Blog Tausiyah275

Januari 19, 2011

Islam Dan Zodiak

Bismillah,

Belakangan ini saya banyak membaca berita terkait adanya perubahan dalam penentuan zodiak (astrologi). Selain berita, saya sempat juga membaca komentar2 lucu (menyedihkan?) terkait hal tersebut, terutama dari orang2 yg ‘kesal’ karena zodiaknya berubah.

Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin menyegarkan ulang ingatan kita mengenai zodiak.

Zodiak adalah ilmu ‘perbintangan’ (astrologi) yg mempunyai arti siklus hewan (silakan cek ke Wiki). Zodiak disusun berdasar ilmu perbintangan (astronomi) dengan beberapa ketentuan, terutama peredaran garis edar matahari. (Hampir) Bisa dikatakan penggolongan zodiak nyaris serupa dengan kalender dengan beberapa sifat yg berbeda, terutama tanggal awal dan akhir sebuah zodiak.

Di kalangan generasi muda, zodiak merupakan sebuah hiburan, meski tidak sedikit yg menganggap serius bahkan terkadang malah sangat di-fanatik-kan. Mereka begitu percaya dg RAMALAN yg ‘dikatakan’ oleh zodiak mereka di hari itu. Tidak heran jika zodiak menjadi sebuah artikel yg ‘wajib’ ada di majalah2 remaja.

Sayangnya, banyak generasi muda (bahkan orang tua juga) yg tidak tahu bahwa mempercayai zodiak adalah sebuah dosa. Hal ini dikarenakan percaya dg ucapan/tulisan (apapun itu) dari zodiak artinya kita percaya nasib/masa depan kita ada di tangan zodiak. Hal ini sama halnya dengan percaya terhadap ramalan/ucapan dukun/peramal/paranormal. Padahal, sebagai muslim, kita hanya boleh percaya bahwa ALLOH SWT saja yg berhak (dan tahu) masa depan serta nasib kita.

Bisa dikatakan, percaya zodiak termasuk ke dosa syirik, menyekutukan ALLOH SWT. Padahal ALLOH SWT jelas2 melarang dan menggolongkan syirik sebagai salah satu dosa besar kepada-Nya. “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman(31):13)

Rasululloh SAW juga bersabda sebagai berikut, diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud berkata : Aku bertanya kepada Rasululloh SAW,”Dosa apa yang paling besar?’ beliau saw menjawab,’Engkau menjadikan tandingan terhadap ALLOH SWT padahal Dial ah yang telah menciptakanmu.’….” (Muttafaq Alaihi)

Para musuh Islam menggunakan zodiak sebagai sarana utk menghancurkan kaum muslim, terutama dg strategi Ghazwul Fikri-nya. Dengan cara yg sangat halus dan tidak kentara, perlahan-lahan para generasi muda Islam digiring utk mempercayai dan mempertaruhkan nasib dan masa depannya ke hal selain ALLOH SWT.

Saya pernah menuliskan beberapa hal yg menyebabkan kita jatuh ke jurang kemusyrikan.

Beberapa orang beralasan bahwa tulisan/ucapan dari zodiak ada benarnya dan mereka sendiri cenderung mengambil hal2 positifnya. Saya katakan bahwa jika memang zodiak itu benar, itu adalah sebuah kebetulan. Saya yakin banyak dari ramalan zodiak itu yg tidak sesuai dan bahkan ngawur. Sementara jika tujuannya mengambil hal2 positif, masih banyak cara lain yg lebih masuk akal. Misalnya diskusi/ngobrol dengan orang2 yg sukses/berhasil di bidangnya. Bukan dengan cara yg tdk masuk akal, percaya dg apa2 yg diucapkan/dituliskan sesuatu yg tidak jelas.

Intinya: TIDAK PERLU DAN JANGAN PERCAYA DENGAN ZODIAK.

Semoga kita semua terlindungi dari hal2 yg berbau syirik. Aamiin.

Iklan

1 Komentar »

  1. […] jika mereka melakukan hal-hal berikut: – mempercayai shio atau astrologi atau ramalan, karena haram hukumnya umat muslim percaya zodiak/shio/astrologi. – ikut serta ibadah di klenteng – melakukan judi (yg memang salah satu budaya orang Cina) – […]

    Ping balik oleh Imlek, Antara Tradisi (Budaya) Atau Ritual (Agama) | Blog Tausiyah275 — Februari 7, 2014 @ 8:02 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: