Blog Tausiyah275

November 26, 2012

Manipulasi Untuk Mencari Dukungan = Perbuatan Hina!

Filed under: Hoax,HOT NEWS,Humor,Seri Kesalahan2,Teknologi — Tausiyah 275 @ 8:34 am

Bismillah,

Beberapa minggu terakhir, kita membaca dan mendapatkan berita mengenai serangan udara Israel ke jalur Gazza Palestina. Pro kontra terhadap serangan ini banyak dilontarkan berbagai pihak, tergantung dari sisi mana pihak tersebut berada.

Bagi pembela Israel, serangan ini dianggap sebagai tindakan membela diri. Bagi saya, ini adalah pernyataan konyol karena jika ini memang tindakan bela diri, maka Israel tidak perlu menghancurkan gedung2 dan membunuh warga sipil.

Sementara bagi yg pro Palestina, mereka berbondong-bondong melakukan demo menentang aksi militer Israel ini dan tidak sedikit yang mengalirkan sebagian rejeki mereka yg mereka ke nomor-nomor rekening tertentu. Selanjutnya para pemilik nomor rekening tersebut akan mengirimkan dana ini untuk membantu rakyat Palestina, entah menyediakan obat2an, makanan, atau bahkan membeli amunisi untuk melawan tentara Israel.

Dari sekian banyak berita, saya sempat mengamati ada berita mengenai Cristian Ronaldo dan Lionel Messi yg dikabarkan membela dan menyatakan dukungannya terhadap Palestina. Bagi saya, sah2 saja mereka mendukung Palestina. Yang menjadi masalah, ketika diteliti dan ditelusuri lebih jauh, ternyata berita ini lebih condong kepada berita palsu (hoax).

Hoax ini kian nyata karena berita ini menampilkan foto-foto yang ternyata hasil manipulasi. Berikut ini beberapa foto manipulasi yang saya dapatkan.

Hoax Ronaldo Memegang Kaligrafi(?)Foto Asli Messi Memegang Kaos (bertuliskan Rosario)Hoax Messi Mendukung Palestina

Dari foto di atas, terlihat manipulasi terhadap foto Ronaldo dan Messi.

Saya tidak tahu pasti latar belakang dan motif tindakan manipulasi ini. Jika dilakukan oleh kaum muslim, maka saya berusaha berpikir positif, yakni agar kaum muslim tergerak untuk ikut membantu saudara-saudaranya di Palestina, terlebih mereka yg mengidolakan Ronaldo dan Messi. Akan tetapi, jika dilakukan oleh musuh2 Islam, maka ini jelas upaya untuk menjebak dan membodohi kaum muslim!

Namun bagaimanapun dan apapun alasannya, saya melihat tindakan manipulasi ini merupakan tindakan HINA karena sifatnya MEMBOHONGI PUBLIK. Jika dalam kondisi perang, barangkali aksi ini ‘dihalalkan’ sebagai upaya untuk menaikkan moral dan meningkatkan semangat membantu (materi dan doa). Namun, untuk peristiwa ini, saya kok merasa umat Islam dibodohi mentah-mentah.

Lebih lagi, saya melihat begitu banyak account di Twitter yg memasang foto Messi memegang kaus ‘Palestina’ sebagai avatar dan nampak begitu bangga bahwa idolanya, Messi, mendukung Palestina. Padahal, di sisi lain, para musuh Islam tertawa terbahak-bahak melihat umpan mereka dimakan oleh kaum muslim. Ini jelas adalah salah satu taktik perang pemikiran yg terjadi antara kaum muslim dg musuh2 Islam.

Bagi saya, tindakan manipulasi tidak ada bedanya dg pengemis yg berpura-pura tangannya buntung lalu minta belas kasihan dari orang2 yg lewat. Ataupun seperti pengemis yg pura2 punya luka yg membusuk (hingga dikerumuni lalat). Juga perbuatan2 lain yg sifatnya memanipulasi penampilan untuk mendapatkan perhatian dan belas kasihan dari orang lain. SEMUANYA HINA DINA!

Semoga kita bisa lebih pintar dalam memilih, menerima, dan mengonsumsi informasi yg masuk.

Semoga berguna.

3 Komentar »

  1. […] artikel saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan dan mewanti-wanti kaum muslim agar LEBIH BERHATI-HATI menyebarkan […]

    Ping balik oleh (Lagi-lagi) Manipulasi Informasi! | Blog Tausiyah275 — Agustus 20, 2013 @ 8:48 pm | Balas

  2. Serangan israel Ke palestina itu memang bela diri! Israel mengancurkan gedung2 karena di gedung itu Hamas Bersembunyi! Terus israel itu gk bunuh warga sipil..memang warganya aja yg dekat2 ke wilayah konflik! Klo gk ngerti apa2 diem aja!

    Komentar oleh LOHA LOHE — Mei 26, 2015 @ 2:22 pm | Balas

  3. Kafir!!!

    Komentar oleh KKKK — Mei 26, 2015 @ 2:31 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: