Blog Tausiyah275

Agustus 8, 2013

Umroh: 2. Perjalanan Menuju Tanah Suci

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Haji & Umroh,Hikmah,HOT NEWS,Kegiatan Ramadhan — Tausiyah 275 @ 10:21 am

Bismillah,

Perjalanan yang saya lakukan dimulai usai sahur, sekitar jam 3 pagi. Berkumpul dengan saudara-saudara baru (dari travel lain) kami masuk pesawat sekitar jam 8-9 pagi dengan tujuan Abu Dhabi untuk transit. Perjalanan ditempuh sekitar 7-8 jam, saya tiba sekitar pukul 12 siang waktu setempat (karena ada perbedaan waktu sekitar 4 jam dengan Indonesia).

Selama dalam perjalanan, ada beberapa pilihan aktivitas yg bisa dilakukan, yakni menonton film yg disediakan pihak penerbangan; membaca Qur’an (memperbanyak dzikir); tidur (untuk mengumpulkan stamina karena perjalanan masih jauh); ataupun membaca panduan umroh/haji.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah singgung mengenai transportasi dan saya sarankan agar mencari travel yg menyediakan penerbangan LANGSUNG ke Jeddah untuk menyingkat waktu dan tenaga. Transit itu cenderung menyebalkan, menurut hemat saya, terlebih di bulan Ramadhan. Namun kita bisa ambil sisi positifnya, dengan memperbanyak ngaji atau silaturahim dengan rekan-rekan baru dari travel.

Saat transit, saya melihat sudah banyak jama’ah umroh dari negara-negara lain, terutama dari negara Afrika dan sekitar Timur Tengah. Setidaknya saya melihat ada jama’ah dari Zimbabwe dan Uganda (jika saya tidak salah). Saatnya untuk merenungkan ayat,“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al Hujurat(49):13).

Jadi, sesungguhnya kita tidak berhak dan tidak boleh untuk menghina orang lain, entah sesuku/sebangsa terlebih lagi beda suku/beda bangsa. Sebaliknya, kita mesti banyak belajar dari mereka untuk saling mengenal dan merasakan kebesaran ciptaan ALLOH SWT.

Oleh karenanya, aneh rasanya jika ada yg mengaku muslim tapi menindas orang lain, dengan alasan apapun. Bahkan umat Islam, jika merujuk pada Al Qur’an dan Rasululloh SAW, tidak boleh berperang/memerangi orang2 yang beda agama yang mau hidup berdampingan (kafir dzimmi).

Ketika transit anda bisa sholat (jamak dan/atau qashar). Yang jelas, gunakan waktu transit sebaik mungkin untuk persiapan ibadah.

Usai menunggu sekitar 2 jam, sekitar jam 4-5 sore, saya berangkat ke Jeddah.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: