Blog Tausiyah275

Desember 2, 2013

Hati-hati Makan Bebek!

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Hikmah,HOT NEWS,Lain-lain,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 5:25 pm

Bismillah,

Saya adalah salah seorang penggemar bebek, entah itu yg digoreng ataupun yg dibakar. Awalnya saya tidak suka makan bebek dengan alasan anyir dan terlalu kenyal sehingga saya sulit untuk menikmati. Namun, usai saya diajak makan bebek di Sidoarjo, Jawa Timur, oleh paman saya, saya jadi ketagihan makan bebek.🙂

Terkait dengan bebek, ada baiknya kita mesti berhati-hati untuk mengonsumsi bebek dikarenakan ada menu bebek yg diduga tidak halal karena cara penyajiannya. Cara penyajian yg saya maksud adalah jika kita berkunjung ke sebuah rumah makan yg menyajikan bebek sebagai salah satu menunya, maka perhatikan apakah ada bebek yg DIGANTUNG terlihat di rumah makan tersebut. Jika ya, coba anda perhatikan bagaimana cara menggantungnya. Saya yakin bebek-bebek tersebut digantungkan dengan cara lehernya yg dikaitkan ke tali, atau ditusukkan ke besi.

Jika demikian, ada baiknya JANGAN memesan menu bebek tersebut.

Alasannya, saya dapatkan info bahwa bebek digantung dengan cara itu adalah untuk menampung darah mereka agar tidak keluar (mengucur). Dengan kata lain darahnya akan diserap oleh daging2 bebek tersebut. Konon daging yg sudah menyerap darah tersebut akan terasa lebih enak dibandingkan dengan daging yg ‘normal’ (tidak menyerap darah).

Info ini saya dapatkan dari orang Cina. Menurut dia, di kalangan orang Cina, cara seperti di atas sudah wajar dan biasa dilakukan karena menurut mereka, darah itu rasanya gurih!😦

Padahal jika kita perhatikan Al Qur’an, muslim DILARANG makan darah karena haram!

– Al Baqarah(2):173,“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

– Al Maidah(5):3,Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Anda bisa cek juga di artikel saya ini.

Hingga saat ini saya tidak berani untuk makan di rumah makan yg menyajikan/menampilkan bebek dengan kondisi digantung seperti cerita saya di atas. Terus terang, saya khawatir dengan info yg saya dapat.

Lebih baik menghindari daripada mesti makan yg haram toh?

Semoga bermanfaat.

2 Komentar »

  1. wah..trims infonya…ane sebagai penggemar berat kuliner bebek merasa diingatkan…emang lebih enak dan gurih, ane beru tau itu karena pengaruh darah bebek itu sendiri…

    Komentar oleh peluang usaha keripik — Desember 28, 2013 @ 10:36 pm | Balas

    • sama2 mas.

      kita memang mesti lebih berhati-hati dengan makanan yg kita konsumsi🙂

      Komentar oleh Tausiyah 275 — Desember 29, 2013 @ 10:48 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

