Blog Tausiyah275

Juli 23, 2014

Mengenai SOTR, Sahur On The Road

Filed under: Kegiatan Ramadhan,Puasa,Seri Kesalahan2 — Tausiyah 275 @ 8:46 am

Bismillah,

Saya mengenal istilah ini sudah sekitar 2-3 tahun terakhir. Semula saya menyatakan salut terhadap kegiatan SOTR ini, karena saat itu SOTR mempunyai kegiatan yg jelas dan terarah.

Oya, bagi yg belum tahu (dan paham) mengenai SOTR, saya jelaskan sedikit.

SOTR adalah kegiatan sahur bersama di jalanan. Ide awalnya, setahu saya, berbagi dengan masyarakat tidak mampu yg tidak mempunyai makanan untuk sahur dalam rangka berpuasa di hari itu. Acara ini biasanya dimulai sekitar jam 2 pagi, dengan berkeliling ke beberapa titik di kota yg ditengarai banyak bermukim orang-orang tidak mampu.

Para kelompok ini kemudian membagikan makanan (biasanya nasi bungkus) kepada yg berhak hingga menjelang Imsak tiba.

Jika melihat penjelasan saya di atas, maka sudah sewajarnya jika kita mendukung kegiatan seperti itu karena memang tujuannya baik.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kegiatan SOTR ini mulai melenceng dari tujuan di atas. Di Jakarta, acara SOTR kadang diisi dengan kebut2an, tawuran, bahkan menurut teman saya ada yg melakukan hubungan seksual!😦

Tidak heran jika kemudian Wagub DKI, Ahok, tidak menyetujui proposal2 SOTR yg dia terima dengan alasan yg saya sebut di atas.

Sayangnya, masih banyak kaum muslim yg picik. Alih-alih melihat alasan Ahok menolak proposal kegiatan sahur ini, muslim ini justru mengatakan bahwa Ahok tidak puasa sehingga (wajar) menolak proposal sahur.

Pernyataan di atas membuat saya geleng2 kepala. Memang benar, KEBENCIAN seringkali membuat orang menjadi buta dan tidak mau (mencari) tahu alasan/pernyataan seseorang. Padahal jika orang tsb mau ikhtiar ‘sedikit’, dengan membaca artikel di atas, dia akan paham dan (semoga) mengerti alasan penolakan Ahok terhadap proposal2 itu.

Saya malah menjadi respek dengan pernyataan Ahok yg mengusulkan agar kegiatan SOTR ‘dialihkan’ lokasinya ke masjid/mushola. Selain memang agar lebih teratur, saya melihat ajakan Ahok ini mempunyai ‘keuntungan’ lain, yakni bisa sholat Subuh berjama’ah usai sahur dilakukan.

Melihat ‘keuntungan’ tambahan (sholat berjama’ah), saya berharap Ahok bisa mengkoordinir (atau mengakomodir) kegiatan SOTR di masa depan agar lebih baik.

Kepada kaum muslim yg masih ‘suka’ berwawasan sempit dan ‘enggan’ berpikir lebih jauh, bukalah cakrawala kalian dan gunakan akal yg telah ALLOH SWT anugerahkan kepada kalian sehingga kalian tidak selalu diselubungi oleh kebencian ‘tidak jelas’.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: