Blog Tausiyah275

Januari 24, 2014

Jangan Menghina Makanan

Filed under: Ensiklopedia Islam,Fiqh,Hadits,Hadits of the Day,Lain-lain,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 6:06 am

Bismillah,

Saya pernah berada di beberapa kejadian dan menemui orang yg marah2 di tempat makan. Orang tersebut marah2 karena dia merasa makanan yg dia pesan/makan ternyata tidak enak. Keluarlah kata-kata dan komentar yg kurang baik mengenai makanan tersebut.

Mengetahui kejadian tersebut, saya tercenung dan teringat dengan hadits berikut ini.
Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. itu tidak pernah mencela samasekali pada sesuatu makanan. Jikalau beliau s.a.w. ingin pada makanan itu beliaupun memakannya dan jikalau tidak menyukainya, maka beliau tinggalkan – tanpa mengucapkan celaan padanya.” (Muttafaq ‘alaih)

Saya sendiri pernah mengalami hal yg serupa dg orang2 tersebut di atas. Sebuah pesanan makanan yg saya pikir rasanya enak, ternyata rasanya amburadul tidak jelas. Syukurnya, saya masih bisa menahan diri. Alih-alih mencaci makanan, yang menurut saya bukanlah solusi, saya tetap makan dan habiskan makanan tersebut, meski perlahan-lahan dan diselingi dengan minum. Bukan apa-apa, enak atau tidak, makanan tersebut mesti dibayar karena saya sudah pesan. Daripada marah2, ya lebih habiskan atau tinggalkan, sebagaimana dicontohkan Rasululloh SAW.

Banyak orang tidak bersyukur masih bisa makan, meski makanan tersebut dirasa tidak enak menurut lidahnya. Dia tidak pernah berpikir bahwa masih banyak orang di luar sana yg tidak bisa menikmati makanan, entah karena memang tidak ada makanan (kelaparan) atau bisa jadi karena sakit sehingga membuat sistem pencernaannya terganggu.

Ada perbedaan antara menghina makanan dengan mengomentari makanan.

Menghina makanan itu artinya anda mengeluarkan kata2 yg tidak pantas terhadap makanan tersebut. Misalnya “makanan ini tidak enak seperti makan kotoran saja!”. Kata2 seperti ini jelas menghina makanan karena sudah nyata perbedaan antara makanan dengan kotoran.

Sementara jika anda merasa makanan yg anda konsumsi ternyata terlalu asin atau terlalu pedas sehingga keluar komentar “bah, asin sekali sayur ini!” atau “huaahhh…tahunya pedaassss banget!!”, ini masih dibolehkan karena kata2 yg kita sampaikan bisa dikatakan masih terkait dengan rasa dari makanan itu sendiri.

Mari kita hindari sebisa mungkin menghina makanan. Jika kita dapati makanan yg kita makan ternyata tidak cocok dg lidah kita, ya tinggalkan saja. Atau dipisahkan di pinggir piring.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: