasiun televisi mempunyai keseragaman dalam menayangkan acara keagamaan.

Keseragaman yg saya maksud bukanlah dalam segi materi, meski terkadang di beberapa waktu dan ‘event’, tema materinya memang sama, seperti saat Ramadhan, Isra’ Mi’raj, Maulid Nabi, Idul Adha, dst. Akan tetapi juga dalam hal waktu tayang.

Jam tayang yg bisa kita perhatikan rata-rata muncul di waktu pagi, usai sholat Subuh. Katakanlah mulai jam 4.30 – 5.30 WIB.

Menurut saya, penayangan acara keagamaan di jam itu tidak cukup efektif:
1. Masih banyak kaum muslim yg masih tidur (entah itu yg belum sholat Subuh ataupun yg usai sholat Subuh tidur lagi).

2. Jikapun ada yg sudah bangun, mereka sudah bersiap utk beraktivitas pagi (kerja).

Dua hal di atas, menurut saya, membuat materi yg disampaikan tidak efektif. Membekali materi agama bagi orang yg hendak bekerja/beraktivitas (poin 2) adalah baik, agar segala aktivitas mereka sehari itu bisa bernilai ibadah. Namun sudah menjadi kodrat manusia yang cenderung lupa, sebagaimana ayat-ayat berikut:
“Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang lalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.” (Al A’raaf (7):165)

“Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu), dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat.” (Thaahaa (20):115)

“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (Al Hasyr (59):19)

Menurut saya pribadi, hendaknya acara agama ditampilkan di jam tayang utama (prime time). Jika sulit, yaa bisa di sekitar jam itu, yg penting para pemirsa bisa menikmati dan menyerap (serta mempraktekkan) materinya.

Saya pernah melihat sebuah stasiun televisi menayangkan acara keagamaan yg dikemas dg menarik yg ditayangkan di sore hari. Jika tidak salah nama acaranya “Jejak Sunnah” atau sejenisnya. Di stasiun televisi lain, saya pernah lihat acara agama ditayangkan di pagi hari, sekitar jam 7-8 pagi, juga dikemas dg cara yg menarik.

Bagaimana menurut anda?

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: