Blog Tausiyah275

April 9, 2014

Manusia Sering Mengalami Kesialan. Takdir Atau Ilmiah?

Filed under: Hikmah,Seri Kesalahan2,Tarbiyah,Teknologi — Tausiyah 275 @ 10:15 am

Bismillah,

Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis artikel tentang tathayyur, yakni (perasaan) mengenai dirinya selalu mengalami sial dalam hidup. Beberapa waktu lalu saya menemukan berita, yg bisa dikatakan ilmiah, yg menjelaskan mengenai hal ini.

Dari artikel tersebut, memang bisa dijelaskan secara logis mengapa seseorang seringkali mengalami hal2 yg tidak mengenakkan (dalam hal ini dia sebut mengalami kesialan) dalam hidupnya. Saya kutip beberapa hal logis tersebut.
– Struktur anatomis serta fungsi seseorang sudah menurun atau kurang baik
– Kesalahan salah satu organ, atau bahkan kelelahan tubuh secara menyeluruh, akibat kurangnya makanan, gizi, atau kekurangan darah merah (anemia)
– Kondisi psikis seseorang juga mempunyai andil besar dalam bertindak ceroboh yang berakibat celaka. Misalnya, rasa cemas yang berlebihan.
– Kondisi lingkungan sosial, ekonomi, maupun budaya setempat juga amat berperan. Dalam sebuah masyarakat yang dikenal peka akan hal tertentu, terdapat si A yang tak disukai.

Merujuk dari artikel ilmiah tersebut, pada dasarnya saya setuju bahwa seorang muslim TIDAK BOLEH ‘menyalahkan’ sesuatu sebagai penyebab kesialan. Semestinya dia merujuk pada dirinya sendiri. Apakah tubuhnya memang sedang berkurang sensitifitasnya? Atau sedang anemia? Atau dirinya memang sudah tua? Ataukah dirinya punya sikap yg tidak menyenangkan?

Jadi, jangan mudah ‘menyalahkan’ ALLOH SWT atas semua kejadian yg tidak mengenakkan yg dialami. Apalagi menganggap ALLOH SWT tidak adil terhadap dirinya. Naudzubillah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: