Blog Tausiyah275

Juli 16, 2014

Foto Jokowi Berihram, Editan Atau Asli?

Bismillah,

Sehubungan dengan sudah berakhirnya pemilihan presiden, meski masih berlangsung perdebatan seru tentang siapa yang menjadi pemenangnya berdasar perhitungan dari KPU, saya memuat artikel yg pernah saya janjikan di tweet saya di atas.

Penulisan artikel ini, insya ALLOH, bertujuan obyektif, tidak berniat memihak capres manapun kecuali kebenaran dikarenakan saya masygul melihat agama (Islam) menjadi bahan cemoohan bahkan bahan fitnah terhadap orang lain yg berbeda kepentingan politiknya. Semua ini, jika pengamatan saya tidak salah, berujung pada keinginan untuk mereguk kekuasaan semata, tanpa mengindahkan etika berpolitik.

Padahal, Islam tidak mengharamkan politik. Justru Islam sudah memberikan panduan mengenai cara berpolitik yg baik.

Kembali ke topik bahasan.

Jadi, Jokowi melakukan ibadah umrah setelah berakhirnya masa kampanye dan masuk masa tenang menjelang pilpres kemarin. Saya melihat begitu banyak tanggapan dan komentar, entah itu yg mendoakan Jokowi umroh seraya titip doa (terutama doa agar Jokowi menjadi presiden) ataupun yg menyindir dan nyinyir dengan keberangkatan umroh Jokowi ini.

Yang membuat saya heran, tidak sedikit dari pihak yg nyinyir dan nyindir ini berasal dari kelompok partai (yg mengaku) berdasar Islam. Keheranan saya terutama sejak kapan mereka begitu peduli dengan ibadah orang lain, terutama seorang Jokowi, hingga tiap detail sikap Jokowi senantiasa dikomentari, disindir, dan dinyinyiri. Padahal, seperti saya sudah tulis di atas, Islam sudah memberikan contoh dan cara berpolitik yg baik.

Toh keheranan saya sebenarnya tidak perlu muncul, karena kembali ke tulisan saya di atas, Jokowi adalah tokoh politik yg bersebrangan (menjadi lawan politik), sehingga mereka anggap sah2 saja untuk menyerang Jokowi, meski yg seharusnya dipertanyakan kenapa (kehidupan) pribadi Jokowi yg diserang? Kenapa bukan program dan tujuannya?

Keheranan2 saya ini insya ALLOH akan saya tuangkan dalam artikel terpisah. Kita kembali fokus ke judul artikel blog ini.

Sikap dan tingkah laku Jokowi saat umroh selalu diawasi dan dipantau oleh para hater ini. Dan ketika mereka melihat Jokowi mengenakan baju ihram dengan tangan kiri yg terbuka, serta merta mereka langsung menyerang Jokowi dan ‘menggorengnya’ menjadi isu yg sedemikian besar.

foto Jokowi umroh

foto Jokowi umroh

Beberapa tweet yg saya ingat (meski tidak sepenuhnya lengkap) mengomentari Jokowi sebagai berikut:
– “Jokowi berasal dari partai kiri, makanya tangan kiri yg terbuka”
– “Jika belum paham umroh, memang jadi suka sok tahu…”

Dan masih banyak komentar dan sindiran (plus hinaan) terhadap ‘kesalahan’ Jokowi karena membuka bahu kiri dan membiarkan tangan kirinya bebas.

Tak lama kemudian ada tanggapan dari fans Jokowi, yg menyatakan bahwa foto Jokowi dg bahu kiri terbuka itu hasil editan dari hater. Mereka lantas memasang foto yg ‘benar’.

Saya yg membaca komentar2 dari hater dan fans menjadi geli sendiri karena, dari sisi saya, keduanya sama2 melakukan ‘kesalahan’.

Kesalahan hater:
1. Jokowi sudah pernah umroh dan haji sebelumnya. Jadi tidak mungkin dia tidak tahu cara menggunakan ihram dg benar.

2. TIDAK ADA LARANGAN membuka bahu kiri pada saat berbaju ihram, asalkan TIDAK SEDANG THAWAF! Pengalaman saya saat umroh tahun lalu memperlihatkan bahwa banyak jamaah yg mengenakan baju ihram dg ‘asal2an’ saat di luar area thawaf. Ada yg menutup kedua tangannya dg baju ihram, ada juga yg menyelempangkan kain ihramnya sehingga kedua tangannya terbuka. Namun perlu diingat, BEGITU MEREKA HENDAK THAWAF, MEREKA BENAHI KAIN IHRAM MEREKA sehingga hanya BAHU KANAN YG TERBUKA sebagaimana yg sudah dicontohkan oleh Rasululloh SAW.

Hater yg nyindir dan mencemooh, terutama terkait dengan poin 2 di atas, saya yakin 100% mereka belum pernah umroh!🙂 Dan kasus ini mengingatkan saya pada artikel ini, di mana ada hater yg mempertanyakan kenapa bisa berfoto di depan Ka’bah. Lah ternyata dia belum pernah berkunjung ke rumah ALLOH SWT, hehe.

Sedangkan kesalahan fans Jokowi adalah MEREKA MENGEDIT FOTO Jokowi sehingga alih2 ingin menjadikan tim lawan sebagai tukang edit, justru hasil editan mereka membuat Jokowi tampak seperti di bagian atas! Padahal justru itu yg PALSU!😀

Inti dari foto tersebut, bagian atas justru yg palsu (hasil editan). Indikasinya mudah saja, pertama cahaya yg tidak alami. Kedua, bagian kepala Jokowi terlihat aneh. Ketiga, ini yg paling penting, perubahan pola rambut Jokowi! Selama ini gaya rambut Jokowi dikenal ‘belah kiri’. Namun pada hasil editan di bagian atas, belahan rambutnya jadi sebelah kanan!

Alih2 ingin membuat Jokowi membuka kain ihram di bagian kanan, fans Jokowi malah melakukan kesalahan fatal saat editing bagian kepala, hehe.

Foto asli justru yg ada di bagian bawah, yg dikatakan editan.

Fans Jokowi sebenarnya tidak perlu resah dg posisi kain ihram Jokowi seperti yg terlihat di foto bawah. Seperti saya katakan di atas, saat difoto itu Jokowi BELUM THAWAF sehingga TIDAK APA2 membuka bahu kiri.

Kenyataannya, posisi dan kondisi baju ihram Jokowi sudah benar pada saat ihram seperti terlihat di video di bawah ini.

Dengan demikian, artikel ‘sanggahan’ ini justru termasuk yg salah (menurut saya).😉

Demikian, semoga bermanfaat.🙂

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

