Blog Tausiyah275

Mei 8, 2011

Apakah Osama Pahlawan Islam?

Filed under: HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 6:50 am

Bismillah,

Minggu lalu ramai terdengar kabar dan berita bahwa Osama bin Laden telah berhasil dibunuh tim pasukan elite dari Amerika Serikat dalam sebuah penyerbuan dan penyerangan di daerah Pakistan. Bahkan Obama, selaku Presiden Amerika Serikat, menyampaikan secara langsung ‘keberhasilan’ Amerika Serikat dalam ‘membasmi’ teroris yg paling dicari selama hampir 10 tahun ini.

Tak lama kemudian, beredar foto mayat Osama (yg banyak diragukan keasliannya) di dunia maya. Saya sendiri tidak mempercayai begitu saja dengan foto jenazah Osama ini, terlebih banyak yg menyakini bahwa ada manipulasi foto tersebut.

Terlepas dari pro kontra foto Osama, saya lebih suka untuk fokus pada sosok Osama. Apakah dia patut digelari pahlawan Islam, terkait dengan ‘keberaniannya’ melawan Amerika Serikat? Terutama dengan pemboman menara kembar WTC pada 9 September 2001 lalu.

Saya sendiri berpendapat bahwa OSAMA BUKANLAH PAHLAWAN ISLAM!

“Wah, anda kurang ajar terhadap syekh Osama!”
“Anda murtad!”
“Anda bukan Islam”
“Dasar musuh Islam!”

Barangkali demikian pemikiran banyak orang yg membaca pendapat saya ini (sejauh ini baru imajinasi saya). Well, it’s ok. Saya tidak akan ambil pusing dengan pemikiran dan kecaman tersebut.

Pendapat saya sederhana saja, Islam melarang umatnya untuk membunuh orang2 yg tidak berdosa dalam sebuah peperangan. Yg dimaksud dg orang2 tak berdosa ini adalah warga sipil, termasuk anak2, perempuan, dan orang2 tua. Kini mari kita lihat apa yg dilakukan (konon) oleh Osama dengan membom dan menghancurkan menara kembar, bisa dikatakan adalah penyerangan terhadap fasilitas sipil, dengan menggunakan pesawat komersial (yg notabene pesawat sipil juga).

“Lho, Islam bukannya membolehkan melakukan teror terhadap musuh2nya?”

Ya, saya setuju bahwa teror terhadap musuh Islam boleh dilakukan, tapi dengan catatan teror yg dilakukan mesti ditujukan kepada militer atau pemerintahan musuh Islam. BUKAN KEPADA WARGA SIPIL, terlebih dengan melakukan pemboman terhadap wilayah2 yg BUKAN ZONA PERANG!

Saya sangat terheran-heran dan tidak habis pikir dengan klaim bahwa Osama mati syahid, lalu Osama adalah pahlawan Islam dan klaim2 ‘sepihak’ lainnya yg dilakukan banyak pihak, dengan pertimbangan bahwa Osama itu Islam, lalu berjubah dan bersorban. Bahkan saya merasa janggal dg pernyataan Abu Bakar Ba’asyir yg juga meyakini kesyahidan Osama.

Bagi saya, tindakan Osama tidak lebih dari seorang pengecut, yg usai membom menara kembar dan menewaskan banyak warga tak berdosa, lalu pergi sembunyi dan akhirnya menemui kematiannya di tempat persembunyiannya.

Jika memang Osama seorang pahlawan (Islam), maka dia akan bertempur dan melawan Amerika Serikat dengan gagah berani, tidak perlu sembunyi. Yaser Arafat, menurut saya, lebih layak menyandang pahlawan Islam, yg berusaha memperjuangkan nasib bangsa Palestina, meski akhirnya dibunuh dg cara diracun oleh Israel.

Saya sendiri jelas bukan pendukung kebijakan pemerintah Amerika Serikat yg seringkali merugikan kaum muslim. Namun dengan mendukung Osama membabi buta, tanpa berpikir jauh ke depan, saya sangat yakin bahwa kita, kaum muslim, akan sangat mudah dijadikan target ghazwul fikri oleh Amerika Serikat dan konco2nya.

Belum lagi jika kita melihat pernyataan Obama bahwa ‘peperangan’ melawan Osama adalah perjuangan melawan teroris, bukan untuk melawan Islam, akan kian lengkap kebingungan yg dialami (mayoritas) kaum muslim sehingga tidak sedikit dari mereka yg kian membabi buta mengidolakan Osama bin Laden sebagai pahlawan Islam.

Hal yg sama pernah terjadi untuk para trio pembom Bali yg digelari sebagai mujahidin oleh banyak kaum muslim Indonesia.

Semoga kita selalu kritis dalam berpikir, tidak bertaklid buta dan selalu menjaga kadar keimanan kita, aamiin.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

