Blog Tausiyah275

Juni 27, 2013

Sholat Tidak Membuat Anda Kaya!

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Hikmah,HOT NEWS,Seri Kesalahan2,Sholat — Tausiyah 275 @ 9:52 am

Bismillah,

Sekali lagi, di artikel ini saya ingin mengingatkan para pembaca blog, bahwa niat kita mendirikan sholat adalah untuk beribadah kepada ALLOH SWT semata. Jangan ada niatan untuk sholat agar bisa menjadi kaya. Karena sholat/ibadah saja tidaklah mengubah hidup anda! Ikhtiar maksimal juga MESTI dilakukan karena itu adalah tugas manusia.

ALLOH SWT berfirman,“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Ar Ra’d(13):11)

Ayat di atas jelas menunjukkan bahwa ALLOH SWT sendiri secara implisit (tersirat) atau secara tidak langsung menyatakan bahwa manusia harus juga ikhtiar dalam rangka melakukan perubahan kehidupan (terutama terkait dengan kebutuhan dunia) yg dia butuhkan. Ibadah, terutama sholat, dibutuhkan untuk menjadikan diri tidak sombong apabila berhasil meraih kesuksesan, ataupun tidak putus asa apabila ikhtiar maksimal yang telah dilakukan masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

Sayangnya seringkali kaum muslim menjadikan agama sebagai ‘pelarian’. Ikhtiar belum maksimal, lantas berserah diri (tawakal) kepada ALLOH SWT. Dan jika tidak ada perubahan dalam hidupnya, lantas ALLOH SWT disalahkan dan menjadi kambing hitam atas kesengsaraan hidup (di dunia).

Sholat juga tidak akan lantas membuat anda menjadi pandai/pintar dalam menjawab soal ujian.

Fenomena ‘mengenaskan’ seperti ini seringkali kita temui pada saat menjelang ujian nasional ataupun ujian kenaikan kelas. Sering membolos, jarang memperhatikan guru, tidak pernah belajar, lantas malam menjelang ujian mendadak sholat puluhan raka’at, minta doa agar lulus ujian. Tidak saja sholat mendadak dilakukan, bahkan membasuh kaki orang tua dan ziarah ke makam wali atau malah ‘me-mantrai’ pensil pun dilakukan agar bisa lulus ujian.

Jika merujuk pada (13:11) di atas, kita bisa katakan si murid tidak ada niat dari dalam untuk mengubah keadaan (menjadi pintar) dengan cara belajar secara sungguh-sungguh.

Jadi, sekali lagi, untuk meraih kesuksesan di dunia maka diperlukan ikhtiar yang maksimal! Sholat, seperti saya tulis di atas, adalah sebagai penyeimbang agar manusia tidak lantas lupa diri ataupun menjadi stres apabila pencapaiannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga berguna.

4 Komentar »

  1. Tapi membasuh kaki orang tua tetap bermanfaat. Lebih disukai bila air mengandung garam. Setelah membasuh, gosoklah kaki orang tua dengan body lotion yang mengandung vitamin E. Niscaya kaki orang tua menjadi kinclong dan sehat!

    Tapi tetep..lulus ujian nggak ditentukan dari bersihnya kaki orang tua.🙂

    Komentar oleh Vicky Laurentina — Juni 27, 2013 @ 10:59 am | Balas

    • betul sekali,mbak Vicky!🙂

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Juni 27, 2013 @ 1:19 pm | Balas

  2. postingan singkat tapi ini meluruskan yg melengkung selama ini. keren!

    Komentar oleh drgnyeleneh — September 29, 2013 @ 8:07 am | Balas

  3. […] terus menerus (termasuk sholat dhuha) untuk mengharap rejeki datang dan menjadi kaya. Ingat, SHOLAT TIDAK MEMBUAT ANDA KAYA! Ikhtiar maksimal mesti dilakukan, karena itu […]

    Ping balik oleh Menikah Muda Ajaran Islam? | Blog Tausiyah275 — Desember 29, 2013 @ 7:25 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: