Blog Tausiyah275

April 27, 2011

Hati-hati Menyebarkan Ajakan Beribadah!

Filed under: HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 6:56 am

Bismillah,

Kurang lebih 10 hari lalu, saya mendapat pesan dari seorang teman. Pesannya sebenarnya baik, mengajak untuk shaum (puasa) di hari Rabu dan Kamis, tgl 20 dan 21 April 2011 karena (menurut teman saya) pada hari itu sudah masuk Muharram, tepatnya tgl 9-10 Muharram (hari Asyura). Dia juga menyebutkan dalil bahwa puasa 2 hari di bulan Muharram (di hari Asyura) seolah-olah beribadah selama 2 tahun dan orang yg mengajaknya akan seolah-olah beribadah 80 tahun.

Terus terang, saya terkejut dengan ajakan ini!

Lho, mengapa?

Karena 20 dan 21 April kemarin itu sebenarnya masih JUMADIL AWAL! Tepatnya 16 dan 17 Jumadil Awal!

Lalu saya ingat, bahwa hari Jum’at, 22 April 2011 adalah hari raya umat Kristiani, yakni wafatnya Yesus Kristus. Dan (sepengetahuan saya) 1 hari sebelum Jum’at Agung, kaum Kristiani diharapkan berpuasa.

Ada 2 hal yg bisa kita pelajari dari peristiwa ini:
1. Umat Islam sendiri tidak menyadari (tidak mengetahui) kalender Hijriyah, sehingga dengan mudah disesatkan bahwa bulan April ini sudah masuk bulan Muharram.

2. Ghazwul Fikri & penyesatan ajakan waktu beribadah. Masa puasa Muharram dilakukan di bulan Jumadil Awal? Terlebih lagi ajakannya dilakukan di 1-2 hari sebelum Jum’at agung yg ‘kebetulan’ bertepatan dg ‘kewajiban’ umat Kristiani berpuasa.

Saya segera tegur teman saya itu seraya memberitahukan bahwa dirinya telah menyebarkan informasi yg salah! Niatnya mungkin baik, tapi jika informasi yg diberikan salah, justru akan membuat amal ibadah menjadi sia2 karena keliru.

Pesan saya, jika anda menerima pesan untuk beribadah, mohon cek dahulu! Anda juga bisa konfirmasi ke saya melalui YM di kanan atas. Mudah2an saya bisa membantu anda.

Tentu saja, jangan sampai hal seperti ini membuat kita menjadi patah arang dan hilang semangat untuk berdakwah dan mengajak orang lain berbuat baik. Hanya saja, mesti hati2 dan melakukan kros cek sebelum menyebarkannya.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

