Blog Tausiyah275

November 24, 2013

Jaga Barang Bawaan Anda Di Masjid!

Filed under: Hikmah,HOT NEWS,Muamalah — Tausiyah 275 @ 8:17 am

Bismillah,

Pada saat saya masih kuliah, ketika saya hendak sholat di masjid Salman seringkali imam sholat mengingatkan agar para jama’ah menyimpan tas/barang bawaannya di depan shafnya masing-masing. Penyebabnya seringkali terjadi pencurian (isi) tas para jama’ah yg sholat. Hal ini bisa terjadi karena para jama’ah berpikir naif bahwa masjid merupakan tempat suci sehingga tidak ada seorangpun yg akan melakukan kejahatan di dalamnya.

Kenyataannya, penjahat selalu ada di mana saja. Dengan berbagai topeng dan wujud, mereka akan berusaha mencari korban dan mendapatkan barang yg bisa diuangkan. Bahkan seorang teman saya cerita, ketika dia mengunjungi masjid Istiqlal, dia menjadi korban kejahatan, dengan diperas oleh para penjahat yang menyamar menjadi jama’ah masjid.

Saat itu dia baru pertama kali mengunjungi masjid Istiqlal. Usai sholat, dia lalu duduk di bagian belakang masjid Istiqlal yg agak gelap. Sayangnya, saat itu dia tidak tahu bahwa lokasi seperti itu adalah lokasi favorit para pemeras (tukang kompas). Beberapa saat dia istirahat, lalu dia didatangi beberapa orang penjahat dan akhirnya beberapa barang dia berpindah tangan.

Hal yg paling menyedihkan adalah tidak adanya petugas keamanan yg bertugas di masjid. Jelas ini adalah salah satu pekerjaan rumah kaum muslim, bagaimana menyediakan keamanan bagi para jama’ah.

Kejahatan yg terjadi di masjid sebenarnya cukup banyak. Salah satu kejahatan ‘klasik’ yg (masih) sering terjadi adalah pencurian sepatu dan sandal. Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat Jum’atan merupakan salah satu momen para penjahat beraksi. Para penjahat ini membawa alas kaki yg jelek saat ke masjid, lalu mengambil alas kaki yg bagus dengan berbagai tujuan, entah dijual lagi atau digunakan sendiri.

Saya dan teman saya mengalami kejadian tidak mengenakkan seperti ini. Sepatu dan sandal sempat hilang usai Jum’atan. Jengkel? Tentu saja, karena itu berarti kami mesti pulang dengan ‘nyeker’ (tanpa alas kaki). Beruntung ada warung yg menjual sandal jepit sehingga kami tidak terlalu jauh berjalan tanpa alas kaki.

Pencurian laptop pun pernah terjadi di masjid. Modusnya sama, para penjahat mengincar tas jama’ah yg disimpan di belakang shaf.

Oleh karenanya, seperti di artikel saya sebelumnya, lebih baik anda menitipkan sepatu/sandal/tas anda pada saat hendak sholat dikarenakan kondisi masjid yang tidak aman! Jangan sampai anda tidak mau sholat di masjid karena takut sepatu/sandal anda hilang!😉

Saya masih sering tidak mengerti mengapa para jama’ah nampaknya pelit sekali bersedekah 2000-5000 rupiah untuk menitipkan barang berharga mereka, yg nilainya jelas2 jauhhhhh lebih besar dari sedekah yg mesti dikeluarkan? Harga sepatu mungkin sekitar Rp 100 – 200 ribu, sementara laptop bisa berharga Rp 6-7 juta. Apalah arti 2000-5000 dibandingkan harga2 itu? Dan ketika barang berharga hilang, barulah muncul penyesalan.

“Duh, seandainya saya titipkan…”
“Saya berani bayar berapapun utk mendapatkan laptop saya kembali…”
Dan masih banyak kalimat penyesalan lainnya.

Sebagai penutup, saya tampilkan aksi pencurian di dalam masjid, dilakukan oleh penjahat yg mengincar tas jama’ah yg disimpan di belakang shaf.

Anda juga bisa melihat aksi2 kejahatan lain yg terjadi di masjid.

Semoga kita selalu meningkatkan kewaspadaan pada saat hendak sholat di masjid!

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: