Blog Tausiyah275

Agustus 20, 2013

(Lagi-lagi) Manipulasi Informasi!

Filed under: Dari Inboxku,Hoax,HOT NEWS,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 8:48 pm

Bismillah,

Belakangan ini kita disuguhi berita tentang kerusuhan di Mesir, bentrokan antara pendukung (mantan presiden) Mursi yg dikudeta oleh militer, dengan pihak militer itu sendiri. Sudah banyak korban yg jatuh akibat bentrokan tersebut, terutama di pihak sipil.

Jatuhnya korban, jelas menimbulkan duka dan rasa simpati yg mendalam. Namun, sekali lagi, umat Islam (begitu mudah) dikecohkan dengan manipulasi informasi (yg sedemikian hina, menurut saya).

Manipulasi yg dimaksud adalah seperti yg saya kicaukan berikut ini:

Seperti yg saya kicaukan di atas, ada informasi bahwa ada korban ‘tewas’ yang ‘bahagia’ akibat perilaku ‘sadis’ militer Mesir. Sedemikian ‘bahagianya’, sehingga banyak yg merasa iri dg cara kematian si ‘korban’.

Saya bisa bayangkan betapa kecele dan malunya para pendukung ‘korban’ ini ketika ada yg menginformasikan bahwa ‘jenazah’ yg ‘berbahagia’ itu ternyata bukan korban sesungguhnya, melainkan foto dari seseorang yg PELATIHAN MENGURUS JENAZAH!!

Dalam artikel saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan dan mewanti-wanti kaum muslim agar LEBIH BERHATI-HATI menyebarkan informasi! Bahkan meski informasi itu datangnya dari saudaranya, sesama muslim, lebih baik menahan diri untuk tidak mudah menyebarkan.

Tujuannya jelas, untuk mengantisipasi kemungkinan info itu sifatnya bohong (hoax) yang bisa jadi dihembuskan oleh para musuh Islam, melalui perang pemikirannya.

Saya sendiri sebenarnya sudah mendapat foto itu beberapa waktu lalu, namun saya enggan untuk menyebarkannya. Pertama, saya berhati-hati dengan informasi yg saya terima. Kedua, saya tidak suka ‘mengeksploitasi’ dan menyebarkan foto2 kekejaman seperti itu.

Dengan demikian, sekali lagi, saya harap saudara muslim lebih berhati-hati menyebarkan informasi. Alih-alih anda menyebarkan informasi untuk mendapatkan dukungan, ketika ternyata informasi itu palsu (seperti halnya foto Messi mendukung Palestina ataupun Ronaldo), maka anda sebenarnya sudah melakukan PEMBOHONGAN PUBLIK!😦

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

