Blog Tausiyah275

Mei 17, 2011

Ibadah Saja Tidak Akan Mengubah Hidup Anda

Filed under: Hikmah,HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 6:53 am

Bismillah,

Saya pernah menulis artikel mengenai motivasi orang beribadah. Artikel ini bisa dikatakan kelanjutan dari artikel tersebut.

Saya sering temui banyak orang mengeluh mengenai kondisi mereka yg tidak berubah. Dalam keluhannya, mereka mengatakan,”Saya sudah ibadah [silakan isi ibadah di agama Islam, seperti sholat, haji, dst] tapi mengapa kehidupan saya tidak ada perubahan ya?”

Pada kesempatan lain, ada juga yg mengatakan bahwa dirinya sudah banyak tahajud tapi kenapa saya belum bertemu dengan jodoh saya ya? Atau kenapa saya gagal dalam ujian ya? Atau banyak hal2 ‘menderita’ lain yg mereka alami walau mereka banyak beribadah.

Saya melihat ada kesalahpahaman atau bisa dibilang ketidakmengertian kaum muslim mengenai ibadah. Banyak dari mereka yg menganggap dengan beribadah, maka tujuan kita PASTI tercapai!

Lebih ironis lagi jika ada yg menyebut bahwa ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA TIDAK ADIL karena orang2 kafir, yg jelas2 tdk beribadah pada-Nya, mendapat rejeki dan kekayaan yg berlimpah, sementara kaum muslim yg sudah berdoa dan beribadah sedemikian rupa, justru tidak mendapat apapun!

Ini adalah KESALAHAN BESAR!

ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA TIDAK PERNAH, sekali lagi, TIDAK PERNAH menjanjikan bahwa orang yg beribadah akan mendapatkan kesuksesan begitu saja! Ibadah adalah PELENGKAP DARI IKHTIAR yg kita lakukan! Silakan anda cari di Al Qur’an, ayat mana yg menyatakan bahwa seorang hamba yg beribadah (sangat) rajin akan mendapat sekarung emas yg turun dari langit?

Saya yakin tidak akan anda temukan!

Justru anda akan temukan perintah ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA agar manusia (ikhtiar) mencari rejeki di muka bumi dengan ayat-Nya,“Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Al Jumu’ah(62):10)

Bahkan pada satu kisah disebutkan Umar memarahi seorang pemuda yang berdoa sepanjang hari dalam masjid meminta rezeki namun tidak pergi ke pasar untuk berikhtiar mencari rezki yang dimintanya itu.

Lebih jauh lagi, ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA berfirman,“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Ar Ra’d(13):11)

Jadi, bagi anda yg menginginkan punya jodoh, ikhtiarlah dengan mencari jodoh di berbagai tempat yg baik. Janganlah membatasi atau mengatakan jodoh anda tidak ditemukan sementara anda sendiri ikhtiarnya kurang maksimal.

Atau anda ingin punya kekayaan sekian ratus juta, tapi anda hanya tahajud dan berdoa saja tanpa kerja, jelas itu hal yg mustahil!

Apa kesimpulannya? Untuk mencapai tujuan anda, apapun itu, ikhtiarlah maksimal dan iringi dengan doa terbaik yg anda panjatkan pada-Nya. Jika anda belum mendapat apa yg anda minta, padahal ikhtiar dan doa sudah maksimal, pasrahkan hasilnya pada-Nya, karena sesungguhnya ALLOH SUBHANALLOHUWATA’ALA tahu yg terbaik untuk anda.

Semoga berguna dan semakin memotivasi kita semua utk ikhtiar dan doa maksimal.

Iklan

4 Komentar »

  1. […] dengan ibadah maka hidup akan berubah! Untuk kasus ini yg mesti diperhatikan ibadah tidak begitu saja akan mengubah hidup anda, apabila ANDA TIDAK […]

    Ping balik oleh Salah Kaprah Tentang Ibadah | Blog Tausiyah275 — April 6, 2013 @ 5:35 pm | Balas

  2. […] untuk beribadah kepada ALLOH SWT semata. Jangan ada niatan untuk sholat agar bisa menjadi kaya. Karena sholat/ibadah saja tidaklah mengubah hidup anda! Ikhtiar maksimal juga MESTI dilakukan karena itu adalah tugas […]

    Ping balik oleh Sholat Tidak Membuat Anda Kaya! | Blog Tausiyah275 — Juni 27, 2013 @ 9:52 am | Balas

  3. […] Ataupun mereka menganggap kemiskinan adalah sesuatu yg mesti diterima dan disikapi dengan tawakal (yang salah)! Akibatnya, mereka cenderung adem ayem dan berdiam diri, atau malah hanya memperbanyak ibadah saja tanpa kerja nyata. Padahal sudah jelas, ibadah saja tidak akan mengubah hidup! […]

    Ping balik oleh Umat Islam HARUS KAYA, Tapi… | Blog Tausiyah275 — Agustus 11, 2013 @ 9:47 am | Balas

  4. Setelah ikhtiar habis2an , saatnya ibadah,, semoga selalu menang, aamiin

    Komentar oleh haneda kusnadi — Desember 31, 2013 @ 9:07 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: