Blog Tausiyah275

Mei 27, 2012

Antara Garpu Dan Tangan Kanan

Bismillah,

Saya yakin kita semua sudah mengenal sendok dan garpu sebagai alat untuk membantu menikmati makanan. Jika di masyarakat Barat sana, atau jika kita pergi ke restoran Barat terutama yg menyuguhkan daging steak, lebih dikenal pisau dan garpu sebagai alat bantu untuk makan.

Garpu senantiasa dipegang oleh tangan kiri, kecuali orang kidal. Pada saat makan steak, garpu berperan serta dalam hal ‘memegang’ makanan (daging) di piring dan pisau yg berperan memotong-motong daging. Juga berperan untuk ‘menusuk’ kentang/makanan lain untuk disantap. Sementara saat makan ‘biasa’, garpu berperan untuk menusukkan dan mengambil makanan2/lauk pauk favorit sebelum akhirnya pindah ke mulut untuk dikunyah.

Yang menjadi ‘masalah’ adalah jika garpu digunakan tangan kiri untuk makan. Disebut masalah karena Islam, melalui Rasulnya, sudah MELARANG makan menggunakan tangan kiri!

Mari perhatikan hadits2 berikut:
“Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan apabila dia makan, makan dengan tangan kiri dan apabila minum, minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Dari Jabir r.a., dari Rasululloh SAW sabdanya,”Janganlah kamu makan dengan tangan kiri, karena hanya syetan yang makan dengan tangan kiri.”.

Dari Ibnu ‘Umar r.a., katanya Rasululloh SAW bersabda,”Apabila kamu makan dan minum, makan dan minumlah dengan tangan kanan, karena hanya setan yang makan minum dengan tangan kiri.”.

Dari Iyas bin Salamah bin Akwa’ r.a., dia mengatakan bahwa bapaknya menceritakan kepadanya,”Seorang laki-laki makan dekat Rasululloh SAW dengan tangan kiri. Maka bersabda beliau kepadanya,”Makanlah dengan tangan kanan !”. Jawab orang itu,”Aku tidak bisa !”. Sabda Nabi SAW,”Tidak bisa ? Tidak ada orang yang melarangmu melainkan perasaan sombongmu.”. Kata Iyas,”Orang itu benar-benar menjadi tidak dapat mengangkat tangan ke mulutnya.”

Saya pun pernah menulis setidaknya 2 artikel terkait dengan makan, di artikel adab makan Rasululloh SAW dan adab makan dan minum ini.

Saya yakin akan banyak orang bertanya-tanya mengenai hadits dan artikel di atas, terutama mengenai pelarangan menggunakan tangan kiri untuk makan. Bahkan, bisa jadi Islam dianggap tidak toleran dan tidak mengerti dengan orang-orang yg kidal.

Sebenarnya solusinya sangat mudah! PINDAHKAN GARPU KE TANGAN KANAN PADA SAAT MEMASUKKAN MAKANAN KE MULUT!

Mungkin terdengar aneh, terutama jika kita makan steak. Namun, menurut saya inilah solusi terbaik yg bisa kita lakukan, terutama agar kita bisa tetap makan dengan nyaman serta sesuai dengan syar’i (hukum) Islam.

Saya sendiri sudah sejak lama mempraktikkan hal ini. Pada saat menyantap steak, saya menggunakan garpu untuk ‘memegang’ daging steak dan pisau untuk memotong-motongnya. Namun pada saat hendak menyantap daging tersebut, saya memindahkan garpu ke tangan kanan dan menyuapkan daging ke dalam mulut saya. Sejauh ini saya tidak menemui masalah ataupun mendapat protes dari orang2 sekitar saya.

Lalu, bagaimana dg orang yg kidal? Jika merujuk pada hadits Rasululloh SAW yg ketiga di atas, MESTI DIUPAYAKAN untuk makan dg tangan kanan. Menurut saya tidak sulit dan merepotkan, toh HANYA PADA SAAT MAKAN SAJA orang2 kidal ‘terpaksa’ menggunakan tangan kanan mereka untuk makan. Sementara untuk aktivitas2 lain, kekidalan mereka tidak dipersoalkan oleh Islam.

Semoga bermanfaat.

3 Komentar »

  1. assalamuallaikum…
    gmn yah… aku sering minum pakai tangan kiri… soalnya jujur saja… aku tidak kuat memegang “gelas” di tangan kanan ku… apa diperbolehkan?
    terimakasih dan wassalam… 🙂

    Komentar oleh maulana — Maret 6, 2013 @ 3:45 am | Balas

    • mesti terus dicoba & dilatih,mas Maulana.
      insya ALLOH akan bisa kok! 🙂

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Maret 6, 2013 @ 5:08 pm | Balas

  2. Alhamdulillah, saya sudah terbiasa memotong daging dengan tangan kiri, jadi tidak masalah makan dengan tangan kanan^^
    Nice Post ! Thanks ! ^^

    Komentar oleh elma — November 8, 2014 @ 5:34 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

