Blog Tausiyah275

Maret 25, 2014

Infotainment Sebenarnya Baik, Asalkan…

Filed under: Hikmah,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 8:05 am

Bismillah,

Saya pernah informasikan di blog ini, artikel tentang diharamkannya infotainment oleh NU dikarenakan infotainment terlalu banyak membahas gosip/ghibah. Sayapun juga pernah menulis himbauan kepada wartawan/wati muslimah agar tidak melakukan/terjun ke dunia infotainment karen rentan ghibah.

Well, sebenarnya infotainment tidak sepenuhnya jelek. Masih ada bagian2 yg bagus dari sisi infotainment, seperti pemberitaan tentang pernikahan, kelahiran anak, ataupun berita wafatnya seorang tokoh/seleb. Insya ALLOH itu sebenarnya berguna. Jika berita ttg pernikahan dan kelahiran anak, kita bisa ikut berbahagia dan senang dengan kebahagiaan yg dirasakan oleh mereka juga. Demikian juga, jika ada kematian, maka kita ikut berduka dan bisa mengambil manfaat/iktibar dari peristiwa tersebut.

Sebenarnya, yg menjadi penyebab infotainment dilarang, ya seperti saya katakan tadi, masalah gosip dan ghibah yg seringkali mendominasi menu berita. Katakanlah ada artis bercerai. Maka reporter dan stasiun televisi tidak hanya memberitakan berita perceraian itu, tapi juga penyebab perceraian, pihak ketiga yg terlibat, dst dst, yg sebenarnya ‘tidak penting’. Istilahnya, reporter menjadi tidak fokus pada berita perceraiannya lagi, tapi juga bumbu2 yg ada di sekitarnya.

Akibatnya fatal. Pihak yg bercerai, yg sebelumnya mungkin biasa2 saja, malah menjadi marah akibat adanya tudingan2 dari lawannya. Tidak jarang terjadi debat kusir antara kedua pihak, yg seringkali ujung2nya malah saling mengumbar aib dan kekurangan masing2. Padahal saat mereka menikah dahulu, saya yakin seribu ucapan yg menyanjung dan melenakan senantiasa terlontar dari mulut mereka. Namun kini?

So, saya sendiri menilai infotainment ‘baik2 saja’ selama hanya fokus membahas berita yg baik-baik saja, seperti urusan pernikahan dan kelahiran anak, tidak mengurusi hal2 lain yg menjadi bumbu berita.🙂

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: